Ini Dia 9 Smartphone Terbaru Yang Diluncurkan Sebulan Belakangan

smartphone-maretSelama sebulan terakhir ini ada beberapa smartphone terbaru yang diluncurkan. Spesifikasi dan fitur andalan yang dibawanya pun terbilang bagus. Bahkan beberapa smartphone tersebut dijadikan flagship atau produk yang paling unggulan. Apa saja ?

 

iPhone 7 & 7 Plus
Smartphone terbaru buatan Apple ini akhirnya hadir di Indonesia. iPhone 7 muncul dengan layar sentuh berukuran 4,7 inchi. Berbeda lagi dengan iPhone 7 Plus yang memiliki layar 5,5 inchi. Yang menarik, smartphone ini kini sudah dibekali sertifikasi iP67 yang membuat tahan debu dan air.

Baik iPHone 7 maupun iPhone 7 plus mengadopsi iOS 10.0.1. Kinerjanya diperkuat dengan prosesor Apple A10 Fusion Quad-core 2.34 GHz. Tidak ketinggalan RAM yang masih 2 GB. Untuk memori internalnya tersedia dalam pilihan 32/128/256 GB.

Kamera dikedua smartphone ini memiliki resolusi 12 Mpix untuk kamera belakang dan 7 Mpix pada kamera depan. iPhone 7 juga sudah dibekali dengan fingerprint. Untuk daya tahan hidupnya, smartphone ini diperkuat baterai Non-removable Li-Ion 1960 mAh.Sedangkan iPhone 7 Plus disokong baterai Non-removable Li-Ion 2900 mAh.

 

Moto M
Lenovo, yang sudah menguasai brand Moto, kembali mengeluarkan smartphone terbaru yaitu MotoM. Smartphone dilengkapi lebar layar 5,5 inci dengan resolusi full HD dan memiliki desain unibody full-logam, dan terlindung nano-coating , yang mampu bertahan terhadap percikan air dan hujan, bukan terendam dalam air.

Untuk ruang penyimpnanan disediakan memori internal 32GB. Plus slot kartu MicroSD yang mampu membaca memori eksternal sampai 128GB.

Untuk fotografi, Moto M dibekali kamera belakang 16MP dengan autofokus phase-detection, image stabilization optik dan mampu merekam video 4K. Kamera belakang dilengkapi aperture f/2.0 dan LED flash. Sementara kamera depan berresolusi 8MP.

Moto M menjalankan Android 6.0.1 Marshmallow. Untuk keperluan charging dan transfer data via kabel, Moto M menggunakan port USB Type-C yang terletak di sisi bawah dan sensor sidik jari pada panel belakang.

Smartphone ini menggunakan chipset prosesor MTK Helio P15 64-bit Octa-core dengan kecepatan maksimal 2.2 GHz. Untuk pengolahan grafis dipercayakan pada GPU Mali-T860MP2. Kinerja smartphone ini juga didukung RAM 4GB. Motorola membekali suplai daya 3,060mAh dengan Turbo Charge untuk baterai non-removable Moto M.

 

Oppo F3 Plus
F3 Plus hadir dalam konsep desain uni bodi. Bodinya menggunakan bahan metal, plus sentuhan unsur doft. Smartphone ini berlayar 6 inci dengan konsep 2,5D dengan Corning Gorilla Glass 5.

Kamera selfie di Oppi F3 ada 2 unit. Kamera selfie tersebut memiliki resolusi dan lebar sudut pandang berbeda, yakni 16MP dan 8MP. amera depan 16MP memiliki sudut pandang normal di kisaran 70 derajat untuk melakukan selfie invididual. Sementara, kamera selfie kedua yang memiliki resolusi 8 ML dilengkapi lensa wide-angle selebar 120 derajat untuk keperluan wefie alias group selfie dengan orang lain. Oppo pun tak lupa melengkapi kualitas selfie dengan sejumlah fitur penghias, seperti software Beautify 4.0. Sementara untuk kamera belakang, memiliki resolusi 16MP dengan sensor Sony IMX 398 dan lensa berbukaan F1.7.

