Home GadgetSmartphone POCO F4 vs POCO X4 GT: Perbandingan Spesifikasi
POCO F4

POCO F4 vs POCO X4 GT: Perbandingan Spesifikasi

by infogadgets Indonesia

infogadgets, Jakarta – Setelah POCO F4 GT  dengan Snapdragon 8 Gen 1 di dalamnya, sub-merek Xiaomi ini kembali meluncurkan duo ponsel baru, POCO F4 dan POCO X4 GT. Keduanya adalah perangkat kelas bawah, tetapi mereka masih dapat dianggap sebagai flagship killer untuk smartphone games dan baterai berkat departemen perangkat keras kelas atas. Tapi mana yang terbaik dan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu yang sebenarnya? Untuk menjawab pertanyaan ini, kami memutuskan untuk mempublikasikan perbandingan antara spesifikasi POCO F4 dan POCO X4 GT.

Baca juga: realme GT 2 vs GT Neo 3 vs GT Neo 3T: Perbandingan Spesifikasi

POCO F4

Desain

Apakah kamu lebih suka memiliki perangkat yang lebih ergonomis? Jika demikian, maka kamu harus memilih POCO F4 karena memiliki desain yang lebih tipis dan ringan: beratnya 195 gram dan tebal 7,7 mm. Lebih lanjut, ia menawarkan fitur pro seperti sertifikasi IP53 yang membuatnya tahan debu dan tahan percikan. Kamu mungkin menyukai POCO X4 GT karena hadir dengan desain yang lebih bersih, berkat modul kamera yang menampilkan warna yang sama dengan bagian belakang lainnya. Tapi lebih tebal dan lebih berat dari rival internalnya, jadi kurang ergonomis. Sayangnya, kedua ponsel ini terbuat dari polikarbonat dan tidak dibuat dengan bahan premium. Namun, layarnya dilindungi oleh Gorilla Glass 5, sehingga harus sangat tahan terhadap goresan, meskipun kami menyarankan untuk membiarkan pelindung layar diterapkan pada kaca depan.

Layar

Layar terbaik dalam perbandingan ini adalah milik POCO F4. Ini dilengkapi dengan panel AMOLED yang luar biasa dengan diagonal 6,67 inci, resolusi Full HD+ 1080 x 2400 piksel, kecepatan refresh 120 Hz, sertifikasi HDR10+, dan Dolby Vision. Ini memberikan kualitas gambar yang hebat dengan warna-warna cerah dan hitam pekat, dan itu luar biasa bahkan pada platform streaming. Bahkan memberikan kecerahan yang sangat tinggi hingga 1300 nits dan perlindungan Gorilla Glass 5. Meskipun panel AMOLED, pembaca sidik jari POCO F4 tidak dalam layar tetapi dipasang di samping, dan ada speaker stereo untuk pengalaman audio yang lebih baik. Layar POCO X4 GT sangat bagus untuk para gamer berkat kecepatan refresh 144 Hz, tetapi sayangnya, ini adalah panel IPS LCD. Kualitas gambar sangat bagus berkat sertifikasi HDR10 dan Dolby Vision, tetapi tidak dapat bersaing dengan panel AMOLED yang memiliki spesifikasi yang sama. Secara alami, bahkan dalam kasus ini, pemindai sidik jari dipasang di samping.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Pengaturan perangkat keras paling canggih dimiliki oleh POCO X4 GT: didukung oleh platform seluler Mediatek Dimensity 8100 yang dipasangkan dengan RAM 8GB dan penyimpanan internal UFS 3.1 hingga 256GB. Chipset Dimensity 8100 yang dibangun pada 5 nm dengan frekuensi maksimum 2,85 GHz (bersama varian Max dengan peningkatan kinerja AI) adalah chipset Mediatek terbaik setelah Dimensity 9000 dan Dimensity 9000+, sehingga memberikan kinerja kelas unggulan. POCO F4 lebih rendah karena ditenagai oleh chipset Snapdragon 870 yang lebih tua yang dibangun pada 7 nm dan berjalan pada frekuensi maksimum 3,2 GHz. Dalam hal ini, SoC dipasangkan dengan RAM hingga 12GB dan penyimpanan internal UFS 3.1 hingga 256GB. Kedua handset menjalankan Android 12, disesuaikan oleh MIUI 13.

Kamera

Tidak ada perbedaan antara departemen kamera kedua ponsel ini, kecuali satu elemen. Di sisi belakang, kamu dapat menemukan kamera utama 64 MP, lensa ultrawide 8 MP, dan kamera makro 2 MP, sedangkan di bagian depan terdapat kamera selfie 20 MP. Perbedaan antara kedua model ini adalah adanya OIS pada POCO F4, yang meningkatkan kualitas foto berkat stabilisasi yang lebih baik.

Baca juga: realme GT 2 Pro vs POCO F4 GT: Perbandingan Spesifikasi

Baterai

Jika kamu mencari ponsel dengan daya tahan baterai paling lama, maka POCO X4 GT adalah pilihan terbaik. Dilengkapi dengan baterai 5080 mAh dan berkat baterai ini, meskipun memiliki layar IPS, baterai ini lebih tahan dalam sekali pengisian daya. Juga, perhatikan bahwa prosesornya lebih efisien karena dibangun pada 5 nm. Baterai POCO F4 menggunakan 4500 mAh masih mencukupi, tetapi tidak ada yang istimewa jika dibandingkan dengan X4 GT. Kedua ponsel mendukung pengisian cepat 67W, tetapi F4 mengisi daya lebih cepat karena memiliki baterai yang lebih kecil.

Harga

Harga awal POCO F4 di pasar Eropa adalah Rp 6 jutaan, sedangkan kamu membutuhkan Rp 4,5 jutaan untuk membeli X4 GT. Yang pertama terlihat lebih menarik karena tampilannya yang lebih baik, tetapi yang terakhir hadir dengan baterai yang lebih besar dan prosesor yang lebih baik.

 

Berita Lainnya

Leave a Comment