Home Review Review Acer Nitro 5 (AN515-43) : Laptop Gaming Harga Terjangkau
Acer Nitro 5 (AN515-43)

Review Acer Nitro 5 (AN515-43) : Laptop Gaming Harga Terjangkau

by infogadgets Indonesia

infogadgets – Acer Indonesia tampaknya siap memperluas target pasar untuk laptop gaming dengan menghadirkan lini laptop gaming terbarunya Acer Nitro 5 (AN515-43). Keunggulan utama yang ditawarkan oleh laptop gaming ini adalah menawarkan performa gaming yang cukup bisa diandalkan dan dijual dengan harga yang terjangkau.

Tapi tidak cuma itu, GPU-nya masih ditambah dengan seri Radeon RX 560X series yang lebih powerful. Kombinasi ini jelas bikin ngiler buat kalian yang pengen dapetin performa gaming tapi dengan harga yang tidak bikin kantong bolong. Terus gimana keunggulan lainnya? Simak artikel Berikut ini ya.

Baca juga : Predator Triton 300 (PT315-51) : Laptop Gaming dengan Visual Yang Memuaskan

Desain

Acer Nitro 5 (AN515-43)Pasti tidak asing dengan tampilan Nitro 5 (AN515-43)  ini. Desainnya memang masih sedikit terkesan gitu-gitu saja, mirip dengan generasi sebelumnya. Bagian covernya punya permukaan kesat karena memang memiliki finishing carbon fiber dengan material  faux-aluminium. Tapi pinggir kiri dan kanan di kasih motif yang beda. Di tengahnya dikasih logo Predator yang menonjol seolah-olah 3 dimensi.

Ciri khas kombinasi warna hitam dan sedikit merah masih disematkan di Nitro 5 (AN515-43)  ini terutama sisi-sisi tombol keyboard, sama pinggiran touchpad. Warna tema ini jadi makin pas sama penggunaan AMD Radeon yang juga punya jati diri warna merah. Kami jadi merasa cocok, terlihat gahar atau ganas.

Perangkat ini memiliki panjangnya 390mm, lebar 266 mm. Dan ketebalannya 23mm. Buat laptop standar dimensi ini memang tidak ringkas, tapi buat laptop gaming ya masih terbilang cukup kompak. Beratnya 2,3 Kg, seperti laptop gaming pada umumnya. Bodi bawahnya tidak ikut terangkat saat kami buka layar menggunakan satu tangan ini juga point plus buat kami.

Acer Nitro 5 (AN515-43)

Tombol keyboard memiliki backlight berwarna merah yang cukup terang. Punya empat tingkat kecerahan yang diatur dengan menekan tombol F9 dan F10. Keyboard versi chiclet ini memiliki key yang cukup tactile tapi di harganya, sudah cukup memuaskan. Tiap tombol diberi jarak yang cukup renggang, kecuali area numpad serta tombol bagian atas yang memiliki ukuran sedikit lebih kecil dan lebih rapat.

Acer Nitro 5 (AN515-43)Touchpad-nya standar aja. Gak ada tombol fisik untuk klik kiri dan kanan. Tapi biar gak terlalu monoton, di pinggirannya dikasih nuansa warna merah. Jika fungsi klik kiri dan kanan pada bagian ujung ditekan, landasannya agak kedalam. Tapi jika sudah terbiasa, hal ini sih bukan masalah. Tapi ya lagi-lagi hal ini bisa digantikan dengan mouse. Oiya, gak ketinggalan sudah support multi gesture sampai empat jari.

I/O Port
Sebagai laptop gaming, pilihan konektivitasnya terbilang standar. Jadi jangan harap ada Thunderbolt ya. Untuk di sisi kiri ada kensington lock, satu port LAN dengan kecepatan gigabit, HDMI, USB Type-C, dan dua USB3.1 Type A Gen 1. Untuk sisi kanan, cuma ada USB2.0 yang cocok buat pasang mouse. Ada juga jack audio, sama led indikator buat baterai dan power. Yang agak sedikit mengganjal adalah jack DC-in yang posisinya terlalu ke tengah. Ini dikarenakan di bagian pinggirnya ada airhole buat udara panas.

Display

Acer Nitro 5 (AN515-43)Acer membekali Nitro 5 AN515-43 ini dengan dukungan layar berukuran besar di kelasnya, yakni 15,6 inci jenis IPS LCD dengan full HD LED (Light Emiting Diode) backlight resolusi 1920 x 1080 piksel .

Laptop ini memiliki layar dengan rasio screen to body 80% dan bezel 7.18mm. Layarnya mendukung color gamut NTSC 72%, dengan tingkat kecerahan 300 nits. Backlight keyboard pada laptop ini sangat membantu ketika gaming ataupun kegiatan lainnya seperti mengetik dokumen, browsing internet dan lainnya.

Nitro 5 juga didukung teknologi Acer ComfyView yang mampu memancarkan warna yang cemerlang dengan kualitas gambar yang relatif padat dan tajam. Fitur ComfyView sangat mendukung kenyamanan pengguna saat bekerja di depan laptop dalam waktu lama, serta diperkuat fitur Bluelight filter agar mata tak cepat lelah saat bermain game pada malam hari.

