Home Review Review Huawei FreeBuds 4: Excellent Sound And Super Light
Huawei FreeBuds 4

Review Huawei FreeBuds 4: Excellent Sound And Super Light

by infogadgets Indonesia

infogadgets, Jakarta – Huawei beberapa waktu lalu merilis perangkat True Wireless Stereo (TWS) terbarunya ke Indonesia yakni FreeBuds 4. Dibanderol Rp 2 jutaan akan mengusung desain open-fit yang didukung dengan fitur Active Noise Cancellation (ANC) yang menjadikannya sebagai earbuds ANC open-fit pertama di dunia.

Dari segi kualitas suara yang dihasilkan, Huawei FreeBuds 4 diklaim memiliki hasil suara beresolusi tinggi berkat sejumlah peningkatan, misalnya dari segi bass dan driver yang berukuran lebih besar, yakni 14,3 mm.

Lantas, seperti apa pengalaman menggunakan FreeBuds 4, yuk simak dalam ulasan berikut ini:

Paket Penjualan

Huawei FreeBuds 4Dalam kotak penjualan menggunakan dominan putih dengan tulisan Huawei FreeBuds 4 berwarna emas. Pada bagian depan, kita bisa menjumpai tulisan berwarna emas yang menampakkan nilai jual perangkat yaitu Open-fit Active Noise Cancelation 2.0 dan Studio-grade Sound.

Kami melihat beberapa fitur Huawei FreeBuds 4 pada kotak penjualan di bagian belakang termasuk Wide-range Speaker, Dual-device Connection, Wireless HD Recording (untuk perangkat Huawei tertentu), Swipe-control, dan 20 jam pemutaran musik.

Kotak penjualan berisi casing, TWS Huawei FreeBuds 4 di dalamnya, kabel USB Type-C dan tiga dokumen (kartu garansi, tata cara penggunaan, serta informasi keamanan perangkat).

Desain

Huawei FreeBuds 4Seperti generasi sebelumnya, FreeBuds 4 menggunakan desain mirip AirPods yang mengikuti filosofi ‘satu ukuran cocok untuk semua’. Mereka hampir identik dengan FreeBuds 3 kecuali batangnya lebih panjang dan terasa lebih ringan tanpa merasa murahan atau tipis.

Dengan desain pas terbuka yang berada tepat di luar saluran telinga kami, FreeBuds 4 tidak terasa invasif seperti in-ear buds dan dapat dipakai untuk sesi yang lebih lama tanpa merasa tidak nyaman. Lekukan di sekitar lubang suara halus dan terasa premium, dan hasil akhir mengkilapnya terasa nyaman di kulit.

Namun perangkat ini tidak memiliki cengkeraman sekencang yang dimiliki in-ear bud, tetapi tetap bertahan selama gerakan ringan. Anda akan dapat memakainya tanpa khawatir untuk jalan-jalan ringan dan jogging, sedangkan untuk gerakan frontal masih berisiko jatuh.

Perangkat ini juga memiliki peringkat IPX4, sehingga mereka akan mampu menangani percikan air kecil. Kurangnya cengkeraman juga berarti tidak ada segel di sekitar telinga Anda untuk membantu isolasi suara pasif, yang berarti suara-suara eksternal mengganggu dan merusak perendaman.

Kasing pengisi daya berbentuk keping juga menjadi lebih ramping dan lebih ringan. Sangat mudah di genggam di telapak tangan dan hampir tidak terlihat ketika dimasukkan ke dalam saku. Memiliki tombol tunggal di samping yang digunakan untuk memulai pemasangan dan port USB-C di bagian bawa.

Fitur

Huawei FreeBuds 4Batang yang lebih panjang pada FreeBuds 4 mendukung kontrol sentuh gerakan yang responsif dan bekerja menjadi lebih baik. Tambahan kemampuan untuk mengontrol volume dengan menggeser ke atas dan ke bawah batang menjadi mudah. Tidak seperti FreeBuds sebelumnya di mana kontrol sentuh rewel, kontrol yang ditingkatkan pada FreeBuds 4 merespons ketukan jari lebih akurat, dan kami jadi sering mengontrol di mendapati diri kami menggunakannya dibandingkan mengontrol earbud melalui perangkat. Anda dapat memetakan kembali gerakan ke hal lain atau membuat lebih banyak penyesuaian melalui aplikasi Huawei AI Life – tersedia di Android dan iOS.

Jika Anda memiliki perangkat Huawei, proses pemasangan dimulai hanya dengan membuka casing di dekat perangkat dan mengetuk prompt pemasangan. Sama seperti cara AirPods bekerja dengan iPhone, setiap kali Anda membuka casing di dekat perangkat Huawei, Anda akan melihat cuplikan status baterai earbud dan casing pengisi daya.

Untuk semua perangkat lain, pemasangan dimulai dengan menekan lama tombol pada casing FreeBuds 4. Anda dapat menghubungkan hingga dua perangkat secara bersamaan dan ini merupakan peningkatan yang nyata dari koneksi FreeBuds sebelumnya yang tidak menentu. Jika Anda terhubung ke laptop dan telepon, FreeBuds 4 akan memprioritaskan koneksi dari telepon Anda untuk menerima panggilan telepon dengan cepat. Setelah Anda selesai dengan panggilan dan melanjutkan pemutaran media di laptop Anda, bud dengan cepat beralih kembali ke laptop dan mempertahankan koneksi yang stabil.

