Home Review Review ASUS ROG Phone 5: Ponsel Game Terbaik
ASUS ROG Phone 5

Review ASUS ROG Phone 5: Ponsel Game Terbaik

by infogadgets Indonesia

infogadgets – Setelah dinanti-nanti oleh para gamers, ASUS Republic of Gamers (ROG) resmi meluncurkan ROG Phone 5 Series, sebuah inkarnasi terbaru dan terkuat dari smartphone gaming tercanggih di dunia yang memberikan penggunanya pengalaman bermain game terbaik dan tak terlupakan.

ASUS ROG Phone 5 series tersedia di Indonesia dalam tiga varian yaitu ROG Phone 5 dengan RAM 8GB dan ROM 128GB seharga Rp 9.999.000, ROG Phone 5 dengan RAM 12GB dan ROM 256GB seharga Rp 14.999.000; serta ROG Phone 5 Ultimate dengan RAM 18GB dan ROM 512GB pertama di dunia, yang sudah termasuk ROG Ultimate Fan Gift Collection dan AeroActive Cooler 5 seharga Rp 18.999.000. ROG Phone 5 varian 8GB dan 12GB tersedia di pasaran mulai tanggal 15 Juni 2021, dan ROG Phone 5 Ultimate 18G akan tersedia di pasaran mulai Agustus 2021 nanti.

Untuk lebih mengetahui lebih mendalam ponsel game ini, Kami coba jabarkan dalam artikel review berikut ini.

Desain

ASUS ROG Phone 5Jika ini bukan pertama kali Anda memegang ponsel gaming, maka Anda akan tahu apa yang diharapkan dengan ROG Phone 5 di departemen desain. Meskipun merek tersebut telah sedikit menyederhanakan estetika ponsel gaming-nya, ROG Phone 5 tidak diragukan lagi lebih gamer daripada pendahulunya dan dirancang lebih radikal daripada pesaingnya yang ada di pasaran.

Untuk bagian belakang ponsel menggunakan kaca untuk konstruksinya dan menampilkan aksen edge dan cetakan serat karbon, bersama dengan logo Republic of Gamers RGB, yang omong-omong, telah diposisikan ulang sedikit ke bawah. Dan, itu bukan satu-satunya hal yang berubah tahun ini, karena logo kali ini terdiri dari LED dot matrix, yang mungkin juga Anda lihat di laptop gaming merek Zephyrus G14.

Kami juga harus menambahkan bahwa logo RGB tidak hanya untuk pertunjukan dan juga berfungsi sebagai LED notifikasi. Jadi, jika mau, Anda dapat menyesuaikan efek RGB dari aplikasi Armory Crate di smartphone dan memilih untuk menyalakan logo saat Anda menerima notifikasi dari aplikasi tertentu. Smartphone ini juga menampilkan aksen merah cerah pada tombol daya serta baki SIM, membuatnya lebih menonjol.

Yakinlah, jika Anda tidak suka menarik perhatian, maka Anda mungkin ingin mencari di tempat lain karena ROG Phone 5 pasti akan menarik perhatian setiap kali Anda mengeluarkannya dari saku Anda. Dan mereka juga harus memiliki kantong yang cukup akomodatif karena ROG Phone 5 adalah salah satu ponsel terbesar (10,39 inci) dan terberat (238g) yang pernah kami uji tahun ini. Cukuplah untuk mengatakan, smartphone tidak dirancang dengan penggunaan satu tangan.

Adapun port, smartphone ini dilengkapi dengan konektor USB Type-C ganda yang dipasang di samping yang memungkinkan gamer untuk mengisi daya perangkat tanpa mengubah orientasi ponsel. Anda juga mendapatkan konektor Type-C di bagian bawah, bersama dengan, jack headphone. Anda juga akan disambut oleh sepasang speaker stereo yang menempati ruang di bezel atas dan bawah, bersama dengan tombol volume di tulang belakang kanan ponsel.

Terakhir, seperti kebanyakan ponsel gaming lainnya, ROG Phone 5 juga dilengkapi dengan sepasang tombol pemicu kapasitif yang dapat Anda petakan ke fungsi atau perintah dalam game. Sebelum kami menutup bagian desain, berikut adalah beberapa informasi menarik lainnya tentang desain ROG Phone 5. Handset menggunakan Corning Gorilla Glass Victus di bagian depan, dan Gorilla Glass v3 di bagian belakang. Yang mengatakan, telepon terutama dibuat dari kaca dan oleh karena itu, kami menyarankan pengguna tetap menggunakan kasing.

