Ini Perbedaan Antara Google Pixel dan Nexus

pixelsMediatren.com – Setelah Nexus, Google merilis seri smartphone terbarunya yang kali ini diberi nama Pixel. Lalu apa bedanya dengan Nexus ?

 

Ada dua seri smartphone Pixel yang diperkenalkan Google, yaitu Pixel dan Pixel XL. Terlepas apakah ini merupakan sebagai pengganti seri Nexus, yang pasti seri Pixel ini membawa sejumlah kemampuan yang lebih mumpuni dibanding generasi sebelumnya.

 

Terkait kemampuan seri Pixel, Rick Osterloh, Chief Hardware Google, menuturkan perangkat di bawah bendera Pixel selalu menjadi produk yang terbaik. Sebelum smartphone, Google pernah mengeluarkan tablet Pixel C dan laptop Chromebook Pixel. “Nama Pixel selalu mewakili kualitas hardware dan software terbaik,” kata dia, sebagaimana dilansir laman The Verge.

 

Lalu apa sejatinya perbedaan mendasar antara Pixel dan Nexus?

 

  1. Kamera Premium
    Smartphone seri Pixel diklaim membawa peningkatan kualitas dari Nexus. Dilihat dari teknologi yang ditawarkan, seri Pixel tampaknya memang dikembangkan dengan konsep premium. Hasil pengujian kamera yang menunjukan skor 89 di DxOMark, memberi sedikit pembuktiaan bagaimana kualitas menu yang dimiliki seri Pixel.

 

  1. Fitur Handal

Tidak hanya itu, duo seri Pixel juga dilengkapi kapasitas penyimpanan cloud tanpa batas, Google Assistant, dukungan virtual reality, dan pengecasan super cepat. Sistem operasinya mengusung Android Nougat teranyar yang diracik khusus oleh Google khusus untuk pengguna Pixel.

 

  1. Made by Google
    Jika digenerasi sebelumnya, Google selalu menggandeng mitra dalam menggembangkan seri Nexus. hal tersebut tidak terjadi pada seri Pixel. Seri Pixel murni hasil jerih payah Google, tanpa ada bantuan dari vendor lain, seperti Samsung, Asus, HTC, LG, dan Huawei. Samsung, Asus, HTC, LG, dan Huawei sendiri, pernah menjadi tandem Google dalam mengembangkan seri Nexus. Memang, Pixel dan Pixel XL dirakit di pabrik vendor asal Taiwan, HTC. Namun rancangan hardware dan software sepenuhnya di tangan Google.