Upaya Telkomsel Majukan Industri eSport di Indonesia Selama Ini

infogadgets.info.id – Telkomsel terus menunjukan dukungannya untuk membangun eSport di Tanah Air. Dimana ini menjadi salah satu cara bertransformasi menjadi digital telco company terdepan di Indonesia. Telkomsel selalu berupaya menghadirkan ragam solusi inovatif yang disesuaikan dengan kebutuhan perlanggan, termasuk dalam mengakomodir perkembangan ekosistem esports secara menyeluruh dan berkelanjutan.

Dukungan Telkomsel sendiri dalam kemajuan industri esports dalam negeri sudah dimulai sejak tahun 2009. Pada saat itu, Telkomsel meluncurkan marketplace portal pertama di Indonesia berbasis Java, flash dan html yang diberi nama Dunia Games. Sepanjang perjalanannya, Telkomsel pun terus berinovasi guna memenuhi kebutuhan pelanggan, yang mana salah satunya, pada tahun 2013 Dunia Games memperkenalkan sistem payment gateway Direct Carrier Billing (DCB), yang menghadirkan kemudahan pembelian aplikasi dan konten digital games menggunakan pulsa.

Upaya Telkomsel mengakselerasikan ekosistem esports di Indonesia berlanjut di tahun 2016 dengan mengembangkan fungsi Dunia Games sebagai media wadah komunitas, publisher, serta e-sport organizer esports di Indonesia. Kini Dunia Games juga dikenal sebagai satu dari lima media online esports terbesar di Indonesia, yang telah menerbitkan lebih dari 200 ribu artikel bagi para penggiat mobile games di seluruh Indonesia, bahkan juga di level regional Asia.

Kekayaan konten serta tingkat interaktif turut berkontribusi dalam catatan pengunjung aktif bulanan platform media Dunia Games yang kini telah melampaui 10 juta orang. Guna menghadirkan pilihan konten yang beragam dan menarik, lebih dari 900 video terkait mobile gaming juga dapat diakses melalui channel YouTube Dunia Games. Penyediaan konten yang bermanfaat menjadi salah satu bentuk dukungan Telkomsel dalam meningkatkan kemampuan para gamer di seluruh Indonesia agar mampu bersaing hingga ke level internasional, yang nantinya diharapkan juga akan mengakselerasikan gaya hidup dan prestasi melalui esports.

Sebagai bentuk dukungan terhadap industri esports secara lebih inklusif, mengambil peran sebagai organizer, Dunia Games juga telah menggelar lebih dari 1.000 event offline di seluruh Indonesia, dengan melibatkan lebih dari 60.000 peserta. Tidak berhenti sampai di situ, Telkomsel melalui Dunia Games kini juga membina tim profesional dari berbagai divisi game esports.

Solusi yang dihadirkan Dunia Games sebagai publisher game terwujud pada 2018. Sejak itu, Telkomsel menjadi perusahaan telekomunikasi pertama di Asia Tenggara yang berpartisipasi aktif sebagai publisher game dengan dirilisnya mobile games berbasis aplikasi, ShellFire. Hingga kini, aplikasi games bergenre action dengan subgenre FPS (First Person Shooter) dan MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) tersebut sudah diunduh sebanyak lebih dari 3,5 juta kali, baik melalui Google Play Store maupun App Store. Kedepannya, Dunia Games akan kembali merilis sejumlah game terbaru untuk terus dalam menguatkan penetrasi dalam komunitas dan industri esports di Indonesia.

Menggelar Kompetisi eSport Terbesar

Salah satu cara yang dilakukan untuk mendorong pertumbuhan industri game di Indonesia, yaitu dengan menggelar berbagai turnamen atau komptisi eSports. Sejak Oktober 2018, Telkomsel melalui Dunia Games menggelar kompetisi Liga eSport Terbesar di Indonesia. Yaitu dengan menggelar ajang kompetisi Dunia Games League, Dunia Games Campus League, dan Dunia Games Pro League telah diikuti lebih dari 25.000 gamers di seluruh Indonesia. Dunia Games League secara serentak telah diadakan di 141 kota sedangkan Dunia Games Campus League berlangsung di 13 kampus se-Indonesia. Para pemenang dalam turnamen liga eSport terbesar di Indonesia ini meraih hadiah total Rp 3 Milyar.

