Home Review Review realme Narzo A50: Daya Tahan Baterai Besar, Tapi Apakah Itu Cukup?
realme Narzo 50A

Review realme Narzo A50: Daya Tahan Baterai Besar, Tapi Apakah Itu Cukup?

by infogadgets Indonesia

infogadgets – Narzo 50A baru dari realme hadir dengan perpaduan layar, prosesor, dan kamera yang bagus. Karena itu, realme menyebutnya sebagai ponsel gaming. Setelah menggunakan Realme Narzo 50A selama seminggu, jelas bahwa perangkat menawarkan daya tahan baterai yang sangat baik. Namun, bandingkan dengan smartphone dengan harga yang sama seperti Infinix Hot 11S  dan Redmi 10 Prime, tapi apakah itu cukup baik untuk harga Rp 2 jutaan? Anda akan mengetahuinya dalam ulasan ini.

Desain

Narzo 50APonsel seri Narzo baru realme ini beberapa waktu lalu sempet heboh di internet. Pasalnya, letak sensor sidik jari ditempatkan berada di modul kamera. Kali ini sudah satu minggu produk ada di meja redaksi, kami dapat mengatakan itu sama sekali tidak aneh. Namun, desain kamera membuatnya seolah-olah itu adalah sensor lain. Ini adalah sesuatu yang berbeda, dan penggunaan sensor sidik jari juga relative mudah.

Desain keseluruhan realme Narzo 50A cukup kompak. Bagian belakang memiliki lapisan dual-tone, dan terlihat sangat tenang. Unit kami warna Oxygen Blue tetapi ada juga warna Oxygen Green, yang menurut kami terlihat sama-sama kalem. Kami suka bagaimana ponsel ini tidak mencolok seperti yang lain dan mempertahankan tampilan yang tenang.

Keberadaan tombol sangat baik dalam jangkauan tangan kami. Tapi kami pikir orang-orang dengan tangan yang lebih kecil mungkin memiliki sedikit masalah di sini. Ponsel ini pas di tangan, tetapi kami mulai merasakan beban selama penggunaan yang lama. Itu karena ponsel berada lebih besar. Itu umum untuk ponsel dengan harga ini karena baterai berkapasitas tinggi, dan Anda harus menanggung kompromi ini.

Tebal bezel terlihat jelas, terutama di bagian dagu. Sisi kanan perangkat memiliki tombol power dan volume. Meskipun tombol daya dapat diakses dengan mudah dengan kedua tangan, Anda harus melakukan penyesuaian untuk mencapai tombol volume.

Baki SIM memiliki tiga slot, dua untuk kartu SIM 4G LTE dan satu untuk kartu SD — dan ditempatkan di sisi kiri ponsel. Di bagian bawah, terdapat port USB Type C untuk pengisian daya bersama dengan jack audio 3,5mm dan speaker bawah. Ponsel ini memiliki berat 207g dan dimensi ponsel adalah 164.5mm x 75.9mm x 9.6mm.

Layar

Narzo 50ALayar bukanlah fitur yang paling menarik. Ponsel ini memiliki layar FHD 6,5 inci dengan resolusi 720 x 1600 piksel, yang tidak membenarkan harganya. Pesaingnya seperti Poco M3 dan Infinix Hot 11S menampilkan layar Full HD+. Ponsel ini hadir dengan kecepatan refresh 60Hz standar sementara beberapa merek lain menawarkan 90Hz di segmen harga yang sama.

Rasio layar-ke-tubuh adalah 88,7% dan ponsel ini menawarkan kecerahan puncak 570 nits, membuatnya cukup terlihat di bawah sinar matahari. Tidak ada yang berubah dari segi tampilan dari pendahulunya yaitu realme Narzo 30A.

Performa

Narzo 50ARealme memasarkan prosesor G85 sebagai prosesor gaming dan memang demikian, kinerja gaming dalam hal kekuatan pemrosesannya mulus. Kami tidak sepenuhnya setuju dengan itu, tetapi kami akan mengatakan bahwa ponsel murah realme bagus untuk memungkinkan Anda bermain game ringan. Misalnya, kami memainkan PUBG dan Garena Free Fire di realme Narzo 50A, dan kami menikmatinya. Tapi, ya, itu hanya ketika grafik disetel ke default. Namun, kami dapat mengonfirmasi bahwa ponsel mulai memanas setelah satu atau dua pertandingan di Garena Free Fire.

