Home Review Review realme narzo 50 5G: Performa Powerful Harga Rp 3 jutaan
realme narzo 50 5G

Review realme narzo 50 5G: Performa Powerful Harga Rp 3 jutaan

by infogadgets Indonesia

infogadgets – Saat kami membutuhkan smartphone baru, kami menginginkan yang terbaik dan teknologi terbaru, dan juga sesuatu yang sesuai dengan budget tentunya. Jaringan 5G semakin gencar digaungkan  di Indonesia dan sudah seharusnya kita perlu upgrade dengan smartphone yang kompatibel. Salah satu perangkat 5G terjangkau adalah realme narzo 50 5G yang baru diluncurkan dengan kisaran harga Rp 3 jutaan. Ini tentunya semakin mengukuhkan portofolio realme di Indonesia sebagai 5G popularizer. Dan, ini menjadi seri pertama narzo yang mendukung jaringan 5G.

Apalagi diatas kertas realme narzo 50 5G menghadirkan beberapa fitur canggih. Muncul dengan prosesor generasi berikutnya, mendukung 5G, baterai besar, dan banyak lagi.

Untuk itu kami akan membahas semua poin secara mendalam dalam ulasan ini.

Desain

realme narzo 50 5Grealme narzo 50 5G adalah salah satu smartphone paling ramping di segmen ini, mengemas gradien Kevlar yang khas. Panel belakang semua bertekstur dan hanya menghilang pada posisi kamera untuk menghadirkan pengalaman visual yang ringkas. Tapi pengalaman kami cukup mengejutkan tidak banyak noda saat kami gunakan tanpa softcase bawaan.

Tombol daya ada di sisi kanan dan penempatannya sangat cocok untuk tangan saya. Tombol ini juga merupakan sensor sidik jari, yang secara cerdik memadukan tombol daya dan modul pengenalan sidik jari. Dengan pengenalan sistem kapasitif, hanya dalam satu tekan dapat membuka kunci telepon secara instan dan juga menyediakan lebih banyak keamanan.

Smartphone ini juga memiliki tepi yang membulat dengan tonjolan kamera yang mencolok. Bentuk plastik membuatnya ringan dan realme mengatakan bahwa bodi dirancang untuk tahan sobek. realme narzo 50 5G yang diulas di sini adalah varian warna Hyper Black dan membuat pernyataan yang cukup menarik. Ini juga tersedia dalam model warna Hyper Blue, yang dapat kamu pilih jika kamu menginginkan sesuatu yang sederhana.

Sisi kiri memiliki tombol volume dan slot slot sim card. Bagian bawah memiliki port Type-C, kisi-kisi speaker utama, dan jack audio 3.5mm kesayangan kami.

realme narzo 50 5G

Smartphone ini juga sudah dilengkapi dengan stereo speaker. Dua speaker terpisah terpasang langsung di smartphone ini: satu di bagian bawah, dan satu lagi terletak di earpiece. Gabungan dual speaker ini akan menghasilkan efek stereo di mana suara terdengar sedikit berbeda terdengar oleh telinga kiri dan kanan, sehingga menghasilkan pengalaman audio lebih nyata.

Layar

realme narzo 50 5Grealme narzo 50 5G mengadopsi tampilan layar penuh berukuran 6,5 inci dengan refresh tinggi berkecepatan 90Hz dan kecepatan pengambilan sampel hingga maksimal 180Hz. 16,7 juta layar warna, resolusi tinggi 2400×1080 FHD+, dan 90,5% rasio screen-to-body.

Smartphone ini menawarkan kecerahan puncak 600 nits, yang bagus terutama jika Anda berada di dalam ruangan.  Ini bahkan lebih penting jika Anda menggunakan realme narzo 50 5G untuk bermain game dan duduk di kafe. Tampilan pada smartphone ini bagus untuk penggunaan sehari-hari, So! Don’t Worry.

