Home Review Review realme Smart TV 4K 50 inci: Hadirkan Sensasi Bioskop Dalam Rumah
realme Smart TV 4K

Review realme Smart TV 4K 50 inci: Hadirkan Sensasi Bioskop Dalam Rumah

by infogadgets Indonesia

infogadgets – Semenjak pandemi berlangsung dua tahun belakangan, banyak orang yang bingung mencari hiburan tanpa keluar rumah. Kondisi diperburuk dengan ditutupnya akses jalan dan akses ke pusat perbelanjaan yang memaksa banyak orang tinggal dan berkreasi dirumah. Tak sedikit pekerja dan ibu rumah tangga yang stress dengan kondisi di rumah saja bingung mencari pelepas penat untuk tetap semangat menjalani pandemi ini.

Untuk mengatasi kondisi tersebut realme menawarkan alternatif yang masuk akal di kondisi Covid-19 sekarang ini dengan meluncurkan Android Smart TV 4K di pasar Indonesia dengan ukuran 50 inci.

Memiliki fitur unggulan seperti layar 4K, dukungan Dual Dolby: Dolby Vision dan Dolby Atmos, serta Google Assistant. Nah! Saatnya untuk mencari tahu bagaimana kinerja sesungguhnya.

Desain

realme Smart TV 4Krealme Smart TV 4K 50” mudah dilihat, dengan desain bezel-less di tiga sisi dan bezel bawah yang lebih tebal. Dagu trapesium di bawah logo perusahaan (realme) terdapat LED indikator asisten suara dan penerima IR. TV dapat dipasang di dinding atau diletakkan di atas meja menggunakan dudukan yang disertakan. Namun, kit pemasangan di dinding tidak disertakan dalam paket dan mungkin perlu dibeli secara terpisah. Namun dalam kotak terdapat sekrup bersama dengan remote control nirkabel dan sepasang baterai AAA.

realme Smart TV 4K 50” menampilkan desain bezzel-less premium dengan bezel setipis 2,6 mm yang hampir tidak terlihat. Membuatnya terlihat lebih stylish. Karena bezel yang tipis ini, realme Smart TV 4K 50” memiliki rasio layar sebesar 97,2%. Area pandang menjadi lebih luas serta cocok ketika menonton bersama keluarga.

realme Smart TV 4K

Di departemen konektivitas, Anda mendapatkan tiga port HDMI, satu untuk dukungan ARC, dua port USB 2.0, optical audio out, A/V in dan port LAN, semuanya ditempatkan di sepanjang tepi kiri bagian belakang. Port terletak lebih ke tengah TV daripada lebih dekat ke tepi, tetapi kami selalu suka dengan TV yang memiliki port lebih dekat ke tepi untuk akses mudah.

Anda juga memiliki beberapa opsi konektivitas nirkabel dengan Bluetooth 5.0 untuk terhubung ke speaker atau headphone nirkabel dan WiFi dual band dengan dukungan untuk jaringan 2,4 GHz dan 5 GHz. Ketidakhadiran yang menonjol di sini adalah segala jenis keluaran audio analog, seperti keluaran A/V koaksial atau jack headphone 3,5 mm. Jadi, jika Anda berencana menyambungkan speaker eksternal, pastikan keduanya memiliki HDMI ARC, Bluetooth, atau input optik.

Fitur dan Spesifikasi

realme Smart TV 4Krealme smart TV 4K 50” hadir dengan ukuran 50” (126cm) yang dilengkapi dengan layar LED. Resolusinya adalah 3840 x 2160 untuk kedua sisi yang termasuk dalam kategori resolusi 4K.

realme Smart TV 4K 50”menawarkan 1,07 miliar warna dan memiliki gamut warna ultra lebar yang belum pernah ada sebelumnya, hingga 83% NTSC dan 90% DCI-P3. Memberikan gambar dengan lebih banyak warna dan lebih detail untuk pengguna.

realme Smart TV 4K memiliki tujuh mode tampilan, yaitu; Vivid, Sport, Movie, Game, Energy Saving, User. Mode ini dapat disesuaikan dengan situasi penggunaan yang berbeda dan jenis program TV yang berbeda. Dengan sudut pandang hingga 178° pengguna tidak hanya dapat melihat TV dari sebagian besar sudut tetapi juga kualitas warna dan gambar tidak akan terpengaruh, cocok untuk menonton TV bersama.

realme Smart TV 4K 50” dilengkapi prosesor 4K UHD yang kuat dari MediaTek, arsitektur quad-core 64-bit, CPU ARM Cortex A53 1,5GHz, dan GPU Mali G52 baru. Arsitektur quad-core dan CPU dan GPU yang bertenaga dapat menjalankan program Smart TV harian dengan stabil, lancar dan cepat, serta memberikan jaminan kinerja yang kuat untuk kualitas gambar. realme Smart TV 4K 50” menggunakan RAM 2GB dengan ROM Flash 16GB.

