Vivo Resmi Rilis OriginOS, Perombakan dari FuntouchOS

infogadgets.info – Vivo telah meluncurkan user interface barunya yang dijuluki OriginOS. Skin baru telah sepenuhnya diperbaiki dan membuatnya sangat berbeda dari FuntouchOS dengan tujuan untuk menciptakan dunia digital baru.

OriginOS menjanjikan beberapa peningkatan dalam hal kinerja. Vivo mengatakan telah meningkatkan pengalaman ponsel secara keseluruhan—dari layar beranda hingga wallpaper—dan dari gambar hingga papan permainan, serta hampir semua fungsi telah ditingkatkan, demikian dilaporkan Gizmochina, 18 November 2020.

Di layar beranda, OriginOS memperkenalkan sistem kisi desktop baru, menghadirkan Huarong Grid. Ini secara fleksibel dan bebas bisa menunjukkan pesona setiap elemen desktop, dan pengguna dapat membuat berbagai kombinasi tata letak imajinatif melalui setiap unit dasar. 

OriginOS menghadirkan wallpaper yang secara resmi disebut wallpaper kinerja. Insinyur Vivo memadatkan proses mekarnya bunga menjadi hanya beberapa detik, membuat pemandangan menjadi luar biasa dan penuh vitalitas. 

Pemberitahuan pesan juga terlihat beberapa peningkatan karena OriginOS menghadirkan pemberitahuan yang dapat mengekstrak informasi utama dan selalu memberi tahu apa yang dipedulikan pada waktu yang tepat. Ini mencakup pemandangan kehidupan yang khas, dan mengirimkan pengingat dengan cara yang elegan, agar tidak mengganggu pengguna tapi juga menghindari kehilangan pesan. 

Dalam hal pengoperasian, OriginOS hadir dengan gerakan navigasi baru. Tidak perlu membaca panduan yang rumit karena gerakannya mudah dimengerti. OriginOS hadir dengan 26 kombinasi navigasi yang dapat diselesaikan hanya dengan mengklik dan mengoperasikan, yang hampir mencakup metode operasi umum. 

Selain itu, OriginOS menghadirkan pustaka komponen atom yang merangkum semua dengan cermat dan menyediakan berbagai cara sederhana dan nyaman untuk mengambilnya kembali. Selain itu, menyeret ikon dari pustaka komponen dan menempatkannya di antarmuka aplikasi dapat dengan cepat menghasilkan jendela kecil untuk memenuhi skenario operasi multi-tugas.

Widget cuaca juga diperbarui untuk mengoptimalkan bentuk tampilan informasi cuaca. Ini juga secara intuitif menampilkan informasi suhu. Selanjutnya, OriginOS menghadirkan paket kartu super baru. Apakah ponsel dalam keadaan di luar layar atau antarmuka telah dinavigasi keluar dari layar utama, paket kartu bisa dipanggil dengan satu gesekan.

Untuk pengoptimalan sistem inti, OriginOS mendukung Multi-Turbo 5.0 terbaru yang menghadirkan tiga teknologi baru yakni fusi memori, pengoptimalan proses, dan preloading aplikasi. Dalam hal integrasi memori, Vivo secara inovatif mengintegrasikan RAM dan ROM melalui optimalisasi algoritma.

Khususnya, pada ponsel dengan RAM 8 GB dan penyimpanan 128 GB, pengalaman itu setara dengan saat kapasitas memori setara 11 GB, sedangkan di ponsel dengan 12 GB plus 256 GB setara dengan RAM 15 GB RAM yang sangat meningkat, artiya ketersediaan memori yang setara.