Home Review Review realme 7: Ponsel Performa Terbaik di Segmen Rp 3 Jutaan

Review realme 7: Ponsel Performa Terbaik di Segmen Rp 3 Jutaan

by infogadgets Indonesia

infogadgets – realme Baru saja memperkenalkan realme 7 dan 7i, kami yakin di pasar perangkat ini kembali akan “menggangu” segmen smartphone kelas menengah dengan semua konfigurasi ”Power Master” yang ditawarkan.

Sekilas melihat spesifikasinya, perangkat ini menggunakan dapur pacu dengan chipset gaming Helio G95, merupakan pertama di dunia yang digunakan realme di realme 7 dan tidak ketinggalan senjata pamungkas, perangkat ini menggunakan kapasitas baterai besar 5000mAh dengan pengisian daya cepat 30W Dart Charge.

Kami melihat realme 7 memiliki persentase sekitar 60 persen mirip dengan realme 6, akan tetapi kabar baiknya adalah realme telah meningkatkan area yang tidak dimiliki model lama. Perangkat ini memiliki sensor kamera yang lebih baik, chipset yang lebih kuat, dan beberapa penyempurnaan lainnya seperti koneksi NFC. Yang tidak kalah penting, akhirnya seri ini mendapat desain baru yang segar untuk bagian belakangnya.

Nah! Untuk lebih rinci kami coba review perangkat dengan warna Mist White ini.

Desain

realme 7Terinspirasi dari ruang kaca di alam, seri realme 7 menghadirkan desain dengan nuansa kaca yang cemerlang. Perpecahan desain yang berani membawa dampak visual baru, tetapi dengan efek cahaya yang menakjubkan, keindahan alam yang seimbang terungkap. Pemrosesan AG yang populer dengan tekstur CD klasik membuat ponsel terlihat sangat premium.

Meski memiliki nuansa kaca namun material yang digunakan tetap plastik. Tetapi para desainer telah melakukan pekerjaan yang terbaik dalam memaksimalkannya. Lapisan satin di panel belakang meniru kaca buram yang Anda lihat di OnePlus 8 Pro. Tentunya ini terhindar dari noda sidik jari yang berlebihan. Terlebih lagi, pola gradien baru membuatnya terlihat lebih beradab dan layak dipamerkan. Ini adalah ponsel realme pertama yang ingin kami bawa-bawa tanpa casing.

Sementara bagian belakang mendapatkan semua peningkatan desain, bagian depan tetap tidak berubah seperti realme 6. Anda masih mendapatkan tampilan rasio aspek 20: 9 yang sama dengan bezel tipis dan lubang punch-hole untuk kamera depan. Sensor sidik jari berada di tombol power yang terasa memuaskan untuk diklik.

Semua lubang di realme 7 juga sudah kedap air karena realme menyegel lubang dengan pelindung silikon, secara efektif mencegah percikan.

Di covid seperti ini harga smartphone sudah pasti menjadi focus para vendor, Namun realme tetap mempertahankan port USB-C dan jack headphone 3,5mm dan grille speaker di bagian bawah. Sisi kanan perangkat memiliki tombol daya yang berfungsi sebagai sensor sidik jari sedangkan di sebelah kiri adalah tombol volume bersama dengan slot kartu dual-SIM + microSD.

realme 7 tidak terasa berat dan bagian sisinya melengkung dengan presisi agar nyaman di telapak tangan. Ini adalah jenis kualitas build yang telah menjadi standar di segmen yang terjangkau dan juga menguntungkan kami sebagai pengguna. Anda juga mendapatkan pelindung layar yang sudah terpasang di layar. Bahkan realme memberikan softcover pada paket pembelian.

realme 7realme juga telah mengklaim bahwa realme 7 smartphone pertama yang lulus Verifikasi Tahan Uji Smartphone TÜV Rheinland. Verifikasi Tahan Uji Smartphone TÜV Rheinland berisi 23 pengujian utama dan 72 pengujian kecil, yang mencakup banyak skenario penggunaan umum. realme telah meningkatkan uji kualitas untuk lebih meningkatkan keandalan smartphone, membuat pengguna realme bebas menikmati kesenangan yang dibawa oleh teknologi lompatan maju dan trendsetting design.

