Home GadgetSmartphone Ponsel Huawei Akan Gunakan HarmonyOS 2.0 di Tahun 2021

Ponsel Huawei Akan Gunakan HarmonyOS 2.0 di Tahun 2021

by infogadgets Indonesia

infogadgets, JakartaHuawei meluncurkan platform HarmonyOS 2.0 pada konferensi tahunan Huawei Developer Conference (HDC) 2020 di China. CEO Huawei, Richard Yu, mengonfirmasi pada acara tersebut bahwa Huawei akan merilis smartphone yang didukung HarmonyOS pada tahun 2021. Sedangkan rilis versi beta pertama dari HarmonyOS untuk smartphone akan tersedia pada bulan Desember 2020 untuk pengembangan.

Hingga saat ini, Huawei sempat membantah berencana menggunakan HarmonyOS di smartphone. Perusahaan tersebut mengatakan bahwa OS dikembangkan untuk perangkat pintar dan tidak ada rencana untuk merilisnya untuk ponsel dalam waktu dekat. Tapi sepertinya tekanan yang meningkat dari larangan AS telah memaksa perusahaan untuk mempercepat pengembangan OS untuk ponsel cerdasnya sendiri.

Baca juga: Huawei Dukung Kesiapan Jaringan untuk Pengembangan Layanan VoLTE oleh XL AXIATA di Medan

Sejak Mei 2019, Huawei dilarang menggunakan Layanan Seluler Google yang mendukung ponsel Android di seluruh dunia. Dan bulan lalu, setelah AS gagal memperbarui Lisensi Umum Sementara (TGL), perusahaan kehilangan akses ke dukungan Google dan pembaruan ke perangkat lama.

HarmonyOS 2.0

Huawei akan merilis versi beta HarmonyOS 2.0 untuk smartphone dengan SDK, Dokumentasi, Alat, dan Simulator kepada pengembang pada Desember 2020. Perusahaan menambahkan bahwa kita dapat mengharapkan smartphone yang berjalan di HarmonyOS pada tahun 2021.

Richard Yu mengungkapkan bahwa versi awal HarmonyOS 2.0 akan mendukung perangkat dengan RAM 128KB hingga 128MB. Pada April 2021, Huawei berencana menambahkan dukungan untuk perangkat RAM yang lebih besar antara 128MB dan 4GB. Terakhir, pada Oktober 2021, perusahaan akan menambahkan dukungan untuk perangkat dengan RAM 4GB.

Baca juga: Review Huawei MatePAd 10,4 inci: Cocok Untuk Para Pelajar

Perhatikan bahwa Huawei HarmonyOS adalah platform sumber terbuka, mirip dengan Android. Jadi Anda bisa menganggap hubungan Huawei dengan HarmonyOS mirip dengan hubungan Google dengan Android. Meskipun Huawei akan mengembangkan HarmonyOS, karena ini adalah platform open-source, Huawei kemungkinan berharap perusahaan lain dapat menggunakannya di perangkat mereka di masa mendatang.

Sekarang ini bertujuan untuk menggunakan Google Android dengan OSnya sendiri, beberapa bulan ke depan akan sangat menarik. Masih harus dilihat apakah smartphone yang didukung HarmonyOS dapat hidup berdampingan dengan pesaing Android tahun depan.

Berita Lainnya

Leave a Comment