Home Review Review Redmi Note 8 : Terbaik di Segmen Rp 2 Jutaan
Redmi Note 8

Review Redmi Note 8 : Terbaik di Segmen Rp 2 Jutaan

by infogadgets Indonesia

infogadgets, Jakarta – Setelah diperkenalkan beberapa waktu lalu, Redmi Note 8. Ponsel yang menonjolkan kemampuan kameranya ini memiliki empat kamera yang terpasang di bagian belakangnya.

Kamera utamanya 48MP yang diklaim mampu menghasilkan foto detail. Lalu ada ultra-wide 8MP dengan sudut pandang 120 derajat, sensor depth 2MP dan makro 2MP.

Sedangkan yang saat ini kami pegang varian 6/128GB dibandrol dengan harga Rp 2.899.000. Ponsel ini menggunakan dapur pacu Snapdragon 665. Untuk menyokong pengoperasiannya, Xiaomi menyematkan baterai berkapasitas 4.000 mAh dengan dukungan pengisian cepat 18W.

Lantas seperti apa detail kemampuan, berikut review Redmi Note 8 dari infogadgets.info.

Desain

Redmi Note 8Untuk pertama kita membahas desain, Redmi Note 8, hadir dengan 3 varian warna Neptune Blue, Space Black, dan Moonlight White. Terlihat sangat indah dengan design S-curve yang menjadikan tampilan terlihat sangat mewah.

Nah! Dalam review kali ini kami kedatangan warna Space black. Dimana warna ini tidak seperti warna hitam biasa, Kenapa? Ponsel ini memiliki tekstur warna hitam yang berbeda, terlihat sangat elegan di genggaman tangan.

Di bagian belakang, tampilan Redmi Note 8 juga lebih penuh gaya, dari desain holografik S-curve, fingerprint yang ukurannya semakin kecil dan desain halo ring di kamera.

Redmi Note 8 disajikan dengan mengedepankan kualitas yang tinggi, dilindungi penuh dengan Corning Gorilla Glass 5 dibagian depan dan belakang, 2,5D curve glass yang dipoles dengan tepian kaca berfungsi meningkatkan ketahan smartphone.

Selanjutnya bagian sudut Redmi Note 8 juga diperkuat agar perangkat ini lebih kuat lagi apabila tidak sengaja terjatuh. Bagian dalamnya juga dilindungi dengan teknologi nano-coating yang menghindari kerusakan oleh percikan air dan debu.

Redmi Note 8 hadir dengan USB Type-C yang dapat digunakan secara bolak-balik yang mana kebanyakan ponsel pintar di harga menengah masih menggunakan Micro USB.

Terlebih lagi, ponsel ini juga menyediakan pengguna port 3,5mm headphone jack dan dilengkapi dengan IR blaster yang biasanya dapat digunakan untuk mengontrol televisi dan peralatan rumah tangga lainnya.

Display

Redmi Note 8Untuk tampilan depan, ponsel ini memiliki layar yang berukuran 6,3 inci serta tampilan Dot Drop dan memiliki 90% rasio screen-to-body sehingga sangat nyaman untuk menonton video ataupun melihat hasil foto.

Layarnya juga sudah FHD+ incell LCD, 2340 x 1080 (409 ppi) dengan 500 nit kecerahan, 1500;1 (typ) kontras dan 84% (typ) NTSC color gamut.Redmi Note 8

Untuk menambahkan kenyamanan tersedia juga mode sunlight, mode malam dan mode baca. Karena layar merupakan bagian terpenting, Redmi Note 8 juga sudah terverifikasi oleh TUV Rheinland.

Kinerja

Redmi Note 8 Chipset Snapdragon 665 yang menghidupkan Redmi Note 8 sama dengan yang ada pada Realme 5. Performanya tidak jauh berbeda dari chipset Snapdragon 660 yang digunakan Redmi Note 7S. Chipset ini didasarkan pada arsitektur 11nm, yang seharusnya membuatnya sedikit lebih hemat. CPU 665 adalah sentuhan yang lebih lambat dari 660, sedangkan GPU 665 sedikit lebih kuat. Secara keseluruhan, keuntungan dan kerugian kinerja kami rasa seimbang.

Chipset ini juga menghadirkan pengalaman pengguna yang ditingkatkan berkat teknologi AI dan peningkatan pada efisiensi daya, sehingga pengguna bisa menikmati kinerja puncak dalam waktu yang lebih lama.

