Home Review Review Samsung Galaxy Tab A 7.0 SM-T505 (2020): Gadget yang Tepat Penunjang Aktivitas di Saat Pandemi
Samsung Galaxy Tab A 7.0

Review Samsung Galaxy Tab A 7.0 SM-T505 (2020): Gadget yang Tepat Penunjang Aktivitas di Saat Pandemi

by infogadgets Indonesia

infogadgets – Pandemi yang berkepanjangan, membuat masyarakat semakin jenuh untuk melakukan aktivitas di rumah. Beragam aktivitas yang dilakukan di rumah. Samsung kali ini menyediakan perangkat tablet pc generasi terbarunya dengan harga yang cukup terjangkau. Perangkat ini Adalah Samsung Galaxy Tab A7.0 (2020) secara khusus hadir untuk memenuhi kebutuhan penggila gadget tanah air dalam menunjang aktivitas #dirumahaja.

Seperti diketahui, pandemi Covid-19 yang berkepanjangan ini membuat aktivitas lebih baik dilakukan di rumah mulai dari bekerja, belajar hingga bersosialisasi dengan teman. Dengan menawarkan fungsionalitas yang dibutuhkan untuk menemani aktivitas #dirumahaja, Samsung Galaxy Tab A 7.0 (2020) sudah dilengkapi dengan beragam fitur pendukung yang lengkap, mulai dari akses jaringan berkecepatan tinggi, kinerja yang mantap serta daya tahan baterai yang tahan lama.

Selain dukungan fungsionalitas yang cukup lengkap, perangkat ini juga sudah dibekali dengan tampilan desain yang premium dan slim yang memberikan kenyamanan kepada penggunanya. Selain itu, perangkat ini juga sudah dibekali dengan fitur pengisian baterai cepat untuk menunjang proses pengisian daya yang lebih cepat dibandingkan dengan seri sebelumnya.

Sebagai perangkat tablet pc kelas menengah terbaru, Samsung Galaxy Tab A 7.0 (2020) kini sudah dibekali dengan dukungan prosesor terbaru besutan Qualcomm yang diklaim memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan seri sebelumnya. Asiknya lagi, perangkat ini juga sudah dibekali dengan tampilan UI generasi terbaru yakni One UI 2.5 berbasis Android 10.

Namun apakah performa serta fasilitas pendukung yang ditawarkan sudah sesuai dengan banderol  harga yang ditawarkan? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan lengkapnya.

Desain

Galaxy Tab A 7.0Desain menjadi salah satu fitur yang diandalkan oleh Samsung dalam menarik minat konsumen tanah air. bagaimana tidak, perangkat berbody bongsor ini memiliki ketebalan yang cukup tipis di kelasnya. Berdasarkan spesifikasi yang ada Galaxy Tab A7 (2020) memiliki ketebalan body mencapai 7mm saja. Dengan ketebalan body yang dimilikiinya membuat Galaxy Tab A7 (2020) nyaman untuk digunakan dengan menggunakan dua tangan.

Berbicara soal material body yang ditanamkan, perangkat ini dibalut dengan kaca pada bagian depannya. Kamera depan ditanamkan bagian atas layar yang memiliki resolusi 5MP. Masih di bagian atas tepatnya pada bagian bingkai tertanam tombol power yang ditemani oleh tombol volume di sampingnya.

Tak jauh berbeda dengan perangkat tablet Samsung generasi sebelumnya, Galaxy Tab A7 (2020) hadir dengan balutan panel layar berukuran besar dengan dimensi 10,4 inci yang memberikan kenyamanan dalam beraktivitas terkini.

Mengandalkan fitur multimedia sebagai nilai jual utamanya, perangkat ini sudah dibekali dengan empat speaker berteknologi Dolby Atmos yang ditempatkan pada sisi kiri mapuan kanan perangkat untuk memberikan keluaran suara yang lebih prima saat digunakan untuk aktivitas streaming mapun pemutaran musik secara langsung. Masih pada bagian samping perangkat, tertanam lubang USB type-C yang berada di bagian tengah dan lubang jack audio pada bagian sudutnya. Sedangkan lubang kartu SIM dan lubang kartu microSD tertanam pada bagian kanan bawah perangkat.

