Home Review Review realme C20: Harga Rp 1 Jutaan, Bawa Baterai 5000mAh
realme C20

Review realme C20: Harga Rp 1 Jutaan, Bawa Baterai 5000mAh

by infogadgets Indonesia

infogadgets – realme kembali melengkapi jajaran smartphonenya dari jajaran entry-level realme C20 dengan bandrol harga Rp 1 jutaan.

realme C20 akan ditenagai chipset MediaTek Helio G35. Diketahui chipset tersebut juga digunakan pada beberapa realme C-series, yakni realme C11, realme C12, dan realme C15.

Untuk layarnya, smartphone menggunakan layar IPS LCD berukuran 6,5 inci dengan waterdrop notch. Layarnya juga menawarkan resolusi HD+ 720 x 1600 piksel.

Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan tim redaksi berikut ini.

Desain

realme C20Seperti kebanyakan perangkat di seri C, realme C20 memiliki desain bodi polikarbonat yang simpel. Sementara strip identik dari permukaan kasar bergerak dari bawah ke atas, meninggalkan ruang di belakang pelat kamera. Ternyata, kesan pertama, struktur bodinya terlihat agak kental. Nah, untuk itu, ada dua alasan – pertama, prosesor dan software lain membutuhkan lebih banyak space. Kedua, baterai yang sangat besar juga menambah bobot lebih.

realme C20 akan tersedia dengan 2 pilihan warna menarik: Lake Blue dan Iron Grey. Terinspirasi oleh keindahan alam, dua warna tersebut memberikan nuansa yang dekat dengan alam. realme C20 sendiri memiliki dimensi smartphone berukuran 165,2 x 76,4 x 8,9 mm dengan berat 190 gram.

Bagian belakang bertekstur diproses menggunakan teknologi mutakhir dari Jerman dengan mesin ukiran lima sumbu presisi. Setelah 300 menit pemolesan akhirnya 450+ lekukan diukir untuk menciptakan efek cahaya reflektif khusus. Penggunaan teknologi ini membuat realme C20 lebih berwarna, menarik, nyaman digenggam dan minim bekas sidik jari serta efektif mencegah goresan dan terpeleset dari tangan.

Di bagian belakang terdapat aksen seperti sebuah pita yang terbentang dari atas ke bawah, modul kamera dengan logo realme tebal untuk membuat desain lebih ikonik dan seimbang. Modul kamera juga didesain berbentuk persegi yang sedang populer. Spesifikasi kamera dan lampu senter ditempatkan secara canggih di bagian tepi dan sudut, yang membuat penutup belakang lebih premium dan trendi.

Sayangnya, tidak ada ruang untuk pembaca sidik jari, karena smartphone harus mempertahankan banderolnya yang terjangkau. Untuk fitur keamanan, Anda harus bergantung pada PIN atau kode pola.

Layar

realme C20Dilengkapi dengan layar 6,5 inci 20:9, realme C20 membawa bidang pandang yang lebih luas. Dengan poni mini-drop juga membawa rasio layar ke angka 89,5% memungkinkan pengguna memiliki lebih sedikit gangguan visual ketika menikmati kenyamanan layar penuh sebesar 6,5 inci.

Smartphone ini menggunakan layar dengan panel IPS menawarkan pengalaman warna yang halus kepada pengguna. Kepadatan piksel tersebar tepat di seluruh layar, dan Anda tidak akan melihat masalah apa pun di bawah sinar matahari. Tak ketinggalan, layarnya juga memiliki pelindung kaca Corning 3 yang menjadi keunggulan besar.

Performa

realme C20realme C20 menghadirkan prosesor MediaTek Helio G35 yang terbaik di segmen harganya. Ini adalah sebuah prosesor delapan-inti yang dibuat dengan proses produksi 12nm dan kecepatan 2,3Ghz, mengadopsi struktur Cortex A53, menjadikannya salah satu prosesor tercepat dan terbaru dalam kategorinya.

Prosesor ini sangat ideal untuk pengguna smartphone dan gamer pemula karena dapat mengatasi sebagian besar aplikasi dan game menengah dan berat yang banyak digunakan. Dibandingkan dengan smartphone lain di segmennya, skor benchmark realme C20 lebih tinggi. realme C20 memiliki varian memori besar 2GB+32GB dengan LPDDR4X RAM dan dilengkapi dengan slot 3-Kartu, dua untuk kartu SIM dan satu untuk kartu MicroSD (hingga 256GB).

AnTuTu v8 – 123777

3DMark SSE – 841 (Sling Shot), 462 (Sling Shot Extreme)

PCMark – 4886 (Work 2.0)

AndroBench – 302.96 MB/s (Seq. Read), 89.09 MB/s (Seq. Write)

Interface

realme C20Antarmuka di realme C20 mengadopsi realme UI yang berbasis pada Android 10. Hal yang special pada realme UI ada beberapa fitur menarik, diantaranya Mode Ganda Berbagi Musik, Mode Fokus, Mode Gelap dan fitur Perlindungan Informasi Pribadi.