Performa

realme narzo 50 5Grealme narzo 50 5G dilengkapi dengan prosesor MediaTek Dimensity 810 5G, yang mengadopsi proses produksi 6nm yang canggih dan memadukan dua inti Arm Cortex-A76 ‘Big’ yang sangat mumpuni dalam CPU octa-core yang beroperasi hingga kecepatan 2.4GHz. Dibandingkan dengan Dimensity 720 generasi terakhir, kinerja inti tunggal CPU Dimensity 810 meningkat sebesar 16% dan frekuensi utama CPU meningkat sebesar 20%. Dimensity 810 juga menghadirkan GPU yang kuat – Arm Mali-G57 MC2, yang mendukung teknologi layar dengan kecepatan refresh tinggi untuk memberikan pengalaman layar yang sangat halus.

realme narzo 50 5G hadir dengan prosesor 5G tercepat di segmennya. Proses 6nm terbaru lebih halus, lebih canggih, dan memiliki kerapatan transistor lebih tinggi daripada proses 7nm, sehingga menghasilkan konsumsi daya yang lebih rendah, yang secara efektif memperpanjang masa pakai baterai bahkan untuk pengguna yang menuntut kerja lebih.

Prosesor MediaTek Dimensity 810 5G juga dilengkapi dengan tiga fitur penting 5G generasi berikutnya. realme narzo 50 5G mendukung 5G+5G dual SIM dual standby dan mode jaringan ganda SA/NSA, yang mencakup pita jaringan arus utama global. Selain itu, teknologi Dual Network Acceleration memungkinkan pengguna untuk menikmati overlay jaringan Wi-Fi dan 5G.

Lihat skor benchmark di bawah ini:

AnTuTu v8 – 393657

Geekbench – 604 (Single-Core), 1799 (Multi-Core)

3DMark SSE – 1330 (Wild Life), 2618 (Sling Shot Extreme OpenGL 3.1)

PCMark – 10346 (Work 3.0)

AndroBench – 392.86 MB/s (Seq. Read), 260.17 MB/s (Seq. Write)

Untuk mengatasi melambatnya performa yang disebabkan oleh kurangnya memori pada smartphone, realme mengembangkan teknologi Dynamic RAM Expansion (DRE) yang dapat bertambah hingga 5GB ke RAM 6GB yang ada sehingga memungkinkan kamu untuk memperluas RAM hingga 11GB. Anda dapat dengan cepat beralih di antara aplikasi yang berbeda dan menikmati kelancaran operasi bahkan dengan beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang.

realme narzo 50 5G memiliki 2 varian memori yaitu 6GB/128GB dan 8GB/128GB. Dan realme narzo 50 5G juga mendukung 2 kartu Nano SIM dan 1 kartu MicroSD secara bersamaan, dan mendukung ekspansi maksimal sampai 1TB memori penyimpanan.

realme narzo 50 5G mendukung penyimpanan hingga 128GB sehingga Anda bisa menyimpan: lebih dari 28000 foto dan 450+ serial TV.

realme narzo 50 5G dengan SoC Dimensity 810 menjanjikan kinerja yang mulus dan belum pernah terjadi sebelumnya. Kami menggunakan smartphone untuk banyak aktivitas seperti streaming video, mengedit foto, browsing biasa, dan sebagainya. Kami juga memainkan beberapa game di perangkat Genshin Impact. Game ini dapat dimainkan sangat lancar (lihat video dibawah) sampai asiknya kami bermain hampir 5 jam dan kondisi hardware masih dalam kondisi nyaman untuk dimainkan (tidak panas).

Performa realme narzo 50 5G secara keseluruhan sudah sangat baik. Kami memiliki pengalaman bebas kesalahan, apa pun aplikasi yang dijalankan. Game berat grafis seperti Ganshin Impact juga berjalan mulus, berkat prosesor yang kuat. Plus, RAM yang dapat diupgrade memungkinkan kamu untuk mengubah smartphone menjadi perangkat game hard-core.

Dukungan 5G di dalamnya semakin membuatnya ideal untuk jangka panjang. Plus, dukungan realme UI 3.0 yang didasarkan pada Android 12, dibuat dengan baik untuk memberikan pengalaman sistem operasi Android versi stock. UI dirancang dengan mempertimbangkan preferensi dan estetika konsumen seperti kamu.

