Home Review Review Omron HV-F013: Cara Pijet Canggih dan Aman untuk Meredakan Nyeri
Omron HV-F013

Review Omron HV-F013: Cara Pijet Canggih dan Aman untuk Meredakan Nyeri

by infogadgets Indonesia

infogadgetsOmron Healthcare Indonesia meluncurkan produk terapi Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation (TENS) terbaru yang diberi nama HV-F013. Produk ini merupakan perangkat portabel yang secara efektif mengurangi rasa sakit kronis dan akut sebagai akibat dari otot-otot yang nyeri atau pegal karena cedera saat berolahraga atau beraktivitas sehari-hari.

Karena bentuknya yang portable, sehingga alat pijat ini bisa digunakan di mana dan kapan saja. OMRON HV-F013 bekerja dengan cara mengirimkan getaran stimulasi di permukaan kulit dan sepanjang untaian saraf. HV-F013 bisa memblokir sinyal rasa sakit agar tidak mencapai otak, dan memicu tubuh untuk melepaskan endorfin, yang berfungsi sebagai penghilang rasa sakit alami dan meningkatkan sirkulasi darah.

Berikut ini ulasan singkat dari redaksi infogadgets.info.

Desain

Omron HV-F013Seperti yang telah kami jelaskan diawal, HV-F013 memiliki fitur canggih dan komprehensif, terlebih praktis untuk dibawa ke manapun karena didesain dengan bentuk kecil hingga bisa dimasukan ke dalam saku celana.

Alat pijat portabel HV-F013 dilengkapi kabel untuk mengalirkan impuls listrik dengan panjang sekitar satu meter, dan terdapat dua bantalan yang bisa direkatkan pada kulit dengan elektroda yang terpasang pada sistem transmisi. Bantalan ini bisa digunakan hingga 150 kali, dengan 10 kali pencucian.

Omron HV-F013 ini dilengkapi lima varian efek getaran stimulan, di mana setiap mode memiliki efek pijatan yang berbeda-beda. Terdapat pula 10 level intensitas getaran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Kamu bisa memilih kisaran arus tegangan rendah hingga tinggi sesuai kenyamanan untuk meredakan nyeri otot. Di mana, level tertinggi memberikan tegangan yang cukup besar. Frekuensi rendah biasanya digunakan untuk meredakan nyeri kronis, kekakuan, dan mati rasa pada tubuh. Sedangkan frekuensi tinggi digunakan untuk mengobati nyeri akut.

Performa

Terapi Omron HV-F013 dipusatkan pada alat canggih yang dioperasikan dengan baterai untuk menghasilkan arus listrik bertegangan rendah dan elektroda yang direkatkan pada kulit. Pengguna akan merasakan sensasi kesemutan di titik tersebut.

Arus listrik akan meredakan rasa sakit melalui sinyal yang dikirim ke sumsum tulang belakang dan otak. Rasa nyeri akan berkurang dan otot-otot pengguna lebih rileks. Ada kemungkinan mesin ini juga merangsang produksi endorfin, pereda rasa sakit alami dalam tubuh manusia.

Omron HV-F013 dapat membantu meredakan rasa sakit yang terkait dengan berbagai kondisi, seperti   radang sendi, nyeri haid, dan nyeri panggul yang disebabkan oleh endometriosis, nyeri lutut, sakit leher, sakit punggung, cedera olahraga dan terkadang mengurangi nyeri persalinan. Meskipun seberapa baik mesin bekerja akan tergantung pada kondisi individual.

Alat terapi HV-F013 memang memberikan efek yang cukup signifikan ketika dipakai untuk meredakan nyeri otot atau nyeri sendi, terutama pada area punggung, lengan, pinggul, dan kaki.

Sesi awal terapi nyeri dengan HV-F013 akan membutuhkan sekitar 15 menit dan dapat diulang selama 15 menit jika diperlukan, maksimal tiga kali sehari. Pengguna harus memeriksa tingkat rasa sakit mereka pada skala 1 (rendah) hingga 10 (sangat nyeri), sebelum dan sesudah melakukan terapi untuk menentukan dampak penggunaan perangkat.

Perangkat pijet portable ini memiliki lima Mode Khusus, Pilih dan sesuaikan tingkat stimulasi yang dikehendaki.

  • Hyper Mode – Untuk meredakan kekakuan dengan kenaikan intensitas secara bertahap selama pemijatan
  • Soft Mode – Meredakan dengan stimulasi lembut
  • Repeat Mode – Mengulangi stimulasi yang Anda pilih
  • Point and Wide Mode – Masing – masing menangani bagian yang kecil dan besar
  • Balance Adjustment – Untuk penekanan terapi di sisi merah atau putih atau keduanya (pads)

Kesimpulan 

Salah satu keunggulan TENS adalah alat ini sangat cocok bagi masyarakat yang cenderung berada dalam aktivitas tinggi di pekerjaannya atau secara sosial yang tetap ingin beraktivitas terus-menerus, meski tubuhnya dilanda rasa nyeri. TENS yang portabel sangat membantu dalam mengatasi rasa sakit tanpa mengurangi intensitas aktivitas”, kata Moh. Ali Imron. “Sejalan dengan itu, studi menyatakan intensitas stimulasi pada titik nyeri adalah faktor yang sangat penting untuk mendapatkan efektivitas TENS, selain bahwa alat ini aman, terjangkau harganya, dan bisa digunakan bersama dengan perawatan nyeri lainnya.

Pengguna dapat memperoleh alat ini secara bebas, namun akan lebih baik bila berkonsultasi terlebih dulu dengan Dokter atau Fisioterapis sebelum menggunakannya. TENS sangat bermanfaat bagi dunia yang bergerak cepat seperti saat ini karena mudah digunakan dan bebas kapan pun diaplikasikan, di mana pun, dan oleh siapa pun.

Berita Lainnya

Leave a Comment