Home Review Review Samsung Galaxy A03 Core: Ponsel Pemula Baterai Tahan Lama
Samsung Galaxy A03 Core

Review Samsung Galaxy A03 Core: Ponsel Pemula Baterai Tahan Lama

by infogadgets Indonesia

infogadgets – Smartphone entry-level kini merupakan salah satu segmen yang paling dilirik oleh banyak kalangan. Tidak mau ketinggalan kesempatan emas tersebut, Samsung pun meluncurkan Galaxy A03 Core di Indonesia beberapa waktu lalu.

Smartphone entry-level terbaru dari Samsung ini hadir dengan sejumlah fitur yang dapat menunjang berbagai aktivitas harian namun secara spesifikasi ponsel ini cukup buat pemula (Gen Z yang baru menggunakan ponsel) . Penasaran seperti apa?

Berikut artikel review yang infogadgets.info susun buat Anda.

Desain

Samsung Galaxy A03 CorePertama tentunya kita bahas desain, Galaxy A03 Core adalah perpaduan lekukan yang lembut dan bagian belakang bertekstur kasar yang bisa membuat saat menggenggam menjadi lebih nyaman dan tahan goresan, tak membekas sidik jari, serta tidak licin sekalipun tangan sedang berkeringat.

Secara ukuran bodi ponsel ini tergolong besar sekaligus berbobot di 211 gram Buat yang memiliki tangan tidak terlalu besar bakal kurang nyaman digunakan satu tangan berlama-lama. Ketebalannya masih oke di 9,1mm, dengan sudut lengkung bodi kiri dan kanan yang membuatnya nyaman. Sekeliling bodi, sayangnya kami tidak menemukan sensor sidik jari.

kamera utama beserta lampu flash di bagian sudut kanan atas terdapat tekstur berbeda, sehingga akan menjadi perhatian orang. Selanjutnya di sisi kiri ada tombol volume dan power.  Sementara sisi lainnya hanya ada slot kartu SIM. Pengguna bisa memakai dual SIM card dan 1 micro SD. Di bagian bawah ada selot micro USB, lobang headphone jack, serta speaker mono.

Layar

Samsung Galaxy A03 CoreDimulai dari segi tampilan, Galaxy A03 Core memiliki dimensi 164,2 x 75,9 x 9,1 mm dengan ukuran layar sebesar 6,5 inch. Smartphone ini memiliki rasio layar ke body hingga 81,85% dan sudah mendukung tampilan layar HD+ yang memanjakan mata.

Secara keseluruhan layar menampilkan kecerahannya pun cukup baik. Warna yang dihasilkan juga lumayan tajam. Namun, harus diingat bahwa ponsel ini tidak memiliki perlindungan Gorilla Glass. Jadi, pastikan membeli antigores.

Untuk pengaturan terdapat juga pengaturan kecerahan automatis yakni Adaptive Brightness dan juga screen server.

Performa

Samsung Galaxy A03 CoreDiatas kertas Galaxy A03 Core memiliki dapur pacu yang cukup untuk smartphone Rp1 jutaan. Menggunakan chipsetnya Unisoc SC9863A dan CPU Octacore. Kapasitas RAM 2GB, memori 32 GB dan baterai 5.000 mAh. Tapi buat kami hari gini, siapa yang mau menggunakan RAM 2GB, sedangkan standart yang sudah banyak dipasaran minimal 4GB.

Selama satu minggu kami coba, smartphone ini sangat nyaman digunakan kegiatan sehari-hari. Kami tidak menemukan terjadi lag menggunakan smartphone ini untuk membuka beberapa aplikasi seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, lalu streaming video dan menggunakan membuka email secara cepat.

Namun jangan coba-coba menggunakannya untuk bermain game FPS seperti PUBG Mobile, sayangnya performa tidak berjalan lancar untuk bermain game tersebut.

Lihat skor benchmark di bawah ini:

AnTuTu v8 – 337561

Geekbench – 122 (Single-Core), 461 (Multi-Core)

3DMark SSE – 395 (Sling Shot Extreme OpenGL 3.1)

PCMark – 4400 (Work 2.0)

AndroBench – 200.22 MB/s (Seq. Read), 80.63 MB/s (Seq. Write)

Kamera

Samsung Galaxy A03 CorePaling sederhana! ini kalimat yang tepat buat kamera perangkat murah ini, Hanya menempatkan kamera utama 8MP Atau putar ponsel Anda dan gunakan 5MP kamera depan untuk menjadikan diri Anda pusat perhatian.

Interface jelas ciri khas samsung, kamere sederhana begitu juga Mode kameranya pun sangat sederhana, hanya ada foto, video dan pengambilan panorama.

Buat kami sangat lumrah buat ponsel Rp 1 jutaan, Namun jika dibadingkan dengan kompetitor menjadi tidak wajar sih! Lainnya ada mode lainnya seperti potret, mode malam atau opsi menambahkan watermark pada setiap foto.

Lalu bagaimana dengan hasil fotonya? sejauh kami menggunakan, masih tergolong cukup baik. Meski tentu sangat terbatas, dan detail bakal langsung berkurang ketika sumber cahaya tak banyak seperti kondisi indoor.

Baterai

Samsung Galaxy A03 CoreUntuk kapasitas baterai Galaxy A03 Core, buat kami tergolong besar yakni 5.000 mAh. Lalu untuk pengisian daya, smartphone tidak didukung oleh fitur fast charging sehingga untuk mengisi daya ponsel sampai 100% diperlukan waktu sekitar 2,5-3 jam. Bisa digunakan lebih dari sehari dengan aktivitas padat sekalipun. Hanya saja, waktu pengisian dayanya memang cukup lama. Sebab travel charger yang diberikan hanya mampu memompa daya 7.8W saja.

Kesimpulan

Samsung Galaxy A03 CoreBuat ponsel dengan harga Rp 1 jutaan, Samsung Galaxy A03 Core sangat cukup untuk pengguna pemula. Bisa digunakan seharian seperti sekolah online, atau sekedar menggunakan sosial media atau juga buat berdagang online alesannya karena ukuran baterainya besar. Namun buat kami lebih baik menambah buged Anda untuk mendapatkan ponsel yang lebih mumpuni seperti Infinix Hot 11S NFC, Redmi 9, OPPO A16.

 

Berita Lainnya

Leave a Comment