Home GadgetSmartphone Realme X50 Pro vs Xiaomi Mi 10 vs Samsung Galaxy S20 : Semua Berkualitas?
Realme X50 Pro

Realme X50 Pro vs Xiaomi Mi 10 vs Samsung Galaxy S20 : Semua Berkualitas?

by infogadgets Indonesia

infogadgets, Jakarta –  Meskipun MWC 2020 dibatalkan karena wabah coronavirus, realme X50 Pro 5G akhirnya resmi diluncurkan secara global. Ponsel ini membawa semua kekuatan seperti chipset terbaru Qualcomm, jaringan 5G, dan teknologi pengisian tercepat ke pasar dengan harga yang sangat terjangkau.

Saat ini kami jadi berpikir untuk membandingkan spesifikasinya dengan varian standart dari Xiaomi dan Samsung.

Kami tidak hanya ingin mengetahui seberapa jauh potensi yang ditawarkan oleh realme X50 Pro 5G tapi juga apa yang ditawarkan sebanding dengan harganya.

Itupun jika Anda ingin mengetahui  siapa yang lebih unggul secara spesifikasi antara Realme X50 Pro 5G, Xiaomi Mi 10 dan Samsung Galaxy S20.

Baca juga : Samsung Galaxy S20 vs Galaxy S20+ vs Galaxy S20 Ultra: Apa Bedanya?

Berikut perbandingannya ketiganya;

Realme X50 Pro 5G

Desain

realme X50 Pro 5G akan dibandingkan dengan varian Xiaomi Mi 10 dan Samsung Galaxy S20 standart (varian paling murah). Namun kalau dilihat ketiganya sudah pasti menawarkan desain yang premium dengan kualitas yang baik, namanya juga ponsel flagship. Ketiganya datang dengan desain layar punch-hole, tetapi hanya realme X50 Pro 5G yang memiliki punch-hole ganda. Itulah yang membuat Xiaomi Mi 10 dan Samsung Galaxy S20 lebih terlihat elegan dan minimalis.

Kami menganggap Xiaomi Mi 10 perangkat yang lebih indah dengan layar melengkung dan modul kamera yang lebih kecil, tetapi Samsung Galaxy S20 lebih kompak dan yang tidak dimiliki kedua kompetitornya adalah kemampuan tahan air karena sudah memiliki sertifikasi IP68.

Last but not least, Galaxy S20 juga memiliki perlindungan Gorilla Glass 6 untuk bagian depan dan belakang sedangkan lainnya hanya Gorilla Glass 5. Jadi menurut kami menjadi perangkat dengan kualitas build terbaik.

Layar

Samsung Galaxy S20 sudah pasti memenangkan perbandingan layar, meskipun panel Dynamic AMOLED-nya memiliki dimensi paling kecil dibandingkan keduanya. Lebih lagi memiliki resolusi Quad HD+, sehingga tingkat detail jauh lebih tinggi.

Lebih lanjut, Galaxy S20 memiliki kecepatan refresh tertinggi dengan 120 Hz. Ini yang membuat Samsung Galaxy S20 dapat memberikan kualitas gambar yang luar biasa secara keseluruhan.

Sedangkan buat kompetitornya, ini akan menjadi pertarungan yang sulit antara realme X50 Pro 5G dan Xiaomi Mi 10 karena mereka memiliki spesifikasi tampilan yang hampir sama. Saat ini kami tidak dapat memberikan Anda pendapat definitif karena kami tidak menguji kedua ponsel tersebut.

Baca juga : Mewah, Begini Tampilan Galaxy Z Flip Edisi Thom Browne

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Ketiga perangkat ini memiliki chipset terbaik, kecuali Samsung Galaxy S20 versi Indonesia yang menggunakan SoC Exynos 990 SoC.

Ketiga perangkat ini memiliki RAM LPDDR5 dan penyimpanan UFS 3.0, jadi sudah tentu kecepatan dan kinerja akan menjadi luar biasa. Xiaomi Mi 10 dan realme X50 Pro 5G menawarkan penyimpanan internal 256GB tanpa slot microSD, sementara Samsung Galaxy S20 hanya hadir dalam konfigurasi 128GB namun di support dengan slot microSD.

Ketiganya sudah menjalankan Android 10 yang dikombinasikan dengan interface masing-masing. kami sangat yakin kinerja yang ditawarkan ketiga memiliki tingkatan yang sama. dan apapun yang dipilih memiliki performa yang luar biasa.

Kamera

Di atas kertas, Xiaomi Mi 10 menawarkan sensor utama paling mengesankan pada kamera belakangnya. Tetapi tidak memiliki sensor telefoto dan sensor sekunder sehingga tidak begitu menakjubkan. Samsung Galaxy S20 memang tidak memiliki sensor 108 MP yang luar biasa, tetapi dilengkapi dengan sensor sekunder yang jauh lebih baik dan lensa telefoto dengan 3x optical zoom.

Kami tidak dapat memberikan jawaban yang pasti untuk foto sebelum kami dan tim mencobanya, karena saat ini yang kami lakukan hanya perbandingan spesifikasi di atas kertas, sehingga Anda harus menunggu kami atau siapa pun untuk menguji perangkat ini secara menyeluruh.

Sedangkan realme X50 Pro 5G memiliki kamera belakang yang lebih rendah, tetapi ia hadir dengan kamera depan ganda yang sangat menarik dengan sensor ultrawide.

Baterai

Meskipun merupakan varian standart, Xiaomi Mi 10 memiliki baterai dengan kapasitas 4780 mAh. Lebih besar dari Realme X50 Pro 5G dan Samsung Galaxy S20. Selanjutnya, Xiaomi Mi 10 memiliki fastest wireless charging technology dengan daya 30W. Realme X50 Pro 5G mengambil medali perak dengan baterai 4200 mAh dan teknologi fastest wireless charging (65W, dari 0 hingga 100% dalam 35 menit),

Baca juga : Hands-On realme C3 : Ponsel Gaming Murah

Harga

Realme X50 Pro 5G harga kisaran Rp 9 jutaan untuk Xiaomi Mi 10 mulai dari Rp 8 jutaan, sedangkan Samsung Galaxy S20 akan mulai dari Rp 12,9 jutaan. Di atas kertas, Xiaomi Mi 10 dan Samsung Galaxy S20 adalah perangkat yang lebih canggih. Yang pertama menawarkan baterai yang lebih besar dan kamera dengan spesifikasi yang bagus, apalagi Galaxy S20 yang tahan dengan air dan bahkan dilengkapi dengan tampilan yang lebih menarik, tetapi lebih kecil dan lebih kompak.

Realme X50 Pro 5G penawaran harga yang sangat terjangkau dengan spesifikasi yang luar biasa. Harganya jauh lebih murah daripada Samsung Galaxy S20, tetapi meskipun demikian, Anda tetap harus menghadapi banyak pilihan. Namun mana yang akan Anda pilih?

 

Berita Lainnya

Leave a Comment