Performa

Acer Nitro 5 (AN515-43)

Sektor performa, Nitro 5 AN515-43 ini bisa dikatakan cukup bersaing mengandalkan prosesor AMD Ryzen 5 3550H generasi APU (Accelerated Processing Unit) Picasso dengan quad-core berarsitektur Zen+ yang berlari dengan kecepatan 2,1GHz dengan Turbo maksimal 3,7GHz. Laptop gaming andalan Acer ditandemkan dengan memori RAM berkapasitas 4GB jenis DDR4  yang dapat di-upgrade sesuai kebutuhan atau maksimal 32GB.

Acer membekali Nitro 5 AN515-43 dengan GPU (Graphics Processing Unit) terintegrasi dari AMD Radeon RX Vega 8 iGPU yang ditandemkan grafis diskrit dari AMD Radeon RX560X. Grafis tersebut mengusung 512 shader core dengan arsitektur Vega yang berlari dengan kecepatan 1200MHz dengan antarmuka memori 64-bit.

Acer Nitro 5 AN515-43 juga didukung grafis dedicated dari AMD Radeon RX 560X yang mengandalkan arsitektur Polaris dengan 1024 stream prosesor berkecepatan 1172MHz dan turbo mencapai 1275MHz yang dipadukan dengan 64 TMUs, dan 16 ROPs. Kartu grafis AMD Radeon RX 560 ini dikawinkan dengan memori VRAM 4GB GDDR5 dengan antarmuka memori 128-bit

Kapasitas Penyimpanan 

Nitro 5 Ryzen 5 3rd Gen, dilengkapi hard disk sebesar 1TB untuk menyimpan semua kebutuhan seperti game, film, atau tugas sebanyak apapun tanpa takut kekurangan.

Selain itu, adanya 512GB SSD NVMe yang lebih cepat 111% dari SSD M.2 SATA bisa membuat waktu booting dan menjalankan aplikasi lebih cepat, serta menghasilkan performa gaming yang tinggi serta browsing yang lebih responsif.

Acer memberikan slot upgrade cukup melimpah, ada 2x SODIMM Slot (1 sudah terisi 1 keping DDR4), dan ada 2x M.2 (1x M.2 SATA, 1x M.2 PCIe/NVMe ). Mendukung   kecepatan maksimum dan penyimpanan besar dengan dua SSD M.2 Gen3 x4 PCIe menggunakan teknologi NVMe di Raid 0 dan RAM DDR4 hingga 32GB

Nitro Sense

Acer Nitro 5 (AN515-43)Nitro 5 selalu memiliki fitur andalan, seperti Nitro 5 Ryzen 5 3rd Generation, yaitu Nitro Sense. Anda mendapatkan kendali penuh atas laptop gaming Anda dengan hadirnya fitur Nitro Sense. Semuanya berkat Nitro Sense yang menjadi kunci untuk mengontrol dan monitor CPU, GPU, serta kipas secara real time.

Pada NitroSense ini juga akan ditampilkan informasi sistem, suhu, dan pemuatan CPU/GPU. Dengan begini kamu dapat menyesuaikan kekuatan laptop sesuai dengan kebutuhan kamu agar lebih efisien. NitroSense juga mengizinkan untuk memonitor kecepatan kipas dan mengaturnya secara langsung, jadi bisa menyesuaikan kecepatan angin dengan kegiatan gaming yang hendak dilakukan.

Kualitas Audio Nitro yang Megah

Acer Nitro 5 (AN515-43)Nitro 5 menawarkan kualitas audio yang jauh lebih baik, menghadirkan pengalaman multidimensi  melalui teknologi canggih Waves MaxxAudio untuk optimasi suara. Audio yang lebih baik menghadirkan keunggulan kompetitif serta pengalaman yang lebih mendalam. Nikmati audio yang mengejutkan saat Waves MaxxAudio bertemu dengan Acer TrueHarmony . Dapatkan bass, dialog, dan peningkatan volume yang cerdas dengan Waves MaxxAudio, dan suara yang lebih dalam, lebih kaya dengan Acer TrueHarmony . Speaker stereo yang telah di kembangkan oleh Waves MaxxAudio, serta didukung teknologi Acer True Harmony untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam memainkan game.

Baterai

Dibekali baterai dengan kapasitas 3220 mAh, Nitro 5 mampu bertahan hingga 4 jam 7 menit. Daya tahan ini berada di atas rata-rata untuk notebook gaming yang biasanya berada di kisaran 2 sampai 3 jam. Jadi jika sekedar browsing atau nonton video aja, daya tahan baterai bisa 5 jam keatas. mantap.

Kesimpulan

Acer Nitro 5 (AN515-43)Acer Nitro 5 AN515-43  merupakan laptop gaming kekinian dengan spesifikasi yang bisa dikatakan bersaing dengan harga yang terjangkau. Dengan bandrol harga Rp 9.999.999, Laptop ini memiliki dukungan kinerja gaming tinggi dari duet prosesor AMD Ryzen 5 3550H terbaru generasi Picasso dan grafis dari Radeon RX 560X, fitur pendukung gaming yang lengkap, upgradeable, harga yang terjangkau, dan telah dilengkapi dengan OS Windows 10 Home asli pre-installed menjadi daya tarik utama Acer Nitro 5 AN515-43.

Secara umum, laptop gaming Acer Nitro 5 AN515-43 ini layak dipertimbangkan bagi gamer yang membutuhkan laptop gaming murah meriah yang berkinerja powerful di kelasnya.

Spesifikasi Nitro 5 (AN515-43)

Berita Lainnya

Leave a Comment