Beralih ke bagian belakang perangkat,  Galaxy Tab A7 (2020)hadir dengan kover body yang terbuat dari material plastik dengan sentuhan akhir cat menyerupai metal. Hal yang sangat disayangkan adalah penempatan lensa kamera belakang yang terlalu menonjol yang membuatnya sangat rentan terhadap benturan. Alhasil, konsumen yang hendak memiliki perangkat ini harus membeli aksesoris tambahan berupa softcase maupun hardcase untuk melindungi lensa dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Secara keseluruhan desain yang ditawarkan perangkat ini terbilang sangat menarik dengan tampilan yang slim dan sentuhan warna yang modern.

Layar dan UI

Galaxy Tab A 7.0Samsung Galaxy Tab A 7.0 (2020)  hadir dengan membenamkan panel layar TFT berukuran 10,4 inci yang mampu merespons sentuhan hingga 10 titik secara bersamaan. Kualitas layar ini sudah dibalut dengan resolusi layar 1200 x 2000 piksel dan rasio layar 5:3 serta kerapatan layar yang mencapai 224 piksel per inci. Saat digunakan untuk aktivitas belajar di rumah, menikmati konten video serta berkomunikasi melalui aplikasi video call perangkat ini mampu menampilkan kualitas layar yang tajam dan jernih. Selain itu, meski digunakan dalam waktu yang lama mata pengguna tidak lelah karena sudah dilindungi dengan fitur pelindung mata .

Kualitas layar yang ditawarkan langsung diuji oleh infogadgets menggunakan perangkat ini untuk bermain game ringan maupun game berat. Hasilnya, tampilan layarnya mampu menghadirkan kombinasi warna yang tajam tanpa menyilaukan mata. Tak hanya bermain game, ketika infogadgets menggunakan untuk membaca e-book maupun komik online tampilan layar yang diberikan bisa disesuaikan melalui pengaturan pencahayaan yang disediakan, pengguna dapat memperjelas teks untuk mempermudah Anda saat membaca. Selain itu, dengan teknologi yang ditanamkan panel yang tertanam memungkinkan perangkat ini untuk mengatur kontras layar ketika digunakan dalam ruangan indoor minim cahaya dan masih dapat dilihat secara jelas dari beragam sisi.

Sudah dibekali dengan platform Android 10 dengan kustom UI Samsung One UI versi 2.5, tampilan antarmuka perangkat ini terbilang simple dan memberikan kemudahan bagi penggunanya. Tak banyak aplikasi tambahan yang tertanam pada perangkat ini, namun pengguna bisa menambahkan beragam aplikasi pendukung belajar, bekerja ataupun bermain dengan mengunduhnya melalui Galaxy Store maupun Play Store.

Halaman utama  Samsung Galaxy Tab A 7.0 (2020)  terdiri dari dua panel homescreen yang berisi widget cuaca, Google Search serta serta beragam shortcut aplikasi khas Samsung. Selain itu, perangkat ini juga dibekali dengan menu app drawer yang menampilkan semua aplikasi yang tertanam pada perangkat ini.

Kinerja

Galaxy Tab A 7.0 Masuk ke sektor kinerja Galaxy Tab A7 (2020) hadir dengan dukungan chipset besutan Qualcomm yakni Snapdragon 662 dengan fabrikasi 11nm. Chipset ini merupakan kombinasi dari dua prosesor 4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver serta dukungan grafis Adreno 620. Dibandingkan dengan seri sebelumnya, tablet seri A besutan Samsung biasanya dibekali dengan chipset Exynos maupun Spreadtrum. Sebuah peningkatan yang sangat signifikan yang hadir pada perangkat ini dimana peningkatan kinerja sudah pasti bakal didapatkan serta aktivitas multitasking yang jauh lebih lancar dibandingkan dengan seri sebelumnya.

