Home Review Review realme C17: Cuma Rp2 Jutaan Usung Layar 90Hz Plus Memory Internal 256GB
realme C17

Review realme C17: Cuma Rp2 Jutaan Usung Layar 90Hz Plus Memory Internal 256GB

by infogadgets Indonesia

infogadgets – Memasuki kuartal keempat 2020 para vendor smartphone masih semangat memasarkan smartphone terbarunya di pasaran. Meskipun di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda, para vendor tetap optimis produk terbarunya bakal direspon baik oleh konsumen tanah air. realme yang kini sudah menjadi salah satu vendor smartphone raksasa di Indonesia kembali menghadirkan smartphone seri C terbarunya yakni realme C17.

Smartphone yang sudah memulai debutnya secara global pada pertengahan September 2020 yang lalu, kini dipastikan bakal hadir menghiasi pasar ponsel tanah air dengan membawa sedikit perubahan dibandingkan dengan realme C17 yang sudah beredar secara global. Peningkatan fitur di sisi kapasitas media simpan data menjadi salah satu nilai jual utama pada perangkat ini. Hal ini sangat menarik dimana realme C17 menjadi perangkat smartphone kelas menengah pertama yang memiliki kapasitas memory internal terbesar untuk saat ini yakni 256GB. Tak hanya kapasitas memory internal yang besar, dukungan RAM yang ditanamkan pada perangkat ini juga terbilang besar yakni 6GB. Kombinasi antara RAM dan ROM besar secara khusus hanya ditujukan untuk konsumen tanah air.

Selain kapasitas memory internal yang sangat besar di kelasnya, perangkat ini juga memiliki nilai jual utama dari sisi layar yang ditanamkan. Dengan dua keunggulan utama yang dimilikinya realme membanderolnya dengan harga yang cukup fantastis di kelasnya. realme C17 yang akan beredar di pasaran memiliki harga jual hanya 2 jutaan rupiah saja.

Menawarkan harga jual yang fantastis dengan balutan spesifikasi serta fitur yang menawan di kelasnya apakah perangkat ini layak untuk dimiliki? Untuk menjawabnya, mari kita ulas secara detil apa saja yang dimiliki oleh realme C17 dalam memikat konsumen tanah air.

Desain

realme C17Sebagai vendor smartpone yang sudah teruji kualitasnya, realme C17 membawa tampilan desain yang minimalis tanpa banyak sentuhan yang membuatnya terlihat “norak”. Secara desain, perangkat ini berbeda dengan seri C lainnya, realme C17 memiliki dua gaya visual yang berbeda. Yang pertama adalah biru tua reflektif dengan efek yang disorot, dan yang lainnya adalah biru muda dengan efek buram AG, menghadirkan nuansa yang sama sekali berbeda. Dari segi pengerjaan, kedua warna ini juga berbeda. Versi biru muda memiliki lapisan tambahan AG coating untuk memberikan hasil matte. Dua warna dan efek yang sangat berbeda memberi konsumen yang lebih muda punya dua pilihan berbeda.

Selain itu, realme C17 memiliki nuansa yang lebih premium dengan bentuk modul kamera persegi panjang yang terdapat di seri 7. Sementara itu, cahaya di bagian belakang juga berasal dari area kamera dan menyatu dengan pusat visual bagian belakang, meningkatkan keselarasan desain sampul belakang secara keseluruhan. Sementara untuk kamera selfie ditanamkan pada bawah layar yang di posisikan pada kanan atas layar.

Varian dua warna dinamakan Navy Blue dan Lake Green, keduanya terinspirasi dari bentukan air yang alami: biru laut yang dalam dan cerah, sedangkan air danau yang tenang dan tentram ditiup angin serta memiliki kualitas yang lebih lembut.