Tidak seperti beberapa perangkat pesaing lainnya, ROG Phone 5 tidak bersertifikat IP68, jadi pikirkan dua kali sebelum menggunakan ponsel saat kondisi hujan.

ROG Phone 5 dilengkapi dengan baterai besar yang juga dapat diisi ulang dengan cepat. Namun, smartphone tidak dilengkapi dengan dukungan untuk pengisian nirkabel.

Layar

ASUS ROG Phone 5ROG Phone 5 dikirimkan dengan panel AMOLED Full HD+ E4 6,78 inci dari Samsung yang menyegarkan pada 144Hz dan menampilkan kecerahan puncak 800 nits.

Setelah menggunakan ponsel sebentar, kami dapat meyakinkan Anda bahwa panel pada ROG Phone 5 adalah kelas yang berbeda. Pertama, layarnya sangat responsif karena kecepatan pengambilan sampel sentuh 300Hz dan oleh karena itu, dapat mencatat sentuhan atau gesekan paling samar, sehingga memastikan tidak ada input yang salah.

Anda juga harus tahu bahwa layar ROG Phone 5 tidak terkunci pada 144Hz dan Anda dapat beralih ke profil 60Hz dan 120Hz untuk meningkatkan masa pakai baterai ponsel. Namun, setelah kami menggunakan layar yang luar biasa tepat waktu dengan layar terkunci pada 144Hz, kami jadi tidak repot-repot mengurangi kecepatan refresh panel. Terlebih lagi, layarnya juga cukup akurat warna dan menawarkan Delta-E <1, bersama dengan sertifikasi HDR10+, memastikan Anda dapat melakukan streaming acara dan film favorit dengan kualitas setinggi mungkin.

Jangan sampai kami lupa, panel ini juga dilengkapi dengan dukungan untuk tampilan Always-On, yang berarti Anda dapat melihat waktu dan memeriksa notifikasi tanpa membuka kunci ponsel. Semua hal dipertimbangkan, tampilan pada ROG Phone 5 tidak hanya akan meningkatkan pengalaman bermain game, tetapi juga akan membuka jalan bagi pengalaman konsumsi media yang fantastis.

Audio, Konektivitas, dan Biometrik

ASUS ROG Phone 5Pengaturan audio smartphone memainkan peran penting, tidak hanya dalam game tetapi juga saat mengonsumsi konten dengan cepat. Untuk catatan itu, ROG Phone 5 dikirimkan dengan apa yang ada di di spesifikasi, pengaturan speaker stereo paling keras yang pernah menghiasi smartphone. Unit ini dilengkapi dengan sepasang speaker Super Linear 12×16, masing-masing dengan Cirrus AMP khusus yang konon memberikan kelebihan 21 persen lebih banyak daripada yang ada pada pendahulunya. Yakinlah, Anda akan bersenang-senang menonton acara TV dan film favorit Anda di ponsel ini.

Selain itu, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, smartphone ini juga menghidupkan kembali jack headphone dan dilengkapi dengan konektor 3,5mm bersertifikat beresolusi tinggi yang telah dipasangkan dengan ESS SABRE ES9280AC Pro DAC bersama dengan amplifier ESS SABRE.

Dari segi konektivitas, ROG Phone 5 dapat menampung dua kartu SIM sekaligus. Selain itu, melihat bagaimana ponsel ini didukung oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 888, handset ini juga siap 5G. Selama pengujian kami, kami tidak mengalami masalah dengan konektivitas.

Hal yang sama juga berlaku untuk biometrik smartphone, dan kami juga sangat senang dengan sensor sidik jari sangat responsif.

Performa

ASUS ROG Phone 5Tidak ada kejutan di sini, ASUS ROG Phone 5 adalah ponsel Android tercepat yang bisa Anda dapatkan saat ini. Perangkat ini didukung oleh prosesor unggulan Qualcomm Snapdragon 888 yang bekerja bersama dengan memori LPDDR5 8GB dan penyimpanan UFS 3.1 128GB. Ditambah dengan tampilan cepat handset, animasi dan transisi di ponsel dan kami tidak mengalami masalah terkait kinerja dengan perangkat selama menggunakannya. Anda dapat dengan nyaman memaksimalkan semua pengaturan grafis pada game favorit Anda tanpa memengaruhi kecepatan frame.

