Home GadgetSmartphone POCO F3 vs Samsung Galaxy S20 FE 4G: Perbandingan Spesifikasi
POCO F3

POCO F3 vs Samsung Galaxy S20 FE 4G: Perbandingan Spesifikasi

by infogadgets Indonesia

infogadgets, Jakarta – Tahun lalu, Samsung memasuki perangkat flagship killer dengan merilis Galaxy S20 FE yang luar biasa (yang merupakan singkatan dari Fan Edition). Perangkat baru ini menyediakan interface unggulan dengan harga sederhana, serta spesifikasi lain yang biasanya hanya dapat Anda temukan di flagships papan atas. Beberapa hari yang lalu, versi Snapdragon baru dari varian 4G resmi diluncurkan. Apakah perangkat ini cukup untuk melawan flagship killer terbaik Xiaomi? Apakah itu menawarkan nilai uang yang lebih tinggi daripada POCO F3 ? Mari kita temukan bersama melalui perbandingan antara spesifikasi POCO F3 dan Samsung Galaxy S20 FE 4G.

Baca juga: Samsung Galaxy S21 vs S21 Plus vs S21 Ultra: Apa Perbedaannya?

POCO F3

Desain

Tak satu pun dari perangkat ini memiliki desain dan kualitas unggulan, tetapi di atas rata-rata. Kami sendiri akan memilih Samsung Galaxy S20 FE 4G karena tahan air dengan sertifikasi IP68 dan memiliki bingkai aluminium yang kokoh. Di sisi lain, POCO F3 memiliki bagian belakang kaca, tetapi tidak kedap air, masih menawarkan perlindungan terhadap air dan debu. POCO F3 memiliki sertifikasi IP53. Meskipun POCO F3 memiliki pembaca sidik jari yang dipasang di samping, ini lebih tipis dari Samsung Galaxy S20 FE 4G. Tetapi dengan yang terakhir, Anda mendapatkan pemindai sidik jari dalam layar dan bodi yang lebih kompak.

Layar

POCO F3 dan Samsung Galaxy S20 FE 4G sangat mirip dalam hal spesifikasi layar. Keduanya menampilkan panel AMOLED dengan kecepatan refresh 120 Hz, resolusi Full HD +, dan sertifikasi HDR10 +, serta kecerahan puncak yang tinggi. Kita berbicara tentang tampilan di atas rata-rata dengan kualitas gambar yang bagus dan pengalaman menonton yang mulus. Perbedaan penting nyata antara panel-panel ini adalah diagonal, POCO F3 memiliki layar 6,67 inci yang lebih lebar, sedangkan Samsung Galaxy S20 FE 4G memiliki layar 6,5 inci. Seperti yang sudah disebutkan, Samsung Galaxy S20 FE 4G memiliki pembaca sidik jari dalam layar, sedangkan POCO F3 tidak.

Spesifikasi & Software

POCO F3 adalah perangkat yang jauh lebih baik jika kita berbicara tentang departemen perangkat keras. Pertama-tama, ia hadir dengan chipset yang lebih kuat: Snapdragon 870 yang berada di tengah-tengah antara Snapdragon 865+ dan Snapdragon 888. Chip ini dipasangkan dengan RAM hingga 8 GB dan penyimpanan asli UFS 3.1 hingga 256 GB. . Seperti namanya, Samsung Galaxy S20 FE 4G tidak mendukung konektivitas 5G, sedangkan POCO F3 mendukung. Di sisi lain, Samsung Galaxy S20 FE 4G memiliki slot micro SD, sedangkan POCO F3 tidak memiliki penyimpanan yang dapat diupgrade.

Kamera

Ponsel kamera terbaik dari perbandingan ini adalah Samsung Galaxy S20 FE 4G. Sementara POCO F3 memiliki fitur kamera triple kelas menengah yang mengecewakan dengan sensor utama 48 MP, Samsung Galaxy S20 FE 4G memiliki pengaturan kamera kelas atas dengan kamera utama 12 MP, sensor telefoto 8 MP dengan 3x zoom optik,  Kamera ultrawide 12 MP, dan dual OIS. Bahkan kamera depannya lebih bagus dengan resolusi 32 MP-nya.

Baca juga: iPhone 12 Pro Max vs Huawei Mate 40 Pro vs Samsung Galaxy Note20 Ultra: Perbandingan Spesifikasi

Baterai

POCO F3 dan Samsung Galaxy S20 FE 4G memiliki kapasitas baterai yang sama dan mengingat komponennya tidak begitu berbeda, keduanya memiliki daya tahan baterai yang serupa. Dengan POCO F3 Anda mendapatkan kecepatan pengisian yang lebih cepat berkat daya 33W, sementara Samsung Galaxy S20 FE 4G menawarkan pengisian nirkabel dan pengisian nirkabel terbalik, tidak seperti POCO F3.

Harga

POCO F3 memiliki banderol harga mulai Rp 5 jutaan di pasar global, untuk varian dasar dengan RAM 8 GB dan penyimpanan asli 128 GB. Samsung Galaxy S20 FE 4G memiliki kisaran harga Rp 10 jutaan dalam konfigurasi memori yang sama. Secara keseluruhan, Samsung Galaxy S20 FE 4G adalah ponsel yang lebih baik karena memiliki fitur kamera yang lebih baik, pengisian daya nirkabel, dan tahan air. Sayangnya, POCO F3 cukup mengecewakan dalam hal kualitas foto, jika dibandingkan dengan perangkat kelas atas lainnya. Tetapi POCO F3 memiliki nilai uang yang jauh lebih tinggi karena harganya yang sangat terjangkau dan mendapatkan konektivitas 5G.

Berita Lainnya

Leave a Comment