Telkomsel Dipercaya Alfamart Tangani Jaringan Operasional di 14.000 Gerai

infogadgets.info.ID – Telkomsel terus melakukan ekspansinya di ranah industri berbasis Internet of Things. Teranyar, Telkomsel kembali melakukan sebuah kolaborasi apik dengan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart).

Melalui kolaborasi tersebut, Telkomsel menghadirkan layanan berbasis IoT untuk operasional wide area network (WAN) milik Alfamart. Layanannya sendiri merupakan solusi cloud Managed Service Software-Defined Wide Area Network (SD-WAN).

Dengan solusi tersebut, memungkinkan Alfamart mampu meningkatkan performa bisnis dan produktivitas kinerja, sembari menjaga efisiensi biaya operasional, selama masa pandemi hingga kondisi new normal di kemudian hari.

Setyanto Hantoro, Direktur Utama Telkomsel, mengatakan, kolaborasi ini menjadi salah satu komitmen Telkomsel untuk menyediakan solusi transformasi digital kepada Alfamart, sekaligus memantapkan posisinya sebagai digital telco company.

“Telkomsel ingin menjadi bagian dalam upaya transformasi digital Alfamart untuk memberikan nilai tambah bagi masyarakat melalui implementasi teknologi berbasis digital,” ujar Setyanto.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Bambang Setyawan Djojo, Direktur International Business & Technology Alfamart, bertutur jika  lolusi yang dikembangkan Telkomsel bakal digunakan untuk memperluas digitalisasi di ranah operasional perusahaan, baik di kota besar maupun pelosok.

Lalu bagaimana cara kerja dari Managed Service Software-Defined Wide Area Network (SD-WAN), itu sendiri?

Secara garis besar, solusi cloud Managed Service SD-WAN dari Telkomsel IoT, nantinya dipakai di infrastruktur WAN yang dikelola Alfamart. Caranya dengan menghubungkan infrastruktur existing tersebut ke sistem cloud, agar bisa diotomatisasi dengan mudah secara end-to-end.

Solusi SD-WAN ini juga dilengkapi dengan fitur Zero Touch Provisioning (ZTP), memungkinkan perangkat keras di dalam lingkup WAN yang telah dimiliki oleh Alfamart dapat terkonfigurasi secara otomatis ke dalam ekosistem baru berbasis cloud

Diharapkan pemanfaatan SD-WAN di wilayah pelosok akan membantu Alfamart untuk mengintegrasikan jaringan leased line yang sebelumnya membutuhkan proses lebih rumit dan waktu lebih lama.

Sedangkan di kota-kota besar, implementasi SD-WAN akan membantu Alfamart mengatur trafik jaringan dengan menggunakan teknologi broadband 4G LTE maupun kombinasi broadband dengan leased line.

Alfamart sendiri kini memiliki lebih dari 14.000 gerai di seluruh Indonesia, sehingga pemanfaatan Managed Service SD-WAN dari Telkomsel IoT akan membantu manajemen trafik jaringan di setiap gerai Alfamart, dengan lebih efisien.