Dua hape 3 Jutaan Saling Sikut, Realme 7 “Gilas” Vivo V20 SE?

infogadgets.info.ID – Sempat diwarnai kontroversi, lantaran diduga mencomot lagu musisi asal Norwegia bernama Anna Lotterud tanpa izin, Vivo akhirnya tetap merilis hape terbarunya di Tanah Air, salah satunya Seri V20 SE. Kehadiran Vivo V20 SE tentu menjadi senjata pabrikan asal Cina ini untuk tetap eksis di Indonesia khususnya di kelas menengah.

Namun bisa dipastikan niat Vivo itu tidak mudah, pasal banyak produk berkualitas dan kece dibanding Vivo di kelas menengah. Satu diantaranya adalah produk teranyar dari realme, yakni realme 7. Mengusung slogan “64MP Power Master”, realme 7 hadir dengan sederet fitur mumpuni yang kualitasnya tidak kalah dengan Vivo V20 SE.

sponsored

Apa jadinya jika kedua hape ini berhadapan satu sama lain? Tentunya akan terjadi pertarungan yang seru. Tanpa panjang lebar, berikut head to head realme 7 vs Vivo V20 SE.

Layar
Kualitas layar menjadi gerbang pertama pertarungan antara realme 7 dengan Vivo V20 SE. Jagoan realme disokong layar 6.5 inci dengan resolusi 2400×1080 FHD+. Yang membuat realme 7 istimewa, layarnya nampak begitu luas karena memiliki screen-to-body ratio 90.5%.

Saat dioperasikan, layar realme 7 yang memiliki frame rate 90hz, pergerakannya sangat halus. Hal ini terlihat jelas saat infogadgets.info menggeber realme 7, bermain berbagai gim online favorit seperti PUGB menghasilkan pergerakan layar yang Ultra Smooth. Sehingga membuat aktivitas gaming menjadi lebih nyaman.

Tidak hanya itu, untuk keamanan layar realme 7 sudah dilapisi Gorning Gorila Glass 3. Di sisi berlawanan, Vivo V20 SE mencoba bertarung dengan layar berukuran 6.44 inci, beresolusi 1080 x 2400 pixels. Layar jagoan Vivo, dirancang dengan screen-to-body ratio 83.9%, sayang soal keamanan tidak diketahui apakah display V20 SE dilapisi pelindung layaknya realme 7.

Kamera
Jika kamu pencinta selfie Vivo V20 SE mungkin akan menarik hati, karena kamera depannya hadir dengan lensa 32MP, sedangkan kamera depan realme 7 hanya 16MP. Namun untuk kualitas, hasil bidikan kamera depan realme 7 tidak kalah dengan Vivo V20 SE.

Beralih ke kamera belakang. Pada sektor ini, Vivo V20 SE harus bertekuk lutut dengan kamera belakang realme 7. Tidak hanya kalah dari segi jumlah lensa, kualitas kamera belakang Vivo V20 SE juga tidak sebesar realme 7.

Walau datang dari kelas menengah, realme 7 menawarkan pengalaman fotografi level flagship. realme 7 dipersenjati 4 lensa, dimana kamera utamanya sudah 64MP dengan kualitas sensor Sony IMX682.

Sensor Sony IMX682 memiliki kemampuan penginderaan cahaya yang luar biasa, dan dilengkapi dengan sensor ukuran super besar 1/1,73″. Alhasil kamu tidak perlu ragu, saat mengambil foto dalam kondisi kurang cahaya. Selain kamera utama 64MP, terdapat juga lensa wide 8MP, optik BW 2MP dan lensa Macro 2MP.

Bagaimana dengan kamera belakang Vivo V20 SE? Seperti sempat disinggung, kamera belakang Vivo V20 SE, harus kalah dari kompetitornya. Jika memilih Vivo V20 SE, kamu hanya akan mendapatkan 3 kamera belakang dengan komposisi 48MP untuk lensa utama, 8MP untuk lensa wide-angle, dan 2MP untuk depth.