Uniknya lagi, Samsung Galaxy Tab A 7.0 (2020) sudah dibekali dengan fitur pop-up views dan split screen views yang sangat dibutuhkan oleh pengguna yang aktif dalam membuka beberapa aplikasi secara bersamaan. Tersedia dengan banderol harga 4 jutaan, Galaxy Tab A7 (2020) yang tersedia di pasaran memiliki dukungan RAM sebesar 3GB dan memory internal sebesar 32GB. Jika dilihat dari label harga yang dipatok hal ini “terlihat janggal”. Karena dengan harga jual di atas 4 jutaan rupiah ini sudah semestinya perangkat ini dibekali dengan kapasitas RAM dan Memory internal yang jauh lebih besar.

Menguji kinerja perangkat ini, infogadgets menggunakan 5 aplikasi benchmark seperti Antutu v8, Geekbench, 3Dmark SSE, PCMark, serta AndroBench. Dari hasil pengujian skor yang didapatkan terbilang cukup baik untuk ukuran tablet terkini.

Lebih detailnya silahkan lihat skor benchmark di bawah ini:

AnTuTu v8 – 164482

Geekbench – 316 (Single-Core), 1385 (Multi-Core)

3DMark SSE – 1168 (OpenGL ES 3.1), 373 (Vulkan)

PCMark – 6334 (Work 2.0)

AndroBench – 298.88 MB / s (Seq. Read), 101.72 MB / s (Seq. Write).

Seperti diketahui aplikasi game maupun aktivitas sosial media sangat membutuhkan kapasitas memory internal yang besar untuk menyimpan berbagai data penting pengguna. Apalagi dengan kapasitas memory internal yang tersedia pengguna hanya bisa menggunakan sekitar 19,5GB saja yang dapat digunakan pengguna untuk menyimpan berbagai file data pengguna mulai dari film, musik, file game dan yang lainnya.

Namun, Samsung mengatasinya dengan menyediakan slot kartu microSD yang bisa dimaksimalkan hingga 1TB. Namun untuk menambahkan daya simpan data tersebut, konsumen lagi-lagi harus merogoh kocek lebih untuk mendapatkannya.

Pengujian yang dilakukan infogadgets dalam menggunakan perangkat untuk aktivitas sosial media maupun multimedia tidak ada kendalan apapun. Begitu pula dengan aktivitas gaming, meskipun memiliki kapasitas RAM yang terbatas, perangkat ini masih mampu digunakan dalam bermain game tanpa adanya kendala.

Soal daya tahan baterai perangkat ini terbilang istimewa dimana perangkat ini sudah dibekali dengan baterai berkapasitas 7040. Untuk sekedar menonton video secara langsung, bermain game online hingga mendengarkan musik perangkat ini dapat digunakan dalam waktu cukup lama. Namun untuk mengisi dayanya dibutuhkan 2 jam lebih dari kondisi baterai hanya 5% hingga mencapai 100%. Hal ini bisa dimaklumi karena perangkat ini memiliki kapasitas baterai yang sangat besar.

Multimedia

Galaxy Tab A 7.0 Mengandalkan fitur multimedia sebagai salah satu nilai jual utamanya, Samsung membekali perangkat ini dengan empat speaker pada dua sisi yang berbeda. Penempatan speaker pada dua sisi yang berbeda ini sangat memanjakan pengguna yang menikmati pemutaran musik maupun menonton video. Apiknya lagi,  speaker yang tertanam juga sudah dibekali dengan teknologi Dolby Atmos untuk memaksimalkan keluaran suaranya.

Untuk dapat melakukan pemutaran musik, pengguna harus mengunduhnya melalui Galaxy Store. Bagi anda penggemar musik anda bakal terkesima dengan keluaran suara yang dihadirkan oleh perangkat ini. infogadgets pun tergelitik untuk mencoba mendengarkan musik berkualitas tinggi. Hasilnya perangkat ini mampu memberikan keluaran suara yang jernih dan tajam. Tak hanya nyaman mendengarkan musik secara langsung tanpa perangkat tambahan.

