Home Review Review realme C25Y: Ponsel Murah Kamera 50MP dan Baterai 5000 mAh
realme C25Y

Review realme C25Y: Ponsel Murah Kamera 50MP dan Baterai 5000 mAh

by infogadgets Indonesia

infogadgets – realme baru meluncurkan smartphone realme C Series baru yang mencakup realme C21Y dan realme C25Y. Sedangkan di Indonesia baru dirilis realme C25Y saja. Untuk Perangkat ini adalah ponsel Low end yang menampilkan kamera 50 MP, SoC octa-core Unisoc T610, baterai 5.000 mAh, pemindai sidik jari, dan banyak lagi. Berikut adalah review dari kami tentang ponsel realme C25Y.

Desain

realme C25YPonsel ini menawarkan bagian belakang polikarbonat dengan permukaan matte dan desain garis vertikal. Beratnya sekitar 200 gram, tebal sisi 9,1 mm, dan hadir dalam ukuran layar 6,5 inci.

Bagian belakang memiliki sistem tiple-kamera yang dilengkapi lampu kilat LED. Kamera telah ditingkatkan dengan 50 MP f/1.8 (dibandingkan 48 MP di realme C25), 2 MP sebagai lensa Potret, dan lensa Makro 2 MP. Anda akan menemukan pemindai sidik jari di bagian belakang untuk membuka kunci ponsel dan logo realme bersama dengan panggangan pengeras suara. Bagian depan memiliki kamera 8 MP f/2.0 untuk kebutuhan selfie.

Di sisi bawah, Anda akan menemukan port micro USB tradisional dan bukan port USB Type-C untuk pengisian daya yang dapat mengecewakan banyak pengguna. Selain itu, Anda akan menemukan jack 3,5 mm untuk konektivitas earphone/headphone, dan satu mikrofon. Pengeras suara disediakan di bagian belakang, bukan di bagian bawah.

Sisi kanan memiliki tombol daya dan pengatur volume sedangkan sisi kiri menampung baki SIM tiga slot dengan slot kartu SIM 4G ganda dan slot khusus untuk kartu microSD. Pemindai sidik jari tidak ada di tombol daya tetapi di bagian belakang.

Untuk pertama kalinya, realme C25Y mengadopsi desain garis estetika, yang memvisualisasikan estetika abstrak garis dan menghadirkan susunan “garis” serta “permukaan bertekstur” dengan metode desain. realme C25Y akan tersedia dalam 2 warna menarik: Glacier Blue dan Metal Grey.

Layar

realme C25YDi sisi lain, bagian layar juga tidak menarik banyak pengguna. Muncul dengan layar IPS 6,5 inci yang setidaknya dapat memuaskan kepuasan Anda dengan pengalaman bermain game, audio, dan video yang moderat. Ini memiliki resolusi 720 x 1600 piksel dengan kepadatan 270 PPI, jadi jika Anda memeriksa alternatif Anda, Anda pasti akan menemukan solusi yang lebih baik. Faktanya, kecerahan 420 nits juga tidak memenuhi kebutuhan kita pada waktu yang tepat.

realme C25Y terus menggunakan desain layar penuh mini-drop klasik realme, dengan rasio layar-ke-bodi setinggi 88,7%, memberi pengguna pengalaman menonton yang imersif tanpa pemblokiran visual.

Daya Tahan

Setiap ponsel realme melewati tes kualitas yang ketat untuk memberikan anda pengalaman terbaik. realme C25Y memperoleh Sertifikasi Keandalan Tinggi TÜV Rheinland.

TÜV Rheinland berfokus pada keselamatan dan kualitas di hampir semua bidang bisnis dan kehidupan. Sejak 2006, TÜV Rheinland telah menjadi anggota United Nations Global Compact untuk mempromosikan keberlanjutan dan memerangi korupsi.

Sertifikasi Keandalan Tinggi Smartphone TÜV Rheinland berisi 23 tes utama, termasuk 10 Skenario Tes Penggunaan Harian, seperti jatuh, pemakaian berlebih, dan tekanan. 7 Skenario uji lingkungan ekstrem, seperti suhu super tinggi dan rendah, kelembaban tinggi dan rendah, fluktuasi tegangan, masa pakai tombol, listrik statis, tekanan udara. Dan 6 Skenario Uji Reliabilitas Komponen. Secara keseluruhan, sebagian besar kondisi pengujian Sertifikasi Keandalan Tinggi Ponsel Cerdas TÜV didasarkan pada siklus hidup tiga tahun ponsel cerdas.

Performa

realme C25Yrealme menggunakan chip yang berbeda kali ini, Anda tidak akan melihat chip Qualcomm Snapdragon atau MediaTek Helio, melainkan SoC baru dari Unisoc, ini adalah Unisoc T610 atau Unisoc Tiger T610 adalah SoC octa-core berbasis proses 12nm.

Prosesor ini memiliki kecepatan 1,82 GHz dengan dua Cortex-A75 untuk kinerja tinggi dan enam Cortex-A55 untuk efisiensi daya. Jika kita bandingkan dengan chip sejenis lainnya, ini setara dengan SoC Qualcomm Snapdragon 665 dan sedikit di bawah kinerja SoC Qualcomm Snapdragon 720G. Muncul dengan ARM Mali-G52 Graphics untuk game dan tugas-tugas grafis yang intensif.

Ada dua varian penyimpanan dan RAM dari smartphone ini, satu dengan RAM 4GB dan penyimpanan 64GB dan satu dengan RAM 4GB dan penyimpanan 128GB, tidak ada varian RAM lain yang tersedia

Platform seluler 4G octa-core baru UNISOC T610 mengadopsi desain arsitektur Arm DynamIQ. Mesin gambar Vivimagic Solution generasi kelima yang dikembangkan sendiri, dan teknologi pemrosesan tampilan berkualitas tinggi, menghadirkan pengalaman berkualitas tinggi bagi pengguna.