Dari sisi material body yang ditanamkan, perangkat ini terinspirasi dari kaca yang membuat kover body yang tertanam terlihat mengkilap yang membuatnya nyaman untuk digenggam. Namun, cover body ini sedikit licin saat digunakan dalam waktu yang lama. Namun hal itu sudah diatasi oleh realme dengan memberikan clear case yang diberikan secara cuma-cuma dalam paket pembeliannya.

Untuk fungsionalitasnya, perangkat ini telah membenamkan tombol volume dan tombol power pada sisi kanan perangkat. Didukung slot 3 kartu: 2 untuk kartu SIM dan satu untuk kartu MicroSD hingga 256GB yang ditanamkan pada sisi kiri perangkat. Pada bagian bawah perangkat, telah tertanam port USB type-C yang diapit oleh lubang speaker dan lubang audio 3,5mm.

Sementara itu, pada bagian belakang juga tertanam sensor sidik jari tepat di sisi  kamera belakang yang tertanam.

Banyak smartphone yang berkompromi dengan berat dan ukuran untuk meningkatkan kapasitas baterai, tetapi realme ingin membangun sebuah smartphone bertajuk “Battery King” dengan perasaan menggenggam yang baik. Dibandingkan dengan 200g dan 9mm generasi C terakhir, realme C17 memiliki bodi yang lebih ringan dan lebih tipis, hanya 188g dan paling tipis 8,5mm untuk meringankan beban di tangan Anda.

Layar

realme C17realme C17 memiliki kecepatan refresh layar 90Hz Ultra Smooth dan kecepatan pengambilan sampel 120Hz dalam bentang 6.5 inci. Mampu menghasilkan 90 frame per detik, layar 90Hz memiliki kecepatan refresh 50% lebih tinggi jika dibandingkan dengan tampilan 60Hz konvensional, menghasilkan pengalaman visual yang mulus dan mulus dengan setiap gesekan layar. Dengan layar besar 6,5 inci dan rasio layar-ke-tubuh yang luar biasa hingga 90%, realme C17 memberi Anda pengalaman visual yang luar biasa. Layarnya juga hadir dengan rasio 20:9, 1600×720 resolusi HD+,  dengan kecerahan 600nits.

Tak hanya menghadirkan kualitas layar yang menawan, realme juga membekali perangkat ini dengan fitur tambahan yang memberikan perlindungan kepada pengguna dalam beraktivitas menggunakan perangkat ini. Salah satu diantaranya adalah Eye Protection. Fitur ini mendukung fungsi penyesuaian suhu warna layar, dengan menaikkan suhu warna layar untuk mengurangi radiasi cahaya biru layar, untuk mencegah ketegangan mata. Dapat diatur waktu secara otomatis untuk aktif.

Sebagai perangkat smartphone paling kekinian, realme C17 sudah dibekali dengan sistem operasi terbaru yakni Android 10 dengan kustom realme UI versi 1.0. Kemudahan penggunaan serta tampilan aplikasi yang tertanam di antarmuka membuat pengguna dengan mudah ingin menggunakan aplikasi yang tersedia tanpa membuka menu app drawer.

Pada proses penggunaannya, kualitas layar yang dihadirkan sangat responsif dalam merespon setiap sentuhan tanpa adanya jeda. Selain itu, berkat teknologi layar yang ditanamkan membuat perangkat ini memiliki tingkat ketajaman dan detil yang sangat baik di kelasnya.

Kinerja

realme C17Dipasarkan dengan harga dua jutaan, realme C17 sudah dibekali dengan perbendaharaan hardware yang sangat mumpuni dikelasnya. Hal ini sesuai dengan slogan mereka yakni Memori Cadas, Layar Super. realme C17 hadir dengan konfigurasi terbesar yang ada di kelasnya saat ini, yaitu 6GB+256GB. Uniknya, konfigurasi besar ini hanya diberikan khusus untuk pasar Indonesia, atas permintaan pengguna yang menginginkan penyimpanan memori yang besar di segment harga 2 jutaan.