Telkomsel kembali membuktikan dukungannya dengan menggelar liga eSport bertajuk Dunia Games League 2020. Turnamen kali ini dapat diikuti oleh seluruh gamer di Indonesia yang terbagi menjadi 4 kategori. Yaitu kualifikasi Amatir, Kampus, Pro, dan kualifikasi Online. Games yang dipertandingkan pada Dunia games league ini adalah Player Unknown Battle Ground (PUBG) Mobile. Dunia Games League ini akan diikuti lebih dari 25.000 peserta yang terbagi pada 7.500 tim.

Telkomsel melalui Dunia Games kembali menggelar turnamen esport terbesar di Tanah Air bertajuk Indonesia Games Championship (IGC) yang akan diselenggarakan mulai Mei hingga September 2020. Di edisi ketiganya kali ini, Dunia Games berkolaborasi dengan Garena dalam menghadirkan IGC 2020, yang diharapkan dapat diikuti oleh lebih dari 32.000 pegiat mobile games dari seluruh Indonesia untuk memperebutkan total hadiah senilai lebih dari Rp1,6 miliar.

Dukung Aktivitas eSport

Melanjutkan kosistensi untuk bertransformasi menjadi digital telco company terdepan di Indonesia, Telkomsel selalu berupaya menghadirkan ragam solusi inovatif yang disesuaikan dengan kebutuhan perlanggan, termasuk dalam mengakomodir perkembangan ekosistem esports secara menyeluruh dan berkelanjutan. Salah satu komitmen yang diwujudkan Telkomsel melalui partisipasi dalam gelaran IDByte Esports 2019.

IDByte sendiri merupakan tech event terbesar di Indonesia yang diadakan dua tahun sekali sejak 2011. Tahun ini, IDByte berfokus pada penyelenggaraan konferensi dan turnamen esports. Kini, Telkomsel turut mendukung perhelatan IDByte Esports 2019 dengan harapan dapat memberikan kontribusi bagi terciptanya ekosistem digital yang lebih matang dan berkesinambungan. Salah satu yang menjadi dasar juga bagi Telkomsel untuk berpartisipasi dalam kegiatan IDByte 2019 kali ini adalah adanya kesempatan bagi segmen perempuan untuk berkompetisi di dunia esports dalam level yang sama dengan segmen pria.

Luncurkan Mobile Game Online

Dunia Games sebagai salah satu layanan digital lifestyle Telkomsel kembali merilis game terbarunya yaitu Lord of Estera. Sebagai aplikasi game mobile online bergenre RPG (role-playing game), Lord of Estera memiliki berbagai macam mode permainan, karakter, dan in-app purchase.

Lord of Estera menjadi game kedua dari Dunia Games setelah meluncurkan ShellFire pada 2018 yang kini sudah membukukan sekitar 4,3 juta download. Tidak hanya menjadi pengembang game berkualitas, Dunia Games juga menyediakan ekosistem gaming, meliputi media dan distribusi, metode pembayaran, hingga e-sport. Secara keseluruhan, Dunia Games dikunjungi lebih dari 10 juta pengunjung tiap bulannya. Selain itu, metode pembayaran Dunia Games DCB (direct carrier billing) telah menghubungkan lebih dari 100 pengembang dan penerbit game

Telkomsel berkolaborasi dengan Dunia Games, resmi merilis gim berkonsep MMORPG yang berjudul “Rise of Nowlin”.Sebelumnya Telkomsel sudah meluncurkan dua gim yang telah dirilis, adalah ShellFire (mobile FPS) dan Lord of Estera (card battle RPG).