Layar

realme 7Sektor layar realme 7 memiliki kecepatan refresh layar 90Hz Ultra Smooth dan kecepatan pengambilan sampel 120Hz dalam bentang 6.5 inci. Mampu menghasilkan 90 frame per detik, layar 90Hz memiliki kecepatan refresh 50% lebih tinggi jika dibandingkan dengan tampilan 60Hz konvensional, menghasilkan pengalaman visual yang mulus dan mulus dengan setiap gesekan layar. Dengan layar besar 6,5 inci dan rasio layar-ke-tubuh yang luar biasa, realme 7 memberi Anda pengalaman visual yang luar biasa.

Layarnya juga hadir dengan rasio 20:9, 2400×1080 resolusi FHD+, 90.5% rasio layar-ke-badan, kecerahan 480nits.

Pengaturan di layar juga terdapat fitur seperti Punch-hole Light Effect, dimana berfungsi untuk menampilkan tepi kamera depan akan menyala saat menggunakan penguncian wajah atau kamera depan.

Perangkat kelas menengah ini juga sudah mendukung fitur Eye Protection, dimana berfungsi untuk menyesuaian suhu warna layar, dengan menaikkan suhu warna layar untuk mengurangi radiasi cahaya biru layar, untuk mencegah ketegangan mata. Dapat diatur waktu secara otomatis untuk aktif.

Layarnya juga sudah mendukung penyesuaian mode warna layar (Custom Color Mode), mendukung dua mode tampilan warna. Dalam mode Vivid, tampilan akan berada dalam gamut warna P3, tampilan dan warna yang sebenarnya akan terlihat lebih cantik, dan dalam mode Gentle, tampilan akan berada dalam gamut warna sRGB, dan tampilan warna terasa lebih polos dan nyata.

Ketika menonton video dukungan efek visual OSIE  mampu meningkatkan kejernihan tampilan video, intensitas warna, sehingga menjadikan tampilan visual secara keseluruhan lebih luar biasa.

Performa

realme 7Untuk urusan satu ini, realme 7 mengadopsi chipset gaming MediaTek Helio G95, ini pertama di dunia yang digunakan. Helio G95 merupakan chipset kuat yang dapat membantu kinerja smartphone menjadi maksimal.

MediaTek Helio G95 secara ekslusif dirancang untuk menjadi gaming smartphone. Prosesor ini dibuat menggunakan proses 12nm sehingga lebih bertenaga  dan efisien. Chipset ini juga dilengkapi dengan dua buah Cortex-A76 berkinerja tinggi hingga 2.05GHz dan enam Cortex-A55 efisiensi tinggi hingga 2GHz, bersama dengan 900MHz Mali-G76GPU. Dengan kombinasi terbaru dari CPU, GPU, RAM super cepat, dan AI yang kuat, realme 7 menghadirkan pengalaman yang mulus bagi pecinta game di smartphone.

Tidak ketinggalan prosesor ini juga dilengkapi dengan sistem pendingin Carbon Fiber canggih yang dapat mendinginkan hingga 8,6%, menjaga kinerja ponsel tetap cepat.

realme 7

Pastinya, kami mengunduh beberapa game paling intensif dari Google Play. PUBG Mobile dapat dimainkan pada pengaturan seimbang dengan Ultra frame rates. Tentu saja, Anda dapat menaikkan grafik hingga ke high. Call of Duty Mobile juga dapat mengatur ke pengaturan tinggi pada sesi yang lebih lama. Asphalt 9: Legends juga berjalan di Pengaturan Tinggi tetapi resolusinya diperkecil.

Tentu saja, bermain game bukanlah satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan di ponsel ini. Mirip dengan semua ponsel realme, ada realme UI onboard berbasis Android 10. Pengalaman pengguna di sini adalah pengalaman realme klasik yang sama dari masa lalu – animasi tajam dan tata letak antarmuka yang diurutkan. Unit yang ada di kami dengan RAM LPDDR4X 8GB dan penyimpanan UFS 2.1 128GB bekerja dengan baik melalui aplikasi dan game yang kami install.

Lihat skor benchmark di bawah ini:

AnTuTu v8 – 298367

Geekbench – 516 (Single-Core), 1639 (Multi-Core)

3DMark SSE – 2684 (OpenGL ES 3.1), 2683 (Vulkan)

PCMark – 9739 (Work 2.0)

AndroBench – 520.55 MB / s (Seq. Read), 204.5 MB / s (Seq. Write)

Baterai

realme 7Dengan 30W Dart Charge yang ditingkatkan, baterai 5000mAh dapat diisi hingga 100% dalam 65 menit. Dan hanya dalam 26 menit, baterai dapat terisi hampir 50%. realme 7 juga mendukung pengisian daya 15W PD, membuatnya lebih serbaguna.