Sekarang, untungnya, Anda tidak perlu menjelajahi untuk menemukan game yang bisa memaksimalkan jeroan ROG Phone 5. Faktanya, ASUS memiliki bagian khusus dalam aplikasinya yang akan menyoroti semua game yang lebih baik dengan layar 120Hz atau 144Hz, seperti Unkilled, Into the Dead, Injustice 2, dll. Untuk tujuan tersebut dari pengujian kami, kami terjebak dengan Call of Duty Mobile dan Genshin Impact karena mereka adalah dua judul game Android yang menurut kami juga paling berat. Untuk pengalaman tersebut, smartphone dapat menjalankan game dengan mudah dan baik.

Jelas, Anda bisa mendapatkan pengalaman yang sama pada perangkat seperti seri Samsung Galaxy S21, atau seri OnePlus 9, bagaimana ROG Phone 5 menonjol? Menurut kami, meskipun pengalaman bermain game Anda akan tetap sama di sebagian besar flagship kelas atas, ROG Phone 5 menawarkan banyak perubahan kualitas yang membuat bermain game di ponsel menjadi lebih menyenangkan. Kontrol total adalah sebutan yang paling pas untuk ROG Phone 5 Series, dan sistem kontrol AirTrigger 5 yang ditingkatkan secara besar-besaran kini memberi gamer hingga empat cara berbeda untuk berinteraksi dengan ROG Phone 5 mereka, memberikan tingkat kontrol game yang tak tertandingi. AeroActive Cooler 5 kini juga dilengkapi dengan dua tombol fisik tambahan untuk memungkinkan pengalaman bermain game seperti konsol.

ROG Phone 5 Series mendukung total 10 kontrol gerakan berbeda yang belum pernah ada sebelumnya, sehingga gamer dapat dengan mudah memilih gerakan yang sesuai dengan permainan mereka. Dalam game balap misalnya, mereka dapat memutar ponsel untuk mengarahkan atau menariknya ke arah mereka untuk mengerem. Kontrol permainan tidak pernah semudah ini.

ROG Phone 5 Ultimate juga memiliki fitur sensor sentuh belakang tersembunyi yang inovatif pada penutup belakang, yang menyediakan fungsi pemicu L2/R2, seperti pengontrol konsol game. Ini juga bekerja sama dengan sensor ultrasonik, tombol AeroActive Cooler 5 dan kontrol gerak untuk memberikan kontrol penuh untuk pengalaman bermain game total.

Kemudian, ada port USB Type-C yang dipasang di samping yang memungkinkan Anda mengisi daya ponsel saat bermain game tanpa mengganggu genggaman Anda.

Anda bahkan dapat memasang banyak aksesori ke perangkat, termasuk ActiveAero Cooler 5 yang menawarkan dua input tambahan yang dapat dipetakan lebih lanjut ke perintah apa pun di layar. Anda juga dapat mengambil gamepad Kunai 3 yang menggunakan dua pengontrol mini di kedua sisi handset, mirip dengan Nintendo Switch. kami juga ingin menambahkan bahwa ROG Phone 5 menghilangkan panas dengan luar biasa, yang dapat diakreditasi ke sistem GameCool5 ponsel yang menggunakan dua lembar grafit untuk menjaga suhu tetap terkendali. Sederhananya, ROG Phone 5 tidak selalu menjalankan game lebih baik ketika berkompetisi, tetapi pengalaman itu sendiri secara drastis lebih unggul dibandingkan dengan OnePlus 9, yang juga dilengkapi dengan prosesor Snapdragon 888.

Lihat skor benchmark di bawah ini:

AnTuTu v8 – 804267

Geekbench – 1128 (Single-Core), 3531 (Multi-Core)

3DMark SSE – 5835 (Wild Life), Maxed Out! (Sling Shot Extreme OpenGL 3.1)

PCMark – 16253 (Work 2.0)

AndroBench – 1731.16 MB/s (Seq. Read), 775.56 MB/s (Seq. Write)

Baterai

ASUS ROG Phone 5ASUS ROG Phone 5 menggunakan Android 11. interface kustom tidak menyimpang terlalu jauh dari stok Android meskipun dikirimkan dengan sejumlah besar fitur dan utilitas, termasuk tema bawaan, dukungan untuk navigasi serta gerakan layar hidup dan mati dan banyak lagi. Secara keseluruhan, kami cukup puas dengan pengalaman perangkat lunak di ponsel.