Kinerja
Bagi penggiat gim online, realme 7 hadir dengan amunisi dapur pacu yang begitu menjanjikan. realme menjadi hape pertama di dunia yang mengadopsi chipset gaming MediaTek Helio G95. Karenanya tidak heran infogadgets.info begitu nyaman saat memaksimalkan performa realme 7 dengan bermain gim online.

MediaTek Helio G95, dibuat menggunakan proses 12nm sehingga lebih bertenaga dan efisien. Chipset ini juga dilengkapi dengan dua buah Cortex-A76 berkinerja tinggi hingga 2.05GHz dan enam Cortex-A55 efisiensi tinggi hingga 2GHz, bersama dengan 900MHz Mali-G76GPU.

Komposisi dapur pacu yang begitu menjanjikan, di tambah teknologi layar dengan tingkat respon nan halus, memberi pengalaman bermain gim online yang menyenangkan. Masih soal kinerja, dapur pacu realme 7 mendapat asupan RAM 8GB dengan internal memori 128GB, plus slot eksternal MicroSD hingga 256GB.

Sementara itu, dalam pertarungan kali ini kinerja Vivo V20 SE bertumpu kepada prosesor chipset Snapdragon 665. Dapur pacu Vivo V20 SE juga sudah debekali RAM 8GB plus internal memori 128GB.

Daya tahan
Masalah daya tahan tidak boleh dikesampingan dalam pertarungan realme 7 dengan Vivo V20 SE. Tanpa banyak basa-basi, bisa dikatakan unggul dalam pertarungan di sektor daya tahan. Kenapa? Karena Realme 7 memiliki baterai yang jauh lebih besar dibanding Vivo V20 SE.

realme 7 maju ke “medan” pertempuran kali ini dengan mengusung baterai 5000mAh. Ukuran baterai 5000mAh menjadikan realme 7 sebagai salah satu hape dengan catu daya terbesar yang edar di pasaran saat ini. Tidak hanya besar, baterai realme 7 juga terbilang awet.

Yup, saat diuji infogadgets.info dengan menjalankan berbagai fitur secara stimultan, salah satunya menggeber realme 7 menonton YouTube 1 jam, dilanjut bermain gim 2 jam nonstop, baterai hape ini hanya berkurang sekitar 10% dari total 100%.
Asiknya lagi, walau memiliki baterai besar kamu tidak perlu waktu lama untuk mengisi daya realme 7, lantaran hape ini sudah dipersenjatai pengisian cepat 30W Dart Charge yang sudah ditingkatkan. Baterai 5000mAh milik realme 7 dapat diisi hingga 100% dalam 65 menit.

Bagaimana dengan Vivo V20 SE? Daya tahan Vivo V20 SE bertumpu pada baterai 4100mAh, plus dukungan teknologi pengisian cepat. Sama-sama mengunggulkan pengisian cepat namun dari segi kapasitas sudah terlihat jika Vivo V20 SE harus berjiwa besar, mengakui keunggulan realme 7.

Kesimpulan

Di lego pada kisaran 3 jutaan, realme 7 dan Vivo V20 SE, menjadi hape terbaru yang bertarung di segmen menengah. Keduanya hadir dengan daya pikat masing-masing, yang harus diakui begitu menggoda. Hanya saja jika berhadapan langsung satu sama lain, terlihat jelas jika realme 7 memiliki nilai plus di banding Vivo V20 SE.

Setidaknya dari empat indikator di atas realme unggul, mulai dari sektor layar, dapur pacu, hingga daya tahan baterai. Pertarungan sengit ada disektor kamera. Vivo sedikit unggul di kamera depan, namun langsung dibayar “kontan” oleh realme 7 dengan kualitas dan performa kamera belakangnya. Sama-punya banderol harga Rp 3,999,000 namun bicara soal best value, kamu pilih yang mana nih!!