9 Fitur Baru di Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus

fitur samsung galaxy s9Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus dibekali fitur kamera lebih canggih

infogadgets.info.id – Akhirnya smartphone flagship terbaru Samsung pada tahun ini resmi diumumkan. Yaitu Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus. Mungkin yang pertama kali ditanyakan, apa saja fitur baru dari smartphone Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus ini ?

Pastinya kedua smartphone terbaru Samsung ini membawa sejumlah fitur baru yang dijadikan daya tarik. Di samping tentu spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan seri Galaxy S8. Setidaknya ada 9 yang baru yang dibawa Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus.

Baca juga : Hp Samsung Galaxy S9 Plus Muncul di Antutu Benchmark, Berapa Skornya?

Multi Frame Image Processing
Bisa dibilang ini adalah salah satu fitur Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus yang dijagokan. Fitur Multi Frame Image Processing akan memproses beberapa foto yang diambil sekaligus, agar bisa menghasilkan hadil foto yang tajam, minim noise dan dengan kualitas terbaik. Ini tidak lepas dari peran Image Signal Processor yang baru yang ada di smartphone ini.

Menggunakan DRAM pada sensor kameranya, membuat Samsung Galaxy S9 bisa melakukan empat kali shot kamera dengan kecepata yang jepretan yang juga lebih cepat empat kali. Di mana pada empat kali shot kamera tersebut, kamera bisa menangkap beberapa gambar sekaligus.

Fitur Multi Frame Image Processing bisa menangkap 12 foto sekaligus. Kemudian dengan software khusus, dari tiap 12 foto tersebut akan dikumpulkan detil foto untuk bisa menghasilkan hasil foto terbaik.

Automatic Slow Motion Video
DRAM yang ada di sensor kamera ternyata juga menghasilkan kemampuan lain pada kamera. Selain membuat kamera bisa merekam super slow motion video, fitur Samsung Galaxy S9 ini bisa menangkap frame foto empat kali lebih banyak dibandingkan Galaxy S8, termasuk bisa melakukan perekam video secara slow motion dari 240 fps hingga 960 fps pada resolusi 720p HD.

Canggihnya lagi, Galaxy S9 akan melakukan perekaman slow motion video secara otomatis. Yang perlu dilakukan pengguna, hanya menekan tombol shot kamera untuk merekam, selanjutnya smartphone ini yang akan menentukan adegan mana yang akan direkam secara slow motion.

Begitu berhasil merekam video slow motion, video tersebut akan disimpan di folder kamera. Menariknya, video slow motion ini dilengkapi efek Preset untuk memutar ke depan atau putar ke belakang. Selain bisa ditampilkan dengan gerakan dipercepat atau diperlambat. File video slow motion ini juga otomatis akan diberikan background music. Di mana background music ini bisa diganti dengan musik lainnya.

Mechanical Aperture
Fitur kamera memang begitu ditonjolkan Samsung Galaxy S9. Ini kembali dibuktikan dengan dilengkapinya kamera dengan fitur Mechanical Iris. Dengan fitur ini membuat kamera bisa bekerja dengan dua aperture atau bukaan kamera, yang saling bergantian.

Ada aperture f/2.4 yang akan bekerja pada objek foto yang terang, sehingga tidak menghasilkan foto yang terlalu silau. Ada juga aperture f/1.5 dengan bukaan lensa yang lebih lebar, yang akan bekerja pada kondisi low light atau minim cahaya. Kamera di Galaxy S9 bisa menghasilkan foto pada kondisi low loght, lebih terang 28% dibandingkan kamera di Galaxy S8.

Hebatnya lagi, jika fitur Auto Mode diaktifkan, smartphone ini akan secara otomatis memilih aperture yang akan aktif bekerja disesuaikan dengan kondisi objek foto. Namun pada fitur Pro mode, pengguna bisa memilih sendiri beberapa pilihan aperture yang disediakan.

Augmented Reality Emoji
Fitur emoji ini memungkinkan pengguna untuk membuat tampilan wajah dengan bentuk 3 dimensi (3D). Pengguna bisa mengkostumisasi atau mengubah-ubah tampilan rambut, warna kulit, baju hingga aksesoris.

