Home GadgetSmartphone realme 7 vs realme 7 Pro vs realme X7: Perbandingan Spesifikasi
Realme 7

realme 7 vs realme 7 Pro vs realme X7: Perbandingan Spesifikasi

by infogadgets Indonesia

infogadgets, Jakartarealme memperbarui jajaran kelas menengahnya dengan empat smartphone baru. Salah satunya adalah realme 7 dan realme 7i yang resmi september ini di Indonesia. Sedangkan seri lainnya yang diluncurkan secara global yakni realme 7 Pro, realme X7.

Berdasarkan info resmi yang diberikan, realme menyimak masukan pengguna guna mewujudkan seri realme 7. Tapi apakah perangkat ini jauh lebih baik dari sebelumnya. Dan apakah ponsel menengah ini benar-benar menawarkan nilai uang tertinggi.

Untuk itu kami coba bandingkan tiga perangkat yang resmi diluncurkan di Indonesia dan dua yang diluncurkan secara global. Kami akan mencoba memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan melalui perbandingan spesifikasi ini.

Baca juga: realme C11 vs realme C12 vs realme C15: Perbandingan Spesifikasi

realme 7 Pro

Desain

realme 7, realme 7 Pro, dan realme X7 tidak terlalu jauh berbeda dalam hal estetika. Semuanya memiliki tampilan berlubang dan modul kamera berbentuk persegi panjang di sisi belakang. Berdasarkan spesifikasi realme X7 memiliki bentuk yang lebih tipis dan lebih ringan dari realme 7 dan 7 Pro. Pada saat yang sama, bahkan lebih kompak. Dan varian warna pelangi dengan slogan realme besar di bagian belakang terlihat sangat orisinal.

Layar

AMOLED dengan kecepatan refresh 60 Hz atau IPS pada 90 Hz? Kebanyakan orang lebih memilih opsi pertama, itulah sebabnya realme memutuskan untuk melengkapi realme 7 Pro dengan panel AMOLED yang menggunakan kecepatan refresh standar agar harganya tetap terjangkau. Anda mendapatkan yang sama dengan realme X7, sementara realme 7 memiliki layar IPS 90 Hz. Jika Anda menginginkan kualitas gambar yang lebih baik, Anda harus memilih realme 7 Pro atau X7: pilih 7 hanya jika Anda tidak peduli tentang kualitas gambar terbaik dan Anda membutuhkan pengalaman menonton yang lebih lancar (misalnya jika Anda seorang gamer ).

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Pemenang perbandingan perangkat keras tentu saja realme X7. Dimensity 800U dari MediaTek sebenarnya adalah chipset yang lebih bertenaga, tetapi bukan itu saja: realme X7 juga satu-satunya yang mendukung jaringan 5G. Tetapi Anda harus mencatat bahwa meskipun mengemas penyimpanan internal maksimal 128GB, X7 tidak memiliki slot micro SD, sedangkan realme 7 dan 7 Pro memilikinya. Masing-masing perangkat ini menjalankan Android 10, disesuaikan oleh realme UI seperti semua ponsel realme lainnya yang diluncurkan pada periode terakhir.

Kamera

realme X7 dan 7 Pro memiliki departemen kamera yang sama persis termasuk kamera quad 64 MP di bagian belakang dan kamera depan 32 MP. realme 7 juga memiliki kamera belakang yang sama, tetapi kamera depannya adalah sensor 16 MP yang lebih rendah. Anda tidak boleh terlalu fokus pada kamera karena Anda akan mendapatkan kualitas foto yang serupa dengan perangkat ini. Mereka semua adalah ponsel kamera kelas menengah, jadi hasilnya tergantung yang menggunakan perangkat ini. Mantap nya lagi perangkat ini tetapi mereka dapat merekam video 4K dengan kamera utama dan video 1080p pada 120 fps dari kamera depan.

Baca juga: Unboxing realme 7i: Diluncurkan Untuk Pertama Kalinya di Dunia

Baterai

Urusan daya tentunya realme 7 memiliki baterai 5000 mAh yang lebih besar dari kedua saudaranya. Namun seperti sudah-sudah semua tergantung pemakaian apalagi realme 7 memiliki layar IPS-nya yang berjalan pada 90 Hz tentunya lebih banyak membutuhkan energi. Lebih lanjut, prosesornya dibangun dengan proses produksi yang kurang efisien (12 nm), sedangkan Dimensity 800U yang terdapat pada realme x7 dibuat pada 7 nm dan Snapdragon 720G dari realme 7 Pro dibangun pada 8 nm.

Harga

Sayangnya, ketiga ponsel ini belum mendunia. realme X7 mulai dari Rp  3,8 jutaan di Cina, realme 7 berharga Rp 3 jutaan Indonesia, dan realme 7 Pro mulai dari Rp  4 jutaan. Meskipun realme 7 memiliki spesifikasi yang lebih rendah, tidak juga serta merta kita harus memilih realme 7 Pro dan realme X7 pasalnya keduanya belum hadir di Indonesia. Memang di atas kertas, realme X7 terlihat lebih menarik karena dukungan 5G (dan kami mungkin akan memilih X7 karena alasan ini) dan desain yang lebih ramping, tetapi memiliki baterai yang lebih kecil.

 

Berita Lainnya

Leave a Comment