realme 7 vs Vivo V20, Siapa Raja Performa di Midrange?

infogadgets.info.ID – Dilego pada kisaran 3 jutaan, berbagai hape kelas menengah siap menggoda konsumen di Tanah Air dengan segala keunggulannya. Dari sederet vendor yang bersaing di level menengah, realme bisa infogadgets.info katakan menjadi salah satu yang menonjol.

Selain konsisten merilis produk baru, hape kreasi realme juga memiliki teknologi berkualitas, satu diantaranya adalah realme 7. Di sisi lain walau dijejali fitur mumpuni yang kekinian, bukan perkara mudah bagi realme 7 memenangkan persaingan.

Sederet kompetitor di rentang 3 jutaan, siap menjegal realme 7 untuk menjadi yang terbaik, salah satunya adalah Vivo V20.

Menarik melihat pertarungan kedua hp kece ini. Siapa yang akan menjadi “raja performa” di rentang 3 jutaan, apakah Vivo 20 atau justru realme 7 yang menunjukan superioritasnya? berikut ulasannya.

Desain
“Gas tipis-tipis Sob”, pertarungan kali ini dimulai pada sektor desain. Mengintip desain keduanya, Vivo V20 tampil dengan matte finishing coating yang terbuat dari desain 2.5D Glass, Vivo V20 juga memiliki bobot ringan yang menjadikan hape ini nyaman digenggam ataupun disisipkan di dalam saku pakaian. Bodi belakang sedap dipandang dengan konsep warna gradasi.

Di sisi berlawanan tampilan realme 7 tidak kalah menarik. realme 7 menjadi bukti bagaimana realme tidak berhenti berinovasi, termasuk soal tampilan. realme membawa penyegaran yang menyeluruh untuk desain realme 7, mulai dari tekstur, bingkai kamera, hingga gradasi warna yang baru membuat tampilan jagoan realme tidak bosan dipandang mata.

Rancang bangun realme juga terbilang proporsional, sehingga nyaman dibawa dalam berbagai aktivitas. Satu hal lagi yang menarik dari realme 7, di balik penampilan kecenya, jagoan realme sudah lolos TÜV Rheinland Smartphone Reliability Verification. Sebagai info TÜV Rheinland Smartphone Reliability Verification, adalah sertifikasi untuk mengukur kualitas dan ketahanan smartphone.

Layar
Pertarung selanjutnya terjadi pada area layar. Jagoan realme disokong layar 6.5 inci dengan resolusi 2400×1080 FHD+. Yang membuat realme 7 istimewa, layarnya nampak begitu luas karena memiliki screen-to-body ratio 90.5%. Tidak cukup sampai disitu, layar realme 7 juga dibekali senjata lain yang membuatnya semakin tangguh. Yup, layar realme 7 hadir dengan frame rate 90hz.

Teknologi frame rate 90hz membuat pergerakan di layar realme 7 sangat halus, hal ini sangat terasa ketika menggeber jagoan realme bermain gim online. Pergerakan yang halus, membuat infogadgets.info betah berlama-lama menuntaskan misi saat bermain aneka gim online, seperti PUGB hingga CODM. Daya pikat lain yang ditawarkan realme 7 pada sektor layar, adalah fasilitas keamanan.

Untuk melindungi layar realme 7 sudah dilapisi Gorning Gorila Glass 3. Sementara itu Vivo V20 mencoba menggoda dengan layar berukuran 6.44 inci, beresolusi 1080 x 2400 pixels. Layar jagoan Vivo, dirancang dengan screen-to-body ratio 83.9%. Selain layar lebih kecil, soal keamanan juga tidak diketahui apakah display V20 SE dilapisi pelindung layaknya realme 7.

Performa
Tampilan fisik yang ok, seakan tidak berarti jika kedua hape yang bersaing tidak memiliki performa mumpuni. Untuk menarik hati konsumen, baik realme 7 maupun Vivo V20 sudah dipersenjatai teknologi yang diklaim terbaik di kelasnya.

