Home GadgetSmartphone realme 8 vs realme 8 Pro vs realme 8 5G: Perbandingan Spesifikasi
realme 8 5G

realme 8 vs realme 8 Pro vs realme 8 5G: Perbandingan Spesifikasi

by infogadgets Indonesia

infogadgets, Jakartarealme 8  dan realme 8 Pro adalah model pertama yang memasuki pasar indonesia dan global. Tetapi setelah beberapa minggu, satu perangkat  lain dari jajaran yang sama telah diluncurkan secara global realme 8 5G. Kini, seri 8 untuk pasar global terdiri dari tiga model berbeda, dua di antaranya dijual dengan banderol harga yang sama. Mana yang terbaik dan mana yang harus Anda pilih tergantung kebutuhan Anda? Perbandingan spesifikasi ini akan memberikan gambaran kebutuhan Anda.

Baca juga: Review realme 8 Pro: Smartphone Kamera 108 MP di Harga Menengah

realme 8 5GDesain

realme 8 Pro memiliki desain ketiganya yang paling ramping. Berkat baterainya yang lebih kecil, ponsel ini memiliki bodi yang lebih tipis dan bahkan lebih ringan dari realme 8 dan realme 8 5G. Inilah satu-satunya alasan membuat versi Pro lebih baik daripada dua model lainnya karena desain lainnya serupa dan bahan yang digunakan sama.

Layar

realme 8 dan 8 Pro memiliki tampilan yang sama persis, yang sebenarnya lebih baik dari panel yang terdapat pada realme 8 5G. Kita berbicara tentang panel Super AMOLED yang menampilkan warna-warna cerah dan hitam mutlak, dengan resolusi Full HD +, kecepatan refresh standar, dan kecerahan puncak hingga 1000 nits. Layarnya juga dilengkapi dengan pemindai sidik jari terintegrasi untuk otentikasi. realme 8 5G memiliki kecepatan refresh 90 Hz, tetapi dalam hal ini, kita berbicara tentang panel IPS. Dalam setiap kasus, Anda mendapatkan resolusi Full HD + dengan 1080 x 2400 piksel, tetapi realme 8 5G memiliki pembaca sidik jari yang dipasang di samping.

Hardware & Software

Prosesor paling memuaskan dari segi performa adalah yang disediakan oleh realme 8 Pro yang ditenagai oleh platform mobile Snapdragon 720G. Chip ini dibangun pada 8 nm dan dilengkapi dengan kinerja GPU yang sangat tinggi. Tetapi itu kekurangan 5G, jadi Anda mungkin lebih suka kinerja yang sedikit lebih rendah Dimensity 700 dibangun dengan proses produksi 7 nm yang ditawarkan oleh relame 8 5G karena menyediakan dukungan 5G. Semua ponsel menjalankan Android 11, disesuaikan oleh realme UI 2.0.

Kamera

Rajanya ponsel kamera pada seri realme 8 adalah realme 8 Pro karena kamera utamanya: sensor Samsung ISOCELL HM2 dengan resolusi 108 MP dan teknologi zoom in-sensor. Ini menangkap tingkat detail yang lebih tinggi dan memberikan kualitas foto keseluruhan yang lebih baik. Tepat setelah itu, kami mendapatkan realme 8 dengan kamera belakang 64 MP. realme 8 5G adalah yang paling mengecewakan: selain memiliki kamera utama 48 MP yang lebih rendah, perangkat juga tidak memiliki sensor ultrawide, tidak seperti realme 8 dan 8 Pro.

Baca juga: Redmi 9 vs Redmi Note 9 vs Redmi Note 9 Pro: Perbandingan Spesifikasi

Baterai

realme 8 Pro kehilangan perbandingan baterai dan realme 8 adalah ponsel baterai paling tahan lama dari ketiganya. Ini memiliki baterai 5000 mAh dan layar Super AMOLED, bukan panel IPS yang ditemukan pada realme 8 5G, yang mengurangi konsumsi energi. realme 8 Pro adalah yang terbaik dalam hal pengisian cepat, berkat kekuatan 50W.

Harga

realme 8 dan realme 8 5G dihargai kisaran harga 3,4 jutaan di pasar global, sementara Anda membutuhkan sekitar Rp 4,4 jutaan untuk mendapatkan realme 8 Pro. Jika kami mengecualikan tidak adanya konektivitas 5G, realme 8 Pro jelas merupakan yang paling menarik, tetapi harganya lebih mahal. Antara realme 8 dan 8 5G, yang pertama lebih baik karena layar AMOLED-nya, kamera yang lebih baik, dan pengisian daya yang lebih cepat: realme 8 5G memiliki harga yang sama hanya karena chipset dan konektivitas 5G.

 

Berita Lainnya

Leave a Comment