Home Review Review realme Buds Q2: Baterai Tahan Lama Plus Punya Super Low Latency
realme Buds Q2

Review realme Buds Q2: Baterai Tahan Lama Plus Punya Super Low Latency

by infogadgets Indonesia

infogadgets – TWS realme Buds Q2 sekarang sudah resmi dipasarkan di Indonesia berbarengan dengan peluncuran realme 8 5G dan realme Buds Wireless 2 Neo. realme Buds Q2 hadir dengan latensi rendah yang sudah ditingkatkan, desain baru yang terinspirasi Kaleidoskop, dan menawarkan masa pakai baterai hingga 20 jam.

Sekedar pengingat, realme Buds Q diluncurkan di Indonesia pada Juni 2020 bersama dengan seri realme X3 Superzoom. Perusahaan telah sukses secara cepat memasarkan TWS, terutama di seri realme Buds Air. Kami juga mengharapkan peluncuran realme Buds Q2 menjadi pembeda yang signifikan dari sisi spesifikasi.

realme Buds Q2 dibandrol dengan harga kisaran Rp 299.000 ribuan. realme Buds Q2 juga tersedia dalam pilihan warna Hitam dan Biru. Nah! Untuk lebih mengenal lagi TWS baru realme ini, tim Redaksi sudah menyiapkan artikel review dibawah ini untuk Anda.

Desain

realme Buds Q2Sama seperti pendahulunya, kasing pengisi daya realme Buds Q2 memiliki desain seperti batu bulat yang terbuat dari plastik matte keras. Di sisi lain, desain earbud berbeda dari model sebelumnya. Dari realme Buds Q yang memiliki desain logo R, kini realme Buds Q2 terbaru menggabungkan desain pola seperti kaleidoskop. Kaleidoskop mewakili fantasi dan imajinasi. Desain realme Buds Q2 memisahkan diri dari eksterior biasa-biasa saja yang ditemukan di sebagian besar perangkat TWS standar di pasar dan menggabungkan estetika bentuk potongan kaleidoskop ke dalam desain earbud.

realme Buds Q2

Kasing pengisi daya realme Buds Q2 mengemas bahan ringan yang hanya 39g. Earbud ringan dengan hanya 4.1g per earbud yang membuatnya nyaman dipakai di telinga bahkan untuk jangka waktu yang lama. Ini sebenarnya salah satu earbud paling ringan yang pernah kami pakai. Earbud pintar ini juga dilengkapi dengan sertifikasi IPX4 dan peringkat tahan air yang dapat mentolerir hujan ringan, beberapa percikan, dan keringat selama olahraga.

Mengapa kami menyebutnya earbud pintar? Itu karena perangkat ini memiliki fitur sentuh cerdas di mana pengguna dapat dengan cepat beralih musik, mengaktifkan mode permainan dan menjawab/mengakhiri panggilan. Hanya dengan empat kontrol

Ketuk dua kali: Play/Pause musik atau Jawab/Akhiri panggilan

Ketuk tiga kali: Next Track

Tekan lama pada satu earbud: Off

Tekan lama pada kedua earbud: Game Mode

Konektifitas

realme Buds Q2Menghubungkan realme Buds Q2 Anda ke perangkat smartphone sangatlah mudah karena dilengkapi dengan dukungan Bluetooth 5.0. Ini memberi penggunanya kecepatan transmisi tinggi, sinyal stabil, dan konsumsi daya rendah. Anda bahkan dapat menggunakannya hingga 10 meter dari smartphone yang dipasangkan. Ini adalah fitur yang sangat bagus terutama ketika Anda memiliki banyak hal yang harus dilakukan. Dengan ini, kami masih bisa mendengarkan musik, menerima panggilan dan hanya meninggalkan smartphone kami pada jarak tertentu.

Cara memasangkan realme Buds Q2 secara manual

Untuk menyandingkan, pastikan Bluetooth perangkat Anda (smartphone, laptop, tablet) diaktifkan. Anda dapat memasangkannya secara manual melalui pengaturan Bluetooth. Untuk berjaga-jaga jika earbud tidak terdeteksi oleh smartphone Anda, masukkan kembali ke dalam casing dan tutup penutupnya. Buka lagi, lalu sentuh dan tahan permukaan sentuh earphone secara bersamaan selama lebih dari 3 detik.

Kontrol

Yang saya sukai dari perangkat AIoT realme adalah saya dapat dengan mudah menyesuaikan pengaturan kontrol sentuh cerdas dari setiap perangkat melalui Aplikasi realme Link. Ini sangat ramah pengguna. Setelah saya memasangkan dan menambahkan realme Buds Q2 di aplikasi, saya dapat menelusuri dan menyesuaikan pengaturan kontrol sentuh cerdas earbud sesuai dengan preferensi dan kenyamanan saya.