Vivo V20 hadir dengan chipset Qualcomm Snapdragon 720G. Chipeset tersebut mendapat tandem CPU octa-core, GPU Adreno 618, RAM 8GB, internal 128GB, plus slot eksternal memori. Komposisi dapur pacu Vivo V20 terbilang cukup menjanjikan.

Bagaimana dengan realme 7?

Saat dieksplor, komposisi dapur pacu realme 7 tidak kalah mentereng dibanding jagoan Vivo. Apalagi bagi kamu yang senang bermain gim di hape, pasti akan tersenyum dengan komposisi dapur pacu hape 3 jutaan ala realme 7 ini.

realme 7 menjadi hape pertama di dunia yang mengadopsi chipset gaming MediaTek Helio G95. Chipset tersebut dilengkapi dua buah Cortex-A76 2.05GHz, enam Cortex-A55 2GHz, serta 900MHz Mali-G76GPU. Dapur pacu realme 7 mendapat asupan RAM 8GB dengan internal memori 128GB, plus slot eksternal MicroSD hingga 256GB.

Merujuk komposisi yang diusung, ditambah fakta hasil pengukuran Antutu Score hingga 300K, tak heran jika kinerja realme 7 selama pengujian tidak mengecewakan. Digunakan untuk menunjang akivitas sehari-hari performa gesit, digeber sebagai perangkat andalan bermain gim online kinerja realme 7 juga “Gacor”.

Daya Tahan
Pertarungan selanjutnya beralih ke sektor daya tahan. Dengan segala fitur yang diusung, Vivo menjejalkan baterai 4000 mAh ke dalam tubuh Vivo V20. Kapasitas yang tergolong cukup, meski tidak besar-besar amat. Tidak mau kalah dari pesaingnya, realme juga dipersenjatai baterai berkapasitas besar, tepatnya mencapai 5000mAh.

Tidak hanya besar, baterai realme 7 sudah dilengkapi berbagai teknologi tambahan, yang membuat daya tahannya terbilang awet. Contohnya, ketika bermain gim 2 jam nonstop, baterai realme 7 hanya berkurang sekitar 10% dari total 100%. Bodi realme 7 pun tidak panas, walau “digenjot” bermain gim dalam waktu cukup lama.

Asiknya lagi, kamu tidak perlu butuh wantu lama untuk mengisi baterai realme 7. Hape ini mendukung teknologi pengisian cepat 30W Dart Charge yang sudah ditingkatkan. Alhasil baterai 5000mAh milik realme 7 dapat diisi hingga 100% dalam 65 menit.

Kesimpulan
Bermodal dana 3 juta, sejatinya kamu bisa dengan leluasa mencari hape baru dengan sederet fitur menjanjikan. Hanya saja jika tidak teliti saat membeli, kamu malah bisa menyesal belakangan. Seperti halnya pertarungan antara realme 7 kontra Vivo V20, sepintas keduanya hadir dengan daya tarik yang hampir sama. Hanya saat diulik lebih detail, ada perbedaan kualitas diantara keduanya.

Pada sektor desain keduanya hadir dengan tampilan yang sama-sama menarik. Hanya saja, adanya sertifikasi TÜV Rheinland Smartphone Reliability Verification yang dimiliki realme 7, membuat jagoan realme punya nilai tambah dibanding Vivo V20.

Ketika pertarungan beralih ke area layar, mengusung ukuran lebih besar, ditambah fasilitas keamanan yang lebih lengkap, membuat realme 7 kembali mengadaskan perlawanan Vivo V20.

Beralih kemasalah performa, baik realme 7 maupun Vivo V20, sama-sama hadir dengan komposisi dapur pacu menjanjikan. Hanya saja, jika kamu mencari hape yang tangguh dan nyaman untuk bermain gim, realme 7 bisa menjadi kandidat yang tepat.

Berbicara daya tahan, kapasitas baterai 5000 mAh milik realme 7, jelas lebih bertenaga dibanding catu daya 4000 mAh yang tertanam di bodi Vivo V20. Pendek kata, dengan banderol Rp 3,999 juta, realme 7 menawarkan lebih banyak keuntungan. Dari indikator yang ada, sudah jelas siapa yang menjadi pemenangnya.

Jadi pilih mana 7 atau Vivo V20 nih!!!!