Di Mode Ganda Berbagi Musik, Anda dapat menghubungkan sepasang earbud nirkabel dan earphone kabel secara bersamaan, sehingga Anda berdua dapat mendengarkan lagu yang sama yang diputar dari smartphone realme yang sama. Fitur ini didukung jika satu pengguna mendengarkan musik dalam Bluetooth dan headphone kabel secara bersamaan. Lalu, jika satu pengguna sedang menelepon melalui Bluetooth dan pengguna lainnya mendengarkan musik melalui perangkat kabel.

Menyalakan “Mode Fokus” berarti sistem secara bersamaan akan memainkan beberapa musik yang menenangkan. Mode ini akan mengaktifkan DND (Mode Jangan Ganggu), mencegah notifikasi baru menumpuk.

Mode Gelap terintegrasi dan telah dioptimalkan, Anda dapat mengatur Mode Gelap untuk mati secara otomatis saat matahari terbit dan menyala saat matahari terbenam.

Dengan mengaktifkan “Perlindungan Informasi Pribadi” di realme UI, sistem akan menyediakan halaman informasi kosong ketika aplikasi meminta untuk mengakses informasi pribadi pengguna. Ini memastikan riwayat panggilan, kontak dan pesan Anda tetap pribadi dan mencegah kebocoran informasi. Walaupun smartphone ini berada di kisaran harga sejutaan, realme tetap memberikan kenyamanan pengguna terutama dalam hal perlindungan informasi pribadi.

Optimisasi

Kelancaran: Waktu booting aplikasi berkurang 25%; Kelancaran keseluruhan meningkat 20%

Daya Tahan Baterai: Masa pakai baterai secara keseluruhan meningkat 10%; Konsumsi daya siaga malam hari menurun 35%

Performa: Kelambatan respon sentuh berkurang 35%; Performa gaming meningkat 20%

Kamera

realme C20realme C20 memiliki 8MP kamera utama dengan sensor dan aperture besar f/2.0 yang cukup untuk menangkap cahaya dan membuat foto Anda lebih jelas dan cerah. Selain itu, realme C20 juga mendukung AF yang menjadikan fokus lebih cepat dan akurat. Fitur 4x zoom juga memungkinkan pengguna mengambil foto yang jelas walau dari jarak jauh.

Untuk interface tidak jauh berbeda dengan seri C sebelumnya, realme tetap memberikan beberapa mode seperti Photo, Video, Potrait, Expert, Pano, Time-Lapse serta mode Night. Semua hasil foto dengan satu lensa dapat dioptimakan dengan adanya Chroma Boost yang dapat mengambil gambar dengan warna yang lebih hidup.

Keuntungan lain, meski memiliki satu kamera, Anda tetap dapat merekam Video 1080P/30fps. Atau pilihan lain yakni resolusi HD 720P.

Normal

Mode Night

 

Normal

Baterai

realme C20Bagian baterai telah menjadi poin kuat dari perangkat seri realme C sejak lama. Ini dibenarkan, karena Anda akan memerlukan waktu yang panjang untuk menggunakan hak istimewa ini jika Anda mendapatkan spesifikasi yang ringkas. Untuk smartphone realme C20, Anda akan mendapatkan baterai dengan kapasitas Li-Po 5000mAh yang dapat tetap aktif hingga 43 hari dalam mode siaga (standby). Namn untuk menonton serial Korea Favorit di Youtube, Anda bisa dipastikan bisa nonstop hingga 23 jam.

Selain itu, di dalam kotak penjualan, realme memberikan pengisi daya 10W yang akan mendukung pengisian cepat kecil. Pengisi daya hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mengisi baterai. Namun, mengapa mereka menempatkan port micro USB 2.0 daripada USB Type-C masih menjadi misteri. Padahal teknologi ini hampir berakhir.

Kesimpulan

realme C20Smartphone realme C20 layak mendapat perhatian lebih karena memiliki serangkaian fitur yang memuaskan. Smartphone ini menawarkan solusi pemrosesan yang ringkas dan memiliki fitur layar lebar untuk menonton film dan video. Selain itu, pengaturan khusus lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan harian Anda, Anda dapat menentukan aplikasi yang sering digunakan di halaman beranda. Anda akan melihat kekurangan di bagian kamera yang kurang optimal, namun ketangguhan baterai dengan kapasitas 5000mAh akan mampu membawa petualangan harian Anda seharian penuh. Singkatnya, realme C20 adalah penawaran luar biasa untuk penggunaan normal.

 

Berita Lainnya

Leave a Comment