Home GadgetSmartphone Redmi 10 Prime vs Samsung Galaxy M12: Perbandingan Spesifikasi
Samsung Galaxy M12

Redmi 10 Prime vs Samsung Galaxy M12: Perbandingan Spesifikasi

by infogadgets Indonesia

infogadgets, Jakarta – Untuk pecinta ponsel terjangkau, debut Redmi 10 Prime di pasar adalah salah satu hal terindah. Perangkat ini membawa spesifikasi kelas menengah yang hebat dengan harga yang sangat terjangkau, tetapi ada banyak perangkat dalam kisaran harga yang sama. Bahkan Samsung merilis beberapa handset di segmen low-end: salah satu yang terbaru adalah Galaxy M12. Apakah Redmi 10 Prime menawarkan nilai uang yang lebih tinggi daripada Samsung Galaxy M12? Perbandingan antara spesifikasi mereka ini akan memberikan ide ketika Anda membelinya.

Baca juga: Redmi Note 10 vs Redmi Note 10S vs Redmi Note 10 5G: Perbandingan Spesifikasi

Redmi 10 Prime

Desain

Redmi 10 Prime tidak diragukan lagi merupakan perangkat paling modern dan paling menarik dalam hal desain. Berbeda dengan Samsung Galaxy M12 yang hadir dengan poni waterdrop, Redmi 10 Prime memiliki punch hole di bagian layar untuk kamera depan. Perangkat ini memiliki bezel yang lebih sempit di sekitar layar dan berkat itu, ini adalah perangkat yang lebih ringkas. Desain belakang mengingatkan kami pada Xiaomi Mi 10 Ultra, dengan rona warna gradien dan modul kamera serupa. Kedua ponsel memiliki sensor sidik jari yang dipasang di samping untuk otentikasi dan dibuat dengan polikarbonat. Perhatikan bahwa Redmi 10 Prime memiliki bodi anti debu dan anti cipratan, sedangkan Samsung Galaxy M12 tidak. Apakah Anda setuju dengan pendapat kami atau menurut Anda Samsung Galaxy M12 memiliki desain yang lebih menarik?

Layar

Spesifikasi layar ini tidak jauh berbeda. Redmi 10 Prime dan Samsung Galaxy M12 memiliki diagonal layar 6,5 inci, resolusi Full HD+ 1080 x 2400 piksel, dan kecepatan refresh 90 Hz. Namun, Samsung Galaxy M12 memiliki panel PLS yang merupakan panel inferior dalam hal kualitas gambar. Lebih lanjut, Redmi 10 Prime memiliki perlindungan Gorilla Glass 3 oleh Corning yang membuat kaca depan lebih kokoh. Last but not least, Redmi 10 Prime memiliki speaker stereo bukan speaker mono, sehingga daya audio lebih baik.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Apakah Anda membutuhkan ponsel yang paling kuat dan tercepat? Kemudian ambil satu unit Redmi 10 Prime. Platform mobile Mediatek Helio G88 yang terpasang pada perangkat ini memiliki kinerja CPU dan GPU yang lebih baik, sehingga dapat memberikan Anda pengalaman pengguna yang lebih cepat dalam aktivitas normal dan bahkan dalam sesi game. Selanjutnya, Anda bisa mendapatkan lebih banyak RAM dengan Redmi 10 Prime, konfigurasi memorinya menawarkan RAM hingga 6GB, sementara Samsung Galaxy M12 menyediakan maksimal 4GB. Di sisi lain, Samsung Galaxy M12 memiliki prosesor yang dibangun dengan proses produksi yang lebih baik (8 nm) yang mengkonsumsi lebih sedikit energi. Galaxy M12 juga menjalankan One UI Core, versi tercerahkan dari One UI untuk perangkat kelas bawah yang memberikan kinerja lebih baik.

Kamera

Meski Samsung menghasilkan kamera terbaik, Redmi 10 Prime memiliki departemen kamera yang lebih baik. Sensor utama jauh lebih baik dengan resolusi 50 MP dan aperture fokus f/1.8. Bahkan kamera ultrawide lebih unggul dengan resolusi 8 MP. Last but not least, ponsel ini menyediakan kamera depan dengan aperture fokus yang lebih cerah (f/2.0).

Baca juga: Samsung Galaxy A52s vs OPPO Reno6 vs Realme GT Master: Perbandingan Spesifikasi

Baterai

Redmi 10 Prime dan Galaxy M12 adalah ponsel baterai yang sangat bagus, tetapi jika Anda menginginkan yang terbaik, maka Redmi 10 Prime kembali menjadi pemenangnya. Meski proses produksi SoC-nya inferior, Redmi 10 Prime mampu memberikan daya tahan baterai lebih lama karena memiliki baterai 6000 mAh yang lebih besar. Bahkan mendukung pengisian terbalik, sehingga Anda dapat menggunakannya sebagai bank daya.

Harga

Harga awal Redmi 10 Prime di pasar Kisaran harga Rp 2,4 jutaan, sedangkan Samsung Galaxy M12 dibanderol dengan harga Rp 2,2 jutaan dalam varian paling bawah. Mengingat Redmi adalah ponsel yang jauh lebih baik, kami menyarankan Anda untuk membelanjakan lebih banyak dan mendapatkannya daripada Galaxy M12, setidaknya dengan harga sebenarnya. Anda akan mendapatkan chipset yang lebih kuat, kamera yang lebih baik, dan baterai yang lebih besar.

Berita Lainnya

Leave a Comment