3 Hape Pesaing Pocophone F1 di Indonesia, Juga Pakai Prosesor Snapdragon 845

GagdetSquad.id – Pasar smartphone di Indonesia baru saja kedatangan hape merek baru, yaitu Pocophone F1. Ini adalah sub brand atau bisa disebut ‘adiknya’ Xiaomi. Makanya dalam tagline tercantum Pocophone by Xiaomi. Kehadiran Pocophone F1 sempat membuat heboh karena dibekali beberapa spek yang tinggi, salah satunya diperkuat prosesor Snapdragon 845, tapi harganya terbilang murah. Padahal ada beberapa hape yang juga diperkuat prosesor Snapdragon 845 yang sudah hadir sebelumnya. Apakah hape ini bisa menjadi pesaing Pocophone F1 di Indonesia ?

pocophone f1 di indonesia (3)

Baca juga : Resmi Dirilis, Ini Spesifikasi dan Harga Pocophone F1 di Indonesia

Asus Zenfone 5Z

Asus resmi menjual Hp terbaru lainnya di Indonesia yaitu Hp Asus Zenfone 5 5z. Ini merupakan Hp flagship dari Asus, karena tidak hanya membawa sederet fitur lengkap, tapi juga spesifikasi yang lebih tinggi. Jadi Hp terbaru ini layak untuk dijadikan sebagai Hp jagoan. Harga Asus Zenfone 5z terbilang miring untuk seukuran smartphone yang membawa spesifikasi yang cukup tinggi

Hp flagship pesaing Pocophone F1 di Indonesia ini dijual dengan 2 pilihan harga yang berbeda. Ini disesuaikan dengan besarnya kapasitas RAM dan memori internal yang juga tersedia dalam 2 varian. Varian yang pertama yaitu Asus Zenfone 5z dengan RAM 6GB dan memori internal 128 GB yang dibanderol seharga Rp 6.699.000. Sedangkan harga Asus Zenfone 5z dengan RAM 8 GB dan memori internal 256 GB, yaitu sebesar 7.499.000.

Untuk kinerjanya, Asus Zenfone 5z diperkuat prosesor 14nm Qualcomm Snapdragon 845, Octa-Core Prosessor. Fitur fotografinya dilengkapi dual camera di bodi belakang, yang terdiri dari kamera 12Mpix (F1.8, Sony IMX363 sensor with large 1.4μm pixels, Photo OIS / video EIS, 78 degree view angle, 6-element lens) dan kamera 8MP (F2.2 120-degree wide angle lens).  Kamera ini juga dilengkapi fitur Night HDR & Ultra Wide View

Untuk kamera depannya terdapat kamera 8Mpix (F2.0, 4-element lens, 84 degree view angle). Baik kamera depan dan belakang dilengkapi fiturAI Scene Detection in 16 Types dan AI Photo Learning.

pocophone f1 di indonesia (1)

Layar smartphone Asus ini berukuran 6.2-inch Full HD+, 19:9 All-screen Super IPS+. Selain itu juga dilengkapi fitur keamanan  Face unlock dan 0.3 second Fingerprint Unlock. Dan untuk daya tahannya, Asus Zenfoen 5Z yang menjadi pesaing Pocophone F1 di Indonesia ini dibekali baterai berkapasitas 3300 mAh with BoostMaster & AI Charging

OPPO Find X

Tampilan OPPO Find X terlihat mewah. Terlihat dari layarnya yang begitu luas, yang menutupi hampir seluruh sisi depan, dan hanya menyisakan sedikit sekali bezel.  Layar luas ini berukuran 6,4 inci dengan screen to body ratio mencapai 93,8%.

Oppo Find X juga bisa mejadi pesaing Pocophone F1 Pocophone F1 di Indonesia dari sisi prosersor. OPPO Find X dibekali prosesor Qualcomm Snapdragon 845 yang dipadukan dengan RAM 8GB dan ROM 256GB. Untuk sistem operasinya perangkat ini dilengkapi dengan Color OS 5.1 yang didasarkan pada Android 8.1. Sistem operasi ini terintegrasi dengan AIE engine dari prosesor Snapdragon 845 yang dilengkapi dengan Qualcomm Hexagon 685 DSP.

Pada sektor fotograpinya, Oppo memiliki mekanisme kamera baru yang diberi nama Stealth 3D Camera. Mekanisme ini membuat kamera Oppo Find X muncul dari bagian atas perangkat pada saat digunakan. Pada Stealth 3D Camera tersebut modul 3D Structured Light yang terdiri atas Flood Illuminator, Infrared Camera, Proximity Sensor, Dot Projector, Reciever, dan RGB Camera.

pocophone f1 di indonesia (2)

Oppo Find X menyematkan kamera 16 MP dan 20 MP dengan sensor IMX 519 dan IMX 376k. Sedangkan untuk kamera selfienya perangkat ini dibekali dengan kamera beresolusi 25 MP dengan sensor IMX 576. Hal lain yang menarik dari Hidden Pop-Up Camera Sytem. Jadi saat pengguna menggunakan kamera, bila sewaktu terjatuh maka sensor kamera akan bekerja dan menutup secara otomatis.