Namun, jika Anda seorang gamer yang setiap saat bermain, kami tidak akan merekomendasikan ponsel ini. Anda kami sarankan mengeluarkan beberapa rupiah lagi dan mendapatkan ponsel seperti realme 8 5G.

Untuk tugas sehari-hari, realme Narzo 50A adalah teman yang baik. kami tidak menghadapi masalah dengan membuka aplikasi, mengobrol, atau menjelajahi internet di telepon pastinya tanpa kendala.

realme narzo 50A tidak hanya didukung dengan pembukaan kunci sidik jari yang cepat, tetapi juga dilengkapi dengan fitur pengenalan wajah, yang dapat dengan mudah dibuka hanya dengan satu klik secara sekilas, sehingga nyaman saat dibuka dan tetap menjamin keamanan dan privasi pengguna.

Lihat skor benchmark di bawah ini:

AnTuTu v8 – 209674

Geekbench – 385 (Single-Core), 1293 (Multi-Core)

3DMark SSE – 709 (Wild Life), 1428 (Sling Shot Extreme OpenGL 3.1)

PCMark – 8836 (Work 2.0)

AndroBench – 321.54 MB/s (Seq. Read), 252.71 MB/s (Seq. Write)

Kami sebagian besar memuji realme UI karena kecepatannya dan gerakan serta triknya yang khusus. Tapi kami tidak suka bloatware yang tidak perlu menghabiskan memori telepon. Sayangnya, Anda tidak dapat menghapus aplikasi yang tidak diinginkan ini untuk saat ini. kami berharap suatu hari realme memoles perangkat lunaknya untuk bisa menghapus aplikasi bawaan.

Baterai

Narzo 50ASatu hal yang tidak bisa Anda keluhkan adalah baterai. Dengan daya 6.000 mAh, Anda mendapatkan sekitar 10 jam layar tepat waktu dengan penggunaan reguler yang mencakup bermain game, streaming, dan menggunakan aplikasi media sosial. Ini dapat dengan mudah bertahan selama dua hari, tergantung pada penggunaan.

realme Narzo 50A mendukung pengisian cepat 18W yang membutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk mengisi baterai hingga penuh dari bawah 10%. Sementara peringkat pengisi daya yang lebih tinggi akan menyenangkan, dengan harga pengisi daya 18W dapat diterima. Tidak ada yang berubah dari ponsel generasi sebelumnya dalam hal baterai atau pengisi daya pendukung. Meskipun kami tidak mengujinya, perangkat ini juga mendukung OTG pengisian daya terbalik khusus.

Kamera

Narzo 50AKamera adalah salah satu fitur terpenting di smartphone, dan yang mengejutkan kami memiliki peningkatan di sini jika dibandingkan dengan pendahulunya. realme Narzo 50A memiliki fitur tiga kamera AI 50MP yang dipasang di bagian belakang, naik dari kamera ganda 13MP yang dipasang di Narzo 30A.

Tiga lensa kamera termasuk sensor utama 50 MP, sensor makro 2 MP, dan bokeh 2 MP. Dalam hal mode fotografi, kamera mendukung mode 50 MP, mode Malam, mode Potret, Ultra-Makro, Panorama, dan mode Pro yang memungkinkan pengguna menyesuaikan White Balance, ISO, fokus otomatis, dan mengklik foto seperti seorang ahli.

Narzo 50A

realme narzo 50A memiliki kamera utama yang mengadopsi sensor gambar 50MP dengan area yang luas, dengan aperture besar f/1.8 yang dapat menangkap cahaya yang cukup sehingga membuat hasil jepretan kamera lebih jernih dan cerah. Selain itu, produk ini juga mendukung PDAF yang membuat fokus lebih cepat dan tepat. Zoom 10x yang tersedia juga memungkinkan pengguna untuk mengambil foto yang jelas walaupun dari jarak jauh.

