Sony Akhirnya Pamerkan UI dan Fitur PlayStation 5, Begini Tampilannya

infogadgets.info – Sony baru saja menjawab salah satu pertanyaan besar terakhir tentang bagaimana antarmuka (UI) dari konsol terbarunya, PlayStation 5 (PS 5), yang akan dirilis pasa 12 November 2020. Melalui video berdurasi 11 menit, Sony tanpa basa basi mengungkapkan bagaimana tampilan dan fitur-fitur yang ada di konsol penerus PlayStation 4 itu.

sponsored

The Verge, 15 Oktober 2020 melaporkan, UI baru merupakan perubahan besar bagi Sony, menawarkan perombakan total dari menu agak sederhana yang ditawarkan PS 4. Memang mirip dengan PlayStation 4, tapi Sony akan menawarkan deretan game yang diinstal atau tersedia (atau aplikasi streaming, di tab terpisah) yang memamerkan berbagai game, masing-masing dengan hubnya sendiri.

Menggulir ke bawah dengan game hub itu akan menampilkan aktivitas dan mode game yang lebih spesifik, yang bisa diluncurkan langsung dari layar beranda, bersama dengan berita dan klip lain dari judul. Sony mengatakan bahwa beberapa game PS 4 yang kompatibel akan menawarkan fungsi serupa juga.

Selain itu, merek konsol game asal Jepang itu juga bereksperimen dengan menu ‘Jelajahi’ yang menampilkan berita resmi dari Sony dan pengembang, bersama video yang sedang tren dan klip permainan. Meskipun dikatakan masih menguji fitur tersebut dan tidak semua pengguna dapat mengaksesnya saat peluncuran.

Ada juga menu ‘Pusat Kontrol’ baru yang bisa diakses kapan saja dengan menekan tombol PlayStation. Menu ini memberi pemain akses ke beragam alat sistem, seperti melihat pemberitahuan, teman mana yang sedang online, mengontrol musik, mengelola pengaturan untuk konsol dan pengontrol, serta melihat status unduhan.

Sony juga menghadurkan rangkaian kartu baru, bagian penting dari antarmuka pengguna yang berfungsi sebagai semacam umpan berita berkelanjutan tentang game, pencapaian atau tangkapan layar terbaru, dan banyak lagi. Di baris kartu juga terdapat ‘Aktivitas’ baru, kartu individu yang ditautkan ke level atau mode gameplay tertentu dalam game.

Memilih menu Aktivitas akan memberikan gambaran umum tentang level itu, termasuk perkiraan yang dipersonalisasi berapa lama waktu yang menurut PS 5 akan pengguna perlukan untuk menyelesaikan level dan objek apa pun yang belum tercapai. Beberapa game dan juga akan menyertakan ‘Bantuan Game’ resmi untuk pelanggan PlayStation Plus, ini akan menampilkan video dan petunjuk berguna untuk tujuan tertentu langsung di dalam game.

Beberapa kartu bahkan akan mendukung mode gambar-dalam-gambar atau tampilan layar terpisah untuk membantu pemain melihat petunjuk secara berdampingan. Tambahan lainnya adalah Sony juga memperluas cara kerja party di PlayStation 5.

Pemain sekarang bisa berbagi layar mereka dengan anggota party mereka yang lain, bahkan menyematkan aliran gameplay terpisah itu bersama aliran mereka sendiri. Party juga dimaksudkan berfungsi sebagai grup permainan yang lebih gigih, daripada saluran obrolan suara satu kali.

Terakhir, PlayStation Store telah terintegrasi langsung ke dalam keseluruhan perangkat lunak (bukan aplikasi terpisah). Sehingga lebih mudah untuk menemukan game dan aplikasi baru untuk dibeli dan diunduh di PlayStation 5.