Algoritme pengisian daya yang dikembangkan untuk realme 7 mencakup lima lapisan perlindungan keamanan dan memberikan perlindungan keamanan tingkat perangkat keras untuk seluruh proses pengisian daya. Baterai 5000mAh yang lebih besar memberikan masa pakai baterai yang lebih lama dalam penggunaan sehari-hari.

Untuk waktu siaga sekitar 733.41 jam, sedangkan waktu untuk telepon 48 jam, untuk nonton youtube sekitar 15 jam, mendengarkan musik streaming sekitar 81 jam, bermain Instagram bisa 13 jam dan waktu tempuh ketika bermain game sekitar 9 jam.

Kamera

realme 7Perubahan besar juga terjadi di kamera realme 7 dengan menawarkan pengalaman empat kamera ultra-jernih, terdiri dari kamera utama 64MP, lensa sudut ultra lebar 8MP 119°, serta lensa makro dan lensa potret B&W.

realme telah beralih ke sensor Sony IMX682, bukan sensor Samsung GW1. Sensor Sony IMX682 memiliki kemampuan penginderaan cahaya yang luar biasa, dan dilengkapi dengan sensor ukuran super besar 1/1,73″, piksel super tinggi 64MP, mendukung ukuran piksel hingga 1,6μm. Bahkan dalam cahaya redup, gambar yang kami ambil tetap cerah.

Perangkat ini juga dilengkapi lensa sudut Ultra-Lebar 119° dengan bukaan f/2.3, resolusi 8MP, pengguna tidak perlu bersandar untuk mengambil gambar yang sempurna berkat lensa sudut ultra lebar dengan bidang pandang 119°ini. Hanya satu klik yang diperlukan untuk beralih ke mode sudut lebar, memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar lanskap, arsitektur, dan grup besar yang lebih menakjubkan.

Kamera sudut ultra lebar menangkap perspektif yang lebih luas tetapi detail dan warna lebih lemah dibandingkan dengan sensor utama. Ini lebih menonjol setelah Anda mulai memangkas foto. Bidikan potret umumnya terlihat bagus, dan Anda mendapatkan opsi untuk menyesuaikan keburaman latar belakang sebelum memotret.

Selanjutnya ada Lensa ultra makro memungkinkan pengguna lebih dekat dan menemukan keindahan dunia mikro dengan jarak pemotretan 4cm. Kamera melakukan pekerjaan yang baik dengan close-up. Detail dan warna seringkali sangat bagus dan fokus otomatis bekerja dengan baik

Lensa B&W Portrait, Sistem filter warna baru memungkinkan lensa potret mendeteksi rangkaian cahaya yang lebih luas, membantu lensa utama menangkap cahaya dengan lebih baik, meningkatkan kontras gambar, membuat gambar bergaya retro, dan menambahkan tekstur pada potret.

Punya Mode Ultra-Clear 64MP

realme 7Berkat sensor Sony IMX682 yang baru ditingkatkan, realme mengembangkan algoritma definisi ultra-tinggi baru untuk mode 64MP, memberi pengguna kejelasan yang tak tertandingi di setiap bidikan ultra 64MP. Mode 64MP baru juga dapat beralih antara mode AI dan mode Pro. Dalam mode Pro, pengguna dapat menyesuaikan parameter kamera secara manual untuk mengambil foto 64MP terbaik dengan sangat jelas.

Selanjutny ada Filter Malam. Kamera realme 7 memiliki tiga filter malam paling populer: Cyberpunk, Flamingo, dan Modern Gold. Hanya dengan satu ketukan, Anda dapat dengan mudah mengeklik pemandangan malam kota itu, dengan cara yang benar-benar baru.

Untuk merekam keindahan kerlip bintang di langit malam, realme telah mengembangkan Starry Mode secara eksklusif. Fitur ini menggunakan algoritma AI yang dikombinasikan dengan paparan ultra-long exposure and multi-frame synthesis untuk secara cerdas meningkatkan ketajaman dan kecerahan bintang, memberikan Anda foto bintang yang profesional.

Dalam hal algoritma, setelah melakukan banyak tes dan analisis sampel foto, realme memilih kombinasi spesial dari empat fotografi parameter: waktu rana, senstivitas ISO, jarak fokus, white balance yang dapat membantu menangkap langit berbintang.

