Home Review Review Samsung Galaxy A50s : Peningkatan Kamera Lengkap Dengan NFC
Review Samsung Galaxy A50s

Review Samsung Galaxy A50s : Peningkatan Kamera Lengkap Dengan NFC

by infogadgets Indonesia

infogadgets – September lalu, Samsung berturut-turut merilis lini seri Galaxy A terbarunya. Lini seri ini akan menggantikan serta memberikan peningkatan spesifikasi dari lini seri A sebelumnya dengan embel-embel “s” di belakang namanya. Model-model yang tersedia di pasar Indonesia saat ini adalah A10s, A20s, A30s, dan A50s.

Di antara semua model tersebut, Samsung Galaxy A50s menduduki posisi pertama dengan spesifikasi unggul dan menjadi pilihan smartphone Samsung pada harga Rp 4.099.000 untuk varian 4/64GB serta Rp 4.899.000 untuk varian 6/128GB.

Dengan demikian, seperti apakah kemampuannya? Simak Review Samsung Galaxy A50s kami berikut ini.

Desain

Review Samsung Galaxy A50s Galaxy A50s memiliki dimensi yang sama dengan Galaxy A50. Akan tetapi bobotnya lebih berat 3 gram, mungkin hal ini disebabkan bobot sensor kamera 48MP yang menggantikan sensor utama 25MP di Galaxy A50. Rasanya tetap ramping di tangan dan tidak memiliki beban terlalu banyak sehingga orang dapat memegang dan menggunakannya dengan nyaman.

Bahan material yang digunakan untuk panel belakang masih terbuat dari plastik, tetapi Samsung membedakan varian ‘s’ dengan memiliki lapisan mengkilap dan reflektif yang menghasilkan rona menarik secara visual dari berbagai warna berbeda.

Sayangnya lapisan reflektif, bagian belakang juga mudah terkena sidik jari dan noda dan orang akan mengalami kesulitan menjaga bagian belakang ponsel tetap bersih ketika tidak menggunakan casing.

Ada modul kamera yang terletak di sudut kiri atas telepon diikuti oleh lampu kilat LED. Inisial Samsung terukir di panel belakang dan diposisikan secara terpusat. Ini adalah pengaturan yang sama seperti yang telah kita lihat pada A50.

Tombol volume dan tombol power ditempatkan di tepi kanan sementara slot kartu SIM ada di tepi kiri.

Sama seperti pada Galaxy Note10, tombol power sekarang berfungsi ganda sebagai tombol Bixby. Namun, Anda dapat memetakannya kembali sebagai tombol daya dengan cara ke (Settings >> Advanced >> Side Key) atau bahkan mengonfigurasi pilihan saat memilih menu dengan cara tekan dua kali untuk secara langsung meluncurkan aplikasi pilihan yang Anda pilih.

Ada bezel mencolok yang mengelilingi flush display dengan potongan poni berbentuk ‘U’. Tepi bawah ponsel ini memiliki jack headphone 3.5mm, port USB Type-C, dan grill speaker.

Display

Samsung Galaxy A50s memiliki fitur layar Full HD + 6,4 inci + (2340 x 1080 piksel) yang menggunakan panel Super AMOLED. Potongan notch berbentuk ‘U‘ di bagian depan memberikan rasio aspek 19,5: 9 dan layar 91,6%.

Mengingat ukurannya, kami percaya bahwa ini adalah tampilan yang sama seperti yang kita lihat pada Galaxy A50. Jika itu benar, layar juga diberi lapisan Corning Gorilla Glass 3 untuk perlindungan tambahan.

Kami terkesan dengan kinerja visual Galaxy A50S dan layar Super AMOLED tidak mengecewakan. Layar mampu menghasilkan warna-warna cerah, Penuh dengan warna tetapi kadang-kadang memiliki sisi layar dengan tampilan yang hangat juga. Meski pada layar ada notch berbentuk ‘U’ yang dijuluki Infinity-U tidak mengganggu pengalaman menonton secara keseluruhan.

Samsung menawarkan banyak opsi bagi pengguna untuk mengubah tampilan sesuai dengan kenyamanan mata mereka. Opsi-opsi ini termasuk mode filter Blue Light Filter Mode, Dark Mode dan Two Colour Modes: Natural & Vivid. Ponsel ini juga memiliki opsi untuk mengaktifkan panel Edge dan mendukung pencahayaan Edge untuk notifikasi yang merupakan nilai tambah.

Secara keseluruhan, jika seseorang menggunakan Galaxy A50s, mereka tidak akan kecewa dengan pengalaman menonton yang ditawarkannya.

Kamera

Salah satu pembaruan paling signifikan untuk Galaxy A50s adalah kamera utamanya. Sekarang menggunakan sensor 48MP dengan aperture f/2.0 dan meskipun Samsung belum menyatakannya secara resmi, sensor yang digunakan di sini adalah Sony IMX582.

Selain kamera utama, ada lensa ultra-lebar 8MP dan kamera kedalaman 5MP dengan aperture f/2.2. Kedua kamera ini menggunakan sensor Sony IMX616.

Aplikasi kamera memiliki mode malam khusus, bidikan terbaik, pengoptimal pemandangan dengan 30 preset dan mode Video Super Stabil. Di bagian depan, ada kamera selfie 32MP dengan aperture f/2.0.

Sekarang, perbedaan antara sensor IMX582 Sony pada A50s dan IMX586 pada ponsel seperti Realme X, Mi A3 atau OnePlus 7 sangat minim. Kedua sensor memiliki kemampuan pengambilan gambar yang sama tetapi IMX582 merekam hingga 4K pada 30fps sementara IMX586 dapat melakukan 4K pada 60fps.

