Home Review Review Honor Band 5: Banjir Fitur Kesehatan
Honor Band 5

Review Honor Band 5: Banjir Fitur Kesehatan

by infogadgets Indonesia

infogadgetsHonor Band 5 memberikan harapan kesehatan berbagai kalangan, terutama milenials. Padatnya kerjaan membuat milenials semakin sulit hidup sehat atau bahkan sekedar melakukan checkup kesehatan. Padahal, kurangnya olahraga dan pemeriksaan kesehatan dapat berakibat fatal ke depannya.

Untungnya, terdapat gadget mungil yang dapat membantu hidup sehat dengan mudah, yaitu smartband. Berbeda dengan smartwatch, smartband berukuran lebih kecil, sehingga lebih ringan dan harganya juga jauh lebih terjangkau. Meskipun fitur yang ditawarkan tidak sebanyak smartwatch, kemampuan smartband juga sudah canggih. Misalnya pengguna dapat melakukan checkup kapanpun dan dimanapun serta melacak kualitas tidur dan sesi olahraga mereka!

[Baca juga : HONOR VISION, LAYAR PINTAR PERTAMA YANG DI LENGKAPI HARMONY OS ]

Salah satu smartband dengan fungsi yang mumpuni dan harga terjangkau adalah Honor Band 5, untuk bisa mengetahui detail produk mungil ini, infogadgets menyajikanya di rubrik review berikut ini.

Desain dan Tampilan 

Tampilan keseluruhan band Honor 5 mirip dengan band Honor 4, dengan kotak dial persegi panjang, tombol HOME di bawah dial, dan desain gesper tapal kuda anti-hilang.

Honor Band 5 menampilkan layar sentuh AMOLED Full Color 0,95 inci, resolusi layar HONOR Band 5 dari 240 x 120 piksel pada 282 PPI membuat Honor band 5 mudah dibaca, bahkan di bawah sinar matahari langsung.

Baterai

Dengan daya tahan baterai sampai 14 hari penggunaan normal. Saat dipasangkan dengan smartphone, Honor Band 5 juga memberikan notifikasi pada pengguna tentang panggilan masuk, SMS, email, dan pemberitahuan SNS. Fungsi kendali jarak jauh memungkinkan pengguna mengambil foto dari kamera belakang dan depan ponsel dalam satu klik. Ketika Bluetooth diaktifkan, pengguna bahkan dapat menemukan telepon yang dipasangkan melalui fungsi “Temukan telepon”.

Kami juga mencoba untuk mengisi baterai dengan menggunakan USB laptop. Diperoleh daya hingga 30 persen dalam waktu setengah jam. Sedangkan utnuk bisa terisi dengan penuh, Band ini memakan waktu sekitar satu setengah jam.

Fitur dan Kinerja

Anda dapat langsung mulai menggunakan Band setelah memasangkannya ke aplikasi Huawei Health. Mengetuk lingkaran kecil yang ada di bagian bawah layar setelah itu layar akan hidup untuk siap terkoneksi. Setelah itu layar  akan secara automatis menunjukkan waktu, jumlah langkah yang diambil pada siang hari di bagian bawah dalam huruf kecil dan suhu saat ini dalam Celcius di sudut kanan atas bersama dengan tanda cuaca.

Kalau dilihat ini tidak jauh berbeda dengan smartwatch. Ada juga beberapa smartwatch lainnya dengan menampilkan informasi yang berbeda seperti jumlah kalori yang terbakar, total jarak yang ditempuh dll yang dapat diatur sesuai keinginan Anda. Anda dapat mengetuk layar dengan mengetuk lingkaran kecil pada bagian layar, hal ini dilakukan karena layar akan tidak aktif  setelah 3-4 detik tidak digunakan.