Output suara dinilai pada RMS 24 watt dengan dukungan untuk Dolby Atmos dan DTS. Seperti semua TV Android bersertifikat, yang satu ini juga memiliki Chromecast bawaan dan memungkinkan Anda mentransmisikan konten ke layar dari aplikasi yang kompatibel di ponsel atau tablet Anda.

Anda mendapatkan remote control yang cukup saya sukai. Bentuk kompak dan memiliki tombol yang sederhana namun penting semua. Remote di sini memiliki tombol khusus untuk pengaturan, pemilihan input, dan mute, bersama dengan tombol navigasi biasa, kontrol volume, dan hotkey untuk Netflix, Prime Video, dan YouTube.

realme Smart TV 4K

Kualitas build rata-rata, tetapi sebaliknya, ini adalah salah satu remote terbaik yang Anda dapatkan dengan Android TV, dengan jumlah tombol yang tepat yang mencakup semua fungsi yang diperlukan. Remote ini bisa beroperasi melalui IR dan Bluetooth. Tombol daya pada remote berkomunikasi dengan TV menggunakan IR saat Anda menyalakannya, dan semuanya setelah itu beroperasi melalui Bluetooth.

Remote diaktifkan dengan suara, sehingga Anda dapat memanggil Asisten Google dengan menekan tombol yang sesuai dan mengeluarkan perintah suara; dan itu bekerja dengan lancar. Anda dapat mengeluarkan perintah suara bahkan tanpa remote, berkat Quad microphones voice control merupakan salah satu peningkatan terbesar dari seri Smart TV ini. Setelah pengguna mengatakan “hei google”, mikrofon internal akan segera mengaktifkan dan menangkap perintah suara. Pengguna dapat memeriksa informasi atau mengontrol perangkat TV dan AIoT dengan Asisten Google.

Interface

realme Smart TV 4KRealme TV ini menjalankan Android TV 10 resmi dan memiliki antarmuka pengguna yang hampir tersedia yang Anda lihat di sebagian besar TV Android resmi tanpa peluncur pihak ketiga. Namun, pengaturan tertentu telah diacak. UI sederhana dan mudah digunakan dengan deretan aplikasi favorit Anda terinstal. Baris lain menampilkan konten yang terakhir diputar atau disarankan dari berbagai platform OTT. TV sudah dimuat sebelumnya dengan aplikasi termasuk Netflix, Prime Video, layanan Google populer tertentu, dan beberapa lainnya. Ada juga Google Play Store untuk mengakses ribuan aplikasi lain.

Tidak seperti TV realme yang lebih lama di mana tombol pengaturan khusus pada remote tidak melakukan apa-apa (kecuali Anda berada dalam mode input HDMI atau USB), di sini, ia menampilkan menu pengaturan cepat terlepas dari sumber atau aplikasi yang digunakan atau bahkan dari layar Utama. Ini adalah tambahan yang disambut baik, dan sesuatu yang kami nantikan. Overlay transparan untuk menu juga terlihat keren.

realme Smart TV 4KMenekan tombol memberi Anda akses ke berbagai opsi termasuk prasetel dan pengaturan Gambar dan Suara yang dapat digunakan untuk menyempurnakan kualitas video dan audio. Faktanya, itulah satu-satunya cara untuk mengakses opsi Gambar dan Suara, karena opsi tersebut telah dipindahkan dari pengaturan utama Android TV di TV ini.

Kualitas Gambar

realme Smart TV 4KKualitas gambar keseluruhan TV ini cukup baik, dan kami tidak berpikir itu ada hubungannya dengan panel. Ini lebih tentang cara bagaimana kita menyetel, atau mungkin tentang Chroma Boost Picture Engine yang mengklaim dapat meningkatkan kecerahan, kontras, dan warna. Reproduksi warna agak terlalu jelas untuk selera saya. Warna ditingkatkan secara nyata, dan Anda perlu menurunkan saturasi untuk membuat gambar tampak lebih mendekati alami. Sementara sebagian besar nuansa warna berada dalam tingkat vibrance yang dapat diterima, meskipun warna merah suka berlebihan pada objek tertentu.

