Home Review Review Samsung Galaxy A02: Tawarkan Layar dan Baterai Besar
Galaxy A02

Review Samsung Galaxy A02: Tawarkan Layar dan Baterai Besar

by infogadgets Indonesia

infogadgetsSamsung secara resmi memperkenalkan varian smartphone terbaru yaitu, Samsung Galaxy A02, yang hadir dengan harga sejutaan. Dibekali dengan baterai besar 5.000 mAh, RAM 3GB/32GB yang dapat ditambah dengan microSD hingga kapasitas 1TB, dan layar besar 6,5 inci HD+ PLS Infinity-V Display.

Samsung Galaxy A02 merupakan smartphone yang pas buat kamu medsosan seharian, menyimpan ribuan selfie kece, dan menikmati hiburan dengan layar besar dan teknologi suara Dolby Atmos yang mengagumkan.

Hadir dengan pilihan warna yang stylish, Denim Black dan Denim Gray, Samsung Galaxy A02 dengan harga rekomendasi retail Rp 1.499.000.

Sebelum Anda memutuskan untuk membelinya, yuk simak dulu review Samsung Galaxy A02 yang kami sajikan berikut ini.

Desain

Galaxy A02Sangat sederhana, namun dibuat sangat menarik. Itulah impresi awal kami saat melihat tampilan Samsung Galaxy A02 untuk pertama kali.

Secara dimensi, tergolong besar bahkan setara Galaxy M51. Punya bobot 206 gram dengan ketebalan 9,1mm. Baik bodi samping hingga belakang gunakan material plastik.

Agar lebih menarik, Samsung berikan opsi warna cerah dengan tekstur bergaris. Gunakan permukaan matte, bodinya sangat kesat alias tidak licin. Tak hanya itu, bila dilihat lebih dekat, terdapat titik-titik seolah terkena semburan cat dari kejauhan. Membuat tampilannya tidak membosankan.

Material yang digunakan tentu saja polikarbonat, yang membuatnya tidak akan licin saat berada dalam genggaman. Warna Grey yang kami review juga terlihat mewah.

Sekedar info detail desain, perangkat ini memiliki tombol power dan volume seperti biasa dapat Anda temukan di sisi kanan. Posisi kiri diisi oleh slot SIM Tray yang bisa menampung dua SIM Card dan satu slot microSD.

Perangkat ini memiliki Port Micro USB. Sayangnya smartphone ini tidak memiliki sensor pemindai sidik jari. Sebagai gantinya Anda bisa membuka kunci layar dengan menggunakan PIN, Pola, dan Password saja.

Satu hal lagi yang membuat kami cukup heran, biasanya dalam paket penjualannya ada case atau earphone, kali ini tidak ada Cuma ada adaptor charger dalam kotak.

Layar

Galaxy A02Untuk Layar Galaxy A02s dibekali dengan layar PLS LCD berukuran 6,5 inci beresolusi HD+. Layarnya mengadopsi desain Infinity V dengan notch sebagai rumah dari kamera depan.

Panel PLS TFT sepertinya masih efektif untuk digunakan di dalamnya. Secara kualitas memang layar ini tidak sebaik Super AMOLED, tetapi masih bisa disandingkan dengan panel IPS.

Sayangnya dalam spesifikasi perangkat ini tidak dilapisi pelindung layar semisal Gorilla Glass. Sebagai gantinya, Anda bisa membeli tambahan pelindung layar atau tempered glass.

Untuk pengaturan didalamnya terdapat Dark Mode, dan buat penampilan lebih baik saat di luar ruangan terdapat Outdoor Mode.

Performa

Galaxy A02Urusan dapur pacu perangkat ini menggunakan chipset  MT6739W dengan CPU quad-core 1,5GHz dan fabrikasi 28nm. Game seperti PUBG Mobile sepertinya juga bisa dimainkan dengan lancar di settingan low hingga medium. Di sisi lain, RAM 3GB dan internal storage sebesar 32GB juga bisa Anda andalkan untuk keperluan multitasking, meskipun sebenarnya akan lebih baik jika menggunakan RAM 4GB.

Sedangkan urusan GPU, perangkat ini menggunakan PowerVR GE8100 yang siap menampilkan performa grafis yang cukup buat Anda, mulai dari grafis dalam game standart, saat memutar video, melihat gambar atau foto, dan hal-hal lain terkait proses pengolahan grafis dalam smartphone.

Ponsel sudah menjalankan sistem operasi terbaru Android 10.0, One UI Core 2.5, yang memberikan tampilan user interface lebih segar. Kami sama sekali tak menemui kendala saat menjalankan tugas-tugas ringan dengan menggunakan Galaxy A02. Mulai dari browsing, chatting, membuka sosial media, meeting di zoom, hingga bermain game-game ringan.

