Home Review Review Samsung Galaxy M22: Buat Para “Brand Minded”
Samsung Galaxy M22

Review Samsung Galaxy M22: Buat Para “Brand Minded”

by infogadgets Indonesia

infogadgets  – Belum lama, Samsung merilis ponsel terbarunya disegmen menengah bawah yakni Galaxy M22. Membawa baterai besar dan memori yang lapang RAM 6GB dan penyimpanan internal 128GB serta membawa baterai 5000 mAh.

Tidak hanya itu saja, Galaxy M22 juga dibekali dengan spesifikasi dan fitur yang mumpuni dikelas ponsel harga 2 jutaan. Layar Super AMOLED, punya empat kamera belakang hingga memiliki fitur NFC.

Untuk mengetahui kinerja secara keseluruhan, kami akan coba melakukan review Galaxy M22. Berikut hasil pengalaman kami selama menggunakannya.

Desain

Samsung Galaxy M22Situs web resmi menyatakan bahwa ponsel akan datang dalam varian warna Hitam, Putih, dan Biru Muda. Suka atau tidak suka dengan desain Samsung, ponsel ini tidak banyak menarik minat pengguna karena desainnya yang unik. Desain pola horizontal pada panel belakang telah ada di beberapa smartphone sebelumnya dari merek yang sama.

Dilapisi dengan bagian belakang plastik, perangkat menawarkan kenyamanan saat mengoperasian. Yang paling menarik adalah kamera quad-nya, yang dipasang dengan cerdik di bagian belakang dan letak LED flash yang menurut kami kurang enak dilihat, sambil memberikan ruang sensor sidik jari di sidebar.

Samsung Galaxy M22 adalah ponsel ringan dengan berat 186g, jadi Anda tidak perlu khawatir dengan kenyamanan saat berlama-lama dengannya. Dan itu juga memberi Anda banyak ruang saat telepon ada di tangan Anda. Karena ketebalan 8.4mm, ponsel ini adalah pilihan yang baik untuk semua pengguna.

Sayangnya,  tidak memiliki fitur seperti gorilla glass atau tahan debu atau air. Dibandingkan dengan alternatif ponsel lain, Anda mungkin akan kecewa jika bukan “Samsung Minded”.

Layar

Samsung Galaxy M22Jika Anda melihat layar, Galaxy M22 menggunakan model waterdrop notch, dengan bezel bagian bawah terlihat lebih besar. Tidak terlalu jadi masalah meski saat ini banyak smartphone yang sudah menggunakan model punch hole.

Anda akan melihat layar Super AMOLED 6,4 inci dengan kecepatan refresh 90Hz di atasnya. Kombinasi ini cukup bagus, tetapi resolusi 720p menghilangkan pesona ponsel yang sesungguhnya.

Anda dapat yakin akan kualitas gambar yang bergerak mulus karena kecepatan refresh defaultnya. Samsung telah terbukti menjadi salah satu merek terbesar, tetapi persaingan semakin ketat. Dengan alternatif lain, Anda sekarang memiliki banyak pilihan.

Karena kecerahan 600 nits, Anda akan memiliki pengalaman yang baik saat melakukan apa pun di siang hari atau di malam hari.

Kinerja

Samsung Galaxy M22Jika Anda membeli model ini hanya karena Samsung memiliki reputasi yang baik untuk memberikan kinerja yang lebih baik, maka Anda berkomitmen untuk kinerja terbaik yang bisa Anda dapatkan dengan anggaran yang sama.

Tanpa ragu, Samsung menawarkan OS Android 11 terbaru, yang sangat bagus untuk semua tugas yang Anda lakukan di ponsel cerdas Anda. Selanjutnya, penambahan One UI Core 3.1 memperkaya level performa. Kombinasi ini terbukti menjadi sumber yang lebih baik untuk memberi Anda kelancaran setiap tugas.

Tetapi chipset MediaTek Helio G80 hadir dengan pemrosesan 12nm, bisa buat game namun tidak powerful. Di mana banyak brand lain menyediakan chipset terbaik, ponsel ini justru hadir dengan pilihan yang kurang layak dikisaran harga tersebut. Juga, ukuran chipset tidak mengirimkan banyak kecepatan saat melakukan sebagian besar tugas. Selain itu, prosesor Octa-core menawarkan kecepatan clock maksimum 2,0 GHz. Di sisi lain, ada unit grafis Mali-G52 MC2 memberikan kesan visual yang baik.

Namun kami juga sempat bermain game, faktanya mengejutkan, Galaxy M22 yang didukung chipset MediaTek Helio G80, masih bisa digunakan untuk memainkan beberapa game mainstream.

