Home Review Review realme 8 Pro: Smartphone Kamera 108 MP di Harga Menengah
realme 8 Pro

Review realme 8 Pro: Smartphone Kamera 108 MP di Harga Menengah

by infogadgets Indonesia

infogadgets – Selama setahun terakhir ini, kami telah melihat demokratisasi yang hebat di pasar smartphone, khususnya di segmen menengah. Yang menakjubkan ada beberapa smartphone mengemas spesifikasi perangkat keras kelas atas dan bahkan teknologi pendukung yang sebelumnya terbatas pada smartphone kelas atas saja di segmen harga menengah. Yang terbaru dalam daftar perangkat tersebut adalah realme 8 Pro.

Smartphone ini ada di segmen harga Rp 4 jutaan, Namun mampu membawa banyak hal yang disukai. Seperti membawa quad-camera yang ditempatkan di dalam housing berbentuk persegi. Secara khusus, membawa sensor ISOCELL HM2 di kamera utamanya yang berukuran 108 megapiksel.

Kali ini dimeja redaksi terdapat realme 8 Pro untuk kami uji kamera smartphone secara ekstensif. Tetapi jangan lupa ada lebih banyak hal di realme 8 Pro yang juga akan kami bahas secara lengkap. Jadi, mari kita mulai dengan ulasan kami tentang realme 8 Pro untuk mengetahui apakah smartphone tersebut sepadan dengan uang yang akan Anda keluarkan.

Kamera

realme 8 ProSumber kekuatan pertama pada realme 8 Pro yakni dibekalinya smartphone ini dengan kamera 108MP, piksel tertinggi di industri smartphone saat ini. Dan seri ini merupakan smartphone realme pertama yang dibekali kamera 108MP. Kamera utama mengadopsi sensor Samsung ISOCELL HM2 generasi ketiga dengan sensor ekstra besar 1/1,52 inci dan resolusi maksimum 12000×9000.

HM2 didukung oleh teknologi isolasi piksel ISOCELL Plus canggih dari Samsung, mengadopsi bahan baru yang dikembangkan oleh Fujifilm untuk menggantikan penghalang logam guna memecahkan masalah interferensi antara piksel yang berdekatan, yang mengurangi kehilangan optik dan warna silang, menjamin kesetiaan warna yang lebih tinggi dan meningkatkan ISO sebesar 15%.

realme 8 Pro

Sedangkan teknologi Smart-ISO dapat memilih pengaturan ISO terbaik secara otomatis sesuai dengan lingkungannya. Tidak peduli apakah gelap atau terang, Anda dapat mengambil foto yang jelas, cerah, hierarkis, dan penuh warna.

Selain itu, sensor HM2 mendukung teknologi 9-in-1 Pixel Binning, yang memungkinkan sembilan piksel 0,7μm yang berdekatan digabungkan untuk mensimulasikan piksel 2,1μm besar dan meningkatkan kualitas gambar di bawah cahaya redup.

Sejujurnya, buat kami spesifikasi ini terlihat cukup bagus di atas kertas, tetapi bagaimana performa kamera sesungguhnya?

Pertama-tama, kami mau bahas lensa utama pada realme 8 Pro berfungsi maksimal dalam situasi pencahayaan yang baik, dengan lensa menangkap bidikan dengan detail yang baik, selanjutnya perangkat lunak melakukan pemrosesan untuk memastikan warna ditingkatkan. Meskipun gambar yang dihasilkan ini sangat bagus untuk dilihat, dan juga menghasilkan bidikan media sosial yang bagus dengan warna-warna cerah dan mencolok, namun ini bukan hasil dengan warna paling akurat.

Smartphone ini juga memiliki lensa beresolusi tinggi menggunakan mode khusus 108MP, yang seperti yang kami temukan dapat menghasilkan foto yang sangat bagus dan detail. Bidikan sangat tajam di seluruh hasil foto, dengan sudut tidak kehilangan detail dengan mengaktifkan fungsi pengenalan pemandangan AI, yang mengambil gambar jernih dan warna-warna cerah. Kinerja cahaya rendah smartphone ini di atas rata-rata, dengan lensa utama 108MP terbukti menjadi yang terbaik dalam hal pengambilan gambar dalam skenario cahaya rendah. Smartphone ini berhasil menangkap sorotan dan bayangan yang cukup bahkan di malam hari, tetapi mulai kehilangan detail di beberapa area.

