Home Review Review Samsung Galaxy A23: Punya Performa Berkualitas
Samsung Galaxy A23

Review Samsung Galaxy A23: Punya Performa Berkualitas

by infogadgets Indonesia

infogadgets Samsung Electronic Indonesia selain meluncurkan Samsung Galaxy A13 juga menghadirkan Galaxy A23. Smartphone baru ini dihadirkan untuk Gen Z yang hobi bikin konten, menikmati hiburan, dan media sosial. Perangkat ini dijual dengan harga Rp3.499.000 (6GB/128GB), Tersedia dalam warna Black,

Info detil Galaxy A23 ini dapat dipelajari pada artikel review berikut ini.

Desain

Samsung Galaxy A23Mari kita mulai dengan desainnya terlebih dahulu. Galaxy A23 hadir dengan desain simpel ala Galaxy A Series 2022, menggunakan penutup belakang membulat yang terangkat dan menyatu mulus ke housing kamera. Permukaan bagian belakang mengkilap. Wah, sedikit berbeda dengan A53 5G karena modelnya akan menggunakan finishing matte. Warnanya menekankan kecerahan dalam nada pastel. Galaxy A23 tersedia dalam 3 warna: Hitam, Biru dan Peach

Bodinya cukup ramping dan enteng. Maklum, dimensi perangkat hanya 164,5×7,9×8,4 mm dengan bobot 195 gram. Penggunaan dengan satu tangan pun masih terasa nyaman.

Soal tampilan, Samsung Galaxy A23 yang mendarat di meja redaksi dibalut warna biru glosy, sehingga terkesan elegan. Namun karena tidak disertai dengan softcase tambahan, sehingga bagian punggung smartphone rentan meninggalkan jejak tangan atau mudah baret.

Posisi tombol terletak di sisi kanan seluruh perangkat. Terbagi menjadi tombol volume dan tombol power di sebelahnya, di mana tombol ini memiliki sensor sidik jari. Pemosisiannya bagus sehingga kami dapat dengan mudah mengatur volume. Dan menggunakan sensor sidik jarinya juga bagus.

Sedangkan untuk port koneksi, Galaxy A23 tersedia di bagian bawah perangkat. Ada port utama USB-C, kiri-kanan dibagi menjadi jack headphone 3,5 mm, mikrofon, dan speaker.

Speaker Galaxy A23 hanya memiliki bodi utama di bagian bawah perangkat. Tidak dapat digunakan dengan speaker untuk berbicara sebagai Stereo, tetapi suaranya dianggap keras dan berfungsi dengan baik (mendengarkan musik secara umum).

Slot kartu SIM Galaxy A23 terletak di sisi kiri perangkat. Di mana baki SIM adalah Triple-Slot, Anda dapat memasukkan 2 kartu SIM dengan micro-SD yang dapat ditambahkan hingga 1TB. Siapa sangka kapasitas 128GB di perangkat ini tidak cukup. Anda dapat menambahkannya secara maksimal.

Layar

Samsung Galaxy A23Tampak depan ada layar 6,6 inci dengan resolusi Full HD+ (2.408 x 1.080 piksel), teknologi PLS TFT, refresh rate 90 Hz, dan sudah terproteksi Corning Gorilla Glass 5.

Dalam hal kejelasan, model ini memiliki resolusi hingga FHD+, menunjukkan hasil yang indah. Yang mana dengan harga segitu, beberapa model masih memiliki resolusi HD+ saja, namun sedikit mengecewakan karena layar model ini digunakan sebagai layar PLS TFT, bukan AMOLED seperti kakak-kakaknya. Mungkin tidak segar dan cerah, tetapi cukup indah untuk dilihat. Dalam hal melihat Konten atau bermain game itu bagus.

Menggunakan smartphone tidak jauh-jauh dengan yang namanya scrolling. Mengakses media sosial, membaca berita, memilih video atau lagu yang akan dinikmati, mencari barang incaran di e-commerce, hingga mencari aplikasi yang akan diunduh, semua melibatkan scrolling. Maka dari itu, layar yang memunculkan motion yang mulus saat scrolling menjadi semakin dibutuhkan.

Memahami hal tersebut, Samsung telah menanamkan refresh rate 90Hz pada layar Galaxy A23 yang membuat setiap motion yang dihasilkan ketika kamu scrolling akan tampak begitu smooth.