Anda dapat menggunakan aplikasi Huawei AI Life untuk melihat status baterai, mengelola koneksi perangkat, mengaktifkan dan menonaktifkan ANC, dan memilih di antara beberapa mode audio. Anda tidak dapat menyempurnakan audio dengan visualisator EQ yang mendetail, tetapi Anda dapat meningkatkan treble atau bass tergantung pada apa yang Anda dengarkan, dengan hasil yang beragam.

Performa Audio

Huawei FreeBuds 4 dapat menangani genre paling populer dan campuran frekuensi sederhana dengan cukup baik. Ada lebih banyak penekanan pada mid dan vokal, yang terdengar jernih dan Anda mendapatkan harmonik instrumental yang mendetail. Frekuensi dan bass rendah masih terdengar, tetapi tidak begitu menonjol dan sulit untuk membawa Anda ke alur trek. Anda dapat meningkatkan bass atau treble melalui aplikasi Huawei AI Life, dan sementara itu meningkatkan audio sedikit, frekuensi lain dikuasai.

Memainkan ‘LightHouse Family’, FreeBuds 4 berhasil menghadirkan bassline yang berbobot sambil mempertahankan kejernihan vokal. Campuran yang lebih kompleks seperti orkestra terdengar secara dramatis seperti yang seharusnya.

Karena earbud tidak membentuk segel apa pun di sekitar telinga, yang paling Anda dapatkan dari FreeBuds 4 adalah ANC. Ini berguna bagi kami yang terbiasa mendengarkan lingkungan sekitar.

Satu area yang berguna adalah saat menerima panggilan atau menggunakannya sebagai mikrofon untuk merekam vlog dari ponsel Anda. FreeBuds 4 melakukan pekerjaan yang baik dalam mengisolasi suara Anda dari kebisingan sekitar dan memastikan Anda terdengar jernih. Namun, jika Anda menginginkan peredam bising berkualitas tinggi, Anda akan lebih baik menggunakan earbud in-ear seperti Huawei FreeBuds Pro atau menabung untuk bud peredam bising premium dari brand lainnya.

Daya Tahan Baterai

Huawei FreeBuds 4FreeBuds 4 bertahan sekitar 3,5 hingga 4 jam dengan sekali pengisian baterai dan jika Anda memasukkannya kembali ke kasingnya beberapa kali, Anda bisa mendapatkan 22 jam lagi. Saat Anda mengaktifkan ANC, stamina FreeBuds berkurang menjadi 2 – 2,5 jam. Mengingat ANC tidak terlalu terlihat, kami sarankan untuk tidak mengaktifkannya.

Kami mendengarkan Freebuds 4 sebagian besar dengan volume maksimal untuk mendapatkan pengalaman terbaik. Ini menghasilkan daya tahan baterai sekitar 3 jam sebelum kami harus memasukkannya kembali ke dalam wadah pengisi daya, di mana earbud membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk diisi ulang. Cukup untuk melakukan beberapa panggilan cepat atau mendengarkan beberapa lagu dan podcast.

Kasing mengisi daya melalui kabel USB-C dan juga membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk terisi penuh. Tidak ada dukungan pengisian nirkabel, yang mengecewakan mengingat betapa mahalnya FreeBuds 4

Kesimpulan

Dibandrol Rp 2 jutaan earbuds ini kami nilai tidak cocok untuk semua orang dan jika Anda salah satu yang tidak suka ujung silikon di telinga Anda, maka FreeBuds 4 adalah pilihan yang layak. Desainnya yang ringkas dan bentuknya yang ringan membuatnya nyaman di telinga Anda hingga Anda lupa bahwa Anda sedang memakainya.

Anda menginginkan earbud yang dapat Anda gunakan untuk panggilan dengan andal memiliki sepasang earbud yang andal untuk panggilan video selalu berguna dan mikrofon di FreeBuds 4 berfungsi dengan baik untuk mengisolasi suara Anda dan memastikan Anda terdengar jelas. Ini juga layak untuk merekam catatan untuk diri sendiri atau jika Anda memerlukan mikrofon untuk merekam vlog cepat.

FreeBuds 4 sangat mudah dipasangkan ke beberapa perangkat dan dapat dihubungkan ke dua perangkat secara bersamaan. Setelah dipasangkan, mereka mempertahankan koneksi yang stabil dan beralih antar perangkat dengan sedikit atau tanpa masalah. Gerakan sentuh responsif dan hebat dalam menolak input yang tidak disengaja.

Sayangnya kurangnya segel yang tepat di sekitar telinga dan volume yang tidak cukup berarti FreeBuds 4 tidak akan memberi Anda pengalaman suara yang terisolasi. FreeBuds 4 nyaman, tetapi ukurannya yang lapang berarti earbud ini akan langsung keluar jika Anda bergerak dengan frontal.

Berita Lainnya

Leave a Comment