Home GadgetSmartphone Redmi 9C vs realme C12 vs Honor 9C: Perbandingan Spesifikasi
Redmi 9C

Redmi 9C vs realme C12 vs Honor 9C: Perbandingan Spesifikasi

by infogadgets Indonesia

infogadgets, Jakarta – Perang ponsel entry-level menjadi besar, terutama berkat Xiaomi dan realme. Setiap kali salah satu dari dua perusahaan ini meluncurkan perangkat entry-level yang hebat, satu sama lain menghasilkan perangkat yang lebih baik.

Yang terbaru adalah realme C12 yang baru saja diumumkan dengan baterai yang sangat besar dengan harga yang sangat terjangkau. Kami pikir inilah saatnya untuk membandingkannya dengan level pemula Xiaomi terbaru untuk menentukan apakah itu memiliki nilai uang yang lebih tinggi atau tidak: kami jelas berbicara tentang saingan langsung Redmi 9C . Dan jangan lupakan Honor yang juga mengeluarkan seri entry-levelnya, meski di Indonesia tidak diluncurkan. So! menilik kisaran harga realme C12, yang paling cocok untuk perbandingan ini adalah Honor 9C.

Baca juga: realme C3 vs Redmi 8 : Lebih Nyaman dan Unggul Mana?

Redmi 9C

Desain

Meskipun merupakan perangkat yang lebih tua, Honor 9C memiliki desain paling cantik dan futuristik. Ini adalah satu-satunya perangkat dari trio ini yang menampilkan punch-hole. Tidak semua orang menyukai punch-hole di sudut kiri atas layar, tetapi ini dianggap sebagai solusi yang lebih modern dan tidak terlalu invasif untuk notch yang ditemukan pada realme C12 dan Redmi 9C. Honor 9C juga hadir dengan modul kamera yang tidak terlalu invasif, meskipun para pesaingnya lebih trendi karena terlihat seperti jajaran iPhone 11. Realme C12, Redmi 9C, dan Honor 9A memiliki fitur pembaca sidik jari dan jack audio 3,5 mm, itu luar biasa.

Layar

Masing-masing perangkat mendapatkan tampilan di bawah rata-rata dengan resolusi HD+. Anda tidak mendapatkan detail tingkat tinggi, tetapi panel IPS cukup untuk penggunaan sehari-hari. Dengan Redmi 9C, Anda bahkan mendapatkan kecerahan yang tinggi. Namun secara keseluruhan, perbedaan antara ketiga panel ini hanya marjinal. Anda sebaiknya membuat pilihan dengan mengevaluasi aspek lain dari perangkat ini. Sayangnya, kami belum bisa menguji tampilan realme C12 karena baru debut dan baru diluncurkan di Indonesia. Namun di atas kertas, Redmi 9C tampak sedikit lebih baik dan juga hadir dengan panel yang sedikit lebih lebar.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Chipset MediaTek Helio G35 yang terdapat pada Redmi 9C dan realme C12 sebenarnya lebih bertenaga daripada Kirin 710A yang terdapat pada Honor 9C. Perangkat ini juga lebih efisien karena dibangun di atas proses produksi 12 nm yang lebih baik. Tetapi dengan Honor 9C, Anda bisa mendapatkan jumlah RAM yang lebih tinggi, jadi prosesor yang lebih rendah bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan. Antara realme C12 dan Redmi 9C pada dasarnya seri, kecuali jika menyangkut penyimpanan internal: Redmi 9C naik hingga 64GB, sementara realme C12 berhenti di 32 GB. Dalam setiap perangkat, Anda mendapatkan OS Android 10.

Kamera

Ponsel kamera terbaik di sini adalah Honor 9C, tidak diragukan lagi. Honor 9C memiliki sensor utama yang jauh lebih baik dengan resolusi 48 MP dan aperture fokus f / 1.8 yang cerah. Lebih lanjut, tidak seperti realme C12 dan Redmi 9C, perangkat tersebut mengemas sensor sekunder ultrawide. Bahkan kamera selfie-nya lebih bagus, dengan resolusi 8 MP dan aperture fokus f / 2.0. Tidak ada tantangan yang berarti, Honor 9C adalah ponsel kamera unggulan di semua skenario. Antara realme C12 dan Redmi 9C, sekali lagi ini adalah hasil imbang di atas kertas: mereka menampilkan sensor yang sama.

Baterai

realme C12 memiliki salah satu baterai terbesar di segmen entry level, dengan kapasitas 6000 mAh. Dan itu jelas bertahan lebih lama dengan sekali pengisian daya daripada Redmi 9C dan Honor 9C. Medali perak diraih oleh Redmi 9C dengan baterai 5000 mAh-nya. Namun meski kalah perbandingan, Honor 9C tetap memberikan daya tahan baterai yang baik berkat baterai 4000 mAh-nya. Sayangnya, tidak ada perangkat ini yang mendukung pengisian cepat. Namun realme C12 memiliki fitur reverse charging, sehingga bisa digunakan sebagai power bank untuk mengisi daya perangkat lain.

Baca juga: Redmi 9C vs Redmi 9A vs Redmi 9: Perbandingan Spesifikasi

Harga

Sebenarnya realme C12, Redmi 9C, dan Honor 9C semuanya dibandrol di bawah Rp 2 jutaan. Tapi realme C12 sedikit lebih terjangkau. Dan meskipun lebih terjangkau, ini adalah handset favorit saya dari perbandingan ini karena menawarkan baterai yang lebih besar, pengisian daya terbalik, dan perangkat keras yang hebat. Di atas kertas, Redmi 9C merupakan Realme C12 dengan baterai yang lebih kecil. Sebaliknya, Honor 9C sangat menarik karena memiliki fitur kamera yang jauh lebih baik, serta desain yang lebih cantik. Namun jika menyangkut spesifikasi lainnya, perangkat tersebut kalah bersaing dengan realme C12 dan Redmi 9C. Kami akan memilih realme C12, tetapi banyak orang lebih memilih Honor 9C karena sangat sulit menemukan kamera yang bagus di segmen harga itu sayangnya tidak masuk pasar Indonesia.

 

Berita Lainnya

Leave a Comment