Untuk bermain PUBG Mobile di pengaturan smooth HD lancar. Begitu pula di settingan tertinggi yang bisa dikerjakannya yaitu HD High. Panas di bagian belakang ponsel tidak terlalu cepat naik. Material di bagian belakang ponsel cukup membantu tangan agar nyaman berlama-lama ketika perangkat mulai menghangat.

Lihat skor benchmark di bawah ini:

AnTuTu v8 – 215798

Geekbench – 373 (Single-Core), 1346 (Multi-Core)

3DMark SSE – 558 (Wild Life), 1360 (Sling Shot Extreme OpenGL 3.1)

PCMark – 6920 (Work 2.0)

AndroBench – 300.9 MB/s (Seq. Read), 178.31 MB/s (Seq. Write)

Jika Anda melihat varian penyimpanan, Anda mungkin juga akan kecewa di sini karena tidak menawarkan berbagai pilihan untuk pembeli. Hadir dengan RAM 6GB dengan varian penyimpanan 128GB terbatas untuk pengalaman bermain game Anda yang luar biasa. Karena ponsel sudah diinstal dengan begitu banyak jenis aplikasi yang berbeda, sangat sulit untuk menangani semuanya dalam kapasitas penyimpanan berukuran kompak. Tetapi Anda akan memiliki opsi untuk ekspansi penyimpanan melalui slot kartu microSD.

Ada fitur menarik lain yang cukup menyita perhatian kami. Karena, Samsung sudah menyematkan fitur NFC di Galaxy M22. Fitur yang mungkin jarang ada di hp harga 2 jutaan milik Samsung.

Kamera

Samsung Galaxy M22Bagian ini sangat menarik bagi semua pecinta kamera. Beberapa fitur yang memuaskan ada pada Samsung Galaxy M22. Muncul dengan quad-camera di mana ada kamera utama 48 MP. Dengan mode fokus otomatis, Anda dapat menangkap objek tajam dengan mudah tanpa frustrasi. Perangkat ini juga dilengkapi teknologi OIS, yang memungkinkan Anda menangkap gambar yang distabilkan. Di siang hari, foto Anda tidak akan terlalu terbuka, tetapi akan ada kejelasan.

 

Kamera sekunder juga meningkatkan kualitas foto, karena dilengkapi sensor ultra lebar 8 MP dan makro 2 MP dan kedalaman 2 MP. Jika Anda bosan menangkap rekaman biasa, inilah saatnya untuk mencobanya. Itu sebabnya kamera sekunder bekerja jauh lebih baik sekarang. Tanpa kehilangan pesona foto, Anda dapat membuat beberapa kenangan indah. Secara umum, kamera belakang memiliki kinerja yang baik.

Selain itu, ada kamera selfie 13 MP yang bekerja jauh lebih baik dibandingkan dengan selfie 8 MP. Tetapi karena pasar smartphone sangat kompetitif, inisiatif ini mungkin bukan yang terbaik. Jika Anda mengobrak-abrik beberapa smartphone dengan harga yang sama, Anda akan memiliki banyak pilihan di mana kamera selfie bisa lebih baik daripada Galaxy M22.

Datang ke bagian perekaman video, Anda dapat merekam video 1080p paling tinggi. Tapi, ada masalah bahwa Anda tidak akan memiliki gyro-EIS. Singkatnya, Anda mungkin mengalami beberapa masalah dengan menstabilkan video.

Baterai

Samsung Galaxy M22 hadir dengan kapasitas baterai besar yakni Li-Po 5000mAh. Perangkat sangat powerfull telah mempertahankan kekuatannya dengan menyediakan baterai ini. Anda dapat menonton video atau bermain game selama hampirlebih dari 6 jam non stop. Pada saat yang sama, Anda akan memiliki pengisi daya cepat 25W yang terbukti menjadi pendamping terbaik.

Kesimpulan

Samsung Galaxy M22Baterai dan kamera mungkin bagus, karena tidak menekan prosesor atau chipset. Namun, Anda harus membatasi diri pada satu varian penyimpanan. Menurut kami layar itu cukup baik, tetapi tidak memiliki kemampuan untuk memenangkan persaingan pasar saat ini. Berkat Android 11 terbaru, mungkin menjadi sedikit melegakan karena tidak banyak merek menawarkannya di kisaran harga tersebut.

Dalam penilaian kami, itu tidak memenuhi kebutuhan banyak pelanggan dibandingkan dengan harganya, tetapi mungkin cocok untuk mereka yang terobsesi dengan nilai merek Samsung. Menurut rekomendasi kami, Anda dapat mencoba Poco M3 Pro 5G di mana Anda akan memiliki lebih banyak fitur dan spesifikasi.

Berita Lainnya

Leave a Comment