Pengalaman bermain game tidak terlalu luar biasa karena pengaturan grafis tidak bisa di atur secara maksimal. Saat kami memainkan sekitar 10 menit ponsel mulai terasa hangat di tangan, akan tetapi buat kami itu tidak mengganggu sama sekali.

Kami menempatkan ponsel melalui berbagai tolok ukur standar dan hasilnya sesuai dengan yang kami harapkan. Ponsel ini mengelola skor 170.172 poin di AnTuTu. Untuk benchmark Geekbench 5 memiliki Single-core skor 312 sedangkan Multi-core skor 1315. Sedangkan untuk grafis kami menggunakan 3Dmark dengan perolehan skor 1114 poin.

Untuk melengkapi pengalaman yang bahkan lebih baik lagi, Redmi Note 8 juga mendukung Widevine L1 RM yang memungkinkan pengguna untuk menikmati secara HD pada aplikasi Netflix. Bagian audio juga mengalami pembaharuan yang besar, seperti peningkatan 40% suara yang lebih besar dan peningkatan penyaringan suara menjadikan audio dalam perangkat ini jadi lebih jernih.

Baterai

Redmi Note 8 hadir dengan kapasitas baterai yang besar, yakni 4,000 mAh. Berdasarkan percobaan lab yang dilakukan oleh tim internal Xiaomi, smartphone dengan kapasitas 4,000 mAh bisa bertahan selama 251 jam pada mode stand-by, 23 jam waktu telepon, 13 jam pemutaran video, dan 7 jam bermain game. Mendukung 18W Quick charge 3.0 maka penggunaan baterai besar juga akan semakin nyaman.

Baterai cukup untuk membuat kami melalui hari kerja secara penuh, dan kami tidak perlu khawatir kehabisan daya bahkan setelah bermain game, streaming video, dan mengambil banyak foto selama sehari.

Kami memiliki sekitar 25 persen pada saat kami siap untuk menghubungkan ponsel ini di malam hari. Tes loop video HD kami berjalan selama 13 jam dan 10 menit yang juga cukup bagus. Pengisi daya 18W mengambil Redmi Note 8 dari nol hingga 37 persen dalam setengah jam, dan 81 persen dalam satu jam.

Interface

Redmi Note 8 kami sudah sangat bersuara tentang interface dimana banyak sekali aplikasi bahkan iklan pada perangkat Xiaomi. Sayangnya, itu sudah menjadi sesuatu yang wajar karena tidak ada langkah untuk memperbaiki itu. Mulai dari proses awal saja, Xiaomi mendorong kami untuk mengunduh berbagai macam aplikasi.

Bahkan jika Anda sudah berhasil menghindari rekomendasi awal, ada beberapa aplikasi yang disertakan di ponsel. Ya! Ini memang dari standar MIUI, seperti file explorer, weather app, and music app, tetapi juga mencakup banyak game, dan juga aplikasi musik pihak ketiga(weSing).

Sebagian besar tidak dapat dihapus. Apalagi disetiap aplikasi tersebut terdapat iklan dan rekomendasi aplikasi bertebaran di seluruh aplikasi sistem, dan dengan cepat menjadi pengalaman pengguna yang kurang optimal dan kami kurang nyaman.

Itu tidak berarti bahwa pengalaman itu semuanya buruk. Ada banyak tambahan yang berserakan termasuk opsi yang kuat untuk menyesuaikan antarmuka ponsel agar benar-benar menjadi milik Anda. Aplikasi seperti ShareMe membuatnya sangat mudah untuk mentransfer file besar antara telepon dan bahkan ke komputer Anda.

Kamera

Peningkatan utama terdapat pada sektor kamera, di mana Redmi Note 8 ini sudah menggunakan kamera utama 48 MP dideretkan dalam formasi quad-camera. Kamera utama dengan pixel sebesar 48MP yang beresolusi tinggi ini memungkinkan pengguna

Untuk mendapat hasil yang lebih bagus dan detail yang tajam, dan dapat juga diaplikasikan dalam pada print dengan ukuran yang besar. Redmi note 8 menggunakan sensor Samsung GM1 yang mengadopsi teknologi Tetra Cell dalam kondisi pencahayaan minimal dan algoritma remosaic pada kondisi pencahayaan yang cukup terang, sehingga dapat menghasilkan gambar yang sangat mendetail dengan warna yang cerah dan alami.