50 MP

realme Narzo 50A juga hadir dengan lensa makro dengan jarak fokus super dekat. Ini akan memberdayakan pengguna dengan kemungkinan untuk memotret fotografi makro yang menakjubkan dengan detail. Ada juga Lensa B&W memberikan efek artistik khusus untuk jepretan kamera, yang mereproduksi foto dalam format hitam dan putih, memberikan eksposur yang lebih tinggi dan meningkatkan kontras antara gambar terang dan gelap. Dalam mode Potret, pencahayaan, suhu warna, rona, dan parameter lainnya berulang kali disesuaikan dengan baik. Dalam simulasi karya potret master, foto diubah ke gaya film retro dengan penerapan yang luas, menambahkan tekstur ke foto potret akhir.

Makro

Sekarang berbicara tentang kinerja kamera, gambar yang diambil di siang hari menawarkan hasil yang mengesankan dengan kejelasan dan ketajaman. Ketika ada kontras yang mencolok, hasilnya akan keluar dengan baik dengan fitur HDR. Mode Malam membantu menangkap gambar yang disempurnakan dalam kondisi cahaya redup. Foto yang saya ambil mengalami peningkatan yang pasti saat menggunakan mode malam daripada mode Foto biasa.

Night Filters

Banyak pengguna smartphone dari kalangan remaja yang mencari keselarasan dan profesionalisme pada kriteria video seluler. Orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu pada komposisi, koreksi warna, dan pasca produksi, dan terlebih lagi, aplikasi pengeditan menjadi sangat populer.

Kali ini kami membawakan pengguna dua Night Filter baru: Astral dan Dazzle. Dengan menggunakan Astral, pengguna dapat membawa warna psychedelic di antara bintang-bintang ke kehidupan nyata, membuat pemandangan malam kota menjadi dunia fiksi ilmiah yang magis, sementara Dazzle dapat membuat lampu di malam hari lebih cemerlang.

Bersama dengan cyberpunk sebelumnya dan dua filter lainnya, pengguna dapat mengambil bidikan pemandangan malam yang indah kapan saja, dan di mana saja.

Kamera juga mendukung pengambilan video dalam resolusi 1080p pada 30fps dan 60fps, resolusi 720p pada 30fps dan 60fps, dan dalam resolusi 720p pada 120fps dalam mode slo-mo. Output video sangat mengesankan karena mereproduksi warna alami dan stabilisasi gambar bekerja dengan baik.

Sedangkan untuk aplikasi kamera, ini sangat responsif dan Anda dapat beralih antara mode Malam, Video, Foto, Potret, dan 50M dari menu utamanya, tetapi untuk mengakses mode lain seperti Panoramic, Ultra-Macro, Anda harus mengklik ‘More’ di menu utama. Beralih antar mode mulus dan tidak ada jeda yang mencolok.

Kamera Depan

Narzo 50AKamera depan memiliki sensor 8MP dengan aperture f/2.0. Ini memberikan output yang ditingkatkan secara artifisial. Hasilnya lebih cerah dari warna kulit alami dan beberapa noda menjadi kabur. Kamera depan mendukung perekaman video pada 1080p dan 720p pada 30fps. Kami tidak menghadapi masalah apa pun saat melakukan panggilan video dengan perangkat ini karena wajah kami terlihat jelas di layar.

Output video dengan kamera depan menghasilkan hasil yang mendekati natural di siang hari tetapi output menjadi berbintik dalam pencahayaan sekitar yang rendah.

Secara keseluruhan, performa kameranya terbilang lumayan dan beberapa hasilnya sebanding dengan performa realme 8i. realme Narzo 50A untuk harganya memiliki kamera dengan performa yang mencolok.

Kesimpulan

Narzo 50Arealme Narzo 50A adalah perangkat rata-rata untuk penggunaan reguler dan jelas bukan nilai uang, dengan opsi yang lebih baik tersedia dari merek lain. Tetapi dengan modul kamera di atas rata-rata dan baterai besar, ini dapat menarik pembeli dengan anggaran terbatas yang mencari masa pakai baterai yang lama dan kinerja kamera yang bagus. Performa chipsetnya lumayan. Bagi Anda yang sudah memiliki realme Narzo 50A, Anda memiliki sebagian besar dari apa yang ditawarkan ponsel ini kecuali modul tiga kamera 50MP. Jadi tidak hanya bermodal baterai besar, ponsel ini juga cukup banget untuk melakukan kegihatan harian seperti main game misalnya.

Berita Lainnya

Leave a Comment