Ketika AR Emoji selesai dibuat, pengguna bisa memotret foto atau merekam video dengan emoji itu. Setelah selesai, emoji tersebut bisa disimpan dalam tampilan animasi GIF. Uniknya lagi, emoji itu juga bisa ditampilan keyboard di smartphone ini, jadi bisa digunakan saat chatting , kirim email dan lainnya.

fitur samsung galaxy s9

Snapdargon 845 + Gigabit LTE
Untuk performanya, Samsung Galaxy S9 mengandalkan prosesor terbaru buatan Qualcomm, yaitu Snapdragon 845. Meski juga ada versi yang menggunakan prosesor buatan Samsung sendiri, yaitu Exynos 9810.

Selain membuat kinerja smartphone jadi makin cepat, keunggulan lain prosesor terbaru ini yaitu sudah mendukung akses internte berbasiskan LTE Cat 18. Ini memungkinkan smartphone bisa mendownload dengan kecepatan hingga 1,2 Gbps. Ini membuat Galaxy S9 menjadi smartphone yang mendukung akses internet paling cepat untuk saat ini.

Dual Camera
Untuk seri Galaxy S9 Plus, sudah dilengkapi dengan dual camera atau kamera ganda di bodi belakang. Kamera ganda tersebut terdiri dari kamera 12 Mpix wide angle dengan dual aperture (yang juga ada di Galaxy S9), dan juga kamera 12 Mpix telephoto dengan aperture F/2.4. Kedua kamea ini juga sudah dilengkapi dengan fitur Optical Image Stabilization, dan tentunya bisa mengasilkan foto bokeh.

Harman Kardon + Dolby Stereo Speakers
Samsung sudah mengakuisi produsen audio ternama, Harman Kardon pada tahun lalu. Dan Samsung pun menyematkan kemampuan audio terbaik Harman Kardon pada smartphonenya. Termasuk di seri Galaxy S9 ini. Speaker yang ada di bodi bawah dan yang ada di atas layar, kini sudah disokong audio Harman Kardon.

Speaker ini lebih kencang 1,4 kali dibandingkan speaker yang ada di Galaxy S8. Bahkan Samsung menyebut speaker di Galaxy memberikan suara audio premium yang mengagumkan. Ini lantaran Samsung juga menjalin kerjasama dengan Dolby untuk menambahkan codec Atmos di Galaxy S9. Ini membuat speaker mampu mengeluarkan spatial audio sehingga suara terdengan lebih surround.

Intelligent Scan
Pada Samsung Galaxy S8 disediakan tiga fitur keamanan biometri , yaitu fingerprint, iris scanner dan face unlock. Fitur iris scanner dan face unlock akan bekerja dengan baik jika kondisi cahay di sekitar cukup terang.

Iris Scanner di Galaxy S8 biasanya tidak akan bekerja baik ketika berada di luar ruang dan posisi sinar matahari menghadap ke iris scanner. Kebalikan dengan Face unlock yang akan bekerja baik pada cahaya yang terang, tapi kurang baik saat kondisi kurang cahaya.

Di Galaxy S9, Samsung mengkombinasikan kemampuan iris scanner dan face unlock, melalui fitur Intelligent Scan. Jadi saling melengkapi satu sama lain. Intelligent Scan menggunakan Iris Scanner sebagai fitur utama untuk keamanan tingkat tinggi, misalnya untuk aplikasi bank atau Samsung Pay. Sedangkan Face Unlock lebih digunakan untuk pengunjian layar smartphone ini.

Baca juga : Samsung Galaxy S9, Jadi Generasi Terakhir Keluarga Seri S?

Fingerprint Sensor Position

Pada Samsung Galaxy S8, Galaxy S8 Plus, or Galaxy Note 8, fingerprint scanner diletakkan pada posisi yang dibilang aneh, yaitu berada persisi di sebelah samping kamera pada bodi belakang. Nah, di Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus, fingerprint scanner dipindahkan ke posisi yang semestinya. fingerprint scanner kini ada di sisi tengah pada bodi belakang, dan persisi berada di bawah lensa kamera. Posisi fingerprint ini dirasa pas untuk digunakan baik dengan tangan kiri maupun tangan kanan.