Di aplikasi, Anda juga dapat memantau tingkat baterai casing pengisi daya dan earbud. Anda juga dapat memilih efek suara seperti Bass Boost +, Dynamic, dan Light.

realme Buds Q2

Performa

realme Buds Q2realme Buds Q2 dilengkapi dengan 10mm Dynamic Bass Boost Driver yang menggunakan diafragma komposit polimer berkualitas tinggi untuk pengalaman suara yang lebih baik. realme Buds Q2 dapat menghasilkan volume yang keras. Namun, saat kami mendengarkan film dan musik dengan intensitas bass, detail dan kedalamannya agak kurang. Padahal menurut kami kualitas suaranya masih jernih dan terdengar.

Untuk panggilan telepon, realme Buds Q2 ini memiliki mikrofon tunggal dengan teknologi Environmental Noise Cancellation (ENC) yang melakukan pekerjaan dengan baik dalam mengurangi kebisingan eksternal sehingga orang di ujung telepon dapat mendengar kami dengan jelas bahkan ketika saya di luar ruangan. Karena tidak memiliki fitur ANC, kami masih dapat mendengar suara-suara di sekitar yang agak mengganggu tetapi dapat ditoleransi. Lagi pula, ini adalah perangkat audio dengan harga terjangkau, jadi kami tidak berharap itu setara dengan model yang lebih tinggi dan yang mahal.

realme Buds Q2

Kami juga menggunakan Buds Q2 saat bermain game di smartphone, Mode Gaming memiliki Latensi Super Rendah 88ms pasti dapat memenuhi tujuannya. Ini mengurangi latensi sebanyak 51% jadi kami hampir tidak melihat adanya penundaan pada sinkronisasi audio dan video.

Baterai

realme Buds Q2realme Buds Q2 menjanjikan Daya Tahan Baterai 20 Jam untuk penggunaan yang lebih lama. Itu adalah 20 jam penggunaan total! (dengan kasing pengisi daya). WOW! Perangkat AIoT ini ditenagai oleh baterai 400mAh built-in (casing pengisi daya) dan baterai 40mAh (setiap earbud)  yang dapat memberikan waktu panggilan terus-menerus selama 3 jam dan waktu mendengarkan musik terus menerus selama 5 jam .

Jadi kami menguji masa pakai baterai earbud realme Buds Q2 kami. Jam 12:45 baterai berada dalam kondisi 100% (terisi penuh), kami mulai menggunakannya saat menonton film dan bermain Call of Duty secara bergantian. Dengan penggunaan terus menerus, pada pukul 17:28, earbuds Buds Q2 masih memiliki sisa daya di dalamnya. Itu lebih dari 5 jam penggunaan.

Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa earbud kiri dan kanan memiliki persentase baterai yang berbeda. Itu karena di beberapa titik selama pengujian saya saat bermain game, saya memutuskan untuk melepas earbud kanan agar kami dapat mendengar suasana sekitar juga dengan jelas saat kami bermain.

Namun demikian, Buds Q2 sesuai dengan janjinya. Bahkan bisa bertahan hingga 5 jam. Milik kami bertahan sedikit lebih dari 5 jam sebenarnya, yang sangat bagus.

Mengisi daya rBuds Q2 Anda sangat mudah. Tempatkan saja kedua earbud pada casing pengisi daya dan hanya itu. Pengisian dari kosong membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam untuk terisi penuh. Jangan lupa untuk membersihkannya terlebih dahulu sebelum memasangnya ok. Dan Anda tahu apa? hanya dengan 10 menit mengisi daya earbud, akan memberi Anda 120 menit waktu penggunaan.

Kesimpulan

realme Buds Q2Jika Anda mencari earbud TWS dengan harga terjangkau dan bergaya untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari seperti berolahraga, bermain game, menonton film, atau sekadar bersantai mendengarkan musik, Buds Q2 adalah pilihan yang tepat. Kualitas suara mungkin tidak sama dengan model yang lebih tinggi dan yang jauh lebih mahal, tetapi tetap dapat memberikan output suara yang jernih dan berkualitas baik untuk titik harganya. Sangat mudah untuk memasangkan, latensinya hampir tidak terlalu mencolok, dan Anda dapat menggunakannya untuk waktu yang lebih lama. Masukkan realme Buds Q2 ke dalam keranjang belanja Anda dengan mengunjungi tautan ini.

Selain Buds Q2, realme juga meluncurkan realme Buds Wireless 2 Neo. Headphone yang satu ini berjenis sporty neckband dan di klaim sebagai Headphone Neckband Paling Sporty di Kelasnya. Dengan Bass Boost Driver sebesar 11,2mm dapat menghasilkan total pemakaian selama 17 Jam dan sudah didukung dengan koneksi instan magnetik. Bagi Anda yang ingin mencari tahu lebih banyak tentang realme Buds Wireless 2 Neo dapat mengunjungi tautan berikut http://bit.ly/realmesmartaiotfestivalXShopee.

Berita Lainnya

Leave a Comment