Untuk memperpanjang masa nyala layar dan pakai baterai monster 6000 mAh, ROG Phone 5 Series dioptimalkan dengan menggunakan pengoptimalan perangkat lunak baru dan mekanisme hemat daya termasuk batas atas pengisian daya, pengisian daya yang stabil, dan pengisian terjadwal yang ditingkatkan. Ada juga mekanisme hemat daya pasif untuk membatasi aplikasi yang tidak aktif dan memberikan penghematan daya hingga 67% lebih banyak. ROG Phone 5 Series memang dioptimalkan untuk efisiensi daya terbaik, bagaimanapun cara penggunaannya. Pengisian cepat dijamin oleh adaptor HyperCharge 65 watt yang dibundel, yang membuat para gamer dapat aktif dan bermain kembali dalam waktu secepat mungkin.

Kamera

ASUS ROG Phone 5ASUS mengklaim bahwa pengaturan kamera pada ROG Phone 5 tidak terlalu tinggi dalam daftar prioritas perusahaan dan itu terlihat. Ponsel ini tidak hanya menggunakan pengaturan kamera yang hampir sama dengan ROG Phone 3, tetapi gambarnya juga sedikit pucat dibandingkan dengan pesaingnya (secara harfiah). Dari segi spesifikasi, smartphone ini hadir dengan sensor Sony IMX686 64MP yang bekerja bersama lensa sudut lebar 13MP dengan FoV 125 derajat dan sensor makro 5MP. Untuk selfie, perangkat mendapat penembak 24MP di depan.

Mengenai kualitas gambar, kami perhatikan bahwa smartphone cenderung mengurangi warna dalam setiap bidikan tertentu sehingga membuatnya tampak ‘alami’. Akibatnya, langit biru dan dedaunan hijau subur di lanskap muncul, namun terlihat mengurangan warna. Terlebih lagi, pada pemotongan yang lebih dekat, jelas bahwa gambarnya kurang tajam dan karenanya, semak-semak atau semak-semak tampak cukup tercoreng. Sekarang, kami akui, sensor utama cukup dapat diservis dan Anda dapat memperoleh beberapa foto berkualitas dalam kondisi pencahayaan yang ideal. Namun, handset ini kalah bersaing dengan cukup mudah, jadi jika Anda berencana untuk mendapatkan ROG Phone 5, Anda mungkin ingin menghindari persaingan dengan smartphone lainnya.

Dalam hal cahaya rendah, smartphone berhasil menghasilkan gambar yang lumayan dengan mode malam diaktifkan, tetapi fotonya cukup berbintik-bintik pada pemotongan yang lebih dekat. Selain itu, ROG Phone 5 juga tidak menampilkan detail dari bayangan atau bagian yang lebih gelap dari pemandangan dengan baik. Sedangkan untuk sensor sudut lebar, unit ini tidak diragukan lagi memungkinkan pembeli untuk melukis di atas kanvas yang lebih besar, meskipun gambarnya kurang detail di sekitar tepinya dan juga ada pinggiran yang terlihat.

Sedangkan untuk selfie, smartphone ini memiliki sensor 24MP mengklik foto yang cukup detail dengan warna kulit yang akurat di siang hari, namun, Anda harus mengandalkan fungsi flash layar smartphone untuk mendapatkan gambar yang layak Ketika cahaya berkurang.

Kesimpulan

ASUS ROG Phone 5ASUS ROG Phone 5 mulai dari Rp  9 jutaan, menawarkan pengalaman gaming smartphone terbaik. Akibatnya, jika Anda adalah tipe orang yang menganggap serius game mobile Anda, Anda tidak perlu melihat perangkat lain lagi dari penawaran ASUS. Meskipun demikian, ROG Phone 5 juga hadir dengan kompromi yang adil, dan dari faktor bentuknya yang cukup besar hingga kamera yang bisa digunakan dalam setiap kondisi.

Sekarang, dari tempat kami berdiri, kami pribadi tidak akan membeli ROG Phone 5 karena tidak terlalu sering bermain game di ponsel kami. Jangan salah paham – kami masih menyukai kehidupan ponsel yang cepat tetapi kami dapat mencapai kinerja yang sama dengan memilih misalnya Samsung Galaxy S20FE 5G  yang omong-omong, adalah ponsel yang lebih seimbang karena menawarkan yang lebih baik fitur kameranya, bersama dengan pengisian nirkabel dan sertifikasi IP68.

Oleh karena itu, jika Anda menganggap diri Anda seorang gamer, maka Anda akan merasa wajib memiliki ASUS ROG Phone 5.

Berita Lainnya

Leave a Comment