Home Review Review Aspire 5 (A514-52) : Laptop Tertipis di Kelasnya
Aspire 5 (A514-52)

Review Aspire 5 (A514-52) : Laptop Tertipis di Kelasnya

by infogadgets Indonesia

infogadgets – Acer Aspire 5 (A514-52) adalah laptop 14 inci dengan penawaran harga yang sangat menarik. Akan tetapi dari sisi spesifikasi apa yang ditawarkan sangat mumpuni daripada beberapa pesaing dengan harga yang sama. Laptop ini bisa menjadi pilihan ideal bagi siswa atau pengguna rumahan yang suka multitasking.

Simak sedikit review mengenai pandangan kami apa yang ditawarkan laptop ini.

Desain

Aspire 5 (A514-52)Aspire 5 hadir dengan model yang lebih ramping dan tipis. Tak hanya itu, Aspire 5 juga ringan. Ketebalan laptop ini hanyalah 17,9 mm dan memiliki berat 1,5kg yang membuat Aspire 5 lebih tipis dan ringan jika dibandingkan dengan laptop-laptop di kelasnya.

Tidak mengherankan, Aspire 5 14-inci menggunakan bahan sasis plastik yang sama dengan Aspire 5 15,6 inci untuk rasa dan kesan yang sama secara keseluruhan. Tutup luar cukup lentur lebih dari yang kita inginkan ketika memutar sudutnya atau memberikan tekanan ke posisi melewati 90 derajat.

Secara keseluruhan kualitas sasis masih sedikit lebih baik daripada VivoBook 14 dan MateBook D karena dek keyboard terasa lebih kencang pada Acer. Kekakuan engsel seragam di semua sudut dan lebih kuat dari yang diharapkan tanpa kesulitan saat mengetik.

I/O Port

Aspire 5 memiliki sejumlah port, di sisi kiri, ada colokan listrik, port RJ45 Ethernet, port HDMI, dua port USB 3.1 (satu dengan pengisian daya Poweroff) dan port USB Type-C. Sementara itu, sisi kanan menampilkan slot kunci Kensington, satu port USB 2.0 dan jack headphone.

Keyboard & Touchpad

Saya merasa nyaman memasukkan tes pengetikan pada Aspire 5, yang memiliki tombol yang relatif klik. Mesin ini bahkan memiliki tombol angka dan juga lampu latar putih, yang merupakan fitur rapi untuk harganya. Akan tetapi Anda harus terbiasa dengan mengetik karena setiap tombol memiliki tekanan yang pendek sehingga harus terbiasa dengan pentalannya.

Aspire 5 (A514-52)

Touchpad 4,2 x 3-inci adalah ukuran yang baik dan menawarkan tekstur lembut, meskipun tombolnya sedikit pendek. Touchpad memiliki gesture gerakan seperti menggulir dua jari dan tabbing tiga jari berfungsi sebagaimana mestinya.

Display

Display Aspire 5 memiliki layar yang lebih besar dan nyaris tidak ada bezel sehingga tampilan layarnya 60% lebih besar. Tidak hanya memiliki layar yang besar tapi teknologi yang digunakan juga sudah menggunakan panel real IPS dengan tingkat color gamut hingga 100 sRGB yang memungkinkan pengguna mendapatkan tampilan layar yang lebih immersive.

Kualitas tampilan relatif baik untuk harga yang ditawarkan. Pada laptop tidak memiliki kelemahan yang biasa ditemukan pada kebanyakan laptop anggaran seperti suhu warna terlalu atau overlay matte ekstra kasar.

Terlebih lagi, terdapat teknologi Acer ExaColor untuk menghadirkan visual lebih cerah, jernih, dan tampak nyata dibandingkan layar biasa. Dengan begini, menonton film favorit, streaming YouTube, hingga editing foto beresolusi tinggi bukan masalah lagi dengan laptop Aspire satu ini.

Performa

Aspire 5 (A514-52)Kinerja yang ditawarkan oleh notebook Acer Aspire 5 A514-52 ini cukup baik di kelas menengah menurut kami karena telah ditenagai oleh prosesor Intel Core i7-10510U quad-core generasi Comet Lake atau Intel Core generasi ke-10 yang berlari dengan kecepatan standar 1,8GHz dan TurboBoost hingga 4,9GHz. Laptop ini diperkuat oleh memori RAM sebesar 8GB DDR4-2400MHz yang dapat di-upgrade hingga maksimal 16GB DDR4 atau sesuai kebutuhan pengguna.

