Review: Evercoss A7E, Android Terjangkau Nan Memukau

Evercoss-A7E

infogadgets.info – Ketika melihatnya pertama kali, desain Evercoss A7E mengingatkan kita pada smartphone milik Apple, tepatnya iPhone 5C dengan empat sudutnya yang khas menumpul dan sajian warnanya yang atraktif.

Dengan dimensi 125 x 62 x 9 mm, Evercoss A7E cukup enak digenggam, dan tak begitu merepotkan ketika dimasukkan ke saku. Hanya, suguhan material plastik glossy membuat smartphone terasa licin di tangan, walaupun masalah ini bukanlah sesuatu yang serius, dan wajar saja.

Evercoss A7E menyajikan layar berukuran 4.0 inchi dengan kedalaman 480 x 800 piksel, yang membentuk kepadatan piksel 240ppi. Yep, layar A7E memang tak begitu luas, namun sudah memadai untuk digunakan sesuai fungsinya sebagai smartphone, seperti untuk browsing atau berjejaring sosial di dunia maya, tentu untuk berkomunikasi juga.

screen-shot-homescreen

Yang menarik dari layar A7E adalah jenis yang digunakannya, yang tak lain adalah teknologi IPS. Dengan jenis layar ini, konten pada A7E masih dapat terlihat jelas bahkan ketika dipandang pada angle tertentu. Kecuali itu, untuk responsivitas, layar A7E juga terbilang sangat baik.

Lewat sistem operasi Android 4.4.2 KitKat yang diusungnya, A7E, menawarkan berbagai fitur menarik, Gesture Control mungkin akan menjadi salah satunya. Cukup mengaktifkan fitur ini melalu menu Setting, kita dapat mengakses sejumlah aplikasi bawaan dengan membentuk huruf tertentu di layar ketika smartphone dalam keadaan terkunci dan tidak aktif.

Cukup lakukan double click, untuk mengaktifkan A7E atau menyapu layar membentuk huruf ‘c’ untuk membuka menu contact, huruf ‘e’ untuk membuka browser. Bagi yang ingin langsung menuju playlist music, kita cukup menyapu layar membentuk hufur ‘m’, atau jika Anda ingin menuju gallery cukup bentuk saja huruf ‘o’.

Seperti apa performanya?

Dengan harga jual yang hanya sekitar Rp850 ribu-an, Evercoss A7E, menyuguhkan spesifikasi hardware menarik, seperti prosesor quad-core 1.3 MT8382, GPU Mali-400 GPU, RAM 512MB, memori internal 4GB yang bisa diperluas hingga 32 GB melalui kartu microSD.

Secara umum, ketika digunakan smartphone ini tak menemui kendala berarti dan terbilang lancar untuk mengakses aplikasi tertentu. Penasaran dengan performanya, kami pun mencoba untuk melakukan benchmark menggunakan software AnTuTu 5. Apa yang menarik adalah, poin yang mampu dicetak smartphone ini yang terbilang cukup wah untuk ukuran smartphone berbanderol 800 ribu-an. A7E mampu mencetak angka 17811 dengan layak masuk kategori ‘good’.

screen-shot-benchmark-3

screen-shot-benchmark-2

screen-shot-benchmark-1

Melengkapi kehadirannya sebagai sebuah smartphone, A7E pun dijejali fitur konektivitas memadai, seperti 3G, Wi-Fi, Bluetooth 4.0, microUSB v2.0, dan lain-lain. Memanfaatkan fitur konektivitas yang disajikan, kami pun dapat dengan lancar berselancar di dunia maya melalui konektivitas 3G/Wi-Fi, bertukar konten dengan Bluetooth 4.0, dan mentransfer gambar ke PC via microUSB v2.0. Eit, satu lagi fitur konektivitas menarik yang diboyong A7E adalah HotKnot. Artinya, cukup memanfaatkan fitur ini kita dapat bertukar konten dengan hanya menempelkan layar A7E ke perangkat lain.

screen-shot-internet

Tak lengkap rasanya menjajal sebuah smartphone tanpa menguji fitur kamera yang tersedia. Di sini dengan memanfaatkan kamera belakang 8 MP yang sudah dilengkapi Flash Light kami dapat mengambil gambar dengan hasil lumayan baik. Lampu flash yang tertancap di samping sensor kamera belakang A7E, patut mendapat apresiasi. Pasalnya, saat ini masih jarang smartphone di bawah 1 juta yang datang dengan fitur kamera plus dilengkapi lampu flash. Ya, setidaknya dengan ada lampu flash, kita cukup terbantu ketika menjepret objek dalam keadaan minim cahaya.

sampel-outdoor-image

Bagi yang suka selfie, tak perlu khawatir, karena A7E juga memeiliki kamera depan, walau hanya sekalas sekelas 2 MP.

Setelah semua, dengan harganya yang hanya berkisar Rp850 ribuan, pengalaman dan fitur yang disajikan A7E termasuk sudah oke. Kekurangan di sana sini mungkin ada, namun apa boleh buat, pemakluman mungkin datang dari harga smartphone ini yang tergolong cukup terjangkau.

Spesifikasi:

  • Jaringan: GSM 850/900/1800/1900MHz
  • Display: 4.0  inchi (480×800 pixels), 240 ppi, 3 finger touch point
  • Dimensi: 125 x 62 x 9 mm
  • CPU: Quad-core 1.3 MT8382,
  • GPU: Mali-400
  • Memori: 512MB RAM; Internal Storage: 4GB, microSD, up to 32 GB
  • Kamera belakang: 8 MP with Flash Light, Autofocus
  • Kamera depan: 2.0 MP
  • Konektivitas: 3G HSDPA + 21Mbps,HSUPA + 5.76 Mbps; Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi hotspot, Bluetooth 4.0 with A2DP, microUSB v2.0, HotKnot
  • Baterai: Li-Ion 1650 mAh