Home Review Review Acer Predator Helios 300 : Laptop Gaming Serba Bisa
Acer Predator Helios 300

Review Acer Predator Helios 300 : Laptop Gaming Serba Bisa

by infogadgets Indonesia

infogadgetsSeri Acer Predator Helios 300 siap memenuhi hasrat bermain game yang menggebu-gebu di hati seorang gamer. Semuanya berkat Intel Core i7 generasi ke-9 yang siap menjalankan segala perintah untuk melakukan gaming, editing, sampai multitasking yang berat.

Laptop gaming populer Predator Helios 300 kini menjadi lebih baik dengan penambahan teknologi dan fitur yang powerful, bersama dengan desain baru yang berkelas.

Gamer akan dimanjakan dengan kombinasi prosesor Intel Core i7 Generasi ke-9 untuk kinerja premium dengan penambahan GPU NVIDIA GeForce RTX 2070 terbaru, bersama dengan Max-Q Design yang didukung oleh tombol Turbo guna aksi gabungan overclocking dan Killer DoubleShot Pro hasilkan jaringan yang cepat dan bebas lag.

Seperti apa detailnya? Yuks simak artikel berikut ini.

Baca juga : Predator Triton 300 (PT315-51) : Laptop Gaming dengan Visual Yang Memuaskan

Desain

Acer tidak lagi mengandalkan desain hitam dan merah seperti yang terjadi pada Helios 300. Sebaliknya, perusahaan telah beralih ke hitam dan biru, untuk sasis menggunakan aluminium dan plastik. Sementara dek keyboard aluminium dan penutup display membantu membuat Helios 300 terlihat premium, hasil akhir matte membuat tampilan tidak kotor dengan cetakan sidik jari.

Hal yang paling mencolok dari laptop ini adalah tampilan barunya. Sasis logam yang diusung kini menggunakan aksen biru kehijauan seperti lampu latar keyboard di laptop gaming Predator lainnya. Bezel yang tipis di sekitar layar dan desain terbaru keyboard dengan font Predator yang terlihat kontemporer memberikan tampilan yang keren dan edgy.

Helios 300 juga memiliki engsel layar yang stabil. Kedua engsel tidak hanya menahan layar dengan kuat dan menjaga keseimbangan hingga minimum, tetapi juga memungkinkan perangkat dibuka dengan satu tangan.

Akhirnya, kita sampai pada dimensi Helios 300 yang memiliki tebal 22,9mm tebal dan 2,4kg membuatnya terlihat sangat tebal.

I/O Port

Acer telah melengkapi Helios 300 dengan semua port yang dibutuhkan oleh sebagian besar gamer. Perangkat ini memiliki empat port USB 3.2, yang salah satunya adalah Tipe-C. Meskipun Anda dapat menghubungkan Helios 300 ke layar eksternal melalui port Type-C, Anda juga dapat menggunakan port HDMI DisplayPort khusus mini dan HDMI sebagai gantinya. Acer juga menyertakan port Ethernet, tetapi tidak ad Slot kartu Memori. Oleh karena itu, Anda harus memiliki adaptor untuk diberikan jika Anda ingin mentransfer file dari kartu memori.

Acer telah mendistribusikan port pada sisi kiri dan kanan perangkat, seperti yang dilakukan kebanyakan OEM. Namun, ini diapit oleh kisi-kisi ventilasi besar yang dapat menguras udara hangat di atas tangan Anda, terlepas dari tangan mana Anda memegang mouse eksternal. Kabel mungkin juga menghalangi Anda, tetapi keduanya merupakan keluhan kecil. Ada dua kisi ventilasi lain di bagian belakang perangkat juga.

Keyboard & TracPad

Acer melengkapi Helios 300 dengan keyboard chiclet 6-baris yang sedikit tersembunyi ke dalam sasis. Posisi ini di yakini bisa memperkuat posisi dan tidak ada yang bergetar. Sementara semuanya memiliki tekanan yang empuk saat kami gunakan. Di posisi sebelah kanan, Acer memberi aksen beberapa tombol dengan garis biru, tetapi semua tombol mendukung lampu latar RGB. Ada juga tombol Predator yang membuka alat Predator Sense.

Di bawah keyboard terdapat trackpad, yang berukuran 10,7 x 7,8 cm. Trackpad cukup besar untuk melakukan gerakan multi-touch dan cocok dengan keseluruhan tampilan perangkat. Yang ada di unit review kami tetap responsif dan akurat bahkan di sudut-sudutnya. Acer juga telah terintegrasi dua tombol mouse, yang memberikan suara mengklik lembut saat ditekan. Singkatnya, Helios 300 memiliki trackpad dengan kinerja yang baik.

Display

Acer memiliki layar 15.6 inci dengan resolusi Full HD 1080p, yang bagus untuk bermain game. Cukup tinggi untuk memberikan tampilan yang jernih, tetapi tanpa terlalu banyak membebani inti grafis.

Untuk panel menggunakan IPS dengan refresh rate 144Hz dan waktu respons 3 ms yang cepat. Tidak ada Nvidia G-Sync, jadi bermain game tidak semulus yang diharapkan, tapi tetap saja kami melihat memang sangat bagus. Panel Acer juga memiliki spesifikasi yang lebih baik daripada Asus ROG Zephyrus G, yang mencapai 120Hz.

