Ini Sederet Trik Jitu Agar Kuota Internet Tidak Boros Selama WFH

infogadgets.info.ID – Awal Maret lalu, Indonesia akhirnya resmi menjadi salah satu negara yang terjangkit, pandemi Covid-19. Tercatat menurut data terakhir, hingga Mei 2020 kurang lebih ada 12 ribu kasus positif Corona di Indonesia.

Berbagai strategi pun diterapkan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Salah satunya anjuran pemerintah untuk melakukan berbagai aktivitas, mulai dari bekerja hingga beribadah hanya dari dalam rumah.

Tidak mudah memang, namun mentaati anjuran pemerintah tersebut adalah cara terbijak agar pandemi Covid-19 ini bisa segera berakhir.

Berbicara aktivitas bekerja dari rumah atau istilah trennya work from home (WFH), ternyata cukup banyak tantangannya, salah satunya masalah penggunaan data.

Ya kuota data memang sangat krusial saat WFH, karena kita akan sering mengakses internet. Karenanya jangan heran, penggunaan data internet akan lebih boros dari biasanya.

Kalau kamu tidak mempermasalahkan penggunaan data internet jadi lebih boros, selama WFH, hal tersebut tentu tidak jadi persoalan.

Tapi bagaimana jika sebaliknya? Kamu jangan takut, karena ada berbagai trik untuk menghemat kuota data, sehingga aktivitas WFH tetap berjalan lancar.

Berikut ini berbagai trik jitu menghemat data saat WFH, sehingga kamu tetap produktif di tengah pandemi Covid-19 :

1. Selidiki Aplikasi
Terkadang tanpa disadari banyak aplikasi yang terunduh di hp kamu, ternyata sangat menyedot penggunaan kuota data internat. Agar kuota data lebih terkendali, saatnya kamu menyelidiki aplikasi mana saja yang boros data. Caranya bagaimana? Ternyata sangat mudah cuy!!!

Untuk mencari tahu aplikasi apa saja yang boros data, tinggal buka menu Setting > Data Usage, kemudian akan terlihat aplikasi mana saja yang banyak menyedot kuota data internet. Langkah selanjut kamu bisa menghentikan penggunaan data background atau latar belakang, pada aplikasi yang terindikasi boros data dan jarang digunakan, agar tidak menyedot kuota.

2. Perhatikan Penggunaan Browser
Saat mencari berbagai data selama WFH, tidak ada salahnya kamu memperhatikan penggunaan browser. Kenapa? Karena penggunaan browser sangat mempengaruhi kuota internet.

Untuk menghemat data, sebaiknya kamu melakukan kombinasi, dimana tidak hanya bertumpu kepada browser bawaan tapi kuga diimbangi dengan menggunakan browser yang lebih irit

3. Non Aktifkan Singkronisasi yang tak penting
Terkadang agar tidak repot, kamu sering mengaktifkan singkronisasi otomatis, padahal aplikasi tersebut jarang digunakan. Tanpa kamu sadari, singkronisasi otomatis cukup menguras jatah kuota internet.

Sekarang saatnya menghentikan singkronisasi otomatis, semua aplikasi yang tidak banyak digunaka. Untuk menonaktifkan singkronisasi otomatis, tinggal buka menu utama lalu pilih Settings > Accounts > selanjutnya klik akun yang tidak ingin kamu sinkronisasikan

4. Kurangi update aplikasi
Agar selalu bisa menikmati berbagai menu terkini, biasanya kamu akan rajin melakukan update aplikasi. Jika kamu ingin menghemat penggunaan data, saatnya menghentikan hobi mengupdate aplikasi. Kenapa? Karena update aplikasi terkadang memakan kuota yang sangat besar, sehingga membuat boros kuota.

Hanya saja jika aplikasi tersebut sering digunakan, serta sangat mendukung aktivitas WFH, tidak ada salahnya kamu melakukan update. Agar lebih irit lagi, ada baiknya kamu mengupdate aplikasi saat terhubung ki WiFi

5. Gunakan aplikasi yang ‘hemat’ data
Eksis di media sosial hingga enonton tayangan streaming adalah sederet cara untuk mengurangi rasa jenuh saat harus WFH. Padahal perlu diketahui, ternyata media sosial maupun platfrom streaming, adalah aplikasi yang sangat boros data.

Oleh karena itu, agar tetap bisa terhibur tanpa harus takut kuota data “bocor”, cobalah beralih ke aplikasi medsos dalam versi yang lebih hemat data. Seperti Facebook Lite, Twitter Lite, Instagram Lite atau YouTube Go.

6. Batasi penggunaan data dan aktifkan peringatan
Tanpa kamu sadari, sebenarnya kebanyakan smartphone sudah ditanamkan fitur data usage warning dan limit system. Fasilitas ini sangat berguna jika kamu ingin menghemat kuota data internet.

Sesuai namanya fitur data usage warning dan limit system, bisa memberi peringatan saat pemakaian data sudah melampaui batas yang ditentukan oleh kamu sendiri. Untuk menggunakannya kamu tinggal klik menu Settings > Data usage > Cellular data > Set Cellular data limit. Tap untuk mengaktifkannya

7. Hemat data saat video conference
Selama WFH video conference menjadi cara ampuh untuk melakukan koordinasi tatap muka. Hanya saja aktivitas yang satu ini, sangat menguras data internet.

Agar lebih irit kuota saat video conference, ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti mematikan atau mute video dan audio jika tidak diminta untuk berbicara. Jadi kita cukup memantau saja.

8. Pilih Kuota data sesuai kebutuhan
Langkah yang satu ini, cukup vital agar aktivitas WFH selama pandemi Corona lancar jaya, tanpa harus terganggu oleh kuota data yang habis di tengah jalan.

Selama pandemi Covid-19 ini, sejatinya operator sudah menghadirkan berbagai paket menarik, agar kamu tetap nyaman saat melakukan berbagai aktivitas dari dalam rumah termasuk WFH.

Jika galau harus memilih paket data internet dari operator yang mana, rasanya tidak salah seandainya kamu menjatuhkan pilihan kepada Indosat Ooredoo.

Yup, selama pendemi Indosat Ooredoo sudah menghadirkan aneka paket menarik yang bisa dimaksimal selama WFH.

Lalu paket apa yang cocok dari Indosat Ooredoo, agar data internet tidak kebobolan?

Jawabannya, kamu bisa memilih paket Freedom Kuota Harian. Selama lagi #DiRumahAja, kamu bisa menikmati paket Freedom Kuota Harian dengan masa aktif yang sama dengan jumlah kuota utamanya
Freedom Kuota Harian sendiri hadir dengan beberapa skema, mulai dari harga Rp19.900 untuk kuota 7GB dengan masa aktif 7hari, Rp39.900 untuk kuota 14 GB masa aktif 14 hari, hingga Rp74.900 untuk kuota 28 GB dengan masa aktif 28 hari.

Merujuk dari skema yang diberikan, pelanggan bisa semakin hemat internetan di rumah dengan kuota 1GB per hari, tanpa khawatir pulsa terpotong saat kuota habis, karena Freedom Kuota Harian juga dilengkapi dengan benefit Pulsa Safe.

Cara untuk menikmati paket Freedom Kuota Harian ini juga sangat mudah, pelanggan bisa mendapatkannya melalui *123# atau aplikasi myIM3 yang dapat di-download di Google Play Store atau AppStore