Telkomsel Dorong Inovasi Majukan Ekosistem Digital Indonesia

infogadgets.info.ID – Dengan segala keterbatasan lantaran pandemi Covid-19 yang belum usai, semangat warga Indonesia untuk tetap kreatif dan berkarya di era digital ini nampak tidak padam. Hal ini setidaknya tercermin dalam ajang diskusi The NextDev Hub Virtual Talks.

Yup, memperkuat peran The NextDev Hub sebagai wadah kolaborasi dan pusat inovasi digital, penggiat ekosistem digital, pelaku bisnis, hingga masyarakat umum, The NextDev Hub Virtual Talks kembali digelar pada 27 Agustus 2020.

Digelar untuk ketiga kali, The NextDev Hub Virtual Talks yang disiarkan YouTube Live, mengajak partisipan untuk membahas pentingnya inovasi pada pertumbuhan perusahaan, startup, dan bisnis lainnya bersama pembicara yang merupakan praktisi di berbagai bidang.

Dalam acara yang mencakup rangkaian diskusi panel, webinar, dan workshop, nampak jelas bagaimana antusiasnya para peserta.

VP Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin mengatakan, The NextDev merupakan sebuah program CSR yang dikembangkan untuk mendukung pertumbuhan startup digital dengan misi sosial dan mempercepat pertumbuhan ekosistem digital di Indonesia.

“Kemudian melalui The NextDev Hub, kami berupaya memfasilitasi startup dengan program pengembangan kapasitas seperti workshop, seminar, pelatihan, diskusi panel, meet-up, dan virtual talks.”

“Dengan adanya The NextDev Hub Virtual Talks, kami dapat memberikan wadah bagi peserta agar bisa berinteraksi dan berdiskusi tentang isu terkini sekaligus materi pembelajaran untuk startup Indonesia dengan mengundang para ahli industri,” tegasnya.

The NextDev Hub Virtual Talks #3 sendiri merupakan edisi khusus khusus dalam memperingati hari ulang tahun kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia, terbagi ke dalam tiga topik diskusi.

Sesi pertama yang turut diisi oleh Fajrin Rasyid (Direktur Digital Business Telkom Indonesia), Firdaus Juli (Co-Founder & CMO Benihbaik.com), dan Denny Abidin(VP Corporate Communications Telkomsel) membahas “Leading Innovation: Developing a Lean and Curious Culture”.

Dari topik ini, diketahui bahwa ada tiga pilar penting bagi perusahaan maupunstartup dalam berinovasi atau bertransformasi, yaitu teknologi terkini yang sesuai kebutuhan bisnis, sumber daya manusia dengan pola pikir digital, serta SOP yang terdigitalisasi.

Dilanjutkan dengan diskusi ringan bersama Adrian Gilrandy (Co-Founder PTS.sc) dan Ifa Hanifah (Managing Director NAH Project) mengenai “Enabling Digital Transformation Through Technology”.

The NextDev Hub Virtual Talks #3 ditutup dengan diskusi panel yang mengangkat topik “Towards an Innovation Culture: Enhancing Innovative Performance of Small Business” bersama Sofian Hadiwijaya (Co-Founder Warung Pintar) dan Jezzie Setiawan (Co-Founder dan CEO Gandengtangan).

Berbicara peran Telkomsel di The NextDev Hub Virtual Talks #3, operator terbesar di Indonesia tersebut menegaskan komitmen dalam mengutamakan inovasi dan kolaborasi untuk melayani negeri dan menghadirkan manfaat teknologi digital tepat guna bagi masyarakat.

Sejauh ini semangat tersebut telah diwujudkan melalui produk dan layanan digital inovatif seperti Telkomsel Orbit, VoLTE, dan CloudX. Telkomsel juga sukses menjalankan corporate startup yang melahirkan by.U, layanan telekomunikasi serba digital pertama di Indonesia.

““Kami berharap, The NextDev Hub Virtual Talks mampu mengakselerasikan kemunculan lebih banyak inovasi berbasis teknologi dari perusahaan,startup, talenta digital, maupun masyarakat umum,” tukas Denny