Pertama, Auto Focus dapat secara otomatis membidik langit berbintang yang terjauh. Fitur ini kemudian akan mengambil lebih dari 10 foto ultra-long exposure dan kemudian dibantu oleh sintesis multi-bingkai untuk mereproduksi setiap detail malam berbintang dengan sempurna dengan kecerahan seimbang dan lebih sedikit noise. Sejatinya, ada tiga langkah utama dalam algoritma sintesis multi-frame.

Langkah pertama adalah untuk mencerahkan bintang-bintang gelap yang awalnya tidak terlihat oleh mata telanjang, dan membuat galaksi lebih cerah untuk mencapai foto langit berbintang yang indah dan penuh warna. Langkah kedua adalah penyelarasan secara cerdas, yang secara otomatis menyelaraskan banyak foto melalui AI, secara otomatis menghilangkan ghosting dan jejak bintang yang tidak perlu dalam pengambilan foto long exposure. Hal ini sangat meningkatkan kecerahan bintang. Langkah ketiga adalah pengurangan noise multi-bingkai yang cerdas untuk meningkatkan kecerahan dari bagian gelap di langit.

Kamera Depan

realme 7Kamera depan 16MP Ultra-clear memenuhi kebutuhan selfie Anda dengan aperture F2.0, mendukung mode kecantikan pintar, Efek Bokeh dan lainnya. Secara khusus, algoritma kecantikan terbaru yang dikembangkan untuk setiap orang dengan bentuk serta fitur wajah yang berbeda memungkinkan Anda mengambil foto selfie yang menampilkan kulit alami dan lembut dengan mudah.

Kami merasa kamera selfie 16 megapiksel sangat oke. Selfie yang diambil pada siang hari tampak layak, tetapi HDR bisa ditangani dengan lebih baik. Mode potret berguna karena berhasil memotong latar belakang dengan benar. Pada sore atau malam hari, Anda bisa mendapatkan foto selfie yang bisa digunakan asalkan ada sumber cahaya yang cukup terang. Mode malam tersedia, tetapi selfie tampak terlalu tajam menurut pengalaman saya.

Video

realme 7 dapat merekam video hingga 4K, tetapi tanpa stabilisasi. Warna sedikit lebih hangat. Video yang direkam dengan kamera sudut ultra lebar distabilkan tetapi detailnya kurang dan resolusinya terbatas pada 1080p. Mode Ultra Steady menawarkan stabilisasi terbaik tetapi frame sangat terpotong dan footage terlihat agak lembut. Video yang direkam dalam cahaya rendah terlihat berbintik dan detailnya lemah. kami akan mengatakan jangan repot-repot merekam dengan kamera sudut ultra lebar dan tetap berpegang pada yang utama dalam cahaya rendah.

Interface

realme 7realme telah menggunakan versi Android yang disesuaikan yang disebut realme UI di semua ponsel terbarunya dan hal yang sama berlaku untuk realme 7. Ini adalah interface perangkat lunak berdasarkan Android 10 dan menyerupai UI ColorOS OPPO. Ulasan kami tentang ponsel realme sebelumnya telah menjelaskan secara detail tentang bagaimana pengalaman realme UI. Singkatnya: antarmuka yang bersih, ikon aplikasi yang didesain ulang, mode gelap yang disempurnakan, banyak bloatware dan animasi yang bagus.

realme juga telah menambahkan beberapa fitur eksperimental di bawah tab pengaturan ‘lab realme’ yang dikatakan saat ini dalam versi beta dan akan diperbarui dari waktu ke waktu. Ini termasuk Dual Mode Audio, yang memungkinkan Anda memutar musik melalui sepasang earphone berkabel dan earphone Bluetooth secara bersamaan, Smooth Scrolling dan Super nighttime standby yang pada dasarnya membuat ponsel Anda lebih hemat baterai di malam hari.

Kesimpulan

realme 7realme telah menghadirkan pengalaman smartphone berkualitas sejak keberadaannya di Indonesia. realme juga konsisten mengeluarkan ponsel dengan harga terjangkau dengan spesifikasi yang sebanding. Ini adalah bukti konsistensi realme dalam menawarkan perangkat Setelah digunakan selama sekitar satu minggu, kami dapat dengan aman mengatakan bahwa realme 7 saat ini adalah salah satu ponsel terbaik di harga Rp 3.999.000 juta. Apalagi kehadiran NFC menjadi lompatan dari sisi produk realme, karena realme mendengarkan banyak masukan dari realme Fans yang menginginkan NFC yang selama ini hadir di seri flagship realme.

 

 

Berita Lainnya

Leave a Comment