Resolusi Foto Sudah Diturunkan

Lalu ada lensa ultra lebar 8MP yang juga berfungsi dengan baik. Dengan apertur f/2.25 beresolusi 8MP, pengguna tidak perlu bersandar untuk mengambil gambar yang sempurna berkat lensa sudut ultra lebar dengan bidang pandang 119 derajat ini. Cukup satu klik untuk beralih ke mode sudut lebar, memungkinkan pengguna untuk menangkap gambar lanskap, arsitektur, dan grup besar yang lebih menakjubkan.

Smartphone ini juga dilengkapi dengan lensa ultra makro, yang menjanjikan jarak pemotretan 4cm, gambar yang diklik dari dekat sebagian besar keluar dari fokus dan tidak terlalu bagus. Tingkat detail dan efek bokeh dalam bidikan ultra makro paling baik dan tidak ada yang perlu dibicarakan sepertinya.

Selain itu ada 2MP Black & White Portrait Lens. Lensa ini memiliki pemrosesan dengan sistem filter warna baru memungkinkan lensa potret mendeteksi rangkaian cahaya yang lebih luas, membantu lensa utama menangkap cahaya dengan lebih baik, meningkatkan kontras gambar, membuat gambar bergaya retro, dan menambahkan tekstur pada foto potret.

Kamera depan realme 8 Pro sebesar 16MP juga hadir dengan AI Beauty, Portrait Mode, dan Super Nightscape untuk memastikan setiap foto selfie tampil sempurna!

Selama peninjauan, kami juga terkesan dengan performa kamera dalam hal bidikan potret. Dalam situasi pencahayaan yang baik, bidikan mode potret keluar dengan detail yang baik, dan deteksi tepi sangat baik. Latar belakang buram dalam bidikan ini agresif secara default, tetapi dapat dengan mudah disesuaikan dengan mengaktifkan efek bokeh sebelum mengklik bidikan.

realme juga menambahkan mode Malam di dalam perangkat lunak kamera yang berfungsi pada lensa primer dan ultrawide. Mode ini tampaknya meningkatkan kecerahan tetapi tidak teralalu detail, yang merupakan petunjuk jelas bahwa di balik layar, mode malam pada smartphone tidak lebih dari sekadar meningkatkan eksposur.

3X In-Sensor Zoom

realme 8 Pro memiliki teknologi baru Zoom, 3X In-Sensor Zoom yang hanya menggunakan 12MP dari 108MP yang diperbesar untuk menghasilkan gambar. Dibandingkan dengan algoritma crop biasa, kemampuan zoom ini memiliki ukuran pencitraan yang lebih kecil dan kecepatan pencitraan yang lebih cepat. Dengan Clarity Enhancement Algorithm, 8 gambar dapat dengan cepat diambil setiap kali, dan kemudian disintesiskan dan dikeluarkan untuk lebih meningkatkan ketajaman. Dengan membandingkan kejelasan terhadap sampel smartphone dengan zoom optik 3x, realme 8 Pro tidak dibayangi sama sekali.

Starry Mode Baru

Kali ini, realme menghadirkan Mode Starry Mode generasi kedua yang ditingkatkan. realme telah mengoptimalkan proses pencitraan, memisahkan langkah pencerahan berbintang dari algoritme dan diproses oleh ISP di SoC, yang dipromosikan sebagai efek pencerahan yang pasti dan pengurangan kebisingan.

Pertama di Dunia, Video Starry Time-Lapse

realme telah mengembangkan Algoritma Video Time Lapse eksklusif berdasarkan Starry Mode. Saat memotret Starry Mode, realme 8 Pro mengambil 16 foto individual setiap 15 detik selama 4 menit, lalu algoritme menggabungkannya menjadi gambar akhir. Tetapi saat merekam Video Starry Time-Lapse, untuk melepaskan tekanan ROM dan RAM, smartphone akan mengambil foto berbintang pada interval 15 detik, tetapi hanya menyimpan 15 foto terakhir untuk membuat gambar berbintang, dan akhirnya menggabungkan foto-foto ini menjadi video time-lapse dengan kecepatan 30fps.