Geser ke bawah atau ke atas layar untuk mengakses ikon yang akan digunakan untuk melacak jumlah langkah, detak jantung, persentase konsentrasi oksigen dalam darah Anda (SpO2), melacak tidur, beralih ke mode latihan yang berbeda, gunakan Alipay, periksa pesan dan pengaturan lainnya melalui opsi Lainnya. Sesuai pelacakan SpO2, jika saturasi oksigen mencapai lebih dari 90 persen, maka itu adalah tanda kesehatan yang baik. Dengan mengetuk Lainnya, Anda dapat memilih beberapa fitur lainnya seperti Timer, Stopwatch, Wajah, Kecerahan, Temukan Telepon, Layar Aktif, Baterai dan Sistem

Berikut ini beberapa fitur dan fungsi Honor Band 5:

Memeriksa Detak Jantung

Checkup tidak harus selalu bayar mahal dan harus repot-repot ke rumah sakit. Dengan Honor Band 5, pengguna dapat mengecek kesehatan mereka hanya dalam beberapa detik. Smartband ini memiliki fitur Heart Rate Monitor untuk memantau detak jantung per menit saat olahraga maupun saat santai. Dengan Aplikasi Huawei Health, smartband ini dapat memberikan laporan detak jantung pengguna selama 1 hari di setiap jam yang berbeda. Dengan ini, sesibuk-sibuknya pengguna, tidak ada alasan lagi untuk membahayakan diri dengan tidak checkup.

Memantau Sesi Olahraga

Beberapa kalangan milenial malas olahraga karena merasa sulit melacak hasil olahraganya. Dengan Honor Band 5, pengguna dapat melihat jumlah kalori yang terbakar dan menentukan target olahraga seperti jarak lari. Perangkat akan memberikan notifikasi begitu target tersebut tercapai. Dengan ini, pengguna akan dapat mengetahui sebetapa efektifnya sesi olahraga mereka. Perangkat ini juga dapat melacak berbagai jenis olahraga, dari jalan santai, lari, bersepeda, hingga renang karena smartband ini juga tahan air hingga kedalaman 50 meter.

Melaporkan Kualitas Tidur

Tidak sedikit milenial yang hanya tidur 5 jam setiap harinya karena beban kerja yang banyak. Bahkan, mungkin kualitas tidurnya juga kurang bagus. Dengan Honor Band 5, pengguna dapat mengetahui kualitas tidur mereka dan mengetahui cara agar dapat tidur lebih nyenyak. Dari durasi REM Sleep, Tidur Lelap, hingga berapa kali pengguna terbangun tengah malam, semua informasi tersebut dapat disajikan.

Mempermudah Pola Hidup Sehat

Semua fitur di atas dapat mendukung pengguna untuk semakin mudah hidup sehat. Namun, Honor Band 5 memiliki fitur-fitur lainnya yang juga dapat mewujudkan pola hidup sehat yang mudah. Misalnya fitur deteksi SpO2 (kadar oksigen darah) yang dapat membantu pengguna menghindari hypoxia, sistem pengingat bagi pengguna yang duduk terlalu lama; fitur ini akan mengingatkan pengguna untuk berdiri dan stretching jika sudah duduk terlalu lama.

Meskipun penting, fitur kesehatan tidaklah cukup membuat suatu perangkat menjadi salah satu kandidat smartband terbaik. Oleh karena itu, Honor Band 5 juga dapat berfungsi sebagai penunjang smartphone pengguna. Perangkat ini dapat menampilkan notifikasi jika ada pesan yang masuk ke smartphone. Ketika ada panggilan masuk, perangkat ini juga dapat memberikan notifikasi layaknya smartwatch, dan pengguna dapat menolak panggilan masuk langsung lewat Honor Band 5.

[Baca juga  : HONOR 9X DAN 9X PRO AKAN HADIR DENGAN EMUI 9.1]

Kesimpulan

Honor Band 5 memiliki desain polos dengan tampilan anti gores. Ini tahan air, nyaman di pergelangan tangan dan memiliki daya tahan baterai yang baik. Aktivitas dan pelacakan tidur dilakukan secara efisien, dengan fokus pada penghancuran aktivitas tergantung pada beberapa faktor seperti intensitas, jenis tidur, jenis gerakan berenang dll. Kecerahan tampilan sekitar 70 persen juga memadai. Beberapa kelemahan dari band ini termasuk tidak memiliki tombol atau pengaturan untuk memulainya selain menghubungkannya ke sumber daya dan sedikit kesulitan dalam menggunakannya saat di kolam renang. Secara keseluruhan, ini adalah band kebugaran yang bagus untuk pemula di bawah Rp 400 ribuan.

 

 

Berita Lainnya

Leave a Comment