Seperti Vivo V5, Deretan Hape ini Juga Pernah Meledak

infogadgets.info.ID – Vivo bisa dikatakan sedang mencoba menjadi salah satu vendor hape papan atas di Tanah Air. Liat saja bagaimana Vivo rajin melakukan branding dimana-mana.

Nah, pas lagi gencar-gencarnya membangun citra, ada kejadian yang cukup bikin manajemen Vivo pusing kepala.

Salah satu seri hape Vivo, tetap tipe V5 diketahui baterainya meledak. Apesnya perangkat yang meledak tersebut melukai sang pemilik. Awalnya sempat dikira kabar bohong,

Tanda tanya apakah ada salah satu unit Vivo V5 benaran meledak, akhirnya ada titik terang. Dari kabar yang diberitakan Telset.ID, ternyata info yang tersebar di dunia maya benar adanya.

Sebagaimana dilansir dari Telset.id, pemilik akun facebook Vira Ayu Mua, yang memposting pertama kali kejadian meledaknya Vivo V5, menceritakan kembali kronologi kejadian mengerikan tersebut.

Diceritakan jika korban dari ledakan tersebut adalah Abdul Amin yang merupakan suami dari Novie

Menurut Novie, peristiwa ini dialami oleh suaminya Abdul Amin di Manokwari, Papua pada Minggu (21/10/2018) pagi, pukul 4.00 WIT.

Saat itu, Abdul baru saja selesai melakukan penggilan telepon, dan kemudian dia meletakkan ponsel Vivo V5 miliknya di atas kasur.

Tak berapa lama, mereka mendengar ada bunyi ledakan kecil dan tiba-tiba ponsel Vivo V5 milik suaminya terbakar dengan mengeluarkan banyak asap.

Melihat hal itu, Abdul langsung mengambil ponselnya yang terbakar dikasur, dan membuangnya ke lantai. “Iya (ponsel Vivo V5) ditaruh di atas kasur, tiba-tiba meledak, terbakar dan keluar banyak asap,” jelas Novie.

“Mungkin kalau suami saya tidak cepat-cepat buang hp ke lantai, sudah kebakaran karena pas kejadian hp ada didekat bed cover. Apalagi kasur sama seprei cepat sekali kebakar kalau kena api,” sambung Novie lagi.

Novie tidak tahu apa penyebab hingga ponsel suaminya bisa terbakar. Ia juga menampik kabar yang mengatakan kalau ponselnya meledak akibat kepanasan karena terlalu lama di-charge atau diisi daya baterainya.

Sejatinya kasus hape meledak bukanlah yang pertama. Bahkan vendor ternama seperti Samsung, pernah mengalami nasib serupa.

Lalu apa saja hape yang pernah tragedi meledak?

Diolah dari berbagai sumber, berikut daftarnya :

Xiaomi Redmi Note 4
Peristiwa meledaknya Redmi Note 4 baru-baru ini terjadi. Akun YouTube PhoneRadar mengunggah video meledaknya ponsel besutan vendor asal China itu di sebuah pertokoan di India. Kabarnya, Redmi Note 4 meledak setelah penjaga toko mencoba memasukkan SIM ke dalam smartphone, kemudian perangkat itu mengeluarkan api secara tiba-tiba.

Galaxy Note 7
Mungkin dari semua kejadian hape meledak. Apa yang menimpa Samsung Galaxy Note 7, terbilang paling heboh. Galaxy Note 7 sempat santer dilaporkan meledak pada Agustus 2016. Saat itu dilaporkan sebuah Galaxy Note 7 di China meledak saat pemiliknya melakukan pengisian daya.

Dilaporkan pula, berdasarkan hasil penyelidikan, Samsung menemukan bahwa elektroda negatif di sudut kanan atas baterai A bocor. Perusahaan ini juga menemukan bahwa ujung elektroda tersebut terletak pada kurva yang tidak tepat. Hal inilah yang membuat korsleting pada baterai. Dalam prosesnya, Samsung resmi menarik semua seri Galaxy Note 7

iPhone 6
iPhone 6 pada 2014 sempat dilaporkan terbakar di saku celana. Seorang pengguna bernama Philip Lechter merasakan panas di bagian pahanya. Setelah ia periksa, iPhone 6 mengeluarkan kepulan asap dan menghasilkan luka bakar di kaki kanannya.

Galaxy S4
Sebelum Galaxy Note 7 ramai diberitakan mulai ditarik karena isu pada baterai, Samsung sebelumnya menelan pil pahit karena Galaxy S4 dilaporkan meledak dan menghanguskan satu ruangan di Hong Kong. Berdasarkan informasi dari Xianguo, Seorang pria bernama Du mengaku Samsung Galaxy S4 miliknya meledak dan menimbulkan api yang menyebabkan satu ruangan di rumahnya terbakar.

Xiaomi Mi 4i
Xiaomi Mi 4i dilaporkan meledak dan terbakar secara tiba-tiba di sebuah kantor di India. Dalam keterangan video, disebutkan bahwa ponsel dalam keadaan beroperasi normal. Beruntung pria yang berada di dekat ponsel itu segera menyadari percikan bunga api yang keluar dari ponsel, lalu bergegas menjauhi handset tersebut.

OnePlus One
Ponsel OnePlus One dilaporkan hangus terbakar saat sedang mengisi daya. Pengguna Twitter di India dengan nama Deepak Gosain membagikan gambar OnePlus One yang terbakar itu. Perangkat itu rupanya di-charge selama dua jam sebelum terbakar.

LG G3
Seorang pengguna menemukan ponsel LG G3 meledak di atas kasur. Hal tersebut dinyatakannya terjadi secara tiba-tiba, meski sebelumnya tidak ada tanda bahwa ponsel mengalami tingkat panas berlebih. Menghindari pembakaran api yang meluas, pengguna akhirnya melempar kasur ke luar jendela