Home Review Review Sharp Aquos Sense4 Plus: Menarik Karena Anti Air
aquos sense4 plus

Review Sharp Aquos Sense4 Plus: Menarik Karena Anti Air

by infogadgets Indonesia

infogadgets – Semakin serius menggarap pasar ponsel Indonesia, Sharp menghadirkan produk baru sebagai pembuka tahun 2021 melalui Aquos Sense4 Plus.

Sharp Aquos Sense4 Plus tersedia dalam varian warna Hitam dan dilepas ke pasaran dengan banderol harga resmi Rp4.499.000.

Mengusung kualitas Jepang yang terkenal akan daya tahannya, Sharp Aquos Sense4  dibekali dengan sertifikasi IP68.

Hadir di segmen menengah, Sharp Aquos Sense4 Plus tampil premium, dibalut warna deep fog black yang dipadukan dengan ukuran layar besar 6,7 inci.

Nah! Untuk lebih jelasnya kami akan coba review perangkat asal Jepang ini untuk Anda.

Desain

aquos sense4 plusDi bagian depan ponsel ini menggunakan panel LCD IPS berbentuk U datar diinduksi dengan resolusi Full Full HD +. Dengan ukuran  166 x 78 x 8.8 mm dan berat hanya 196g, ponsel ini memang cukup tipis dan ringan. Terdapat punch-hole dengan dua kamera depan diposisi kanan.

Desain bagian belakang yang mengkilap memberikan tampilan yang menarik pada ponsel, karena hadir dengan ramuan dua warna yang satu hitam dan yang satu terlihat seperti Abu-abu dengan material polycarbonate.

Lalu Anda akan melihat kamera berbentuk persegi empat persegi dan diposisi samping ada LED flash dengan pembaca sidik jari di tengah belakang panel belakang. Buat kami bentuk yang agak mengotak dan tampilan glossy  terlihat bagus, namun buat sebagian orang terlihat agak kaku. Dan sedkit yang mengecewakan bahan yang digunakan mudah gores dan terlihat kotor Ketika seluruh sidik jari menempel. So! Kami jadi harus sering-sering membersihkannya.

Smartphone premium Sharp Aquos Sense4 Plus ini juga dilengkapi fitur keamanan sensor sidik jari yang berada di sisi belakang ponsel.

Untuk lebih detail di posisi atas terdapat Jack audio 3,5mm, posisi bawah terdapat rongga speaker dan tipe C untuk charge. Posisi kanan terdapat power dan tombol volume dan posisi kiri terdapat Slot SIM Card.

Secara keseluruhan tampang Sharp Aquos Sense4 Plus enak dilihat namun bagian belakang mudah kotor dan material yang digunakan masih standar banget.

Yang bikin kami sangat menyukai perangkat ini, adanya sertifikasi IP68. Ya, salah satu keunggulan utama Sharp AQUOS Sense4 Plus adalah daya tahan terhadap air dan debunya yang di atas rata-rata smartphone kelas menengah. Setiap dinyalakan, bakal ada pengingat untuk menutup baki kartu SIM dengan rapat.

Layar

aquos sense4 plusAquos Sense4 Plus mengusung spesifikasi layar dual punch-hole dengan aspek rasio 20:9 dengan dukungan layar sentuh berukuran 6,7 inci yang disematkan teknologi panel IGZO (Indium Galium Zinc Oxide) dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2400 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 392 piksel per inci yang cemerlang.

Layar ponsel ini menawarkan refresh rate 90Hz yang membuatnya sangat smooth bebas screen tearing dan screen stutering saat bermain game atau memutar video. Layar ponsel pintar besutan Sharp ini juga dilengkapi dengan 120Hz touch sampling guna memastikan responsifitas layar sentuhnya saat bermain game. Keunggulan lain yang ditawarkan oleh Sharp Aquos Sense4 Plus ini adalah dukungan proteksi antigores Corning Gorilla Glass pada layarnya.

Meski apa yang dihasilkan baik dengan panel tersebut, namun rasanya sayang bila Sharp masih menggunakan panel ini. Karena beberapa perangkat kelas menengah lainnya sudah ada yang menggunakan panel AMOLED.

Performa

aquos sense4 plusLapisan Android 10 diterapkan ke perangkat, dan hal baiknya adalah pengguna akan memiliki pengalaman UI yang bersih karena kulit antarmuka Stock tidak memiliki bloatware. Setiap aplikasi memiliki peran penting dalam memberikan pengalaman pengguna yang layak.

Ada juga mode Gaming UI yang bakal menyala saat dipakai bermain game. Dalam mode ini, ponsel akan melakukan sejumlah penyesuaian, seperti tak menampilkan notifikasi yang bakal mengganggu saat penggunanya bermain game.

Untuk soal grafik, permainan Mobile Legends serta PUBG Mobile di Sharp Aquos Sense4 Plus cukup memuaskan.