Dengan kapasitas memory internal yang sangat besar di kelasnya memberikan kebebasan kepada pengguna untuk mengunduh aplikasi games beresolusi tinggi yang diketahui memiliki kapasitas data yang sangat besar sebut saja Asphalt, PUBG dan yang lainnya. Belum lagi aplikasi sosial media ataupun Google yang banyak memakan memory internal saat di unduh di perangkat ini.

Tak hanya kombinasi RAM dan ROM yang terbesar di kelasnya, realme C17 mengadopsi telah mengadopsi chipset generasi terbaru besutan Qualcomm yakni prosesor Snapdragon 460. Prosesor ini dibuat dengan menggunakan proses fabrikasi 11nm, sehingga lebih bertenaga dan efisien. Cip ini juga dilengkapi dengan struktur Kryo 240 di CPU dan Adreno 610 GPU. Apiknya lagi, teknologi ROM yang digunakan sudah menggunakan seri LPDDR4x dan UFS 2.1, yang membuat realme C17 menghadirkan pengalaman yang mulus bagi pengguna dalam beraktivitas gaming maupun aktivitas sosial mdia yang membutuhkan kinerja RAM berkapasitas besar.

Soal kinerja, perangkat ini sudah teruji kualitasnya saat digunakan dalam beragam aktivitas terutama aktivitas gaming. Game berat seperti Asphalt maupun PUBG ataupun FreeFire dapat digunakan dengan baik meski menggunakan resolusi tinggi. Tak hanya itu, infogadgets juga sudah menguji perangkat ini dengan aplikasi benchmark ternama dan hasilnya pun cukup mengagumkan sesuai dengan harga jual yang ditawarkan.

Lihat skor benchmark di bawah ini:

AnTuTu v8 – 113717

Geekbench – 253 (Single-Core), 1217 (Multi-Core)

3DMark SSE – 834 (OpenGL ES 3.1), 801 (Vulkan)

PCMark – 5792 (Work 2.0)

AndroBench – 514.52 MB / s (Seq. Read), 191.01 MB / s (Seq. Write).

Baterai

realme C17Memanjakan pengguna dengan kinerja yang tinggi, realme juga telah membekali perangkat ini dengan baterai berkapasitas besar yakni 5000mAh. Berdasarkan pengujian di realme Lab, realme C17 dapat bertahan selama 34 hari dalam mode siaga, bahkan jauh lebih baik daripada beberapa flagship lainnya. Dengan pengisian balik OTG khusus, realme C17 juga dapat menjadi penghemat baterai Anda. realme C17 dilengkapi dengan 18W Fast Charge, butuh waktu 30 menit untuk mengisi sampai 33%. Dari hasil uji lab yang dilakukan oleh tim realme, perangkat ini memiliki masa siaga mencapai 809 jam, penggunaan telfon hingga 35 jam, mendengarkan musik secara online hingga 35 jam, aktivitas daring hingga 19 jam dan menggunakan Instagram hingga 24 jam.

Menariknya lagi, realme C17 sudah dibekali dengan fitur Optimisasi Daya Tahan Baterai. Dimana dengan baterai 5000mAh sebagai fondasinya, optimasi perangkat lunak yang canggih dapat membuat perbedaan yang lebih besar. Pembekuan Cepat Aplikasi (App Quick Freeze), Pengoptimalan Baterai Layar (Screen Battery Optimization) diterapkan pada realme C17.

App Quick Freeze dapat secara cerdas membekukan aplikasi yang jarang digunakan untuk mengurangi penggunaan daya pada aplikasi yang berjalan di latar belakang. Screen Battery Optimization akan sedikit menurunkan beberapa efek tampilan tanpa pemberitahuan untuk meningkatkan daya tahan baterai. Anda juga dapat mengaktifkan Sleep Standby Mode untuk menghemat daya  ketika tidur. Jika Anda ingin daya tahan lebih lama lagi, Anda dapat mengaktifkan Power Saving Mode yang akan mengurangi tingkat kecerahan layar, mempersingkat waktu layar-mati ke 15 detik dan menonaktifkan sinkronisasi di latar untuk lebih jauh memperpanjang masa pakai baterai.