Performa grafis Acer Aspire 5 A514-52 ini memang tidak optimal untuk bermain game, tetapi memadai untuk komputasi sehari-hari. Pabrikan asal Taiwan ini hanya mengandalkan GPU (Graphics Processing Unit) Intel UHD Graphics 620 yang mengusung 24 execution unit (EUs) dengan kecepatan 300 – 1050MHz dan ditandemkan grafis diskrit dari Nvidia GeForce MX250.

Berdasarkan informasi, GeForce MX250 ini mengandalkan 384 shader core berteknologi Pascal dengan kecepatan 1518MHz dengan Turbo 1852MHz yang dipadukan dengan 24 TMUs, dan 8 ROPs. Kartu grafis GeForce MX250 yang digunakan pada Acer Aspire 5 A514-52 ini dikawinkan dengan memori VRAM 2GB GDDR5 berkecepatan 7GHz dengan antarmuka memori 64-bit.

Untuk sektor media penyimpanan, Acer Aspire 5 A514-52G-78QP dibekali dengan hard disk berkapasitas 1TB 5400rpm untuk menampung data pengguna. Laptop ini juga didukung sebuah SSD (Solid State Drive) M.2 PCIe NVMe berakapasitas 128GB yang menawarkan performa tinggi untuk mendongkrak kinerja keseluruhan.

Tak hanya itu, laptop Aspire 5 A514-52G-78QP besutan Acer ini sudah dilengkapi dengan sistem operasi Microsoft Windows 10 Home x64 original berlisensi, sehingga pengguna tidak perlu repot membeli lisensi dan melakukan instalasi sistem operasi lagi.

Baterai

Aspire 5 (A514-52)Aspire 5 mendapatkan upgrage pada komponen baterai yang membuat pengguna dapat menggunakan laptop ini hingga 14 jam pemakaian dalam sekali pengisian daya. Ditambah lagi dengan prosesor baru Intel Cor Generasi ke-10 dimana proses komputerisasi data meningkat hingga 16% lebih cepat dibanding dengan generasi prosesor sebelumnya.

Kesimpulan

Aspire 5 (A514-52)Jika Anda ingin mencari laptop kelas menengah dengan desain tipis dan premium, Aspire 5 (A514-52) tidak berarti kompromi terhadap performa. Anda bisa bekerja di mana saja tanpa cemas berkat daya tahan baterai laptop hingga 14 jam. Laptop ini juga sudah didukung Intel Core generasi ke-10 dan RAM yang dapat di-upgrade hingga 20 GB.

Kombinasi keduanya tidak hanya mampu membantu multitasking lebih lancar namun juga dapat menghadirkan performa luar biasa di kelasnya. Bahkan, kamu bakal semakin nyaman menggunakan Aspire 5 (A514-52G) untuk membuat desain, bermain game casual, dan menikmati berbagai konten hiburan secara mulus berkat dukungan NVIDIA GeForce MX250.

Jadi buat yang mencari laptop yang bisa digunakan seharian dan tidak menuntut performa yang terlalu macem-macem, laptop ini pantas buat Anda miliki.

Harga & Ketersediaan

Aspire 5 (A514-52) sudah tersedia Indonesia mulai Oktober 2019 dengan harga Rp11.999.000. Untuk memastikan produktivitas kerja secara maksimal, Acer memberikan penawaran menarik yaitu untuk pembelian lini laptop Aspire 5 dengan spesifikasi tertentu telah dilengkapi dengan Office Home and Students 2019 senilai Rp 1.799.000. Dengan demikian, pengguna mendapatkan kemudahan dalam menggunakan perangkat barunya tanpa dipusingkan instalasi aplikasi

Laptop Aspire 5 bisa didapat melalui penjualan online di Acer eStore, ecommerce, ataupun jaringan penjualan Acer terdekat di kota Anda. Kunjungi Acer eStore di https://store.acer.com/en-id/ untuk mendapatkan informasi produk dan promo terkini.

Berita Lainnya

Leave a Comment