Smartphone pesaing Pocophone F1 di Indonesia ini mengadopsi system operasi Android Oreo 8.1. Dan untuk daya tahan hidupnya, Hp ini dibekali dengan baterai berkapasitas 3.730 mAh. Selain itu juga dibekali dengan fitur fast charging khas OPPO yaitu VOOC.

Resmi masuk pasar indonesia harga Oppo Find X dijual dengan harga cukup tingggi. Yaitu Rp. 12.999.000,- untuk versi RAM 8GB / ROM 256GB. Perangkat flagship terbaru Oppo ini sudah bisa dipesan melalui Pre-Order mulai tanggal 18 – 30 Juli 2018 di Oppo store terpilih dan Lazada dengan dua pilihan warna Glacier Blue & Bordeaux Red.

Baca juga : Kekurangan Pocophone F1 dari Segala Kelebihan dan Harga Murahnya

LG G7+ ThinQ

Jarang terdengar kabarnya di pasar smartphone, LG baru saja meluncurkan secara resmi smartphone seri flagship terbarunya di Indonesia. Yaitu Hp LG G7 plus ThinQ.

Ini merupakan Hp pertama keluaran LG yang dilengkapi teknologi Artificial Intelligence (AI). Fitur yang sudah didukung teknologi AI ini diantaranya yaitu fitur kamera. Ini membuat kamera pada Hp LG G7+ ThinQ bisa mendeteksi subjek yang akan dipotret, kemudian akan menyesuaikan pengaturan kameranya agar hasil foto yang dihasilkan lebih maksimal.

Kamera di Hp LG G7 plus ThinQ ini bisa mendeteksi hingga 19 mode pemotretan yang disesuaikan dengan subjek foto. Kamera di Hp ini juga akan secara otomatis menyarankan menggunakan mode Super Wide Angle Camera ketika sedang memotret lebih dari 4 orang.

Hp LG G7+ ThinQ sendiri dilengkapi dual camera di bodi belakang. Kamera ganda ini memiliki resolusi 16 Mpix + 16 MPix. Selain mampu memotret wide angle, dual camera ini juga bisa digunakan untuk menghasilkan foto bokeh, yaitu foto dengan latar belakang blur. Untuk melakukan foto selfie, disediakan kamera depan beresolusi 8MP.

Untuk tampilan layarnya, Hp yang bisa menjadi pesaing Pocophone F1 ini di Indonesia ini menggunakan layar LCD IPS berukuran 6,1 inci. Ketajamannya mencapai resolusi QHD+ (1440 x 3120 piksel). Desain layarnya juga sudah mengikuti tren kekinian, yaitu layar luas dengan aspect ratio 19.5:9, serta memiliki notch di bagian atas layar. Mirip dengan desain iPhone X. Pada bagian notch ini terdapat kamera depan, speaker, dan sensor.

Tapi ada yang bereda dari desain Hp LG G7 plus ThinQ. Tidak seperti Hp lain yang berdesain mirip, bagian notch pada Hp terbarunya ini bisa diatur agar tidak terlihat. Fitur lain yang juga diandalkan LG G7+ ThinQ yaitu Boomox Speaker. Di mana speaker di Hp pesaing Pocophone F1 di Indonesia  ini sudah diperkuat Hi-Fi Quad DAC dan DTS:X, yang membuat suara yang keluar dari speaker berkualitas tinggi.

Kinerja Hp LG terbaru ini disokong prosesor terbaru Qualcomm Snapdragon 845. Sedangkan untuk kapasitas RAM-nya, LG G7+ ThinQ tersedia dakam dua pilihan. Yaitu varian dengan RAM 4GB + memori internal 64GB, dan varian RAM 4GB + memori internal 128GB. LG juga menyediakn slot microSD hingga kapasitas 400 GB pada Hp ini.

Tidak hanya kemampuan fiturnya saja yang membuat decak kagum. Hp ini juga tampil dalam desain yang elegan. Bahkan bodinya pun dijamin kuat, karena sudah dilapisi bahan Gorilla Glass 5 di bagian depan dan belakangnya, sehingga tidak akan tergores benda tajam sekalipun. Terlebih lagi Hp G7+ ThinQ sudah mengantongi sertifikasi MIL-STD-810 dan IP68, yang berarti tahan terhadap debu dan air.

Untuk harganya , LG G7+ ThinQ dibanderol seharga Rp11.499.000. Harga yang terbilang cukup mahal. Dan hanya iPhone X (Rp14 juta) dan Samsung Galaxy S9  (RAM 4 GB + memori internal 64 GB > Rp11.499.000) saja yang mampu menandingi harga LG G7+ ThinQ.

Sebenarnya ada 3 smartphone lainnya yang juga mengusung prosesor Snapdragon 845 dan bisa menjadi pesaing Pocophone F1 di Indonesia. Yaitu Samsung Galaxy Note 9 yang baru saja meluncur di Indonesia, serta juga ada Samsung Galaxy S9 & Samsung Galaxy S9+. Tapi untuk varian ketiga smartphone Samsung tersebut yang dipasarkan di Indonesia, tidak menggunakan prosesor Snapdragon 845, tapi diperkuat prosesor prosesor Exynos 9810 Octa core .