Jika digunakan untuk bermain game yang cukup berat, pengguna tidak bisa mendapat pengalaman maksimal. Saat digunakan untuk bermain game Mobile Legends, pengaturan harus diubah ke pilihan grafis low atau smooth. Dengan pilihan tersebut tentu saja resolusinya menjadi rendah.

Jika dipaksa mengubah ke pilihan grafis medium, gambarnya menjadi tidak mulus. Selain itu, ponsel pun menjadi relatif cepat panas. Jadi bagi mereka yang tetap ingin bermain game cukup berat, pilihannya adalah mengatur grafis ke posisi rendah.

Yang membuat kami senang menggunakan perangkat ini adalah kapasitas baterai yang 5.000 mAh. Besaran kapasitas baterai ini sudah pasti menawarkan waktu penggunaan yang cukup lama dalam sekali proses pengisian daya.

Samsung Galaxy A02 sudah mendukung fitur adaptive battery untuk menyesuaikan daya dari aplikasi yang sering digunakan. Bila diperlukan, ada dua opsi penghemat daya yang bisa dimanfaatkan di kondisi darurat, saat baterai hendak habis.

Lihat skor benchmark di bawah ini:

AnTuTu v8 – 58253

Geekbench – 106 (Single-Core), 348 (Multi-Core)

3DMark SSE – 208 (Sling Shot), 119 (Sling Shot Extreme OpenGL 3.1)

PCMark – 3167 (Work 2.0)

AndroBench – 268.93 MB/s (Seq. Read), 83.79 MB/s (Seq. Write)

Kamera

Galaxy A02Sektor ini yang membuat tampang Galaxy A02 terlihat mewah, pasalnya housing kamera terlihat perangkat dari kelas middle-range dengan dua kamera di bagian belakang. Komposisinya terdiri dari kamera utama 13 MP dan kamera makro 2 MP.

Galaxy A02

Dengan kamera depan 5MP sayangnya tidak memiliki Fokus Langsung, mudah untuk mengambil foto selfie menakjubkan yang menampilkan lebih banyak Anda dan lebih sedikit latar belakang.

Beberapa mode kamera tersedia dan bisa Anda eksplorasi, seperti ultra wide dan makro saja yang dilengkapi dengan filter.

Mengambil foto malem sedikit kendala dengan tidak hadirnya night mode yang bisa membantu Anda mengabadikan foto di malam hari. Sehingga pengambilan gambar di malam hari dengan menggunakan Galaxy A02 kami rasakan kurang maksimal.

Secara keseluruhan beberapa foto yang kami ambil cukup memuaskan, dengan catatan selama kondisi cahaya sangat baik.

Makro

Fitur

Lebih Smart dengan SmartThings

Saat tiba di rumah selepas beraktivitas di bawah cuaca terik, terkadang kamu ingin langsung menyalakan Air Conditioner (AC). Galaxy A02 bisa menjadi perangkat serbaguna yang diandalkan untuk langsung menyalakan Samsung AC tanpa remote. Dengan aplikasi SmartThings pada Galaxy A02, AC di rumah bisa terkoneksi dan kamu bisa mengontrolnya langsung. Matikan, nyalakan, dan atur jadwal sesuai dengan kebutuhan kamu.

Lebih Awesome dengan Smart View

Terkadang melakukan video call saat bekerja atau sekolah dari laptop dapat terasa melelahkan dan membosankan. Dengan fitur Smart View pada Galaxy A02, kamu bisa melakukan video call dari Samsung Smart TV sehingga kamu mendapatkan pengalaman yang menyegarkan. Bukan hanya itu, kamu juga bisa membuat presentasi tugas sekolah dan brainstorm bersama rekan kerja terasa lebih seamless dari Samsung Smart TV yang terhubung dengan Galaxy A02 kamu.

Kesimpulan

Galaxy A02Smartphone dengan harga satujutaan ini memang secara kulitas tidak cocok buat Anda yang biasa menggunakan smartphone dengan fitur yang serba mumpuni. Buat kami smarphone ini sangat cocok buat kamu para pelajar karena memiliki layar yang besar buat belajar online dan baterai besar yang bisa digunakan seharian.

Selain itu, Galaxy A02s juga sudah dibekali dengan dua kamera di bagian belakang yang cukup baik. Begitu juga dengan kamera depan yang cukup baik. Meskipun secara kualitas tidak bisa dibandingkan dengan smartphone kamera.

 

 

 

 

Berita Lainnya

Leave a Comment