Toko Amazon Go Tidak Perlu Kasir, Bisa Bayar dari Smartphone

Amazon Go mengembangkan teknologi “Just Walk Out”.

infogadgets.info.id – Setelah gerbang tol dan pos masuk/keluar parkir sudah tidak lagi memerlukan jasa penjaga. Kini kasir di toko juga akan seperti itu. Tanpa penjaga di kasir, kini orang bisa langsung membayar barang yang dibelinya. Salah satunya di Amazon Go.

Baca juga : OPPO Store Terbesar Ke-2 di Indonesia Resmi Dibuka    

Cara berbelanja pintar seperti itu sudah mulai diterapkan oleh salah satu toko online terbesar di dunia, yaitu Amazon. Perusahaan ini membuat sebuah toko offline yang dilengkapi teknologi Artificial Inteligent (AI).

Teknologi AI ini dimanfaatkan Amazon Go untuk mengembangkan teknologi “Just Walk Out”. Amazon Go memanfaatkan AI untuk mendeteksi barang yang dibeli konsumen. Konsumen yang masuk akan diberikan kode khusus sebagai identitas yang akan dibaca oleh sebuah software.

Jadi konsumen yang akan masuk ke toko ini harus mendownload aplikasi khusus dari Amazon. Nantinya aplikasi tersebut akan memberikan akses untuk masuk ke toko. Pada saat komsumen akan masuk ke toko Amazon Go, mereka cukup men-scan aplikasi yang terinstall di smartphone pada alat khusus. Setelah itu, para konsumen bebas membeli barang yang mereka inginkan.

Piranti lunak yang digunakan oleh toko ini akan membaca dan mencatat produk apa yang para konsumen beli dengan penggunaan algoritma tertentu. Daftar produk yang dibeli akan muncul dalam bentuk kartu digital dan selalu diperbarui ketika konsumen mengambil atau mengembalikan barang sehingga kalkulasi harga barang akan disesuaikan secara otomatis ketika proses belanja selesai.

Barang yang mereka beli akan langsung tercatat di virtual cart pada aplikasi. Kemudian, mereka bisa langsung keluar dari Amazon GO tanpa ada proses pembayaran. Tagihan secara otomatis akan masuk ke dalam akun Amazon yang dapat dibayar dengan berbagai metode yang disediakan oleh Amazon.

Cepatnya proses ini akan memangkas waktu pengantrean karena tidak memerlukan scanningbarang di kasir. Selain itu, sistem yang digunakan ini juga akan meminimalisir kesalahan inputyang berasal dari human error.

Baca juga : Acer Official eStore, Toko Online Berbagai Produk Acer

Hal ini secara otomatis akan meningkatkan kenyamanan orang-orang yang sedang berbelanja di toko. Setelah melewati masa percobaan kurang lebih selama dua bulan, akhirnya toko Amazon Go sudah bisa dikunjungi. Amazon Go terletak di Seattle, Amerika.