Home Review Review realme 9 4G: Kamera Rasa Flagship Harga Terjangkau
realme 9 4G

Review realme 9 4G: Kamera Rasa Flagship Harga Terjangkau

by infogadgets Indonesia

infogadgets – Terus berikan kejutan di bulan Ramadan, realme kembali siapkan produk terbarunya ke Indonesia. Melengkapi kesuksesan Number Series di Tanah Air, kini realme siap bawa smartphone realme 9 4G dengan 108MP ProLight Camera. Diposisikan sebagai the best 108MP to capture Ramadan spark at night seperti apa kelebihan yang dihadirkan perangkat ini.

Lalu apakah layak mempertimbangkan smartphone ini untuk dimiliki? Berikut artikel review realme 9 4G.

Desain

realme 9 4G hadir dalam bodi polikarbonat (plastik). Muncul dalam 3 varian warna, Sunburst Gold, Stargaze White, dan Meteor Black. Varian yang kami miliki adalah dalam warna Meteor Black yang dapat membangkitkan perasaan kontras pada orang yang berbeda. Kami pribadi tidak memiliki masalah dengan warna ponsel yang hasil akhir mengkilap. Ketika cahaya jatuh pada panel belakang realme 9 4G, ia memancarkan rona warna hitam yang berbeda.

Melalui 6 lapisan pengerjaan yang sangat indah, realme pertama kalinya menggabungkan Plasma Atom-coating Process dan UV-nano Imprinting Process untuk menciptakan tekstur 3D bergelombang. realme 9 dilapisi dynamic 3D ripple texture yang diciptakan melalui proses Plasma Atom-coating dan UV-Nano Imprinting yang inovatif. Dengan teknik tersebut, mampu menampilkan desain dengan efek cahaya bergelombang seperti ombak.

Panel belakang memiliki modul kamera transparan yang memiliki tiga lensa dan lampu kilat LED. Bagian belakang ponsel juga memiliki branding realme. Bagian depan memiliki layar 6,4 inci, sisi kirinya memiliki kamera selfie punch hole. Ponsel ini memiliki bingkai perak di keempat sisinya dengan tepi kanan memiliki tombol daya dan yang kiri termasuk baki SIM. Baki memiliki 3 slot- 2 untuk SIM dan 1 untuk kartu microSD.

Bagian bawah memiliki jack headphone 3.5mm, mikrofon, port Type-C, dan kisi-kisi speaker. Sisi atas juga memiliki mikrofon. Saat digenggam, perangkat terasa halus dan lembut. Ukuran layar memungkinkan kamu mengoperasikan dengan mudah dengan satu tangan dan perangkat juga terasa ringan (178 gram) dengan ketebalan hanya 7.99mm, sangat nyaman ketika digenggam.

Layar

realme 9 4Grealme 9 4G memiliki layar FHD+ Super AMOLED 6,4 inci dengan kecepatan refresh 90Hz, kecepatan pengambilan sampel sentuh 360Hz, dan kecerahan puncak 1000 nits. Layar dilengkapi dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 5 dan terlihat cerah. Warnanya terlihat indah tetapi rentang dinamisnya sedikit kurang. Layar terlihat bahkan di bawah sinar matahari yang cerah tetapi kecerahannya harus dijaga tetap penuh untuk itu.

Layar memiliki kecepatan refresh 90Hz yang dapat diturunkan hingga 60Hz juga sesuai kebutuhan. Saat kamu menggunakan perangkat dengan kecepatan refresh 90Hz, itu tetap sama selama menggulir juga. Tetapi selama bermain game, dan streaming video, ia menyesuaikan dirinya sendiri ke 60Hz dengan sendirinya. Pengalaman menonton konten video lumayan, tetapi tidak ada dukungan HDR yang terlihat. Namun, melihat harga, kelemahan ini bisa diabaikan. Layarnya juga mendukung Widevine L1, sehingga Anda dapat menonton konten dari aplikasi OTT dalam Full HD.

realme 9 4G

Teknologi 10240-level brightness auto adjustment yang canggih pada realme 9 4G dapat menyesuaikan kecerahan layar berdasarkan kondisi pencahayaan di sekitar. Sehingga Anda dapat menatap layar dengan lebih nyaman, meski dalam waktu lama.

realme 9 4G dilengkapi dengan In-display fingerprint (Sensor sidik jari di dalam layar) yang mampu membuka kunci smartphone dengan sangat cepat. Saat ini ada delapan jenis animasi pembuka kunci smartphone, yang akan terus ditambahkan selanjutnya. Sensor sidik jari dalam layar pada realme 9 juga terintegrasi dengan deteksi detak jantung yang 98% hasilnya akurat. Namun dengan catatan, bahwa deteksi detak jantung ini bukanlah alat medis yang dapat mendiagnosa lebih lanjut namun hanya sebagai referensi.

Performa

realme 9 4Grealme 9 4G ditenagai oleh chipset octa-core Snapdragon 680 6nm. Ini memiliki 4 inti Kyro Gold dengan kecepatan clock 2.4GHz dan 4 inti Kyro Silver dengan kecepatan clock 1.9GHz. Ada juga GPU Adreno 610.

Smartphone ini kami rasakan dapat dengan mudah melakukan tugas sehari-hari. Kami menjalankan aplikasi seperti YouTube, Netflix untuk menonton video, aplikasi media sosial seperti Instagram dan Facebook, dan semua ini dimuat dan dibuka dengan cepat, membuat multitasking menjadi mulus. Menelepon, mengirim pesan, menggulir semuanya berjalan dengan baik. Jika kita berbicara tentang game, maka smartphone ini tidak dikhususkan untuk para gamer.