Kamera

realme narzo 50 5Grealme narzo 50 5G menawarkan Kamera Nightscape 48MP yang canggih, yang terdiri dari Kamera Utama Ultra HD 48MP, lensa potret B&W, dan lensa makro.

realme narzo 50 5G

Kamera utama Ultra HD 48MP dilengkapi dengan aperture F1.8, FOV 80,5° dan kombinasi lensa 6P. Hal tersebut merupakan lensa profesional piksel ultra-tinggi yang dapat dengan jelas merekam setiap keindahan momen.

Sedangkan Lensa 2MP mendukung berbagai filter sistem warna, yang memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar potret gaya yang berbeda. Lensa potret juga dapat menangkap cahaya lebih baik dan meningkatkan kontras gambar untuk foto potret yang lebih jelas dan detail.

Portrait

Kamera depan ultra-jernih 8MP dilengkapi dengan bukaan sebesar 2,1 dan lensa kombinasi 5P, dan mendukung AI Beauty Mode, mode potret, dan sebagainya. Dengan kecerdasan algoritma AI, yang kemudian memberikan efek kecantikan canggih dan alami untuk jenis kelamin yang berbeda, jenis kulit dan bentuk wajah, sehingga Anda dapat dengan mudah mengambil selfie kulit yang alami dan halus.

Kamera realme narzo 50 5G memiliki beragam filter malam bergaya unik; Dengan teknologi 4 Super Nightscape Intelligent Algorithm and Multi-frame Synthesis Engine, Anda dapat mengambil foto pemandangan malam yang jelas dan cerah bahkan di kondisi pencahayaan yang kompleks.

Night Mode

Baterai

realme narzo 50 5GSeperti yang kami katakan sebelumnya, realme telah menempatkan banyak spesifikasi di smartphone ini. Ini juga terbukti dengan baterai 5.000 mAh yang kuat dan dukungan pengisian cepat 33W yang menyertainya.

Baterai besar memastikan kamu tidak pernah kehabisan baterai selama sehari dengan sekali pengisian daya. Plus, dukungan pengisian cepat menawarkan kamu pengisian 100 persen dalam waktu sekitar satu setengah jam.

realme juga memastikan smartphone tidak cepat habis dengan fitur-fitur seperti penghematan daya 5G pintar, yang mendeteksi sinyal di sekitarnya dan beralih antara 4G dan 5G. Teknologi Smart 5G ini dapat secara cerdas merasakan lingkungan sinyal di sekitarnya sesuai dengan skenario penggunaan pemakai dan secara cerdas beralih antara 4G dan 5G, yang dapat mengurangi konsumsi daya untuk smartphone hingga 30%.

realme narzo 50 5G

Fitur lainnya seperti Mode Super Power Saving menggunakan pengaturan CPU, penyesuaian lampu latar, dan strategi lainnya serta tindakan hemat daya yang ditargetkan untuk aplikasi tertentu, konsumsi sistem daya jadi berkurang, dan masa pakai smartphone dapat diperpanjang. Sleep Standby Optimization, App Quick Freeze, dan Screen Battery Optimization juga mengoptimalkan solusi hemat daya.

Kesimpulan

realme narzo 50 5Grealme narzo 50 5G dibanderol dengan kisaran harga Rp 3 jutaan untuk di segmen yang sama namun memiliki performa yang cukup perkasa.

Di sisi lain, realme narzo 50 5G telah mengubah permainan dengan dukungan spesifikasi yang ditingkatkan, sudah di jaringan 5G, dan baterai besar dan efisien. Buat kami ini merupakan smartphone dengan performa handal di harga terjangkau. Jika ini adalah fitur yang kamu cari, segera dapatkan realme narzo 50 5G yang tersedia di realme Official Stores di Shopee, Lazada, JD.ID, akulaku dan website realme.com. Nantikan program flash sale pada 28 Mei 2022 untuk mendapatkan harga miring.

 

Berita Lainnya

Leave a Comment