Adapun pada Mobile Legends juga sama, grafiknya hanya sampai mode high, namun masih membuat mata nyaman untuk melihatnya.

Dibalik bodi yang halus terdapat prosesor 7 nm Snapdragon 720G octa-core ditempatkan pada motherboard dengan paket grafis Adreno 618. Semua sesi kerja dan permainan yang berorientasi pada kinerja dikelola melalui inti berkecepatan 2,3 GHz Ganda, dan Inti Hexa 1,8 GHz berfungsi untuk meningkatkan penggunaan sehari-hari.

Perbedaannya cukup terlihat dari segi pilihan memori dan penyimpanan karena Sense4 Plus memasangkan RAM 8GB dengan ruang internal 128GB. Selain itu, tambahkan lebih banyak ruang dengan slot penyimpanan sekunder hingga 256 GB.

Lihat skor benchmark di bawah ini:

AnTuTu v8 – 344662

Geekbench – 553 (Single-Core), 1654 (Multi-Core)

3DMark SSE – 1049 (Wild Life), 2585 (Sling Shot Extreme OpenGL 3.1)

PCMark – 7858 (Work 2.0)

AndroBench – 506.74 MB/s (Seq. Read),  199.72MB/s (Seq. Write)

Kamera

aquos sense4 plusDisektor kamera memang menjadi penentu, karena hamper semua pengguna menginginkan kamera dengan kemampuan yang mumpuni. Ponsel satu ini cukup bersaing dengan dukungan empat buah kamera belakang atau quad camera. Kamera utama berkekuatan 48 megapiksel dengan lensa aperture f/1.8 yang menggunakan sensor BSI CMOS 1/2 inci 0,8um piksel yang diperkuat fitur phase-detection autofokus, AI, dan LED flash.

Untuk kamera kedua berkekuatan 5 megapiksel dengan sensor BSI CMOS 1/4 inci 1.12um piksel didukung lensa ultra-wide angle aperture f/2.2 yang mampu menghasilkan foto ultra-wide dengan FoV 115 derajat.

2 megapiksel untuk kamera ketiga dengan lensa f/2.4 berfungsi sebagai depth sensor untuk menghasilkan foto portrait. Terakhir, kamera keempat 2 megapiksel monokrom dengan lensa f/2.4 untuk dedicated macro.

Kamera depan Sharp Aquos Sense 4 Plus bisa dikatakan cukup bersaing di kelasnya untuk swafoto dengan kamera depan ganda. Kamera utamanya berkekuatan 8 megapiksel dengan sensor BSI CMOS yang ditandemkan dengan lensa fixed focus aperture f/2.0 dan kamera kedua berkekuatan 2 megapiksel dengan lensa aperture f/2.5 yang berfungsi sebagai depth sensor.

Buat kami tampilan antarmuka agak berbeda dari kebanyakan pesaing di pasaran, fitur kamera Sharp AQUOS Sense 4 Plus sejatinya cukup lengkap. Ada mode skenario yang bisa dipilih, hingga mode profesional dengan shutter speed maksimum 4 detik. AI pada kameranya bisa terjemahkan pemandangan cukup akurat. Ada juga intelligent framing yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan komposisi yang seimbang.

Sayangnya Ketika diluaran sana memberikan tambahan mode khusus malam, Sense4 Plus tanpa mode malam khusus, kamera bakal ambil beberapa foto otomatis ketika pencahayaan dirasa kurang. Jeda pengambilan foto terbilang kurang instan, kualitasnya pun kurang bagi kami buat ponsel dengan bandrol harga Rp4 jutaan.

 

Menggunakan Lensa Wide

Normal

Normal

Macro

Kondisi Malam

Potrait

Kamera Depan

Baterai

Sektor daya tahan baterai, tampaknya Sharp Aquos Sense 4 Plus cukup bisa diandalkan dengan baterai berkapasitas 4120mAh yang dibekali dengan fitur fast charge dengan daya 18W. yang menarik buat kami pada interface terdapat informasi tentang berapa lama lagi baterai akan habis dan ini akan sangat membantu.

Kesimpulan

aquos sense4 plusSharp Aquos Sense 4 Plus merupakan salah satu smartphone kelas premium yang cukup menarik dengan dukungan SoC powerful Snapdragon 720G dengan layar refresh rate 90Hz. Harga smartphone Sharp Aquos Sense 4 Plus RAM 8GB ROM 128GB yang dibandrol dengan harga Rp 4.499.000. Akan tetapi direntan harga yang dicantumkan kami masih bisa mendapatkan perangkat yang lebih baik seperti Samsung Galaxy A32, realme 8 Pro dan beberapa seri lainnya. So! Buat kami Sharp Masih harus terus menyakinkan pengguna Indonesia.

Berita Lainnya

Leave a Comment