Hasil Video Super Steady

Peningkatan kamera Samsung memang meningkatkan pengalaman fotografi keseluruhan pada A50s. Pada siang hari, kamera membuat beberapa gambar yang terlihat bagus, namun hal yang sama tidak dapat dikatakan tentang kinerjanya di lingkungan yang gelap.

Kamera utama menghasilkan gambar yang tampak alami dengan profil warna yang seimbang dan tajam, sementara itu diperlukan sedikit latihan untuk menangkap bidikan dari kamera sudut ultra lebar. Ini juga disebabkan oleh fakta bahwa lensa ultra lebar tidak mendukung fasilitas auto fokus.

Hasil Foto Galaxy A50s 

Pada malam hari, gambar yang diambil pada A50s memang tidak sempurna, masih terdapat noise dan bahkan aplikasi kamera membutuhkan waktu beberapa saat untuk fokus pada objek yang kami bidik.

Ketika kami menggunakan Mode malam di dalam aplikasi kamera melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam mengoptimalkan gambar pada malam hari dan mengurangi noise yang tidak terlalu banyak. Namun, bahkan itu tidak cukup untuk meningkatkan kinerja malam hari dari kamera A50s, Kenapa? Hasil foto ketika diperbesar tidak memiliki ketajaman yang baik.

Untuk dapat menggunakan sensor 48MP, pengguna dapat masuk ke aplikasi kamera, pilih tombol rasio gambar dan pilih 3: 4H dari daftar pilihan untuk mengambil gambar dalam full 48MP.

Performa

Samsung Galaxy A50s ditenagai oleh chipset Exynos 9611 yang dikombinasikan dengan CPU octa-core clock hingga 2.3GHz. Prosesor ini diproduksi pada proses fabrikasi FinFET 10nm dan dipasangkan dengan RAM 4GB/6GB dan penyimpanan 128GB.

Chipset baru telah dioptimalkan untuk mengkonsumsi lebih sedikit daya tanpa mengurangi efisiensi. Mali-G72 MP3 menangani rendering grafis di seluruh aplikasi dan game.

Nantinya pengguna juga akan memiliki opsi untuk meningkatkan penyimpanan hingga 512GB menggunakan kartu microSD.

Android 9.0 Pie-based One UI 1.5

Samsung telah menambahkan fasilitas Game Booster ke A50s bagi pengguna untuk mengalami permainan bebas-jeda dan operasi multi-fungsi dengan yang lancar. Ponsel ini juga mendukung koneksi NFC yang dipadukan dengan Samsung Pay yang nantinya digunakan untuk pembayaran.

Ada sensor sidik jari dalam layar, untuk kinerjanya sendiri kami membutuhkan waktu lebih lama untuk membuka kunci ponsel. Jujur! Sedikit mejengkelkan sebabnya tidak lebih baik dari apa yang kami rasakan di ponsel A50.

Sejauh menyangkut benchmark, A50s mencetak 1.670 poin dalam Geekbench 4 tes single-core dan 5257 dalam pengujian multi-core. Di AnTuTu, A50s berhasil menyalip skor A50 dengan 152686 poin.

Sementara skor ini tidak menjadi jaminan  dalam pengalaman kami menggunakannya selama hampir 2 mingguan. Kami menemukan kinerja umum A50s cukup baik dalam penggunaan sehari-hari. Karena itu, jika Anda seseorang yang menggunakan banyak aplikasi berbeda, ponsel ini akan mulai menunjukkan tanda-tanda kelelahan dengan kelambatan dan tentunya penurunan performa di sana-sini.

Ketika kami gunkan untuk bermain game PUBG Mobile, A50s mampu mencapai PUBG grafik tinggi mendorong kinerja ponsel ke kemampuannya, tetapi itu tidak sesuai harapan. Jadi, jika Anda lebih dari sekadar gamer biasa, A50s bukan untuk Anda karena tidak terasa mulus dalam game yang berat.

Daya Tahan Baterai

Samsung Galaxy A50s ditenagai oleh baterai 4.000 mAh yang mendukung adaptor pengisian cepat 15W yang disediakan di dalam kotak. Ini sama dengan kapasitas baterai pada A50 dan kinerjanya juga hampir sama.

Butuh hampir 2 jam bagi A50s untuk mengisi daya dari 0% hingga 100% melalui adaptor pengisian cepat. Ponsel ini bertahan lebih dari 14 jam dalam hal penggunaan rata-rata termasuk penjelajahan web, menonton video YouTube, mengirim pesan teks dan berselancar di sosial media.

Kesimpulan

Samsung Galaxy A50s memang tidak terlihat seperti memiliki pembaruan yang signifikan. Pasalnya A50s dibangun di atas dasar-dasar Galaxy A50 dan mencoba meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan. Fokus besar di sini adalah mengoptimalkan kamera 48MP yang merupakan peningkatan signifikan dibandingkan A50.

Namun, kinerja malam dari kamera A50s tidak juga baik dan kami berharap Samsung meningkatkan ini melalui pembaruan Perangkat Lunak. Untungnya kekurangan ini dibarengi juga dengan kehadiran konektifitas NFC yang dikombinasikan Samsung Pay yang nantinya mempermudah dalam hal pembayaran.

Akan tetapi  jika Anda seseorang yang banyak mengkonsumsi konten, A50s dengan layar Super AMOLEDnya memberikan pengalaman menonton yang luar biasa dan bagus untuk menonton video, film, dan acara bingewatch di Netflix.

 

Kelebihan Kekurangan
  • Kualitas desain baik
  • Layar superAmoled
  • Performa Kamera utama bagus
  • NFC
  • Dukungan Fast Charging
  • Hasil Kamera Malam Belum Maksimal
  • Bukan buat game hardcore

Berita Lainnya

Leave a Comment