Performa

Samsung Galaxy A23Dari segi performa, Galaxy A23 cepat dan tidak mencolok dengan chipset baru seperti Snapdragon 680 yang diklaim Samsung 20% ​​lebih bertenaga dari sebelumnya. Sejauh yang kami coba, itu benar-benar mulus, tetapi jika Anda ingin melihat sedikit lebih banyak.

Apalagi, ada RAM 6GB, lengkap dengan RAM Plus hingga 6GB, yang siap memfokuskan kinerja smartphone pada kegiatan yang sedang kamu lakukan, termasuk saat edit konten. Galaxy A23 juga dibekali dengan kapasitas penyimpanan 128GB yang bisa ditambah hingga 1TB, jadi kamu bisa nyaman menyimpan berbagai aplikasi, foto, maupun video tanpa khawatir ruang penyimpanan akan cepat habis.

Tak ketinggalan, Galaxy A23 juga sudah mendapat One UI 4.1 layaknya smartphone Samsung kekinian lainnya. Dengan begitu, pengalaman menggunakan Galaxy A23 menjadi lebih responsif, intuitif, dan nyaman, baik itu saat mengatur widget dan tata letak aplikasi hingga melakukan berbagai personalisasi tema dan tampilan

Tolok ukur saja tidak cukup. Kami ingin mengujinya dengan memainkan game nyata untuk melihat seberapa baik chip Snapdragon 680 akan memainkan game. Game yang kami uji di babak ini adalah Asphalt 9 dan PUBG New State.

Mari kita mulai dengan Asphalt 9, chipset Snapdragon 680 Galaxy A23 dapat menyesuaikan grafis di level tertinggi. Kualitas tinggi. Sejauh yang kami coba, lancar. grafis yang indah Semakin besar layar, hingga 6,6” resolusi FHD+, sangat membantu untuk bermain sangat memuaskan.

Masuk ke PUBG New State, kita bisa mengatur level grafis hingga maksimum “High” dan frame rate “Very high”, yang telah kita sesuaikan dengan level tersebut. Sejauh memainkannya, sebenarnya cukup bagus. Grafis yang indah, frame rate masih bisa digunakan. Kami mencoba memainkan 2 game berturut-turut dan masih tidak menemukan penurunan frame yang mengganggu. Dan panasnya tidak banyak, hanya hangat. Respon layar dengan refresh rate 90Hz juga sangat halus, sangat memuaskan kami.

Mari kita uji sedikit melalui aplikasi Benchmark

AnTuTu v8 – 274362

Geekbench – 381 (Single-Core), 1639 (Multi-Core)

3DMark SSE – 447 (Wild Life), 1326 (Sling Shot Extreme OpenGL 3.1)

PCMark – 7165 (Work 2.0)

AndroBench – 492.71 MB/s (Seq. Read), 98.14 MB/s (Seq. Write)

Kamera

Samsung Galaxy A23Dilihat dari spesifikasi kameranya, terbilang cukup siap untuk digunakan. Kedua kamera utama dengan resolusi hingga 50MP dengan OIS yang sama dengan A53 5G yang lebih lama membantu mendapatkan gambar yang jernih tanpa goyang. Ada lensa sudut ultra lebar. Termasuk lensa tambahan seperti makro dan Depth, yang di harga segini belum ada merek yang datang sebanyak ini. Sungguh luar biasa, Galaxy A23!

Seperti yang dikatakan, kamera utama Galaxy A23 hadir hingga 50MP dengan OIS, memungkinkan kami untuk mengambil foto normal dan cahaya rendah juga. Jangan takut goyang dari segi software, perangkat ini memiliki Scene Optimizer yang menggunakan AI untuk mengatur gambar menjadi indah dengan pemandangan yang akan kita bidik dengan sangat baik. Kami mengambil gambar langit cerah, pemandangan, kami dapat menarik warna sesuai dengan keinginan.

Foto Outdoor

Termasuk fitur Auto HDR yang membantu menyesuaikan cahaya dan rentang dinamis agar lebih sesuai dengan gambar. Bahkan jika kita memotret dengan cahaya latar, kita tidak perlu takut bahwa seluruh gambar akan menjadi gelap. Dan sejauh kami benar-benar mencoba menggunakannya, kamera Galaxy A23 dianggap sangat menyenangkan bagi kami, nada warna sama dengan Samsung, kemudahan pengambilan gambarnya bagus, hanya membidik, membuat gambar yang bagus dan menekan untuk mengambil gambar tidak sulit untuk mendapatkan gambar yang indah yang kita sukai.

