Home GadgetSmartphone OnePlus 9 vs OnePlus 9 Pro vs OnePlus 9R: Perbandingan Spesifikasi
OnePlus 9 Pro

OnePlus 9 vs OnePlus 9 Pro vs OnePlus 9R: Perbandingan Spesifikasi

by infogadgets Indonesia

infogadgets, Jakarta – Untuk pertama kalinya, OnePlus meluncurkan tiga ponsel dari seri terbarunya secara bersamaan. Jajaran terbaru ini terdiri dari OnePlus 9 , OnePlus 9 Pro , dan OnePlus 9R. Tiga perangkat dengan lembar spesifikasi yang sangat berbeda untuk kisaran harga yang berbeda. Sayangnya, 9R memiliki ketersediaan yang lebih terbatas: tidak diluncurkan di Eropa, di mana pelanggan hanya dapat memilih varian OnePlus 9 dan 9 Pro saja. Jika Anda bingung dengan spesifikasi dari trio baru ini, berikut adalah perbandingan spesifikasi yang menyoroti perbedaan antara masing-masing model.

Baca juga: Xiaomi Mi 11 vs OnePlus 9 vs OPPO Find X3 Neo: Perbandingan Spesifikasi

OnePlus 9 Pro

Desain

Jika Anda mencari desain terbaik, Anda harus memilih varian Pro tanpa berpikir dua kali. Satu perbedaan tunggal membuatnya lebih menarik daripada dua saudara kandungnya. Kami berbicara tentang tampilan tepi-ke-tepi yang melengkung. Dengan varian OnePlus 9 dan 9R, Anda mendapatkan desain yang lebih ringkas tetapi layar datar membuat kedua perangkat lebih jelek. Tampilan melengkung dari varian Pro dan rasio layar-ke-tubuh yang lebih tinggi membuatnya lebih elegan. Lebih lanjut, versi Pro tahan air dan tahan debu dengan sertifikasi IP68, sedangkan OnePlus 9 dan 9R tidak (jika kami mengecualikan versi OnePlus 9 yang dijual di AS).

Layar

OnePlus 9 memiliki tampilan paling canggih, mungkin sama dengan panel menakjubkan yang digunakan untuk OPPO Find X3 Pro. Kami mengacu pada layar AMOLED LTPO dengan kecepatan refresh adaptif (dari 1 hingga 120 Hz), satu miliar warna, kecepatan refresh 120 Hz, resolusi Quad HD + yang tinggi, dan kecerahan puncak 1300 nit. OnePlus 9 dan 9R memiliki fitur panel ujung bawah yang sama: layar Full HD + tanpa kecepatan refresh adaptif tetapi dengan 120 Hz dan sertifikasi HDR10 +.

Spesifikasi & Software

OnePlus 9 dan 9 Pro ditenagai oleh platform seluler Snapdragon 888: SoC terbaik yang dirilis oleh Qualcomm hingga saat ini. Ini dipasangkan dengan RAM LPDDR5 hingga 12GB dan penyimpanan internal hingga 256 GB (UFS 3.1). OnePlus 9R lebih rendah dengan platform seluler Snapdragon 870, tetapi mengingat itu adalah prosesor andalan Qualcomm kedua varian dalam hal kinerja, sebagian besar pengguna tidak akan melihat perbedaan dengan Snapdragon 888. Ponsel menjalankan Android 11 yang disesuaikan oleh OxygenOS di pasar global, sementara di Cina mereka menjalankan ColorOS dari OPPO.

Kamera

Fitur mematikan dari OnePlus 9 dan 9 Pro adalah kamera Hasselblad. Meski sama-sama hadir dengan kamera Hasselblad, OP 9 Pro merupakan ponsel kamera unggulan karena menambahkan sensor telefoto 8 MP dengan zoom optik 3,3x di samping sensor utama 48 MP dan kamera ultrawide 50 MP. OnePlus 9R tidak hanya tidak memiliki sensor telefoto tetapi juga kamera ultrawide 50 MP, digantikan oleh sensor 16 MP yang lebih rendah. Jadi ponsel kamera terbaik adalah OnePlus 9 Pro, diikuti oleh vanilla OP9.

Baterai

OnePlus 9, 9 Pro, dan 9R mengemas baterai 4500 mAh yang sama, tetapi mereka hadir dengan departemen perangkat keras yang berbeda. OnePlus 9 harus menjadi yang memiliki masa pakai baterai paling lama karena memiliki tampilan yang lebih efisien daripada 9 Pro dan chipset yang lebih efisien daripada 9R. Tetapi dengan varian Pro, Anda mendapatkan pengisian daya nirkabel yang lebih cepat dengan daya 50W (versi standart hanya memiliki 15W). Sayangnya, OnePlus 9R tidak memiliki pengisian nirkabel.

Baca juga: Samsung Galaxy S21 vs iPhone 12: Perbandingan Spesifikasi

Harga

Di pasar global, OnePlus 9 dan 9 Pro masing-masing mulai dari Rp 12 jutaan dan Rp 15,5 jutaan. OnePlus 9R tidak tersedia di Eropa tetapi hanya di India dengan harga kisaran Rp 7,8 jutaan. Secara keseluruhan, dengan varian Pro Anda mendapatkan tampilan yang lebih baik, bagian kamera yang lebih baik, sertifikasi IP68, dan pengisian nirkabel yang lebih cepat daripada varian OnePlus 9. 9R memiliki departemen perangkat keras yang lebih rendah daripada OP9 dan bahkan departemen kamera yang lebih rendah; Selain itu, tidak ada pengisian nirkabel. OP9 berada di tengah dengan spesifikasi yang seimbang dan harga yang tidak berlebihan. Mau pilih yang mana?

Berita Lainnya

Leave a Comment