Untuk perangkat entry-level, kamera utama pada Redmi Note 8 melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam menangkap gambar yang relatif nyata. Saya menemukan gambar yang terpapar dengan baik, dan warna tampak sangat alami. Mengintip piksel mengungkapkan banyak oversharpening untuk memberikan gambar sedikit pop. Namun, untungnya tidak berkurang menjadi noda seperti yang sering terjadi.

Selanjutnya 8MP Ultra wide – angle kamera yang memiliki besaran pixel 1,12um serta tangkapan bidang 120 derajat. Cukup dengan satu klik saja dapat menghasilkan foto dengan perspektif yang bagus tidak harus banyak bergerak juga tanpa harus menjadi professional photographer.

2MP Lensa makro dengan ukuran pixel 1,75um ini sangat cocok buat anda yang mencintai foto-foto dengan detail yang dekat. Kemampuan autofokus menjadikan pengalaman fotografi makro di Redmi Note 8 lebih mudah karena dapat mengambil objek foto dari jarak 2 hingga 10 cm. Yang terakhir, 2MP lensa sensor depth dapat digunakan untuk pengguna yang ingin membuat hasil foto lebih dramatis.

Untuk memaksimalkan pengalaman fotografi, Redmi Note 8 menyediakan fitur Night Mode yang umumnya ditemukan hanya pada perangkat flagship. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengambil foto HDR saat malam hari dengan jernih walau saat pencahayaan yang minimal. Selanjutnya, fitur Night Mode dari Redmi Note 8 ini menggunakan kombinasi dari 1.6um superpixel, multi-exposure HDR, bukaan yang besar di f/1.8, dan kalibrasi otomatis berbasis AI. Mode Night Scene mengambil beberapa foto dari eksposur yang berbeda dan mengkombinasikan foto-foto tersebut menjadi satu foto yang terang dengan noise yang sangat sedikit.

Di bagian depan, Redmi Note 8 menggunakan 13MP kamera selfie dengan dukungan Ai. Mode nya juga beragam seperti AI Beautify untuk memaksimalkan dan mencerahkan warna kulit, AI portrait selfies menghasilkan kedalaman foto serta mode lain seperti AI scene detection, AI face unlock, panorama selfies dan juga palm shutter.

Kesimpulan

Seperti halnya kebanyakan ponsel yang dirilis Redmi, Redmi Note 8 benar-benar dikemas dengan fungsionalitas yang memadai dan fitur-fitur diatas rata-rata dengan harga yang tawarkan sangat murah. Maka akan sulit buat kami tidak melirik ponsel asal China ini.

Penggunaan prosesor Snapdragon 665 yang mampu memberikan kinerja terbaik di harga yang dibandrol. Performa Redmi Note 8 juga tidak kalah baik dibanding smartphone di kelasnya. Apalagi, dengan harga Rp2 jutaan, sudah mendapatkan RAM dan memori internal besar.

Selain performa yang baik, Redmi Note 8 juga mempunyai baterai berkapasitas besar. Jadi, pengguna tidak perlu bolak-balik mengisi daya baterai ponsel. Diperpanjang daya tahan melalui baterai 4000mAh berarti Anda akan lebih jarang mengisi daya, dan jika Anda bukan pengguna berat Anda mungkin akan mendapatkan 2 hari penggunaan dari ponsel.

Meskipun tampilannya kurang bagus, harga ponsel juga membuatnya sulit untuk diabaikan: Pilihan warnanya ada tiga, antara lain Space Black, Neptune Blue, dan Moonlight White. Harga perkenalan untuk pembelian online dimulai dari Rp1.999.000 untuk varian 3GB+32GB, Rp2.199.000 untuk varian 4GB+64GB, dan Rp2.799.000 untuk varian 6GB+128GB.

 

Kelebihan Kekurangan
  • Kontruksi desain berkualitas tinggi
  • Daya tahan baterai luar biasa
  • Performa cepat, 
  • Kamera luar biasa dengan harga yang ditawarkan
  • Optimalisasi untuk performa game kurang
  • Modul kamera teralalu meninjol
  • Tampilan desain biasa banget

 

 

Berita Lainnya

Leave a Comment