Oppo F3 Plus juga memiliki spesifikasi yang diklaim dapat menghasilkan performa cepat, seperti prosesor octa-core Snapdragon 653 dengan RAM 4GB dan memori internal yang bisa diekspansi dengan microSD hingga 256GB. Smartphone ini telah berjalan dengan sistem operasi Android Marshmallow (6.0) dan antarmuka ColorOs 3.0. Untuk daya baterai, Oppo F3 Plus ditopang dengan baterai 4.000mAh dengan teknologi pengisian cepat VOOC Flash Charge. Tidak lupa, mengikuti tren F3 Plus juga sudah disematkan teknologi pemindai sidik jari. Smartphone selfie terbaru Oppo ini dilego Rp 6,5 juta.

 

Vivo V5 Lite
Vivo V5 Lite mengandalkan fitur-fitur yang sama seperti dengan model-model smartphone dari lini seri V5 lainnya, yaitu kamera depan 16MP yang menawan dengan fitur Selfie Softlight. Ditawarkan dengan harga Rp3 juta, semua fitur unggulan Vivo Smartphone ada di Vivo V5 Lite.

Smartphone dilengkapi kamera belakang beresolusi 13MP yang bisa menghasilkan foto dengan kejernihan luar biasa dan warna alami yang natural untuk setiap foto yang diambil. kamera depan beresolusi 16MP yang cocok untuk ber-selfie di siang hari maupun di kondisi rendah cahaya, didalamnya juga ada Beauty Face Mode.

Dibalut dengan 2,5 curved glass desain yang elegan, serta penutup belakang berfitur metalik. Dari sisi prosesor, Vivo V5 Lite didukung oleh chipset MT6750 Octa-core 64-bit dengan RAM 3GB yang memungkinkan penggunanya untuk memiliki kapasitas yang cukup saat menggunakan berbagai aplikasi and aktivitas melalui smartphone mereka di saat yang bersamaan.
Selain itu, Vivo V5 Lite juga dilengkapi dengan kapasitas penyimpanan memori dalam sebesar 32GB ROM yang dapat ditingkatkan menjadi 256GB untuk memberikan kapasitas lebih bagi penyimpanan aplikasi, permainan, dan foto-foto terbaik.

Vivo V5 Lite juga dilengkapi dengan operating system Funtouch 3.0 (berdasarkan Android 6.0), layar HD berukuran 5’5 HD, dan Corning Gorilla Glass yang memberikan tampilan smartphone nan menawan dan cerdas. Dijual dengan harga Rp2.999.000, smartphone hadir dengan dua pilihan warna yaitu Crown Gold dan Rose Gold

 

LG K10 2017
LG baru saja resmi mengedarkan K10 2017 ke pasar Indonesia. Tahun lalu vendor juga mengeluarkan smartphone serupa dengan kode model sama. Mei tahun lalu LG menawarkan K10 di Indonesia dengan harga Rp2,7 juta. Sementara LG K10 anyar ditawarkan dengan harga Rp2,75 juta.

Perbedaan paling kentara kedua smartphone itu terletak pada teknologi kamera depan. Meski resolusi yang dihadirkan masih sama (5MP) namun model terbaru menyuguhkan fitur wide angle 120 derajat, sehingga pengguna bisa selfie dengan latar lebih lebar, atau memuat wefie dengan lebih banyak orang. Sementara kamera selfie tahun lalu ‘hanya’ memiliki angle 75 derajat.

Dari sektor performa, vendor meningkatkan sedikit pada kecepatan prosesor. Kalau dulu Octa-core dengan speed 1.14 Ghz, sekarang menjadi Octa-core 1.5 Ghz, masih dengan chipset besutan Mediatek.
Kemudian, seperti janjinya, LG menghadirkan OS anyar di seri menengah. LG K10 2017 sudah menawarkan Android 7.0 Nougat. Dengan begitu pengguna akan bisa menikmati segala fitur baru Google tanpa harus menunggu update OS.

 

Terakhir, kehadiran sensor sidik jari. Desain kedua model hampir sama. Model terbaru sedikit lebih pipih dengan tambahan fingerprint yang terletak di bagian belakang, persis di bawah kamera utama. Sensor tersebut bisa digunakan untuk membuka kunci layar, tombol daya, serta bisa berperan sebagai shutter kamera.