Masalah lain yang kami hadapi adalah di area putih layar, yang cukup keras di mata sehingga sedikit kehilangan detail dalam gambar. Ada juga kedipan yang mencolok dalam adegan kontras tinggi, dalam pengalaman yang kami dapatkan. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengatur suhu warna ke Hangat dan bergantian antara pengaturan gamma Gelap dan Tengah. Suhu warna normal di sini lebih condong ke sisi yang lebih dingin, dan pilihan ideal adalah antara normal dan hangat.

Terlepas dari masalah yang telah kami sebutkan, Kontras keseluruhan lumayan dan tingkat hitam cukup bagus untuk segmen ini. Berbeda dengan zona terang, detail di area yang lebih gelap dalam pemandangan kontras tinggi dalam video pengujian kami terlihat jelas. Ketajaman gambar juga cukup baik, dan setelah banyak penyesuaian dan penyetelan, gambar memang terlihat hidup, terutama jika menyangkut konten 4K. Jika Anda terlalu malas untuk bermain dengan penyesuaian gambar manual, gunakan pra-setel Film untuk pengaturan yang paling dapat diterima; Namun, ingat mereka tidak sempurna. Demikian pula, gunakan pra-setel Dolby Vision Dark saat menonton konten Dolby Vision.

Meskipun konten 4K HDR dan SDR terlihat tajam di TV ini, video 1080p (Full HD) juga tidak terlihat lembut dan memiliki detail yang cukup. Video 720p juga dapat ditonton dengan sempurna. Namun, apa pun yang lebih rendah dari 720p terlihat pudar. Sudut pandangnya cukup bagus, dan hampir tidak ada perubahan warna saat menonton TV dari sudut yang lebih lebar.

Untuk melindungi kesehatan konsumen dan mengurangi bahaya blue light dari layar. realme Smart TV 4K 50” telah lulus sertifikat TÜV Rheinland Low Blue Light. Blue light gelombang pendek adalah cahaya dengan energi yang relatif tinggi pada panjang gelombang antara 400nm dan 480nm. Blue light pada panjang gelombang ini akan meningkatkan jumlah racun di area mata, yang dapat mengancam kesehatan mata.

Kualitas Audio

realme Smart TV 4KDua set speaker terletak di bagian bawah TV. Setiap set terdiri dari satu speaker full-range dan satu tweeter. Ukuran set bisa mencapai 183.3×46.8×45.2mm. Total daya keempat speaker ini adalah 24W, yang jelas lebih bertenaga dibandingkan kompetitor lainnya.

Speaker full-range menggunakan tepi karet dengan bahan komposit, desain struktur speaker dinamis yang dapat sepenuhnya memperluas frekuensi bass, dan memperjelas vokal alami. Tweeter pada speaker ini menggunakan film sutra dan desain struktur speaker penggerak piezoelektrik yang dapat sepenuhnya memperluas lebar frekuensi tinggi dengan menggunakan desain two-tone sound box untuk lebih meningkatkan potensi frekuensi rendah. Kedua set ini ditempatkan secara simetris untuk membawa saluran kiri dan kanan mendengarkan realitas alam yang lebih seimbang.

Berkat tweeter independen dan speaker full-range canggih, realme Smart TV 4K 50” dapat mereproduksi suara dengan tepat dari 148Hz hingga 20.000 Hz, yang mana hampir mencakup semua frekuensi yang dapat didengar manusia. Sebaliknya, pesaing hanya dapat menghasilkan suara yang sangat terbatas dari 228.1Hz hingga 11292.1 Hz. realme Smart TV 4K memiliki rentang respons frekuensi yang lebih luas dan memiliki keunggulan mutlak pada pita frekuensi rendah dan tinggi.

Speaker ini cukup baik untuk memenuhi sebagian besar kebutuhan audio Anda secara umum– mulai dari menonton berita, olahraga, dan web series, hingga mendengarkan musik. Jika Anda menginginkan suara ekstra, Anda memiliki beberapa output audio di TV realme ini termasuk HDMI ARC, optical out dan Bluetooth untuk menyambungkan sound bar atau sistem speaker.

Harga dan Kesimpulan

Dengan banderol harga Rp 5,799,000, realme Smart TV 4K 50 inci memberikan pembaruan besar untuk menghadirkan pengalaman menonton bioskop di rumah dengan suara dan gambar berkualitas tinggi dan meningkatkan pengalaman menonton TV dimana saat ini sebagian besar orang menghabiskan waktu di rumah. Eksklusif untuk realme Fans bisa mendapatkan potongan Rp 100K lagi dengan menggunakan kode voucher “REALME100”, yang membuat harganya turun menjadi Rp 5,699,000. Voucher tambahan berlaku untuk 200 pemesan pertama, jadi dapatkan segera.

 

Berita Lainnya

Leave a Comment