Acer menawarkan kualitas yang hebat juga. Kecerahannya tinggi mencapai 343 nits, dan berarti Helios dapat mengatasi cahaya buatan yang terang dan di luar ruangan. Ini bergabung dengan level hitam 0,28 nits, yang membantu membawa kedalaman yang cocok ke area gelap. Angka-angka itu menciptakan rasio kontras 1225: 1, yang cukup tinggi untuk memberikan semangat dan pukulan yang baik dalam setiap situasi.

Performa

Predator Helios 300 (PH315-52 untuk varian 15” dan PH317-53 untuk varian 17”) ini telah ditenagai Intel Core i7 generasi ke-9 yang siap menjalankan segala perintah untuk melakukan gaming, editing, sampai multitasking yang berat. Laptop Predator Helios 300 Intel 9th Gen ini sudah dilengkapi dengan RAM jenis DDR4 sebesar 16GB yang bisa ditambah lagi sampai 32GB menggunakan modul dua soDIMM.

Untuk kapasitas penyimpanan, Acer telah melengkapi unit yang kami pinjam dengan 1 TB, 2x M.2 NVMe, RAID 0 SSD, Up to 2 TB HDD.  Namun Helios 300 memiliki dua slot M.2 2280 dan satu ruang drive 2,5 inci, yang praktis. Namun, kami lebih suka drive yang lebih besar, terutama mengingat berapa banyak penyimpanan yang dibutuhkan beberapa game saat ini. Anda bisa mengonfigurasi atau retrofit perangkat dengan SSD yang lebih besar jika Anda berencana memasang beberapa game secara bersamaan.

Untuk soal visual, laptop Predator Helios 300 tersedia dalam dua ukuran layar Full HD, 15,6 inci dan 17,3 inci yang masing-masing menggunakan panel IPS dengan refresh rate 144Hz dan response time 3ms yang menampilkan gambar yang halus dan bebas blur. Nggak hanya itu, untuk menghasilkan visual yang terbaik, NVIDIA GeForce RTX 2070 turut andil sebagai otak dari pengolahan grafis yang dilengkapi dengan fitur ray tracing dan artificial intelligent yang menghasilkan pencahayaan dan pantulan natural dan lebih nyata.

Teknologi Pendinginan yang Terinspirasi dari Alam

Menjaga laptop tetap dingin dalam kinerja prima adalah hasil dari sebuah desain termal yang canggih dan efisien, menunjukkan potensi utama dari perangkat keras Helios yang tangguh. Komponen paling penting untuk menjaga suhu tetap rendah adalah sistem pendingin dua kipas yang mencakup salah satu kipas 3D AeroBlade Generasi ke-4 milik Acer.

Desain kipas generasi terbaru ini terinspirasi oleh mekanik penerbangan burung hantu bionik yang memaksimalkan aliran udara dan meminimalkan kebisingan. Bilah kipas tipis 0,1 mm yang baru mencakup tepi bergerigi, sayap kecil di bagian atas dan bawah, serta sirip melengkung di sepanjang bagian dalam setiap bilah. Desain ini menghasilkan peningkatan aliran udara hingga 45 persen. Ditambah dengan lubang udara masuk dan buang yang ditempatkan secara strategis serta teknologi Acer CoolBoost, Predator Helios 300 akan tetap tenang di performa maksimal dan memberikan sesi permainan overclock yang intens secara mudah.

Software Predator Sense           

Notebook Predator Helios 300 dilengkapi software Predator Sense yang memungkinkan pengguna mengetahui kondisi terkini dari kinerja PC serta dapat mengendalikan semuanya secara bersamaan dari satu tools. Di menu Predator Sense pengguna dapat mengetahui parameter informasi penting seperti CPU clock rate, temperatur, dan fan speed.

Mulai dari overclocking stage control, fan speed control, dan lighting effect control dapat dikendalikan melalui software ini. Predator Sense memungkinkan pengguna memantau indikator penting seperti current CPU overclocking rate, current temperature, dan current fan speed. Dengan meningkatnya overclock, maka secara otomatis kinerja PC akan meningkat, penggunaan speed pada fan dan tempertur pada CPU pun akan ikut meningkat.

Pilihan Kartu Grafis NVIDIA GeForce RTX 2070

Tidak cukup sampai disitu, Predator menghadirkan NVIDIA GeForce RTX 2070 yang dapat kamu overclock, sehingga performanya meningkat dengan semudah menekan tombol turbo atau melalui menu PredatorSense.

Kesimpulan

Acer Predator Helios 300 merupakan laptop gaming modern dengan kinerja gaming yang dapat diterima. Laptop untuk segmentasi entry-level ini di jual dengan harga mulai dari Rp 22.999.000,-. Namun demikian, laptop 15-inci yang khusus gim ini dirancang dengan baik dan dilengkapi perangkat keras yang dapat menangani semua game triple-A saat ini dengan resolusi 1080p.

Ada banyak yang disukai tentang Acer Predator Helios 300 adalah chip permainan yang hebat, dipasangkan dengan spesifikasi yang mumpuni, dan layarnya sangat bagus. Eksteriornya terlihat bagus, dan tidak buruk secara ergonomis. Meski laptop lain menawarkan desain lebih ramping, lebih ringan dan lebih murah, tetapi Acer menghadirkan pengalaman gaming yang efektif dan seimbang dengan harga yang layak.

Laptop gaming Predator Helios 300  dengan prosesor Intel Core i7 / i5 9th Gen dan GPU NVIDIA kini telah tersedia di jaringan penjualan IT Galeri, Pemmz dan toko-toko komputer terdekat.

 

Berita Lainnya

Leave a Comment