 

Xiaomi Redmi 4A
Xiaomi Redmi 4A yang dibandrol seharga Rp 1,4 juta. Pertama kali yang dirasakan saat memegang smartphone ini, yaitu bobotnya yang terasa ringan dibandingkan smartphone kebanyakan. Ukuran bodinya pun terasa nyaman digenggam, karena tidak terlalu bongsor. Untuk ukuran ketebalannya, terasa biasa saja alias tidak tipis, tepatnya berukuran 8,5 mm.

Xiaomi Redmi 4A mengusung layar sentuh berukuran diagonal 5 inci. Tampilan layar memiliki resolusi HD (720×1280 piksel) dan maksimal 294 dpi. Xiaomi Redmi 4A mengadopsi sistem operasi Android Marshmallow. Tapi berbeda dengan smartphone lainnya, Xiaomi mengkustomisasi tampilan antar muka (user interface) dengan ciri khasnya sendiri yaitu MIUI versi 8.

Untuk mendukung kinerjanya, smartphone ini mengandalkan prosesor Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425 Quad-core 1.4GHz Cortex-A53. Juga dikombinasikan dengan RAM berkapasitas 2 GB. Untuk menyimpan berbagai jenis file, disediakan ruang penyimpanan memori internal sebesar 16GB. Jika masih terasa kurang, bisa ditambahkan kartu memori di slot kartu microSD eksternal yang mendukung 256GB.

Untuk tampilan grafisnya, disematkan GPU Adreno 308. Ketika dicoba untuk memainkan game berresolusi HD termasuk game 3D, beberapa kali terasa tersendat. Untuk daya tahan hidupnya, Xiaomi Redmi 4A dibekali dengan baterai lithium ion 3.120mAh. Kapasitas baterai ini dinilai memadai untuk mendukung penggunaan smartphone ini seharian penuh.

Untuk kameranya, smartphone ini membawa kamera 13 Megapiksel di bodi belakang dan kamera 5 Megapiskel sebaagai kamera selfie. Saat menggunakan kamera belakang, smartphone ini menyertakan beberapa mode pemotretan. Antara lain : Panorama, Timer, Audio, Manual, Straighten, Beautify, HHT dan Scene.

 

BlackBerry Aurora
BlackBerry Aurora merupakan smartphone Android pertama BlackBerry yang diproduksi oleh BB Merah Putih. Smartphone ini dijual dengan harga Rp3,5 juta. Pembeda utama Aurora dibandingkan smartphone Android besutan BlackBerry lainnya adalah BlackBerry Aurora mendukung dual SIM card dan sudah mengusung OS paling mutakhir Android 7.0 Nougat.

Selebihnya, BlackBerry Aurora BBC100-1 ditenagai chip Qualcomm Snapdragon 425, RAM 4GB dan memori internal 32GB. Layarnya berdiagonal 5,5 inci HD (720p). Pada sektor fotografi, BlackBerry Aurora memiliki kamera utama 13 MP dan kamera depan 8 MP. Kapasitas baterai sebesar 3000mAh, didukung oleh Dual Micro SIM.

 

Blaupunkt Soundphone S2
Sempat hilang di persaingan, Blaupunkt kembali mencoba peruntungan dengan mengeluarkan smarthpone baru Soundphone S2. Smartphone ini sudah ditawarkan lewat jalur pre-order di beberapa ritel online dengan harga Rp2.399.000.

Seperti pendahulunya, Blaupunkt Soundphone S2 datang mengandalkan fitur audio mumpuni. Dibanderol Rp2,4 juta, smartphone ini menawarkan spesifikasi yang tergolong biasa-biasa saja. Di sektor display, smartphone dikemas dennga layar berukuran 5 inci. Sementara untuk mendukung performanya, smartphone didukung oleh prosesor Snapdragon 212 dengan RAM 2GB.

Di sektor pembidik momen, smartphone dibekali kamera belakang 13 MP dan kamera depan 5MP. Adapun untuk menyuplai daya, smartphone ditenagai oleh baterai berkekuatan 4000 mAh. Dalam paket penjualannya, smartphone ini dilengkapi dengan 1 unit Headphone BPA-102.