Kondisi Malam (Menggunakan Mode Night)

Seperti yang dikatakan, model ini memiliki kamera Ultra Wide, yang memiliki sudut pandang lebar 123º, memungkinkan kita untuk mendapatkan pandangan yang lebih luas. tanpa harus banyak mundur Plus kualitas masih bagus. Meski resolusinya hanya 5MP, fitur Scene Optimizer atau HDR Otomatis tetap berfungsi. Oleh karena itu, warna atau rentang dinamisnya bagus sesuai dengan gaya Samsung.

Kamera lain ada lensa makro yang tersedia untuk digunakan pada Galaxy A23, jarak optimal adalah 3 – 5 cm, yang dianggap cukup dekat. Walaupun resolusinya hanya 2MP, namun kami dapat mengatakan bahwa kualitasnya jauh lebih baik dari yang dikira. Jika ada cukup cahaya juga tersedia file gambar Clear. Ditambah lagi, jarak terdekat 3 cm membuat kita lebih dekat dengan objek dibanding smartphone lain. Siapa pun yang suka melihat objek dekat, gunakan mode makro. Anda pasti akan menyukainya.

Micro

Terakhir, mode Portrait di sini menggunakan kemampuan lensa Depth 2MP untuk menangkap jarak subjek dan latar belakang bersama-sama dengan kamera utama untuk menangkap gambar. Hasil dari mode ini menarik. Peleburan latar belakang halus dan mudah digunakan. Ditambah kamera utama pada resolusi 50MP berkualitas baik, menghasilkan gambar yang indah. Warna kulit sangat menyenangkan bagi kami.

Potrait

Kamera depan

Samsung Galaxy A23Terakhir, kamera depan Galaxy A23 membekali kamera depan dengan resolusi 8MP. kualitas yang baik dapat digunakan. Ada mode potret untuk digunakan juga. Tidak sulit untuk memburamkan background selfie agar kita terlihat menonjol. Kehalusan wajah juga memiliki Kehalusan Kulit untuk memilih menyesuaikan juga.

Selfie

Video hingga 4K/30fps dengan stabilisasi gambar OIS Dan dari segi video, Galaxy A23 mampu merekam hingga 4K/30fps. Dari segi stabilitas, bagus karena OIS membantu kita merekam video lebih stabil.

Baterai

Sebelum menghadiri acara buka puasa bersama, mungkin kamu sudah sibuk dengan smartphone sepanjang hari, mulai dari bekerja atau belajar, main game, scrolling di media sosial, hingga streaming video di YouTube atau film dan series di platform OTT. Supaya kamu nggak boring saat buka puasa bersama, Galaxy A23 punya baterai besar dengan kapasitas 5.000mAh yang awet, bahkan bisa tahan sampai 2 hari. Selain itu, ada juga Adaptive Power Saving Mode yang memastikan konsumsi baterai makin efisien, jadi kamu bisa tetap produktif dengan smartphone kamu sepanjang hari dan tetap eksis mengabadikan momen bersama teman-teman di acara buka puasa bersama dengan kapasitas baterai yang masih banyak.

Kesimpulan

Samsung Galaxy A23Kesimpulannya, Galaxy A23 dianggap sebagai smartphone yang memiliki performa berkualitas dengan spesifikasi yang menarik, antara lain chipset Snapdragon 680, bertenaga hingga 20%, layar besar 6,6 inci, baterai 5000mAh, plus 4 kamera belakang, resolusi 50MP dengan OIS, dengan tingkat harga ini, dianggap cukup terjangkau. Dari segi penggunaan, impresif dengan software terbaru One UI 4.1, dan yang terpenting desainnya cantik untuk digunakan, terutama warna biru yang sudah kami review. Siapa pun yang mencari smartphone yang lengkap baik spesifikasi, fitur, maupun desain dengan harga Rp 3 jutaan, menurut kami model Galaxy A23 ini adalah pilihan yang sangat menarik.

 

Berita Lainnya

Leave a Comment