Tak hanya dimanjakan oleh keluaran audio yang mumpuni, konsumen juga dimanjakan dengan fitur pendukung yang memaksimalkan pemutaran video. Perangkat ini mampu menghadirkan kualitas layar yang tajam dalam memberikan kenyamanan kepada pengguna. Demi memanjakan pengguna yang gemar menonton siaran film ataupun video Samsung sudah menyematkan aplikasi Netflix dan iFlix tanpa perlu mengunduhnya lagi.

Yang menarik adalah di saat pandemi yang berkepanjangan ini, aplikasi panggilan video ataupun aplikasi video conference seperti Zoom dan yang lainnya sangat nyaman digunakan pada perangkat ini. Konsumen tak perlu lagi menggunakan earphone ketika melakukan panggilan video, karena keluaran suara yang dihadirkan sudah jernih, jelas dan tajam.

Kamera

Galaxy Tab A 7.0 Sebagai perangkat tablet PC kekinian, Samsung sudah membekali Galaxy Tab A7 (2020) dengan fasilitas fotografi baik di bagian belakang maupun bagian depan. Seperti yang sudah disebutkan, kamera utama pada perangkat ini memiliki besaran resolusi 8MP dengan tambahan fitur autofocus. sementara untuk kamera depannya memiliki resolusi 5MP. Uniknya baik kamera depan maupun kamera belakang mampu menghasilkan rekaman video beresolusi full HD.

Namun berbekal besaran resolusi kamera yang ditanamkan, hasil foto maupun video yang dihasilkan terbilang jauh dari kata “bagus”. Kualitas foto dan video yang mampu dihasilkan terbilang biasa saja. Konsumen jangan terlalu berharap dengan kualitas foto yang didapatkan hal ini dikarenakan perangkat ini memang bukan ditujukan sebagai alat fotografi utama.

Meskipun begitu, Samsung tetap menambahkan beragam fitur untuk memaksimalkan hasil foto yang didapat mulai dari tambahan filter hingga beberapa mode yang biasa hadir pada perangkat smartphone seperti mode makanan, mode malam dan yang lainnya.

Konektivitas

Galaxy Tab A 7.0 Melengkapi beragam fitur yang telah tersedia, Samsung Galaxy Tab A7 (2020) sudah dibekali fasilitas koneksi yang cukup lengkap mulai dari akses jaringan 4G LTE yang membuat perangkat ini bisa dijadikan sebagai alat komunikasi. Salah satu nilai plus yang tersedia pada Samsung Galaxy Tab A7 2016 adalah hadirnya jaringan 4G LTE. Meski didesain dalam sebuah tampilan tablet, perangkat ini dapat digunakan layaknya sebuah ponsel pintar. Namun, perangkat ini hanya menyediakan satu slot SIMcard saja. Namuh hal itu dirasa sudah cukup untuk mengakomodasi kebutuhan pengguna dalam bersosialisasi ataupun melakukan aktivitas menonton video secara online. Tersedia pula dukungan WiFi, Bluetooth dan port microUSB yang bisa digunakan untuk mendukung aktivitas si pemilik.

Kesimpulan

Galaxy Tab A 7.0 Tiba di pasaran dengan banderol harga 4 jutaan rupiah, Samsung Galaxy Tab A7.0 (2020) menawarkan fungsionalitas yang dibutuhkan konsumen pada saat ini. Dimana semua aktivitas pengguna lebih banyak digunakan di dalam rumah seperti belajar online, bekerja secara online ataupun aktivitas sosial media lainnya. Kinerja yang mumpuni ditopang dengan daya tahan baterai yang tahan lama menjadi fitur kunci dari perangkat ini. Selain itu, untuk mengatasi kebosanan Samsung sudah membekali perangkat ini dengan dukungan empat speaker berteknologi Dolby Atmos yang menghadirkan keluaran suara yang prima.

Namun bukan tanpa cela, dengan banderol harga yang ditawarkan perangkat ini hanya dibekali dengan RAM berkapasitas 3GB plus memory internal 32GB. Hal ini dirasa sangat kurang untuk kebutuhan konsumen masa kini. Selain itu, kualitas fotografi yang ditawarkan jauh dari kata baik. Alhasil pengguna harus puas dengan kualitas yang ditawarkan.

Berita Lainnya

Leave a Comment