Hanya dengan satu smartphone dan satu tripod yang stabil, Anda dapat merekam Video Starry Time-Lapse tanpa kamera profesional dan perangkat lunak pengedit video komputer. Anda dapat mengambil 240 foto berbintang dalam satu jam, dan Anda akan mendapatkan video selang waktu berbintang 8 detik.

Perama di Dunia, Video Time-Lapse Tilt-shift

Mode Tilt-shift dapat mengubah dunia nyata menjadi dunia miniatur, menggunakan semacam ilusi optik mata manusia. Saat kita menatap objek yang sangat dekat dengan kita, latar depan dan latar belakang biasanya tidak fokus. Jika kita menambahkan efek blur yang tepat pada gambar seperti itu, otak kita mengira kita sedang melihat lanskap miniatur yang sangat dekat dengan kita.

Biasanya, efek buram ini dicapai dengan lensa tilt-shift yang mahal, yang membuat bagian foto menjadi jelas, dan sebagian menjadi buram. Dengan algoritme fotografi tilt-shift baru kami, realme 8 Pro sekarang dapat mengubah dunia nyata menjadi dunia miniatur yang ajaib.

Mode Tilt-shift juga memungkinkan Anda menyesuaikan bentuk, sudut, posisi, dan ukuran efek blur secara manual. Anda dapat dengan mudah memilih dan menyesuaikan efek blur agar sesuai dengan pemandangannya. Mode Tilt-shift juga mendukung perekaman video time-lapse dengan pemutaran 10x, menyajikan dunia nyata dengan cara yang lebih fantastis dan unik.

Dual-view Video

Video Dual-view terbaru memungkinkan pengguna merekam dari kamera depan dan belakang secara bersamaan. Dengan memanfaatkan fitur ini, Anda akan dapat mengambil berbagai video pendek yang kreatif dan menarik!

Sebagai kesimpulan bagian kamera, realme melakukan pekerjaan yang baik dengan kamera realme 8 Pro, dan secara keseluruhan pengaturan quad-lens berhasil membuat kami kagum dengan hasilnya. Ya, ada beberapa area di mana kinerja kameranya masih dapat ditingkatkan, tetapi untuk sebagian besar, kamera pada realme 8 Pro memenuhi dan memberikan nilai bagus untuk smartphone yang dijual pada titik harga ini. Tidak hanya itu penembahan beberapa mode kamera baru juga memberikan kelengkapan pada sesi foto yang akan Anda lakukan.

 

Desain

realme 8 ProDi masa-masa awalnya, desain smartphone realme yang mencolok membantu merek ini menarik perhatian pengguna. Inilah mengapa desain tetap menjadi elemen sentral untuk ‘The Next series’. Tren berlanjut dengan realme 8 Pro, yang menampilkan lapisan kristal anti-silau di bagian belakang. Permukaan kasar seperti pasir di bagian belakang disertai dengan patch mengkilap untuk logo realme dan moto “Dare To Leap”. Permukaannya terasa seperti perantara antara kaca buram dan lapisan batu pasir saat disentuh.

Selain itu,  dalam pemrosesan menggunakan teknologi pemrosesan AG-Crystal. Proses AG adalah favorit pada teknologi bagian belakang smartphone. Proses AG konvensional dilakukan dengan melapisi penutup belakang dan mengetsa menjadi butiran kecil yang tak terhitung jumlahnya dengan bentuk bola, untuk mencapai efek matte. Sebaliknya, memperbesar dan mencerahkan butiran kecil, mengukir tekstur mikro dengan bentuk prismatik polihedral pada butiran berbentuk bola dengan teknologi ukiran laser dengan 3D untuk meningkatkan rasa tiga dimensi. Karenanya, bagian belakang smartphone menampilkan tekstur kristal mineral alami, yaitu glossy dan matte, kasar dan halus, indah dan halus.

realme 8 Pro

realme 8 Pro membuat kemajuan yang signifikan dibandingkan dengan dua generasi sebelumnya dengan bobot 176g dan ketebalan 8,1mm yang nyaman untuk digenggam dibandingkan dengan kebanyakan smartphone dengan bobot lebih dari 200g saat ini.