Tertanam pula fitur Super Power Saving Mode, dalam mode ini, pengguna dapat memilih 6 aplikasi yang paling banyak digunakan untuk tetap aktif untuk memperpanjang usia baterai yang sangat lama. Pada saat yang sama, smartphone akan menghidupkan strategi penghematan daya yang lebih agresif. Menurut penelitian kami pada perilaku pengguna, kebanyakan orang hanya menggunakan 6 aplikasi ini di 70-80% dari semua waktu penggunaan telepon. Jadi, kami percaya mode hemat daya super sangat meningkatkan masa pakai baterai tetapi tanpa mengorbankan penggunaan sehari-hari.

Kami menguji realme C17 dalam mode hemat daya super, hasilnya sangat mengesankan. Anda menghabiskan 5% baterai dalam menggunakan WhatsApp atau YouTube selama hampir 1,2 jam. Dan jika Anda ingin mencari tempat untuk mengisi daya telepon, 38 jam sangat mudah bagi Anda untuk menemukan pengisi daya.

Kamera

realme C17realme C17 hadir dengan kamera depan yang ditanamkan di bawah layar yang sudah banyak digunakan oleh smartphone realme. Kamera depan 8MP Ultra-clear memenuhi kebutuhan selfie Anda dengan aperture F2.0 dan lensa 5P, mendukung mode AI Beauty, Efek Bokeh dan lainnya. Secara khusus, algoritma kecantikan terbaru yang dikembangkan untuk setiap orang dengan bentuk serta fitur wajah yang berbeda memungkinkan Anda mengambil foto selfie yang menampilkan kulit alami dan lembut dengan mudah. Kamera depan realme C17 juga mendukung fitur HDR.

Secara kualitas hasil kamera depan yang dihasilkan sudah sangat baik dengan kualitas foto selfie cukup tajam dan jernih apalagi jika dilakukan pada kondisi cahaya berlimpah. Untuk kondisi cahaya yang minim, realme telah menyematkan fitur selfie flash yang menggunakan layar sebagai media cahaya tambahan saat melakukan selfie di ruangan indoor.

Untuk kamera utama yang terletak di bagian belakang, realme C17 memiliki empat kamera utama (Quad Camera) yang mengadopsi sensor gambar 13MP sebagai kamera utama, sebuah kamera sudut-ultra lebar 8MP seluas 119°, sebuah 2MP lensa makro dan sebuah 2MP lensa portrait B&W.

realme C17 memiliki kamera utama yang mengadopsi sensor gambar 13MP dengan area besar, dengan aperture besar f/2.2 yang cukup mengamankan cahaya dan membuat gambar Anda lebih jernih dan lebih cerah. Selain itu, produk ini juga mendukung PDAF yang menangkap fokus lebih cepat dan tepat. 4x zoom juga memungkinkan pengguna untuk mengambil foto yang jelas dari jarak jauh.

Sementara untuk kamera kedua yang tertanam di bagian belakang memiliki lensa Sudut-Ultra Lebar 119°. realme C17 memiliki kamera sudut lebar dengan 8MP, apertur bidang tampilan ultra-lebar f/2.25 dan 119°, yang dapat menangkap tampilan lebih luas. Saat mengambil foto pemandangan, bangunan, foto grup dengan banyak orang dan pemandangan jauh lainnya, Anda tidak perlu mundur. Anda dapat beralih ke mode sudut ultra lebar hanya dengan satu klik , membuat foto-foto bidang lebar seperti lansekap, arsitektur dan grup besar lebih nyata dan menakjubkan.

