Keren, Bikin Gesit Jakarta Smart City, XL Uji Coba Teknologi 5G

infogadgets.info.ID – Teknologi 5G sejatinya belum digunakan secara komersil di Indonesia, namun operator selular di Tanah Air sudah mulai melakukan uji coba, teknologi komunikasi generasi kelima itu. Terbaru adalah PT XL Axiata (XL).

Operator yang identik dengan warna biru itu, menguji coba layanan berbasis 5G dan Wireless Gigabit (WiGig) dengan menggan deng Jakarta Smart City.Mengambil lokasi di kawasan Kota Tua, uji coba 5G XL diterapkan pada sejumlah aktivitas pengelolaan lingkungan perkotaan.

Dalam uji coba yang dilakukan mencakup penerapan 5G pada pengelolaan sampah, pengelolaan taman, peliharaan kebersihan sungai, serta WiGig untuk kamera surveillance (CCTV) dan layanan Internet kecepatan tinggi melalui WiFi yang juga langsung bisa dinikmati secara gratis oleh pengunjung di sekitar area demo.

Dari uji coba tersebut, kecepatan 5G milik XL diklaim, mampu tembus pada kecepatan menembus 11 Gbps. Bahkan, bila bicara kecepatan internet maksimal, angkanya bisa lebih besar lagi.

Pernyataan tersebut disampaikan langsung Presiden Direktur XL Axiata Dian Siswarini di Jakarta. “Pas speed test itu sampai 11 Gbps tapi maksimal bisa menyentuh 20 Gbps,” ujarnya.

Selain itu, disampaikan oleh Dian bahwa uji coba ini, akan bisa menunjukkan kepada masyarakat luas mengenai seperti apa teknologi 5G dan kegunaannya bisa untuk apa saja. “Ujicoba ini menjadi sarana bagi XL Axiata untuk mempelajari lebih jauh terkait penerapannnya di lapangan dan hal-hal lainnya yang bersifat teknis,” ungkap Dian.

“Uji coba dengan kerangka smartcity juga menjadi cara terbaik untuk mengetahui secara langsung kemampuan teknologi 5G untuk memberikan solusi terhadap permasalahan pengelolaan perkotaan,” tambahnya.

Lebih jauh menurut Dian, 5G diharapkan jadi jawaban atas kebutuhan terhadap ketersediaan infrastruktur layanan data yang berkualitas hingga ke pelosok-pelosok daerah, di mana selama ini masih cukup membebani operator untuk bisa cepat membangunnya.

Secara umum, uji coba penerapan teknologi 5G ini menggunakan frekuensi khusus, yaitu 28 Ghz. Sementara itu, untuk WiGig menggunakann frekuensi 60 Ghz.