Menghadirkan dua warna berkelas di realme 8 Pro: Infinite Blue, dan Infinite Black, dimana Infinite Blue memiliki kesan seperti langit berbintang dan mempesona sedangkan Infinite Black terkesan misterius dan sederhana.

Rangka samping jauh lebih halus daripada bagian belakang. Ini terdapat tombol daya dan tombol volume di sisi kanan dan ada baki SIM 2 + 1 di sebelah kiri. Lalu headphone 3,5 mm, mikrofon utama, port USB Type-C, dan loudspeaker mono ditempatkan di bagian bawah, sedangkan bagian atas dilengkapi mikrofon sekunder untuk peredam bising.

Desain yang berkilau pasti akan menarik perhatian orang lain, sedangkan footprint yang nyaman memungkinkan Anda menggunakan smartphone dengan mudah. Begitulah kesimpulan kami di bagian desain.

Layar

realme 8 Prorealme 8 Pro dibekali layar Super AMOLED berukuran 6,4 inci dengan tampilan penuh. Berkat itu, realme 8 pro juga menghadirkan fitur Always-on Display, sehingga Anda dapat melihat informasi penting dalam sekejap. Pada saat yang sama, layar Super AMOLED juga dilengkapi dengan sensor sidik jari dalam layar yang peka cahaya yang dapat dibuka dengan cepat.

realme 8 Pro juga menyertakan mode sinar matahari hingga 1000nits untuk memastikan layar terlihat bahkan di bawah kondisi sinar matahari yang terang. Layar ini juga mendukung fungsi peredupan seperti DC dan Mode Pelindung Mata, yang secara efektif mengurangi kelelahan mata.

realme 8 Pro

Performa

realme 8 ProDengan 50W SuperDart Charge, baterai 4500mAh dapat diisi hingga 100% dalam 47 menit. Dan hanya dalam 17 menit, dapat mengisi hampir 50% baterai. Memanfaatkan teknologi pompa pengisian tegangan tinggi, 50W SuperDart Charge mewujudkan efisiensi daya pengisian 97% dan mendukung Perlindungan Pengisian 5 Dimensi. Sementara itu, realme 8 Pro hadir dengan adaptor standar 65W yang dapat digunakan untuk mengisi daya perangkat realme lain dengan cepat.

realme 8 Pro dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar 4500mAh. Ditambah dengan cip 8nm rendah konsumsi daya dan Layar Super AMOLED, Anda akan dapat menggunakan smartphone ini sepanjang hari, dan masih memainkan beberapa putaran MMO saat Anda tiba di rumah.

realme 8 Pro memiliki bantuan yang kuat dan senyap dari “Pengoptimalan Baterai Semua Layar” di tingkat perangkat lunak. realme menyiapkan respons pengoptimalan baterai untuk pengelolaan tugas latar belakang, siaga larut malam, dan bahkan skenario baterai lemah. Meskipun level baterai Anda 5%, realme 8 Pro akan tetap standby selama 32 jam.

Beberapa Pengoptimalan Baterai bisa menggunakan Mode Hemat Daya Super / Mode Hemat Daya, Pengoptimalan Tidur Siaga, Aplikasi Quick Freeze, Penjaga Pengisian Malam Hari, Optimasi.

Untuk menjalan system realme 8 Pro dibekali dengan Snapdragon 720G. Prosesor ini dibuat menggunakan proses 8nm yang canggih, lebih bertenaga dan efisien. Snapdragon 720G juga dilengkapi dengan Kryo 465 CPU dengan dua core Cortex-A76 berkinerja tinggi hingga 2.3GHz dan enam core Cortex-A55 efisiensi tinggi hingga 1.8GHz, bersama dengan GPU Adreno 618 baru. Snapdragon 720G memiliki peningkatan 10% dalam kinerja CPU, 75% peningkatan kinerja GPU dan Tampilan.