Performa multi-core meningkat lebih dari 25% (dibandingkan dengan MTK P35, hasil tes GeekBench) dengan menggunakan teknologi 12nm yang canggih. Dengan menggunakan Arm Mali G52 3EE 2-Core GPU performa tinggi, sehingga 30% lebih tinggi dari produk pesaing  juga dapat meningkatkan pengalaman bermain game.

Lihat skor benchmark di bawah ini:

AnTuTu v8 – 189070

Geekbench – 334 (Single-Core), 1293 (Multi-Core)

3DMark SSE – 525 (Wild Life), 1127 (Sling Shot Extreme OpenGL 3.1)

PCMark – 7546 (Work 2.0)

AndroBench – 249.02 MB/s (Seq. Read), 142.79 MB/s (Seq. Write)

realme C25Y tidak hanya mendukung pembukaan kunci sidik jari yang sangat cepat, tetapi juga mendukung pengenalan wajah yang dapat dengan mudah dibuka dengan satu klik atau pandangan sekilas. Nyaman untuk dibuka dan aman untuk privasi anda pada saat yang bersamaan.

Gaming, di sisi lain, adalah tempat yang paling sulit bagi ponsel. kami memainkan judul-judul yang berat seperti PUBG dan Call of Duty Mobile.

Di sini, PUBG Mobile dapat dimainkan pada grafik HD dan frame rate tinggi tetapi stutters menyapa Anda sesekali. Demikian pula, game yang relatif dioptimalkan dengan baik seperti Call of Duty Mobile dapat dimainkan pada grafik Medium dan frame rate Tinggi, tetapi kami juga melihat adanya gangguan di sini.

Jadi, memutar ke pengaturan grafis terendah membantu stabilitas yang lebih baik. Selain itu, setelah 30 menit bermain game, ponsel menjadi terasa hangat di dekat modul kamera.

Baterai

realme C25YUntuk baterainya, realme C25Y menawarkan baterai 5.000 mAh dengan dukungan pengisian cepat 18W. Sesuai realme, baterai dapat bertahan hingga 48 hari dalam keadaan standby, bahkan jauh lebih baik daripada beberapa smartphone flagship lainnya.

realme C25Y mengadopsi metode pengisian daya 9V/2A melalui adaptor pengisi daya dan kabel micro USB yang disertakan. Dengan OTG reverse charging, realme C25Y juga dapat menjadi penghemat masa pakai baterai anda. Baterai jika dibandingkan dengan realme C25 sudah terdegradasi, realme C25 menawarkan baterai besar 6.000 mAh.

Kamera

realme C25Yrealme C25Y adalah model pertama dalam seri C yang dilengkapi dengan kamera 50MP sehingga dapat mengeluarkan foto piksel besar hingga 8160×6144, dan menampilkan lebih banyak detail.

50MP

realme C25Y hadir dengan Lensa Makro dengan jarak fokus super dekat. Jarak fokus 4cm menutupi kurangnya fokus close-up di lensa utama. Fitur ini dapat membantu anda memotret objek dengan sangat dekat atau menikmati dunia fotografi mikro yang kreatif.

Makro

Makro

Lensa B&W memberikan efek artistik khusus potret untuk mereproduksi hasil potret dalam hitam dan putih, memberikan eksposur yang lebih tinggi dan meningkatkan kontras antara terang dan gelap gambar. Dalam mode Potret, pencahayaan, suhu warna, rona, dan parameter lainnya berulang kali disesuaikan dengan baik. Bersamaan dengan simulasi kerja potret utama, foto disetel ke gaya film retro dengan penerapan yang luas, menambahkan tekstur ke foto gaya potret akhir.

Potrait

Malam

Kamera Depan

realme C25YDi sisi lain, ada selfie 8 MP yang juga bukan fitur yang lebih baik, tetapi dapat disesuaikan dengan tingkat harga. Karena kamera selfie dengan AI, Anda dapat mengambil beberapa foto yang realistis, tetapi dapat mengurangi motivasi dalam kondisi malam hari.

Di mana yang utama memungkinkan perekaman video maksimum 1080p, kamera selfie mampu merekam video maksimum 720p. Karena tidak ada gyro-EIS, pastikan untuk menangani kamera dengan hati-hati. Jika Anda menentang telepon, maka Anda dapat melihat alternatif kami yang menawarkan banyak kamera canggih dengan fasilitas yang sesuai dengan anggaran yang sama. Dianjurkan untuk tidak membeli Realme C25Y hanya tergantung pada spesifikasi kamera.

Kesimpulan

realme C25YRealme C25Y menawarkan modul kamera 50 MP baru, kinerja CPU yang layak, dan kapasitas baterai yang adil. Jika dibandingkan dengan realme C25, spesifikasinya identik, prosesor Unisoc T610 baru setara dengan MediaTek Helio G85. Redmi 10 Prime adalah saingan utamanya dan unggul dalam beberapa departemen termasuk layar yang menawarkan kecepatan refresh 90 Hz dan resolusi Full HD+. Baterai pada realme C25Y tampaknya menurun (5.000 mAh vs 6.000 mAh), namun, desainnya sekarang lebih ramping (9,1 mm vs 9,6 mm). Itu juga ketinggalan pada kamera sudut lebar, smartphone menawarkan sistem tiga kamera dibandingkan dengan kamera quad pada realme C25. Namun, ini adalah ponsel yang layak di segmen low buged.

 

 

 

 

Berita Lainnya

Leave a Comment