Hadir pula Lensa ultra makro memungkinkan pengguna lebih dekat dan menemukan keindahan dunia mikro dengan jarak pemotretan 4cm.

Menemani ketiga lensa yang tertanam, realme juga telah menyematkan Lensa B&W Portrait. Berbekal sistem filter warna baru memungkinkan lensa potret mendeteksi rangkaian cahaya yang lebih luas, membantu lensa utama menangkap cahaya dengan lebih baik, meningkatkan kontras gambar, membuat gambar bergaya retro, dan menambahkan tekstur pada potret.

Untuk memanjakan pengguna dalam mengekplorasi fotografi pada malam hari, realme C17 sudah dibekali dengan fitur Nightscape.

Mode Nightscape akan membuat realme C17 menjadi night shooter terbaik di segmen ini. Algoritma mode Nightscape akan mengambil beberapa foto dalam pencahayaan berbeda, lalu menggabungkannya menjadi satu bidikan tunggal dengan mengambil bagian terbaik di setiap foto. Hasilnya, bidikan malam hari akan menjadi jauh lebih terang dan jernih.

Berikut beberapa hasil foto realme C17:

 

Fitur tambahan

realme C17Melengkapi semua fitur andalan yang telah ditanamkan untuk menemani pengguna dalam beraktivitas, realme C17 juga sudah ditanamkan beberapa fitur penting lainnya seperti pemindai sidik jari instan dan kemampuan tahan terhadap percikan air.

realme C17 sudah mendukung pembukaan kunci sidik jari ultra-cepat, juga mendukung pengenalan wajah, yang dapat dengan mudah dibuka dengan satu klik atau pandangan, nyaman untuk dibuka dan aman untuk privasi Anda pada saat yang bersamaan.

Selain itu, kemampuan terhadap percikan air ini dikarenakan semua lubang di smartphone realme C17 kedap air dengan pelindung silikon yang secara efektif mencegah percikan air.

Kesimpulan

realme C17Dibanderol dengan harga 2 jutaan, konsumen ditawarkan pada sebuah perangkat smartphone yang memiliki fitur yang sangat lengkap. Bagaimana tidak, dengan harga ini calon konsumen sudah mendapatkan perangkat smartphone dengan konfigurasi memori paling besar yang di kelasnya yaitu 6GB+256GB yang masih dapat ditambah dengan MicroSD hingga 256GB. Konfigurasi memori besar ini hanya khusus untuk pasar Indonesia. Selain itu, di segmen pasar smartphone harga 2 jutaan konsumen juga sudah mendapatkan perangkat smartphone dengan refresh rate layar 90Hz Ultra Smooth Display yang memanjakan pengguna saat menggunakannya dalam bermain game.

Tak hanya itu, realme C17 dilengkapi dengan baterai besar 5000mAh dengan pengisian daya cepat 18W Fast Charge kombinasi yang banyak ditanyakan oleh realme Fans untuk menghadirkan pengisian daya cepat untuk baterai besar. Selain itu, walau dengan kapasitas baterai yang besar, realme C17 memberikan pengalaman smartphone yang lebih ringan dan tipis dari seri pendahulunya. realme C17 juga hadir dengan desain baru, desain backcover dengan teknologi AG untuk varian warna Lake Green.

Tak lupa realme juga menawarkan baterai besar layar cadas yang terkenal sukses memikat pengguna smartphone di kisaran harganya. Kali ini realme menawarkan seri-C dengan memori yang besar serta membawa pengalaman layar gegas untuk lebih luas memikat pengguna smartphone di rentang harga dua jutaan.

Dengan beragam keunggulan yang dimilikinya, membuat realme C17 sangat layak dimiliki untuk semua kalangan mulai dari pekerja profesional, anak muda yang gemar melakukan aktivitas gaming dan fotografi serta kaum millenial yang gemar “pansos” di aplikasi sosial media seperti Facebook dan Instagram.

Berita Lainnya

Leave a Comment