Lihat skor benchmark di bawah ini:

AnTuTu v8 – 340522

Geekbench – 563 (Single-Core), 1639 (Multi-Core)

3DMark SSE – 1044 (Wild Life), 2574 (Sling Shot Extreme OpenGL 3.1)

PCMark – 8478 (Work 2.0)

AndroBench – 513.34 MB/s (Seq. Read),  195.83MB/s (Seq. Write)

Untuk garansi, normalnya smartphone memiliki garansi mesin 12 bulan. Namun realme 8 Pro menawarkan tambahan garansu mesin 6 bulan dan tambahan perlindungan untuk layar juga.

Sudah NFC

Meriahkan gaya hidup Anda dengan sambungan NFC yang ada pada realme 8 Pro untuk terkoneksi dengan speaker Bluetooth dan aksesoris lain yang mendukung. Pengguaan NFC juga dapat dimaksimalkan untuk mengecek dan mengisi saldo uang elektronik Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga yang mendukung. Kehadiran NFC di realme 8 Pro khusus mengakomodir pengguna di Indonesia yang menginginkan NFC.

Antarmuka

realme 8 ProSmartphone dengan kamera 108MP ini sudah menggunakan system operasi Android 11 yang dikombinasikan dengan realme UI 2.0 lebih cepat, lebih mulus, dan lebih aman. Sangat dapat disesuaikan adalah salah satu nilai jual utama realme UI 2.0, memungkinkan Anda untuk berkreasi pada tampilan antarmuka. Penyesuaian antarmuka ini menjadikan tiap pengguna realme 8 Pro memiliki antarmuka berbeda satu sama lain. realme UI 2.0 mendukung lebih dari 100 item yang dapat disesuaikan, termasuk Warna Tema Global, 3 Gaya Mode Gelap, Kustomisasi Ikon dan banyak lagi fitur menarik dan berguna.

Kemudian ada beberapa fitur berbagi yang ramah untuk anak muda. Jika Anda menyukai musik, jangan lewatkan Mode Berbagi Musik Dual dimana dari sebuah perangkat dua orang dapat mendengarkan musik bersamaan melalui earphone kabel dan headset nirkabel.

Lalu ada juga realme Share yang memungkinkan Anda berbagi foto dengan teman dalam sekejap. Fitur subtitle stitching baru memungkinkan Anda untuk berbagi film favorit dan kutipan favorit Anda dengan mulus.

Interface ini juga telah meningkatkan sektor keamanan dengan menempatkan Deepsea Privacy Plan yang akan memastikan bahwa data & informasi pribadi Anda sangat aman dan terlindungi. Ruang Pribadi adalah tempat yang aman di mana Anda dapat menyembunyikan aplikasi dan dokumen pribadi Anda dan untuk lebih memperkuat keamanan, untuk masuk ke Ruang Pribadi harus dengan kata sandi.

Kedua adalah Perisai Keamanan. realme UI 2.0 sekarang menyediakan perisai pembayaran, sistem pemantauan izin aplikasi, pemblokiran situs palsu, dan akses ke fitur keamanan Android 11. Dengan semua fitur ini, Anda dapat berbagi tanpa mengkhawatirkan perlindungan data pribadi dan privasi.

realme juga telah meningkatkan kelancaran pada realme UI 2.0 secara signifikan untuk meningkatkan produktivitas pengguna. Dengan menggunakan mesin fluida, realme UI 2.0 telah meningkatkan kecepatan ketika membuka aplikasi. Itulah realme UI 2.0 baru, kesenangan tanpa batas bagi pengguna Gen Z.

Kesimpulanrealme 8 Pro

realme 8 Pro adalah smartphone penuh fitur kamera dengan segmen harga Rp 4 jutaan. Untuk harga yang disebutkan, Anda mendapatkan 108MP kamera utama dengan fitur kamera yang cocok untuk menjajal karir sebagai creator muda, panel AMOLED yang dinamis, pengisian cepat 50W, performa all-rounder yang mumpuni serta NFC dan dukungan purna jual pasti. realme 8 Pro bisa didapatkan melalui pre-order mulai 7 April di JD (http://bit.ly/pre-order-realme-8-pro-jd) dan situs resmi realme (http://bit.ly/pre-order-realme-8-pro).

 

Berita Lainnya

Leave a Comment