Kami mencoba bermain call of duty dan tidak bisa dimainkan dengan grafis dan frame rate yang tinggi. Jika kita memilih grafis yang tinggi, maka frame rate akan turun ke medium dan sebaliknya. Game sama sekali tidak mulus. kami dapat memainkan game dengan grafik dan frame rate sedang jika kamu mau. Performa termal juga mengecewakan karena ponsel memanas setelah sesi permainan yang lama. Ponsel memanas di sekitar modul kamera belakang.

Kami melakukan beberapa tes benchmark pada realme 9 4G dan hasilnya adalah sebagai berikut:

AnTuTu v8 – 287333

Geekbench – 381 (Single-Core), 1567 (Multi-Core)

3DMark SSE – 447 (Wild Life), 1322 (Sling Shot Extreme OpenGL 3.1)

PCMark – 7934 (Work 2.0)

AndroBench – 407.12 MB/s (Seq. Read), 292.93 MB/s (Seq. Write)

Untuk performa audio, perangkat ini hanya dilengkapi dengan 1 speaker yang cukup keras. Video di layar dan audio dari speaker memberikan pengalaman yang mendalam. Ada juga jack headphone 3.5mm, yang berguna bagi mereka yang suka menggunakan earphone berkabel untuk mendengarkan.

Sistem operasi realme UI 3.0 berbasis Android 12 yang memperkenalkan tampilan baru yang menyegarkan dengan desain Fluid Space dan Sketchpad AOD. Sistem operasi ini juga mengusung sederet fitur baru untuk membantu melindungi privasi Anda, dan peningkatan di seluruh sistem untuk membuat smartphone realme Anda lebih cepat dan lebih lancar dari sebelumnya.

realme 9 4G

realme 9 4G memiliki 2 varian memori yaitu 6GB/128GB (eksklusif online) dan 8GB/128GB (eksklusif offline) dimana varian 8GB mendukung Dynamic RAM Expansion hingga 5GB. Disamping itu, realme 9 4G juga dilengkapi dengan 3 slot kartu untuk dua kartu SIM dan satu slot SD card.

Kamera

realme 9 4Grealme 9 4G memiliki modul tiga kamera di bagian belakang yang didukung oleh sensor Samsung ISOCELL HM6 –menjadi smartphone pertama yang memakai sensor tersebut, lensa super-wide, dan lensa makro. Ini termasuk kamera utama 108MP yang memberikan gambar mendetail di siang hari. Warna ditangkap dengan baik dan gambar terlihat hidup. Foto-foto yang diklik sangat tajam, tetapi terkadang warna terlihat sedikit artifisial. Daun pada gambar di bawah ini terlihat ekstra hijau dan hitam terlihat ekstra hitam juga.

108MP

Smartphone ini juga memiliki sensor ultrawide 8MP. Klik dari lensa ini terlihat alami tetapi detailnya sedikit kurang. Foto yang diambil dalam cahaya rendah memiliki terlalu banyak noise.

Sensor ketiga adalah lensa makro 2MP yang memberikan bidikan yang layak di siang hari yang cerah.

Macro

Ada kamera depan 16MP di realme 9 4G yang mengambil bidikan di atas rata-rata di siang hari alami. Detail dalam selfie bagus tapi selfie dalam ruangan tampak berbintik dan penuh noise. Performa cahaya rendah benar-benar rata-rata.

Ada mode Street Photography 2.0 di perangkat yang mengambil foto dengan warna dan tampilan alami. Sesuai harga, kinerja mode ini ok. Ada juga mode potret, mode 108MP, Mode Malam, Mode Pro, dan Slo-Mo.

Baterai

realme 9 4Grealme 9 4G memiliki baterai 5000mAh dengan dukungan pengisian cepat 33W. Cadangan baterai ponsel bagus. Setelah seharian digunakan, baterai masih tersisa sekitar 25-30%. Bahkan jika seseorang adalah pengguna berat, baterai akan bertahan sepanjang hari. Pengisi daya yang disertakan dengan perangkat mengisi daya baterai dari 0 hingga 55% dalam 30 menit dan 100% dalam 1 jam 15 menit. Sesuai dengan tes baterai PC Mark, ponsel ini memberikan daya tahan baterai 13 jam 39 menit, yang sangat bagus untuk kisaran harga ini.

Ada perangkat yang memberikan dukungan pengisian cepat yang lebih tinggi, tetapi tidak ada banyak perbedaan saat kamu menggunakannya. Secara keseluruhan, masa pakai baterai dan pengisian cepat di realme 9 4G bagus.

Kesimpulan

realme 9 4Grealme 9 4G adalah salah satu smartphone terbaik yang di mulai dengan harga Rp 2,9 jutaan di Indonesia. Smartphone ini memiliki layar AMOLED dengan kecepatan refresh 90Hz. Meskipun kamu memiliki opsi seperti Redmi Note 11 Pro 4G yang memiliki kecepatan refresh 120Hz, kamu tidak akan menemukan banyak perbedaan antara kecepatan refresh 90 dan 120Hz.

Selain itu, realme 9 4G memberikan Android 12 sedangkan Redmi Note 11 masih memiliki Android 11. Ditambah dengan kamera utama 108MP, baterai 5000mAh, pengisian cepat 33W, lensa selfie 16MP, dan banyak lagi. realme 9 4G bisa didapatkan di realme Official Stores di Tokopedia, realme.com & realme Brand Store seluruh Indonesia.

Berita Lainnya

Leave a Comment